Select Page

BAHAYA SAMPAH PLASTIK BGI LINGKUNGAN

Plastik merupakan salah satu  sebuah bahan yang sering digunakan oleh masyarakat untuk berbagai hal seperti membawa barang-barang. Yang tidak cukup dibawa hanya dengan sebuah kedua tangan dalam menghindari bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

Bahkan karena sering sekali digunakan, plastik seolah-olah yang telah menjadi sebuah kebutuhan yang harus tersedia di masyarakat. Padahal sebenarnya plastik memiliki sebuah dampak yang buruk bagi lingkungan kita apabila sudah tidak digunakan lagi.

Alasan lainnya mengapa limbah sampah plastik berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Karena sifat plastik yang memang susah untuk diuraikan oleh tanah meskipun sudah tertimbun bertahun-tahun. Plastik bisa diuraikan tanah setidaknya setelah tertimbun hingga 200 tahun.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa suatu sampah plastik bisa terurai dalam waktu 1000 tahun lamanya.Tetapi banyak sekali masyarakat yang tidak menyadari bahaya yang ditimbulkan. Akibat pemakaian sebuah plastik terhadap pencemaran lingkungan.

Sampah Plastik

Berbagai macam jenis barang atau produk berbahan plastik berada di sekeliling kehidupan manusia, kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa terlepas dari suatu barang yang berbahan plastik. Maka tentu hal ini juga berdampak pada meningkatnya jumlah sebuah sampah plastik.

Jika limbah dibakar, sampah plastik akan menghasilkan sebuah asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna. Plastik akan mengurai di udara sebagai zat dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup oleh manusia.

Dampaknya antara lain seperti memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu suatu depresi. Kantong plastik ini juga penyebab banjir, karena menyumbat  semua saluran-saluran air, tanggul.

Sehingga mengakibatkan bencana banjir bahkan yang terparah merusak turbin waduk.Diperkirakan sekitar 500 juta hingga satu miliar kantong plastik digunakan di dunia tiap tahunnya. Jika limbah sampah ini dibentangkan maka  dapat membukus permukaan bumi.

Coba anda bayangkan begitu fantastisnya limbah sampah plastik yang sudah terlampau menggunung di bumi kita ini. Dan tahukah kamu? Setiap tahun, sekitar lebih 500 milyar – 1 triliyun kantong plastik digunakan di seluruh dunia dipermukaan bumi ini.

Diperkirakan setiap orang menghabiskan sekitar 170 kantong plastik setiap tahunnya (coba kalikan dengan jumlah penduduk yang ada di kotamu!) Lebih dari 17 milyar kantong plastik dibagikan secara gratis oleh toko supermarket di seluruh penjuru dunia setiap tahunnya.

Kantong plastik mulai marak digunakan sejak masuknya sebuah supermarket di kota-kota besar. Ini menyebabkan kantong plastik bisa membludak dan membahayakan bagi bumi kita.  Jika bahaya sampah plastik bagi lingkungan,akan merusak ekosistem.

Dampak Sampah Plastik Bagi Lingkungan

Tercemarnya sebuah tanah, air tanah dan makhluk bawah tanah. Racun-racun dari suatu partikel limbah plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing. itulah dampak bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh sebuah binatang maupun tanaman. Maka bisa mengakibatkan sebuah penyakit dan dampak yang merugikan bagi lingkungan sekitar. Maka dari itu bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

Kantong plastik akan mengganggu suatu jalur air yang teresap ke dalam tanah. Menurunkan kesuburan tanah karena sebuah limbah plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang mampu meyuburkan sebuah tanah.

Kantong  sampah plastik yang sukar diurai ini, mempunyai umur yang panjang, dan ringan akan mudah diterbangkan angin hingga ke laut sekalipun. Hewan-hewan yang dapat terjerat dalam sebuah tumpukan plastik. Itu suatu penyebab bahaya sampah plastik.

Hewan-hewan di laut seperti ikan lumba-lumba, penyu laut, dan anjing laut menganggap kantong-kantong plastik tersebut adalah makanan dan akhirnya mati karena tidak dapat mencerna sebuah sampah plastik tersebut. Itu dampak bahaya sampah plastik.

Ketika hewan itu mati kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya itu tetap tidak akan hancur menjadi bangkai dan dapat meracuni hewan lainnya.Pembuangan sebuah sampah plastik sembarangan di sungai-sungai akan mengakibatkan pendangkalan suatu sungai .

