Select Page

Salam Go green sahabat, apa kabar hari ini? semoga baik baik saja ya. Nah nah artikel apa lagi sih yang akan mimin bagikan untuk sahabat go green kali ini? masih dalam suasana daur ulang ya sahabat. Cielahhh kayak lebaran aja pakek suasana segala upss…. pada artikel sebelumnya mimin sudah bagiin artikel mengenai kerajinan dari plastik nih, nah saat ini mimin mau ngajak sahabat Go green untuk melihat contoh daur ulang sampah yang bisa sahabat buat dirumah masing masing ya sahabat.

Sebelum ke pembahasan mimin mau ingetin lagi nih buat sahabat Go green mengenai “tanam pohon seribu kebaikan.” nah perlu diketahui nih sahabat kalo pohon di bumi kita tercinta ini semakin hari semakin berkurang lho.

 

Berkurangnya Pohon di Dunia

Dalam penelitian, ilmuwan mengungkap bahwa manusia telah memusnahkan triliunan pohon dalam waktu yang relatif singkat. Sejak zaman es terakhir atau 11.000 tahun lalu, jumlah pohon di planet kita berkurang lebih dari 3 triliun. Perkembangan pada era industri paling berkontribusi pada penurunan jumlah pohon.
Beberapa penyebab deforestasi adalah. kebakaran hutan, perkebunan, pertanian, permukiman, pertanian dan Deforestasi akibat penebangan kayu paling banyak terjadi pada tahun 2010 – 2012. Namun dalam keseluruhan pengamatan, hal ini telah menyebabkan kerusakan hutan seluas 1,26 juta hektar atau 14 persen dari deforestasi nasional. Kementerian Perindustrian mengatakan Indonesia adalah produsen kertas ke-6 terbesar di Indonesia. Saat ini nilai ekspor kertas mencapai 7,26 miliar USD. Industri kertas juga mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 260 ribu orang lebih.

 

Dampak Penebangan Hutan Secara Liar

Hilangnya Kesuburan Tanah

Tidak adanya pohon sebagai pelindung mengakibatkan tanah menyerap sinar matahari semakin anyak dengan adanya penyerapan tersebut maka terjadilah kekeringan pada tanah dan ketika air hujan turun dengan lebat tanpa adanya penyeimbang pohon maka air akan menyapu nutrisi ayang ada la tanah sehinggga tanah tidak subur

Turunnya Sumber Daya Air

Pohon sangat berkontribusi terhadap pasokan air yang ada di bumi, dari akar air akan disimpan dalam tanah, sedangkan melalui daun air akan dialirkan dan diserap oleh sinar matahri hingga berbentuk uap dan dilanjutkan ke atmosfer dan jadilah awan dan turun hujan. begitu seterusya.

Punahnya Keanekaragaman Hayati,

Ternyata sahabat hutan tropis hanya seluas 6% dari permukaan bumi tetapi faktanya sekitar 80-90% dari spesies ada di dalamnya. Namun akibat penebangan liar yang dilakukan secara besar-besaran ada sekitar 100 spesies hewan menurun setiap hari, keanekaragaman hayatipun  hilang dalam skala besar.

Mengakibatkan Banjir

Pohon yang tadinya berfungsi sebagai media penyerap air paling efektif telah hilang fungsinya akibat pembebatan hutan secara liar dan dampaknya akan mengakibatkan air berada di permukaan tanah dalam waktu yang lama atau biasa disebut banjir.

Oleh sebab itu sahabat Go green sangat disesalkan jika dikemudian hari hutan akan habis dan kita tidak dapat menikmati oksigen lagi, pemanasan global akan naik secara signifikan, es dikutub akan mencair mengakibatkan volume laut naik hingga akhirnya akan berimbas ke kita. Nah untuk sekarang mimin mau ngajak sahabat Go green untuk lebih bijak dalam penggunaan kertas yaa sekiranya kertas masih dapat digunakan maka maksimalkan yang ada terlebih dahulu, karena salah satu alasan dikeluarkanya artikel ini adalah untuk ikut serta dalam visi penyelematan bumi. #safeEart

Baik sahabat kita kembali ke topik awal mengenai contoh daur ulang yang bernilai jual tinggi. yok simak ya sahabat

 

Sejarah Daur Ulang

Jarang diketahui  bahwasanya daur ulang dan pengolahan sampah menjadi bagian yang erat dengan manusia dan oleh sebab itu, daur ulang dan pengolahan sampah bergerak seiring peradaban manusia. Menurut Busch Systems, perusahaan pabrikan asal Kanada yang bergerak di bidang daur ulang, daur ulang sampah sudah ada sejak dari 2000 tahun yang lalu di mana pada sekitar tahun 500 SM.

