Select Page

BISNIS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK TANPA MODAL

Bisnis Daur Ulang limbah Plastik – Di tengah gundukan limbah sampah disekitar rumah, sangat tidak menyangka kalau limbah sampah plastik bisa menghasilkan omset hingga Rp100 juta rupiah dan menjadi sebuah peluang usaha bisnis yang menjanjikan.

Salah satunya Adi Suryo Wibowo yang gambar profile-nya sampai dimuat di berita nasional. Dia merupakan salah satu pengusaha ter sukses dan bisa mengaruk beberapa juta tiap bulannya. Itu ia peroleh dari bisnis daur ulang sampah plastik.

Ide mengolah sebuah limbah sampah plastik ini sebenarnya dimulai dari temannya yang akhirnya menginspirasinya untuk menggeluti bidang yang sama. Jadi sampah plastik-plastik yang dikumpulkan oleh  pengepul dari para pemulung ini nanti akan dijemur dan digiling.

Hasilnya nanti untuk dijual lagi ke pabrik khusus pengelola plastik dengan harga Rp. 5-10 ribu per kg untuk diolah menjadi biji plastik.Sampah plastik tersebut akan diadaur ulang kembali menjadi sebuah limbah sampah yang dapat digunakan menghindari  pencemaran.

Persiapan Macam-Macam Daur Ulang Limbah

Limbah Sampah rumah tangga yang umum dijumpai dan bisa didaur ulang adalah kertas, kaleng, dan plastik. Berikut ini suatu langkah-langkah sederhana yang bisa Anda ikuti untuk berkontribusi dalam pengolahan bisnis daur sampah di rumah berdasarkan bahan sampah.

Daur Ulang Sampah Kertas

Anda tak perlu tahu tentang seluk beluk cara mendaur ulang kertas hingga sampai mendetail, cukup pilah kertas berdasar jenis kertasnya di rumah.

  1. Kumpulkan kertas koran, majalah lama, brosur, dan buku bekas. Jangan sertakan juga plastik pembungkus majalah, kertas berlaminating, dan karet gelang.
  2. Pilih serta jaga kertas dalam kondisi yang bersih dan kering.
  3. Masukkan semua limbah kertas-kertas tersebut ke kardus besar berdasar jenisnya seperti: koran, majalah, dan sebagainya.
  4. Berikan atau jual ke sebuah tukang loak koran sebulan sekali.

Daur Ulang Kardus Yang Tidak Terpakai

Kardus biasanya merupakan suatu bahan limbah daur ulang bernilai jual tinggi bagi para pemulung.

  1. Pisahkan limbah kardus dari bahan pembungkus lain di dalamnya, seperti gabus polystyrene (Styrofoam), busa, plastik, dan tali atau yang lainya.
  2. Bongkar dan lipat kotak kardus untuk menghemat sebuah tempat, lalu ikat bertumpuk dengan kardus bekas lain.
  3. Simpan di tempat yang bersih dan kering hingga bisa diberikan ke pemulung.

Daur Ulang Limbah Plastik

Cara daur ulang sampah plastik untuk rumah tangga agak lebih rumit dan memerlukan banyak usaha. Setidaknya Anda bisa membantu sebuah proses ini melalui pemisahan sampah plastik dari sampah lain. Suatu bisnis daur ulang tanpa modal.

Bahan limbah sampah plastik yang umumnya bisa didaur ulang adalah wadah plastik, kantung plastik bekas wadah es krim misalnya, dan botol minum plastik. Beberapa bahan plastik tidak bisa didaur ulang. Karena bersifat susah untuk di olah atau didaur ulang.

Agar lebih mudah dalam mengenali plastik mana yang bisa dan tidak bisa didaur ulang, perhatikan pada bagian bawah atau area tersembunyi pada kemasan plastik. Jika kemasan plastik tersebut mencantumkan sebuah logo segitiga daur ulang, maka kemasan bisa didaur.

Ikuti langkah berikut untuk menyiapkan sebuah bahan plastik yang bisa didaur ulang yaitu:

  1. Bersihkan limbah plastik, terutama bekas wadah makanan atau minuman. Isi ember dengan air dan campurkan sebuah sabun cuci piring cair, seperti Sunlight. Masukkan plastik hingga semua terendam air sabun, lalu kocok-kocok sampai kotoran lepas.
  2. Injak limbah botol plastik yang sudah bersih hingga pipih untuk menghemat sebuah tempat.

