Select Page

Salam Go green sahabat, apa kabar hari ini? semoga baik baik saja ya. Nah nah artikel apa lagi sih yang akan mimin bagikan untuk sahabat go green kali ini? tenang tenang, artikel ini masih berhubungan dengan artikel sebelumnya ya yang berjudul cara membuat kerajinan sampah plastik. Eitss tapi kali ini artikelnya cukup spesial sahabat, karena akan membahas mengenai cara daur ulang sampah. Nah temanya teknis banget kan? daripada penasaran yuk disimak artikel berikut, selamat membaca.

Pengertian Sampah Plastik

Sampah plastik adalah jenis sampah yang terbuat dari jenis plastik. Sampah plastik adalah sampah paling susah untuk diurai oleh bakteri bahkan ada beberapa jenis sampah plastik yang tidak dapat diurai. Oleh sebab itu sampah plastik termasuk dalam kategori sampah anorganik. sampah plastik dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah benda yang memiliki nilai jual tinggi. Diantara pembuangan yang paling berpengaruh pada lingkungan adalah pembuangan sampah plastik ke sungai.

Selain merusak lingkungan, sampah plastik juga akan membunuh biota laut serta akan dalam jangka panjang berpengaruh pada tingkat penghasilan nelayan dan profesi yang berhubungan dengan laut.

Hal ini akan bertambah menyeramkan dengan adanya penambahan jumlah industri pabrik yang membuat produknya atau kemasan dengan bahan plastik. Sisa sisa produksi tersebut dan menambah angka jumlah sampah plastik di dunia. Walaupun ada beberapa kebijakan mengenai CSR industri terhadap lingkungan namun sampah tersebut banyak diproduksi oleh konsumen.

Cara Mendaur Ulang Sampah

Pengolahan sampah menggunakan prinsip 4R yaitu:

1. Replace (Mengganti)

  • Yaitu kegiatan mengganti barang-barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang sama fungsinya dan tahan lama
  • Mengganti barang sekali pakai dengan barang tahan lama merupakan upaya untuk mengurangi sampah
  • Lebih cermat dalam mengamati apakah barang yang akan diganti benar benar telah layak untuk diganti begitupun sebaliknya, jika dirasa barang belum terlalu penting untuk diganti maka dapat menundanya terlebih dahulu

2. Reduce (Mengurangi)

  • Sediakan kantung sendiri dari rumah ketika akan berbelanja di pasar baik modern maupun tradisional
  • Menggunakan barang atau produk yang bisa isi ulang seperti botol air minum sendiri.
  • Mengurangi produk plastik dan menggantinya ke produk kertas
  • Mengurangi cetak kertas yang dirasa tidak terlalu penting
  • Mengurangi produk atau barang barang  dengan bahan sekali pakai.

3. Re-use (Memakai)

  • Memaksimalkan fungsi barang seperti baju, dapat diamalkan kepada yang membutuhkan jika sudah tidak terpakai
  • Memanfaatkan produk kemasan yang dapat digunakan untuk berkali kali seperti toples kue
  • Menggunakan energi isi ulang seperti batterei
  • Memaksimalkan penggunaan kertas kosong bekas dalam menulis sesuatu

4. Recycle (Daur Ulang)

  • Mengubah sampah kertas menjadi bubur agar bisa dimanfaatkan menjadi kertas
  • Mengolah kembali botol plastik menjadi biji plastik agar bisa menjadi barang barang berguna lain seperti pot bunga dan gantungan baju
  • Mengolah sampah organik/ terurai menjadi kompos.
  • Mengolah sampah non organik menjadi barang bermanfaat dan mempunyai nilai jual seperti kerajinan.

Pengertian Daur Ulang

cara mendaur ulang

Adalah proses untuk mengolah  bahan bekas yang tidak berguna menjadi benda lain yang bermanfaat dan berguna serta bernilai jual tinggi. Sampah padat seperti plastik, kaca dan alumunium adalah contoh sampah padat yang dapat didaur ulang. yang terdiri atas proses pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas dengan prinsip 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace).

Daur ulang adalah bentuk pengembalian barang bekas menjadi barang jadi baik dalam bentuk yang sama dengan aslinya atau mengubah fungsi dari barang tersebut. Contoh barang bekas sendok plastik yang dibuat menjadi lampu hiasan kamar atau kertas menjadi kertas baru dengan proses peleburan kertas lama.