Masyarakat Athena yang hdiup pada maasa itu memulai program pemusatan pembuangan sampah. kemudian masyarakat Jepang pada tahun 1013 juga mendaur ulang kertas yang kemudian dijual. kemdian daur ulang dan pengolahan sampah ikut berkembang seriring dengan  peradaban manusia dan teknologi yang mendorong berbagai kemajuan, dari situ mulailah didirikannya pabrikan perusahaan bekas di Philadelphia,

Dari fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa manusia sebenarnya sudah lama mengenal daur ulang dan pengolahan sampah. Namun, isu ini sering kali dilupakan dan dianggap tidak penting karena masyarakat merasa bahwa daur ulang tidak membawa manfaat  langsung yang dapat dirasakan dalam kehidupan mereka.

 

Mengenal Alat dalam Pembuatan Daur Ulang Sampah

Alat adalah seperangkat benda yang digunakan mengerjakan sesuatu. alat biasanya berbentuk mesin atau barang barang pendukung pembuatan sesuatu. dalam hal ini alat adalah benda yang digunakan dalam pembuatan daur ulang.  alat adalah satu komponen keberhasilan dalam mendaur ulang, tanpa adanya alat maka pengerjaan tidak akan selesai dilakukan.

Jenis Alat

       1. Alat Kecil

Adalah jenis alat yang biasanya digunakan dalam program daur ulang skala kecil seperti pembuatan topi dari sampah, pembuatan sapu ijuk dari plastik, pembuatan hiasan lampu kamar tidur , dan lain sebagainya.

       2. Alat Besar

Alat besar adalah suatu benda yang digunakan sebagai pendukung pembuatan daur ulang dengan berskala besar. pembuatan jersey, alumunium, perabotan rumah tangga dan lain sebagainya. alat yang digunakan berupa mesin pencacah plastik.

Macam macam Alat

1. Alat Primitif

Yang dimaksud alat primitif adalah alat yang fungsinya terbatas pada penyelesaian kasus kasus tertentu dan tidak dapat digunakan pada skala rumahan. alat primitif hanya bisa digunakan untuk pembuatan project sekolah. contoh alat alat primitif adalah kawat bekas untuk pembuatan tangkai bunga.

2. Alat Tradisional

Alat tradisional adalah alat yang seringkali digunakan dalam kehidupan sehari hari dan cenderung mudah untuk didapatkan.  Alat tradisional lebih efektif penggunanya dibanding dengan alat primitif. Contoh alat tradisional adalah pisau yang dapat digunakan untuk memotong bagian pada bahan yang akan di daur ulang.

3. Alat Modern

Alat modern adalah alat yang penggunanya telah tersistim. alat modern sangat efektif untuk pengerjaan daur ulang skala besar. alat modern adalah suatu alat yang menambah produktivitas pada produk yang kita daur ulang, dengan adanya alat modern, waktu yang kita sediakan untuk pembuatan daur ulang cenderung singkat dan dapat mengalokasikan kepada kegiatan lainya. contoh dari alat modern adalah mesin pencacah plastik yang dengan teknologi terkini manjadikan semua yang kita kerjakan akan menambah kuantitas.

4. Alat Kontemporer

Alat kontemporer adalah alat yang tidak banyak digunakan oleh para pendaur ulang. alat kontemporer adalah alat buatan pribadi atau kreatifitas pemilik dalam pembuatan alatnya.

 

Mengenal Bahan dalam Contoh Daur Ulang Sampah

Bahan adalah sesuatu yang digunakan dalam membuat sesuatu atau kata lain bahan adalah sesusatu yang diperlukan untuk membuat sesuatu darinya. bahan biasanya menjadi opsi para pendaur ulang dalam membuat karyanya. bahan pula menjadi satu pondasi dibuatnya sebuah karya. bagus atau tidaknya sebuah karya akan dipengari oleh bahanya.