Daur Ulang Kaleng Bekas

DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK TANPA MODAL

Kaleng juga merupakan sebuah bahan bisnis daur ulang berharga bagi pemulung. Berikut ini  adalah tips untuk sampah kaleng:

  1. Hampir sama dengan cara membersihkan limbah plastik, bersihkan kaleng bekas dengan merendamnya di air sabun untuk mengangkat sisa makanan atau kotoran lain. Berhati-hatilah dengan tepian kaleng yang sangat tajam!
  2. Kelupas kertas label kaleng jika mungkin yang masih menempel.
  3. Injak kaleng bekas atau gunakan alat untuk memipihkan kaleng itu untuk menghemat tempat.

Daur Ulang Botol Bekas Berbahan Dasar Kaca

Botol kaca bekas makanan/minuman yang sudah dicuci bersih bisa digunakan untuk keperluan yang lain, seperti untuk jus, jamu literan, wadah air untuk di meja makan, dan sebagainya. Sebuah bisnis daur ulang plastik yang bermanfaat.

Beli tutup botol plastik untuk menggantikan sebuah tutup botol yang tidak bisa digunakan lagi. Jika ingin mendaur ulang, berikut ini ada tipsnya:

  1. Cuci botol kaca seperti biasa sambil mengelupas label kertasnya yang masih menempel.
  2. Kumpulkan botol yang sudah bersih tersebut di kardus agar tidak pecah hingga saatnya dijual atau diberikan ke pemulung.

Mendaur ulang limbah sampah sendiri bahan-bahan di atas bisa jadi cukup sangat sulit karena ketiadaan peralatan yang memadai di rumah. Serta tidak ada pengalaman yang di dapatkan utuk mendaur ulang sampah yang ada.

Tetapi dengan mempersiapkan semua bahan-bahan tersebut untuk para pengepul setidaknya Anda sudah membantu membuat bahan-bahan bekas tersebut menjadi limbah yang bermanfaat kembali. Untuk bisnis daur ulang plastik tanpa modal.

Kerajinan Tangan Dari Limbah Daur Ulang

Kerajinan tangan merupakan seni di dalam membuat sebuah barang-barang yang bagus yang menggunakan bahan-bahan tertentu. Prakarya dari bahan bekas ini berarti menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi untuk di daur ulang kembali menjadi benda.

Selama ini mungkin kamu tidak mempunyai barang-barang bekas yang menumpuk di dalam rumah kamu, pastinya kamu bingung mau diapakan barang-barang tersebut yang sudah tidak terpakai itu. Bisa dimanfaatkan untuk bisnis daur ulang plastik.

Biasanya jika orang yang tidak memiliki ide kreatifitas dalam pikirannya itu, dalam waktu yang dekat barang-barang bekas tersebut akan segera dibuang atau dijual ke tukang loak sampah bekas. Kerajinan bisa untuk bisnis daur ulang sampah plastik.

Padahal jika kamu mau berpikiran yang lebih kreatif, barang-barang bekas tersebut dapat menjadi sebuah karya yang sangat menarik, unik dan lucu dan tentunya memiliki nilai seni dan harga yang sangat tinggi. Salah satu bisnis daur ulang plastik tanpa modal.

Untuk mempercantik sebuah ruangan rumah kamu, ada cara yang bagus yang dapat kamu lakukan selain dengan membeli suatu barang-barang furniture yang baru dengan harga mahal. Yaitu dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Admin ingin mencoba untuk memberikan sebuah informasi, apa saja barang-barang yang bisa di daur ulang untuk dijadikan suatu kerajinan tangan dari bahan bekas. Itu merupakan sebuah bisnis daur ulang plastik tanpa modal yang banyak.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Limbah Barang Bekas

Hampir setiap manusia pasti setiap harinya pasti memproduksi sebuah sampah dengan beraneka ragam sampah yang dibuang begitu saja. Ada limbah sampah botol, plastik, kaleng, kaca, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Padahal jika mereka mau berpikiran yang kreatif, mereka dapat menjadikan suatu barang-barang bekas tadi menjadi barang-barang yang bagus dan bermanfaat.Berikut ini contoh-contoh kerajinan tangan yang terbuat dari berbagai macam barang bekas yang bermanfaat:

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Botol Bekas

BISNIS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK TANPA MODAL

Botol merupakan salah satu tempat untuk menampung air, tetapi jika air yang di dalamnya sudah habis biasanya hanya langsung dibuang begitu saja, entah itu dibuang ke tempat sampah atau dibuang sembarangan di tengah jalan atau di tempat umum yang lainnya.