Tujuan utama daur ulang sebenarnya adalah untuk mengurangi sampah, kemudian sampah sampah yang bisa diolah dapat didaur ulang untuk menambah nilai fungsional dari sampah tersebut. Bonus dari daur ulang adalah pendapatan yang dihasilkan dari penjualan daur ulang sampah dengan prinsip dengan bahan sederhana akan menghasilkan sesuatu yang berharga.

Alasan Mendaur Ulang Sampah

Begitu banyaknya sampah yang ada di sekitar dan dampaknya yang terjadi pada kita akan menjadi sebuah petaka. Terlebih sampah yang diproduksi belum sesuai dengan penguranganya. Jumlah angka sampah pertahun naik sekitar 6 juta ton misal saja pada tahun 2018 ada sekitar 60 juta ton naik menjadi 66-70 juta ton pada tahun 2019 di indonesia. Jika hal ini tidak ada jalan keluar maka suatu hari bukan tidak mungkin bahwa halaman rumah kita dipenuhi dengan sampah.

Ternyata daur ulang bukan pekerjaan sampingan atau pekerjaan yang dilakukan pada saat santai. Dari daur ulang banyak sekali tokoh tokoh pebisnis yang akhirnya bisa mengubah hidupnya. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap orang sekitar dengan diadakanya lowongan pekerjaaan baru untuk membantu tokoh tersebut

Faktanya sahabat ketika kita dapat mendaur ulang alumuniun kita akan menghemat sekitar 95 persen energi yang dibutuhkan untuk membuat yang baru. Cukup hemat energi untuk menyalakan televisi selama 3 jam. Ada setengah dari sampah yang kita buang ternyata bisa didaur ulang sahabat.

Proses Daur Ulang

1. Pemisahan

Tahap pertama dari proses daur ulang adalah pemisahan. pada tahap ini kita harus pandai pandai dalam memilah barang yang akan didaur ulang. Sebaiknya dengan aturan  yaitu bahan yang dapat didaur ulang adalah kaca, alumunium, plastik dan barang tidak bisa diurai. sedangkan barang yang tidak bisa di daur ulang dapat kita timbun untuk dijadikan pupuk kompos.

2. Penyimpanan

Siapkan satu tempat untuk menyimpan jenis limbah yang  telah kita pilah. Pastikan semua limbah yang ada dalam satu tempat merupakan yang sejenis. Lalu susunlah limbah tersebut agar terlihat rapi dan jangan lupa untuk dibersihkan terlebih dahulu jika limbah masih dalam keadaan kotor

3. Daur Ulang

Pada tahap ini sahabat go green bisa nih untuk mulai mendaur ulang limbah tersebut, sekarang tinggal akan kita bentuk dan jadikan apa pada barang tersebut agar nantinya kita bisa mempersiapkan bahan bahan yang pendukung daur ulangnya. carilah referensi untuk menguji tingkat senimu. Referensi tidak terbatas pada sumber internet, sahabat go green bisa gunakan youtube, facebook atau media sosial lainya dalam berkreatifitas. Biasanya ide akan muncul sesuai dengan yang kita alami dan amati. Untuk itu sahabat bisa mencari referensi juga melalui jalan jalan. Ketika ide telah didapatkan maka segera cari bahan pendukung ya sahabat. lalu mulailah untuk mendaur ulang.

4. Pengiriman atau Penjualan

Ada dua pilihan dalam pendistribusian  limbah yakni

a. Pencacahan Limbah

Limbah yang telah dipilah dan dipilih kemudian dibersihkan dari kotoran kotoran yang menempel. limbah hasil pilihan kemudian dicacah dengan mesin pencacah. Setelah itu limbah hasil cacahan dikumpulkan dan didistribusikan kepada pengepul untuk kemudian akan dijadikan barang barang jadi seperti perabotan rumah tangga.

b. Penjualan Limbah Jadi

Maksud dari penjualan limbah jadi adalah penjual hasil dari daur ulang yang kemudian telah difinalisasi agar menjadi barang jadi yang bermanfaat seperti hiasan rumah, perabotan rumah tangga dan lain sebagainya.

Kegagalan Daur Ulang

Survei yang dilakukan Anglian Home Improvements mengungkap, 90 persen masyarakat Inggris telah secara aktif melakukan daur ulang. Namun, 70 persen dari mereka belum tahu mana yang bisa dan tidak bias didaur ulang. Ada sekitar 67 persen mengerti aturan dan bahan apa saja yang bisa didaur ulang dan sisanya belum mengerti.

