Select Page

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang usaha daur ulang plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Jangan dianggap sepeleh sampah plastik bekas, sebeb dari sampah itu dapat menghasilkan peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa plastik yang ada di tempat sampah itu sudah tidak ada gunanya lagi, namun dari sampah itu kita bisa mendapat banyak penghasilan, contohnya adalah di giling untuk bahan pengolahan biji plastik.

Sangat banyak jenis botol yang dapat di proses yaitu botol bekas air minum dalam kemasan, jumlahnya banyak sekali disebabkan orang biasanya langsung membuang ketika isinya telah habis.

Analisa Usaha Daur Ulang Plastik

pesanan dari gilingan botol dan gelas plastik bekas cukup banyak di perlukan oleh industri yang memproduksi biji plastik, oleh sebab itu sudah banyak pelaku pembisnis penggilingan ini yang berhasil kaya. Cara memperoleh bahan ini biasanya di dapatkan dari para pemulung, dari berbagi macam sampah akan di pilih lagi, botol dan gelas plastik bekasnya bisa di tampung untuk bisnis ini.

Umumnya botol bekas yang di dapat dari para pengepul sudah dalam kondisi siap giling, karena untuk dapat di proses di butuhakan botol yang sudah kering serta sudah di buang bagian kerasnya, yaitu bagian atas botol.

Namun kondisi botol bekas yang dijual tidak selalu dalam bentuk ready giling, ada kalah ada yang menjual masih berbentuk botol utuh, bahkan ada juga yang menjual dalam bentuk masih kotor dan banyak air dibotolnya.

pastinya harga botol-botol bekas ini akan lain harganya, botol yang sudah siap giling akan mempunyai harga yang lebih mahal dari pada botol yang masih harus melewati banyak langka lagi, karena industri gilingan akan memerlukan biaya lagi untuk ongkos pembuatan.

Proses produksi untuk penggilingan umumnya sederhana, sudah banyak para pembuat mesin dari kelas lokal yang harganya tidak terlalu mahal. plastik botol yang sudah siap giling ini tinggal di cacah menjadi bentuk kecil tertentu sesuai permintaan lalu di bersihkan dan di jemur.

Rata-rata mesin rakitan lokal berkapasitas produksi sampai 8 kwintal perharinya, tergantung besar kecilnya kapasitas mesin. se usai hasil gilingan kering harus bisa langsung di kirim kepada industri pembuat biji plastik.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Daur Ulang Plastik

Salah satu yang perlu di perhatikan dalam usaha ini adalah pada proses pembelian bahan, Botol dan gelas plastik yang masih kotor umumnya masih terdapat air didalamnya, ini akan merugikan karena akan memberatkan timbangan, dan umumnya kita sulit memprediksi kadar air didalamnya.

Untuk menyederhanakan hal itu lebih baiknya kita membeli dari para pengepul bahan yang sudah siap giling, tapi harga akan jauh lebih mahal, tetapi setelah dikalkulasi akan lebih nampak.

selain dari itu dalam memproses bisnis ini yang sulit iyalah menemukan bahan ketimbang menjualnya, dari  itu di butuhkan hubungan yang baik dengan para pencari plastik, supaya barang nya mau di jual kepada kita. Bahkan tidak jarang para pembisnis yang memberikan modal terlebih dahulu ke para penampung, itu dilakukan supaya suplai bahan selalu ada.

Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Biji Plastik

daur ulang plastik

Pemanfaatan sampah plastic (Gugun Gunawan, 2007: 20-21) dengan cara mengolahnya kembali merupakan upaya untuk menekan pembuangan plastik seminimal mungkin. Pemanfaatan sampah plastik bisa dilakukan dengan daur ulang (reuse) maupun daur ulang (recycle).

Di Indonesia pengolahan sampah plastik dalam skala rumah tangga biasanya adalah pemakaian kembali (reuse) untuk kegunaan yang lain, contohnya kaleng atau wadah bekas cat yang terbuat dari plastik dimanfaatkan untuk pot dan ember.

Tapi, hal itu tidak bisa menyelesaikan masalah banyaknya sampah plastik yang terus bertambah. Proses daur ulang tampaknya sudah menjadi harga mati untuk menanggulangi krisis sampah plastik ini.