Dengan sedikit ilmu yang kreatifitas yang kamu miliki, limbah botol-botol bekas tadi dapat kamu sulap menjadi barang-barang yang sangat bermanfaat dan berguna untuk mmenghasilkan suatu nilai yang ekonomis.

Botol Yang Menjadi Sebuah Pot Tanaman

BISNIS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK TANPA MODAL

Botol-botol yang sudah tidak terpakai kebanyakan akan terbuang begitu saja,Akan tetpai kita bisa menggunakannya untuk menanam sebuah tanaman yang bisa kita manfaatkan hasilnya serta kita tak perlu banyak keluar modal. Dalam hal bisnis daur ulang plastik tanpa modal ini.

Bingkisan Dari Botol Bekas

BISNIS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK TANPA MODAL

Selain dapat dijadikan sebuah pot, bagian bawah dari botol juga dapat dijadikan bingkisan hadiah yang sangat menarik. Isinya pun barang-barang yang kecil saja tidak usah besar-besar mengingat volume dari botol tersebut tidaklah cukup besar untuk diisi.

Boneka Lucu Dari Botol Plastik Yang Elastis

BISNIS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK TANPA MODAL

Botol-botol bekas yang berbahan sangat elastis seperti botol bekas pewangi pakaian, atau botol pembersih lantai, botol bekas oli kendaraan dan masih banyak lainnya dapat dijadikan sebuah karya seni yang sangat bagus.

Kamu dapat mengubah botol-botol bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan seperti boneka yang lucu dengan berbagai macam karakter hewan yang unik. Itu merupakan sebuah bisnis daur ulang plastik tanpa modal.

Kerajinan Tangan Dari Sedotan Bekas

Sedotan merupakan sebuah alat sederhana yang biasa digunakan untuk mempemudah manusia untuk mengkonsumsi berbagai macam suatu minuman. Jika sedotan sudah selesai digunakan biasanya hanya langsung dibuang. Bisnis daur ulang tanpa modal.

Karena sudah terpakai oleh orang lain dan harganya yang murah menjadikan sendotan merupakan barang yang terlalu mudah untuk dibuang begitu saja. Tetapi sedotan ternyata memiliki manfaat tersendiri.

Dengan kemampuan itu kamu dalam menyulap berbagai macam barang bekas menjadi barang-barang yang bermanfaat dengan nilai seni yang sangat tinggi, barang-barang bekas tadi menjadi sebuah barang yang dapat dijadikan hiasan rumah dan dijadikan untuk nilai investasi.

Kerajinan Robot Dari Tutup Botol Bekas

Masing masing dari Kita tentu sudah mengerti tentang pentingnya suatu recycling (daur ulang) terutama menggunakan botol plastik. Beragam dari suatu  botol plastik bekas ini dapat kita lihat cuma tergeletak saja di berbagai tempat, misalnya di taman, sungai, dan di jalan.

Sehingga membuat lingkungan sekitar menjadi tidak bersih dan juga tidak rapi. Yuk, kita manfaatkan sebaiknya botol botol plastik tersebut supaya menjadi sebuah ROBO-TIK (robot dari botol plastik).

Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

BISNIS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK TANPA MODAL

Kardus bekas seringkali menjadi  barang yang menumpuk dan menghabiskan ruangan dirumah kamu, dan terkadang malahan bisa berakhir di tempat sampah. Sampai saat sekarang ada banyak sekali kardus bekas yang mana bisa kita temukan di sekitar kita.

Itu dikarenakan hampir setiap barang kebutuhan kita setiap waktu menggunakan kardus sebagai wadah pembungkusnya. Maka dari itu kita harus bisa mengendalikan sampah tersebuat agar tidak menumpuk banyak di ligkungan kita.

Daripada kardus-kardus bekas ini menjadi suatu barang yang tak berguna dan hanya jadi sampah, menjadi lebih baik kalau kamu membuat kardus bekas ini jadi suatu kerajinan unik dan juga terdapat nilai seni yang tinggi. Untuk dijadikan bisnis daur ulang plastik.

Berikut ini merupakan bemacam-macam suatu kerajinan tangan dari kardus bekas.

1. Miniatur Rumah Mini Rumah Untuk Kucing

BISNIS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK TANPA MODAL

Kamu bisa memanfaatkan kardus bekas kamu untuk dijadikan sebuah miniatur rumah mini dan bisa digunakan sebagai kandang kucing yang kamu pelihara. Dengan membuat sebuah rumah mini yang nyaman dan unik ini.Ini produk bisnis daur ulang tanpa modal.