Selama kurun waktu 4 tahun  antara 2012 sampai 2016, ternyata terdapat peningkatan jumlah barang yang gagal didaur ulang  yaitu sebanyak 84 persen. Pada tahun 2016, yayasan amal WRAP menjumpai bahwa rumah tangga Inggris membuang barang yang sebenarnya masih bisa digunakan rata-rata sebanyak 407 kilogram.

Mimin mau ngajak sahabat untuk lebih peduli dengan makanan yang kita beli dengan kemasan plastik, sebisa mungkin untuk dkurangi dan beralih kemakanan yang yang tidak meninggalkan jejak sampah yang sulit untuk diurai. Selanjutnya untuk sampah yang berupa organik seharusnya disimpan dan ditimbun untuk dijadikan pupuk kompos.

Cerita Sukses Daur Ulang

Jika kamu ingin tahu siapa saja orang-orang yang memiliki cerita sukses dari bisnis daur ulang sampah, yuk, mengenal lebih dalam tentang cerita mereka di bawah ini.

Indra “Novint” Noviansyah

Novint, pria pontianak yang merantau ke jakarta ini juga berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran akan sampah plastik kepada masyarakat. Hasilnya adalah bank sampah yang dia bangun. selain itu, seringkali dilakukan penyuluhan  serta membeli sampah-sampah secara langsung menjadi salah satu bukti perannya dalam menggalakan sadar akan sampah.

Tom Szaky

Salah satu cerita inspiratif pebisnis sampah plastik adalah dia tom szaky. Pria kelahiran Budapest ini rela keluar dari Princenton University untuk mewujudkan impiannya yaitu berbisnis daur ulang sampah.

TerraCycle merupakan perusahaan yang ia dirikan pada tahun 2001. Awal Mulanya perusahaannya hanya bergerak pada pembuatan pupuk organik. Setelah itu, Tom barulah memperluas fungsi sampah yang dituju dengan mengumpulkan limbah dan mendaurulangnya. sejak saat itu TerraCycle menjadi salah satu inovator dalam recycling yang sering disebut upcycling.

Upcycling adalah konsep daur  sampah  menjadi barang yang bernilai tinggi. kemudian, barang tersebut bisa dijual ke publik.  menurut Forbes, Tom Szaky disinyalir memiliki kekayaan sekitar 13 juta dollar berkat TerraCycle dan popularitas upcycling yang dibuatnya.

Firman

Firman sangat terganggu ketika melihat sampah-sampah kerap berceceran dan berserakan di sembarang tempat. Awal mulai merintis usahanya banyak cibiran dari orang orang sekitar, pasalnya firman merupakan lulusan s1 dan bergelar sarjana. orang disekitar berpikir bahwa orang yang telah menyandang gelar sarjana harusnya memang kerja di dalam gedung dengan ac didalamnya atau minimalnya memegang buku dan bulpoint sambil memantau pekerja lapangan. Namun firman tak peduli dengan pikiran orang orang disekitarnya. Apa yang digelutinya sekarang merupakan niat dan tekadnya.

Tidak balas dendam dengan itu firman justru memberdayakan orang orang disekitar yang justru adalah mayoritas tunakarya. Mereka diberi tugas oleh firman untuk mencari sampah kemudian mereka akan dibayar sesuai dengan kesepakatan bersama. Kemudian mereka mengiyakan tugas yang diberikan oleh firman. Hingga akhirya mereka dapat megumpulkan 1 ton sampah dan menjadi 7 kuital setelah di pisah. hasil dari cacahan sampah platik bisanya firman jual ke pengolahan jersesebagai bahan utamanya

Tips Menjadi Orang Sukses

Tidak mudah puas dan selalu ingin belajar

Hal yang harus dilakukan oleh orang yang ingin sukses adalah tidak mudah puas dengan ilmu. maksud tidak puas disini adalah selalu ingin belajar hal hal baru yang dikira akan menguntungkan dirinya. Rasa selalu ingin belajar akan menggeser keegoisan seseorang

Egois merupakan sesuatu penyakit hati yang dapat menghambat segala pekerjaan. Pikiran yang dipenuhi dengan rasa egois akan menutup ilmu llmu yang bemanfaat bagi kita. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, egois adalah sebutan untuk orang yang selalu mementingkan diri sendiri. Ia menganut paham egoisme, yakni pandangan yang melihat bahwa satu-satunya tujuan hidup adalah mewujudkan ambisi pribadinya. Orang egois adalah mereka yang hanya bahagia ketika tujuannya tercapai. Baginya, tujuan bermasyarakat tidak penting, bahkan cenderung untuk diabaikan atau dilanggar jika bertentangan dengan kepentingan dirinya sendiri.