Solusi Penggunaan Limbah Kantong Plastik

a. Membatasi Penggunaan Plastik

BAHAYA SAMPAH PLASTIK BGI LINGKUNGAN

Sepertiga dari limbah sampah plastik yang diproduksi digunakan sebagai sebuah kemasan sekali pakai. Jika kita dapat mengurangi suatu pemakaian limbah sampah  plastik ini, maka jumlah limbah sampah plastik akan dapat ditekan.

b. Mendaur Ulang Limbah Plastik

Sebagian limbah ini yang tidak terbiodegradasi seperti styrofoam, dapat didaur ulang. Akn tetapi permasalahan mendaur ulang terletak pada suatu kesulitan memilah limbah berdasarkan jenis plastiknya selain itu juga memakan waktu yang banyak.

Produsen limbah sampah plastik telah membuat kode nomer. Namun demikian sebuah biaya produksi plastik baru yang murah tetap menghambat upaya daur ulang ini.Kode nomer daur ulang yang  bisa digunakan pada produk plastik. Perhatikan sebuah kemasan minuman gelas.

Membakar Limbah Plastik Pada Insinerator

Pembakaran limbah plastik di udara dapat membahayakan karena beberapa diantaranya dapat melepas zat beracun, seperti gas HCL, CO, dan HCN. Untuk itu, pembakaran dapat dilakukan di tempat yang tertutup atau disebut insinerator, tanpa udara pada suhu 700oC.

Metode pembakaran ini disebut dengan pirolisis. Pada pirolisis limbah plastik akan terurai kembali menjadi produk awalnya, yakni sebuah senyawa karbon seperti alkana, alkena dan benzena. Senyawa karbon ini dapat digunakan kembali di dalam industri.

Sementara suatu energi yang dilepas dalam pembakaran dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan pembangkit listrik. Namun cara ini memiliki kelemahan yakni biaya yang sangat mahal dan pembuatan yang sangat lama.

Menggunakan Plastik Yang Bisa Terdegradasi

Para ahli kimia juga berupaya untuk membuat plastik yang dapat terurai secara alami baik oleh mikroorganisme (terbiodegradasi) maupun juga oleh sinar UV (terfotodegradasi). Caranya adalah dengan memasukkan semua ikatan tertentu dalam polimer yang mudah saat diputus.

Salah satu contoh adalah dengan penambahan tepung jagung ke dalam plastik ECO-FOAM. Dalam pembuatannya itu, tepung jagung dimasukkan ke dalam sebuah mesin dan dicampur dengan air. Campuran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sebuah cetakan ekstruksi.

Polimer ini berbentuk seperti gabus-gabus kecil dan digunakan untuk pengiriman suatu barang. ECO-FOAM larut dalam sebuah air sehingga limbahnya dapat terurai dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Penanggulangan Limbah Sampah Plastik

Dengan cara untuk melakukan daur ulang merupakan salah satu solusi yang sangat baik, dimana limbah plastik yang akan diolah selain meminimalisirkan penumpukannya dilingkungan juga dapat menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Salah satu cara proses dalam sebuah daur ulang limbah plastik yaitu dengan sebuah cara metode fabrikasi.Langkah- langkah pengelolaan sebuah limbah plastik dilakukan dengan metode fabrikasi yaitu :

• Pemotongan yang merupakan sebuah tahapan pembuatan sampah kemasan plastik menjadi kemasan-kemasan kecil. Itu metode untuk mengurangi bahaya sampah plastik bagi lingkungan.
• Proses Pemanasan dan pelunakan, dilakukan pada sebuah potongan-potongan sampah kemasan plastik hasil dari proses pemotongan menggunakan mesin kempa dan heart gun.
• Pembentukan dan percetakan limbah, dimana suatu proses pembentukan dilakukan dengan cara melunakkan material limbah sampah plastik dengan menggunakan suatu heat transfer kemudian dicetak.

Salah satu cara untuk mengurangi suatu penggunaan kantong plastik adalah dengan membangun kesadaran masyarakat, misalnya dengan menggalakkan kembali  dalam penggunaan tas belanja. Cara ini akan dapat mengurangi dalam penggunaan kantong plastik.

Jadi jangan membuang limbah sampah plastik, jangan juga sampai di bakar atau di kubur, karena racun yang ada dalam limbah sampah dapat mencemari lingkungan di sekitar kita. Makhluk hidup dan lingkungan kita akan mengalami suatu kerusakan dan keracunan.