Pasti mau menghasilkan peliharaan kucing kesayangan kamu nyaman tinggal di tempat tinggalnya. Lihatlah kucing peliharaan kamu pasti akan merasa nyaman dan senang saat di dalam kandang yang telah kamu hasilkan.

Tujuan dan manfaat dari daur ulang sampah/limbah

  • Untuk terciptanya lingkungan rumah yang bersih dan sehat.
  • Mengurangi suatu bakteri yang ada di sekeliling yang menempel pada limbah tersebut.
  • Dapat dijual kembali, sehingga dapat memperoleh penghasilan yang luar biasa.
  • Mengurangi sebuah dampak dari kerusakan alam dan kerusakan lahan pertanian.
  • Untuk mengurangi dan menghilangkan pencemaran dalam lingkungan sekitar.
  • Untuk menghilangkan jumlah sampah-sampah atau limbah yang berserakan dilingkungan yang mengganggu keasrian lingkungan rumah.
  • Menghemat dalam menggunakan bahan baku yang baru, Karena bisa memakai bahan dari hasil daur ulang limbah itu
  • Untuk mengurangi penggunaan  suatu SDA
  • Untuk menekan, serta mengurangi serta menghilangkan polusi di lingkungan
  • Dapat menciptakan sebuah barang baru yang mempunyai nilai
  • Untuk menjadi cara alternative dalam suatu memenuhi kebutuhan dalam ekonomi
  • Menciptakan sebuah inovasi yaitu dengan menggabungkan beberapa bahan yang tidak berharga menjadi bahan yang mempunyai nilai

Kreasi Daur Ulang

Barang-barang limbah sampah daur ulang seperti botol bekas, kertas, kaleng, CD, dan barang-barang tak terpakai lagi di sekitar kita ternyata masih bisa digunakan lagi jika kita ingin sedikit berkreasi untuk menjadi kreatif.

Dengan memanfaatkan kembali barang-barang bekas tersebut, maka akan membantu mengurangi sebuah dampak pencemaran lingkungan sekitar yang ditimbulkan karena proses pembakaran sampah. Sesuatu bisnis daur ulang plastik tanpa modal.

Untuk akan memulainya, Anda bisa mulai mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi di dalam rumah. Setelah barang terkumpul anda bisa mulai berkreasi dengan melihat berbagai kreasi daur ulang unik dari internet.

Contoh Sebuah Kreasi Daur Ulang Tanpa Modal

1. Roket Jet Pack Botol Bekas

bisnis daur ulang plastik tanpa modal

Dengan mengunakan dua botol plastik limbah bekas minuman bersoda dan beberapa kain flanel Anda bisa membuat mainan yang sangat keren. Sebuah ransel punggung dengan sebuah roket yang digunakan untuk terbang tinggi seperti pada film-film science-fiction .

Dua botol bekas soda berukuran lumayan besar dicat dengan warna perak atau abu-abu cerah dan kemudian keduanya direkatkan dengan lem kuat agar bisa menyatu. Kain flanel dipotong secara zig-zag agar tampak seperti sebuah api.

Digunakan sebuah kain berwarna orange dan kuning agar menyerupai warna sebuah api. Setelah api dari kain flanel tersebut selesai, selanjutnya kedua kain tersebut direkatkan pada mulut botol, jadilah sebuah kreasi Roket Jet Pack.

2. Sapu Dari Botol Plastik

Ide ini begitu sangat berguna sekali, karena dapat menyulap limbah sampah botol menjadi Sapu yang dapat digunakan untuk membersihkan sebuah rumah dari debu dan kotoran. Bahan yang digunakan 5 buah botol plastik berukuran cukup besar dan sebuah buah tongkat.

Ambilah 4 buah botol limbah sampah plastik dan potong bagian dasar botol, kemudian gunting botol dari bawah keatas agar berbentuk seperti sebuah rambut pada sapu. Ambil 3 botol yang sudah di gunting dan potong pada bagian mulut botol.

Kemudian letakkan 3 botol tersebut ke bagian atas 1 botol yang sudah digunting awal tadi. Botol terakhir dipotong dengan 1/3 ukurannya dari mulut botol. Masukkan 4 botol yang sudah disatukan tadi ke dalam botol yang terakhir tersebut.

Satukan 5 botol tadi dengan sebuah tongkat kayu dengan menggunakan sebuah kawat, harap anda berhati saat hendak melakukannya dan minta tolong kepada orang dewasa agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Itulah ulasan tentang Bisnis Daur Ulang Plastik Tanpa Modal semoga bisa menjadi sebuah pembelajaran dan memeberi manfaat kepada anda semua akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

Sekian Dan Terima Kasih