Jenis Jenis Bahan Daur Ulang

1. Bahan Utama

Bahan utama adalah bahan yang digunakan dimana tanpa adanya tidak akan terbuat sebuah karya. bahan utama adalah rangka dari sebuah karya. layaknya sebuah rangka, bahan utama menjadi ide pokok dari sebuah rangka. misal bahan utama dari pembuatan hiasan lampu adalah sendok plastik, dan plastik pada pembuatan sapu ijuk dari sampah plastik.

2. Bahan Pendukung

Bahan pendukung adalah bahan yang digunakan untuk mendukung sebuah karya. Tanpa adanya bahan pendukung maka tidak akan tercipta sebuah karya seni secara sempurna. Contoh bahan pendukung adalah lem yang digunakan untuk merekatkan satu komponen ke komponen lainya. Baterai sebagai penggerak sebuah benda pada sebuah karya seni.

 

Peraturan Daur Ulang

Menteri linkungan hidup dan kehutanan republik  indonesia telah mengeluarkan peraturan mengenai daur ulang yang dikeluarkan dengan nomor P.75/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019 TENTANG PETA JALAN PENGURANGAN SAMPAH OLEH PRODUSEN meliputi

  1. Daur ulang yang dimaksud dalam pasal tujuh adalah daur ulang oleh produsen kemasan plastik dan tidak bisa diurai lagi.
  2. Produk yang telah berubah menjadi sampah untuk dipulangkan kembali agar bisa didaur ulang
  3. Menyediakan fasilitas penampungan sampah pasca pemulangan kembali ke produsen
  4. Penampungan yang dimaksud adalah penampungan yang dapat melindungi dari hujan dan panas, pemberian label tanda, serta dapat membedakan warna, bentuk dan label.

Sedangkan ada beberapa langkah dalam mendaur sampah yang perlu diketahui

  1. Cari referensi
  2. Temukan ide dalam referensi
  3. Kumpulkanlah sampah yang diperlukan
  4. Kumpulkanlah alat dan bahan yang diperlukan
  5. Gunakan alat dan bahan seminim mungkin untuk pengeluaran dana lebih besar.
  6. perhatikan bahan kimia yang terkandung pada bahan,
  7. Mulailah membuat karya dari alat dan bahan yang telah disiapkan.

 

Contoh Daur Ulang sampah

1. Contoh Daur Ulang Sampah CD Bentuk Burung

contoh daur ulang sampah

sekilas tidak akan menyangka bahwasanya karya indah ini adalah berasal dari bahan sederhana yang sering kita jumpai disekitar. benar seklai, dari bahan kaset bekas sahabat bisa meniru karya ini lho. tentunya dengan imajinasi yang kuat barang apapun akan menjadi hal yang luar biasa. sebagai seorang konsumen apa yang anda lakukan dengan karya ini? mencoba membeli? harga tinggi? tepat sekali. produk dengan kualitas tinggi dan proses yang rumit akan menyebabkan harga sebuah karya juga akan tinggi.

2. Contoh Daur Ulang Sampah Motif Gitar dari CD Bekas

contoh daur ulang sampah

Masih pada bahan CD bekas, CD bekas rupanya menyimpan sejuta ide untuk dikaryakan dan hasilnyapun tidak main main. gitar biasa yang tadinya hanya berbentuk motif kayu sekarang berubah menjadi gitar yang terkesa mewah. betapa tidak, gitar inni dihiasi gemerlap warna warni CD bekas yang membuatnya semakin estetik.

Contoh Daur Ulang Sampah Lampu Geometric dari Kardus

contoh daur ulang sampah

Apa yang sahabat pikirkan mengenai kardus bekas? untuk menyimpan barang? atau dijual kembali dengan harga yang sangat murah? jangan dijual dulu sahabat. Karena dengan membuat karya ini maka harga yang akan sahabat dapatkan juga lebih tinggi. betapa cantiknya bentuk bayangan yang dipantulkan oleh motif hiasan itu. Terlihat luar biasa akan sahabat. yok mari mulai dari sekarang

Contoh Daur Ulang Sampah Yang sukses

Limbahagia

di artikel sebelumya kita sudah megenal sosok tokoh pengusaha di bidang dau ulang. kita mengnela indra noviansyah seorang lulusan sarjana yang berkecimpung dengan sampah.