Maka dari itu cintailah lingkungan maka lingkungan juga akan mencintai kita. Dengan cara jangan membuang sampah sembarangan serta mengurangi dalam pemakaian kantong limbah plastik. Itu cara dalam mengurangi bahaya sampah plastik bagi lingkungan sekitar.

Tipe Sebuah Plastik

Plastik dapat di golongkan beberapa golongan berdasarkan :

1. Berdasarkan Fisiknya

• Termoset

Termoset adalah jenis sebuah plastik yang tidak bisa di daur ulang atau dicetak lagi. Pemanasan ulang akan menyebabkan suatu kerusakan pada sebuah molekul –molekulnya, seperti : rusak resin epoksi, bakelit, resin melamin, urea-formaldehida, polyester, polyurethane.

Contoh : peralatan makan dari bahan melamin, komponen atau suku cadang pada sebuah kendaraan, peralatan listrik seperti isolator, saklar, stop kontak, dudukan lampu (bakelit), sesrat tekstil seperti sebuah dakron dan tetoron (polyester).

• Termoplastik

Termoplastik adalah jenis sebuah plastik yang bisa di daur ulang atau di cetak lagi dengan sebuah proses pemanasan ulang. Seperti : Acrylic (Perspex), Polyethylene (Polythene), Polypropylene, Poly Vinyl Acetate (PVA), Poly Vinyl Chloride (PVC), dan Polystyrene.

Contoh : bahan untuk pembungkus makanan, botol (Polyetthylene), pengganti suatu logam, pelapis alat – alat masak rumah (Teflon), pipa, alat rumah tangga, piringan hitam (PVC), bahan isolator lisrtik, tyro foam, mainan anak (Polystyrene), kran dalam air, tutup botol.

2. Kinerja Dan Penggunaannya

• Plastik Komoditas

Sifat dalam mekanik tidak terlalu bagus, tidak tahan terhadap panas. Contohnya seperti barang barang elektronik, pembungkus sebuah makanan, dan sebuah botol minuman. Hindari plastik karna plastik sangat berbahaya bagi lingkungan.

• Plastik Teknik

Tahan terhadap panas, temperature dalam operasi di atas 100 °C, sifat mekanik sangat bagus, contoh : komponen dalam sebuah otomotif dan komponen elektronik. Itu sebuah bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

• Plastik Bekas Teknik Khusus

Temperature dalam operasi di atas sekitar 150 k°C, sifat sebuah sistem mekanik sangat bagus, contoh : komponen sebuah pesawat. Bahaya sampah plastik bagi lingkungan dan membahayakan manusia.

3. Berdasarkan Sumbernya

• Polimer Yang alami  seperti : kayu, kulit binatang, kapas, karet alam, rambut

• Polimer bersifat sintetis:

  • Tidak terdapat secara lebih alami: nylon, poliester, polipropilen, polistiren
  • Terdapat di alam tetapi dibuat oleh sebuah proses buatan: karet sintetis
  • Polimer alami yang telah dimodifikasi: seluloid, cellophane (bahan dasarnya dari sebuah selulosa tetapi telah mengalami sebuah modifikasi secara radikal sehingga kehilangan suatu sifat-sifat kimia dan fisika asalnya).

Bahaya Plastik Bagi Kesehatan Tubuh

Dari Pusat Penelitian Kimia (LIPI) yaitu seorang Dr. Agus Haryono mengatakan bahwa setiap hari orang kerergantungan terhadap sebuah limbah plastik semakin tinggi, namun bahaya yang akan timbulkannya kurang di sadari oleh semua kalangan masyarakat.

Penggunaan bahan sampah limbah plastik dalam kehidupan kita tidak perlu di khawatirkan jika kita tau dalam penggunannya. Plastik yang aman untuk di pakai pada sebuah suhu tertentu dan minyak adalah plastik yang memenuhi suatu Standar Nasional Indonesia (SNI).

Namun, tidak semua sebuah produk kemasan plastik memenuhi standar SNI. Maka dari itu kita harus lebih teliti untuk memasukan makanan atau minuman panas kedalam sebuah kemasan plastik.

Adapun bahaya yang di timbulkan oleh plastik bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1) Menyebabkan Penyakit Kanker

Mungkin sebagian besar kalangan masyarakat menganggap bahwa plastik merupakan sebuah barang biasa yang memberi banyak keuntungan, namun bahayanya jika sampai terurai kedalam tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan manusia, bahkan bisa menyebabkan penyakit kanker.

Dikarenakan plastik mengalami sebuah penguraian sebagai dioksin. Maka dari itu kita harus lebih berhati hati lagi dalam penggunaan limbah plastik ini agar tidak terkena sebuah dampak dari plastik tersebut.