Jangan Hanya Terpaku pada Uang

Ada sebuah pepatah mengatakan bahwasanya “uang bukanlah segalanya” memang ada benarnya hal tersebut. Orang orang sering menganggap bahwasanya tolak ukur dari sebuah kesuksesan adalah uang. Uang akan membawa pada perpindahan status dari orang menengah ke bawah menuju menengah ke atas.

Namun yang lebih berharga dari sekedar status masyarakat adalah sebuah proses dari pemilik kekayaan. Proses dijadikan sebagai tolak ukur kesuksesan sebagian dari pebisnis. Berbeda dengan kaya keturunan, orang sukses yang berasal dari bawah akan merasakan ditempa seperti biji panas. Uang yang ada sekarang hanyalah titipan, jika tuhan berkehendak maka uang setebal apapun akan hilang. Tentu sangat berbeda dengan orang yang telah melewati proses. Mereka tidak akan khawatir dengan hilangnya uang yang ada pada dirinya. karena mereka akan kembali dengan cara mengulangi prosesnya dan belajar akan itu.

Memiliki Tanggung Jawab

amanat/ tanggung jawab adalah sifat para nabi kita bahwasanya tanggung jawab adalah suatu sifat yang bernilai tinggi. Dari tanggung jawab kita akan diberi suatu kepercayaan. jika suatu kepercayaan telah kita pegang maka tidak mungkin amanat itu akan semakin besar dan semakin besarnya suatu amanat maka besar pula dampak yang akan kita dapat. Dari dampak dampak yang ada akan timbul dampak positif yaitu rezeki yang tidak akan pernah putus.

Banyak sekali bentuk bentuk tanggung jawab. Kaitanya dalam berbisnis tanggung jawab yang mendasar adalah tanggung jawab terhadap perkataan kita sebagaimana seorang yang melakukan perjanjian kepada kita maka kita harus menepati janji tersebut

Bijak dalam Mengelola Keuangan

Tidak ada orang sukses yang tidak disiplin dalam keuanganya. Uang merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam kesuksesan seseorang selain tekad. Uang merupakan hasil dari kerja keras dan proses yang kita alami. akan sangat tidak efektif jika hasil lebih kecil daripada usaha.

Oleh sebab itu perlu adanya perencanaan uang jangka pendek dan panjang. Selain perencanaan uang kita juga harus percaya bahwasanya uang akan menjadi pelayan kita yang dapat melayani kita apapun, kapanpun dan dimanapun namun sebaliknya, uang akan menjadi musuh kita dan sekaligus pedang yang akan membunuh kita kapanpun dan dimanapun kita berada jika tidak pandai dalam mengelola.

Untuk itu sisihkanlah sebagian dari kerja keras kita untuk bersedekah agar uang yang kita hasilkan dapat menjadi berkah bagi kita. Orang sukses cenderung pandai memilah kebutuhan dan sering mengabaikan keinginan. Kebutuhan adalah suatu yang harus dibutuhkan sesuai dengan kondisi kita pada saat tersebut

Bangun Relasi dan Koneksi

Tips terakhir menjadi orang sukses adalah dengan membangun relasi. Relasi yang dimaksud adalah mencari sebanyak mungkin kawan yang satu visi dan misi dengan kita. Tujuan dari mencari relasi adalah untuk membangun jaringan. Semakin banyak jaringan yang kita bangun maka akan mudah jalan kita untuk mencari pasar target bisnis kita.

Selain itu relasi juga berguna bagi sisi pemikiran kita. Bisnis adalah kegiatan jangka panjang. Akan ada banyak tantangan dan pertanyaan dalam menjalani bisnis kita. Relasi yang kita bangun dapat membantu itu semua. Terakhir relasi merupakan ajang/ media untuk silaturahmi. Diantara keuntungan dari silaturahmi adalah memanjangkan usia.

× Whatsapp Kami!