Dengan sistim franchise usaha indra berkembang dengan pesat. untuk saat ini usaha tersebut telah memiliki lebih dari 12 karyawan dan semakin berkembang.

CV Majestic Group

Muhammad baedowwy adalah ownernya. perusahaan asal bekasi ini adalah perusahaan yang saat ini telah berkekspansi menjadi sebuah perusahaan yang bergelut dibidang penualan mesin pembaharu sampah. lika liku sebelum menjadi perusahan mesin pembaharu sampah adalah baedowy pernah gagal dalam mengelola sampahnya. hingga akan menjaual pabrik miliknya. sebelum dijual baedowy mencoba mengotak atik mesin yang dia punya lalu munculah ide gila itu untuk membuat mesin pembaharu sampah miliknya. hingga kini baedowy telah maeraup untung hingga ratusan juta.

Pojokplastik.com

Perusahaan pojokplasik.com bergerak pada  bidang penggilingan plastik yang  akan  diolah menjadi berbagai macam produk. perushaan ini menggunakan sistem franchise dalam mengembangkan ushanya sehingga sangat terbuka untuk sahabat  yang ingin bergabung menjadi pebisnis pengolahan sampah plastik. sahabat dapat  bergabung dengan mereka hingga dapat membangun bisnis pengolahan sampah plastik sendiri.  tahapan yang perlu sahabat ikuti dalam membangun perusahaan sampah plastik adalah  Pertama, sahabat perlu niat dan tekad yang kuat karena yang namanya bisnis memang tidak main-main. Kedua, sahabat  perlu modal yang cukup. Modal  ini akan memudahkan sahabat  untuk melakukan kegiatan bisnis dengan lancar. dikarenakan modal untuk mendirikan bisnis ini cukup besar karena sahabat memerlukan mesin pengolah yang sesuai.

Ketiga, sahabat  wajib  mencari pengepul sampah  yang bisa menyediakan sampah padamu. berikanlah pada mereka pembayaran yang layak. kemudian memilih sampah plastik yang bisa digunakan, lalu bersihkan dengan benar terlebih dahulu agar bakteri yang menempel bisa hilang. sahabat juga wajib belajar bagaimana caranya mengolah sampah plastik yang benar.

Keempat,adalah berkerjakeaslah agar menghasilkan terget yang akan kamu capai. bekerja dengan ikhlas dan penuh seangat tentunya.

 

Tips Mengetahui Passion Diri

Passion adalah sesuatu hal  yang tidak pernah kita bosan untuk melakukannya.Passion adalah sesuatu yang akan mengorbankan segalanya untuk mencapai hal itu. Passion adalah sesuatu sal  yang dikerjakan secara ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar kita. Passion adalah di mana kita tidak selalu memikirkan untung dan rugnyai berikut adalah beberapa pertanyaan mengenai bagaimana caranya mengenal passion dala diri

1. apa yang pernah saya sukai dulu

2 tawaran apa yang selalu datang

3. apa yang akan saya kerjakan jika saya tidak punya pekerjaan lagi

4. apa yang sering kita angan angankan

5. orang bilang kamu bertalenta di bidang apa

6. kapan liburan trakhir kamu saya

7. apa yang ingin saya capai dan membuat saya bahagia

8. apa yang membuat saya menjadi orang yang unik

9. hambatan apa yag ingin saya selesaikan

10. apa yang membuat saya lupa waktu

11. apa yang ingin saya pelajari labih serius

12. dimana perbedaan antara apa yang saya sedang dan ingin lakukan

13. siapa yang akan membayar saya dengan ekammpuan saya

14.apa arti passion bagi saya, tanyakan sebenarnya passion itu apa. bedakan antara bakat hobby dan passion atau bahkan gabungan antara dua kata tersebut.

sahabat juga bisa baca bagaimana sih cara mendaur ulang sampah    untuk informasi lebih menarik lainya. ok sahabat sampai sini dulu ya artikelnya. selamat mencoba menjadi orang yang berguna bagi sekitar. dan jangan lupa ditunggu artikel artikel selanjutnya.

 

× Whatsapp Kami!