2) Menganggu Sistem Suatu Saraf

Dioksin yang terhirup pada manusia, bukan cuma sekedar kanker yang akan di timbulkan. Sistem saraf pun akan terangsang sehingga menimbulkan suatu kerusakan. Kerusakan sistem saraf ini juga akan berimbas pada kinerja organ dalam yang lainnya. 

3) Depresi Pada Diri

Depresi berawal dari stres yang sudah sangat parah. Biasanya disebabkan karna masalah internal maupun eksternal yang kemudian depresi berujung pada sebuah gangguan jiwa dan mental yang menganggu kinerja tubuh dan syaraf pusat.

Namun sebuah potensi depresi ini juga dapat disebabkan oleh paparan suatu senyawa dari plastik saat dalam proses pembakaran sebuah limbah plastik yang tidak sempurna dan mengakibatkan sebuah akibat yang sangat fatal.

Akibat Yang DiTimbulkan Dari Plastik

A. Mengakibatkan Bencana Banjir

bahaya sampah plastik bagi lingkungan

Bukan hanya berbahaya bagi kesehatan manusia, plastik juga sangat berbahaya bila pembuangannya tidak tepat pada sebuah tempatnya. Hal ini akan menyebabkan terjadinya bencana banjir karena plastik yang menyumbat  saluran aliran sungai.

B. Menurunkan Tingkat Kesuburan Tanah

bahaya sampah plastik bagi lingkungan

Plastic yang susah atau lama mengurai dapat mengakibatkan sebuah kesuburan tanah menjadi menurun, karena sirkulasi udara dalam tanah menjadi sedikit terhalang, ruang gerak makhluk bawah tanah pun menjadi terhambat dan sangat tergangggu.

Sedangkan makhluk yang ada di bawah tanah tersebut adalah untuk menyuburkan tanah. Itu lah bahaya sampah plastik bagi lingkungan. Jadi kita harus menjaga lingkungan kita agar tetap bersih dan terhindar dari pencemaran lingkungan.

C. Menjerat Hewan Ternak

bahaya sampah plastik bagi lingkungan

Bukan hanya hewan yang hidup berada di dalam tanah, hewan yang berada di laut pun akan mengalami dampak negatif dari limbah sampah plastik. Sampah plastik yang di buang ke perairan sungai atau laut sangat besar peluang bagi hewan tersebut untuk terjerat limbah plastik.

D. Meracuni Suatu Makhluk Hidup 

bahaya sampah plastik bagi lingkungan

Seekor hewan yang mati karena mengkonsumsi limbah plastik, plastik yang ada di dalam tubuh hewan tersebut tetap tidak akan bisa terurai dan tidak mudah hancur, hanya hewannya saja yang menjadi sebuah bangkai namun plastiknya tidak hancur.

Inilah yang  akan menyebabkan racun menyebar kepada makhluk hidup lainnya. Itulah bahaya dari sampah plastik bagi lingkungan makhluk hidup yang ada di sekitarnya.Kita harus lebih berhati hati lagi dalam menggunakan sampah plastik.

E. Pencemaraan Dalam Air

bahaya sampah plastik bagi lingkungan

Plastik dapat memperburuk kualitas sebuah air, Suatu bahan kimia yang penuh racun seperti Bisphenol A, Styrene Trimer serta Polystyrene dapat mencemari kualitas air. Air yang sudah tercemar lalu diguanakan untuk aktifitas biasa dapat memepengaruhi kesehatan tubuh.

Dampak Bahaya Sampah

Dampak negative dari pencemaran limbah sampah plastik antara lain :

  • Pembuangan limbah sampah plastik yang sembarangan akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan aliran sungai tersumbat yang menyebabkan bencana banjir.
  • Tercemarnya aliran air tanah dan tanah.
  • Kantong plastik akan mengganggu penyerapan air menuju ke dalam tanah.
  • Menurunkan tingkat kesuburan tanah.
  • Racun-racun dari serta partikel plastik yang masuk kedalam tanah akan membunuh hewan pengurai didalam tanah seperti hewan cacing.
  • Hewan-hewan dapat terjerat dalam limbah sampah plastik.
  • Bifenil Poliklorin (PCB) tidak akan terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan makanan.

Itulah ulasan dari Bahaya Sampah plastik Bagi Lingkungan. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memahami sebuah pentingnya dalam menjaga lingkungan kita agar tidak tercemar dan menjaga kelestarian ekosistem. Sekian dan Terima Kasih.