Sebelum membahas proses daur ulang plastik secara lebih mendalam, akan lebih baik jika kita mengetahui tahapan-tahapan pendaurulangan sampah plastik menjadi biji plastik/bahan baku setengah jadi, yaitu:

  1. Pemisahan: sampah plastik harus dipisahkan dari material sampah lainnya, misalnya memisahkannya dari material sampah organik atau keras.
  2. Pemotongan: limbah plastik yang telah dipisahkan lalu dipotong-potong sesuai dengan permintaan. sebelum diolah menjadi biji plastik, limbah plastik ini harus dipotong kecil-kecil untuk memudahkan proses pembuatanya.
  3. Pencucian; sampah plastik yang suadah menjdi potongan-potongan ini harus dicuci untuk membersihkannya dari zat-zat tertentu yang tidak dibutuhkan atau dapat mengganggu proses pengolahan. Contoh zat tersebut adalah besi
  4. Penggilingan; habs dicuci, limbah plastik lalu digiling supaya menjadi biji plastik. kita tahu bahwa biji plastik yang didapatkan lewat penggilingan memiliki kualitas bagus yaitu dari mengapung tidaknya biji plastik ini di atas air.
  5. Biji plastik yang sudah diolah inilah yang mau dikirim ke industri pengolahan produk-produk plastik bekas.

Dibawah Ini Beberapa Jenis Biji Plastik dan Nilai Jualnya:

Jenis Biji plastik

Harga (Rp/kg)

Biji plastik Hd (Ex Injection)

7.000

Biji plastik Abs

10.000

Biji plastik Pet

5.500

Biji plastik Pp Cokelat

8.000

Biji plastik Pp putih

12.000

Biji plastik Pp hitam, merah, biru

6.000

B plastik Pp resin

7.000

Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik

Pada saat menghabiskan suatu produk, pasti kita akan membuang kemasannya begitu isinya telah dihabiskan. Kemasan tersebut dibuang begitu saja, padahal jika dimanfaatkan, plastik tersebut masih memiliki nilai yang cukup lumayan. Sebagai gambaran, harga biji plastik PP (polipropilena) yang biasa dibuat untuk wadah aki, berkisar antara Rp 19.000,00/kg.

Sedangkan limbah wadah tersebut dihargai Rp 10.000,00-Rp 15.000,00/kg. Jika Anda bisa mengumpulkan wadah aki sebanyak 1 ton, maka Anda dapat menghasilkan uang Rp 10 juta-Rp 15 juta selain pendapatan dari timah. Selain itu, juga ada pengusaha yang melakukan refurbish pada limbah aki tersebut sehingga dapat dipakai kembali.

Harganya berkisar Rp 75.000/unit aki. kalau Anda dapat mengumpulkan 100 butir aki bekas saja, maka Anda bisa memperoleh uang Rp 7,5 juta. ini pun belum termasuk sampah plastik botol atau limbah plastik lainnya yang nilainya jualnya sama.

Daur Ulang Plastik Agar Bermanfaat

Sampah didefinisikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan, yang dihasilkan dari suatu proses. Walaupun dari material sisa, tidak berarti semua sampah harus langsung dibuang.

Membuang tanpa pengelolaan sampah yang baik justru akan merusak lingkungan. Untuk mengurangi beban lingkungan, sampah bisa diolah menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan dari sampah plastik yang di daur ulang.

Bentuk Daur Ulang Sampah Plastik

Jika Anda bisa melakukan daur ulang dalam bentuk cacah atau pelet, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari itu. Untuk proses cacah, botol-botol plastik dikelompokkan berdasar warna dan jenisnya, lalu dicacah. Selesai dicacah, plastik tersebut lalu dikeringkan, diletakan ke dalam oven, selanjutnya siap dijual.

Hasil dari cacahan tersebut digunakan sebagai bahan baku benang polyester. Jenis plastik yang digunakan untuk membuat cacahan tersebut didapat dari limbah botol plastik minuman jenis PET (polyethylene terephthalate). Sedangkan untuk membuat tali rafia, jenis sampah yang digunakan adalah jenis sampah plastik gelas minuman jenis PP (polypropylene).

lalu, promosikan usaha Anda ke wilayah-wilayah, atau lingkungan-lingkungan yang membutuhkan daur ulang sampah atau industri manufaktur plastik yang membutuhkan plastik daur ulang atau bekas plastik. Bisnis daur ulang plastik bukan hanya menghasilkan, tapi Anda juga memberikan dampak baik bagi lingkungan.

Apa Saja Jenis Atau Usaha Sampah Plastik Yang Menghasilkan Nilai Ekonomi Tinggi ?

  1. Pencari sampah plastik
  2. Pengepul sampah plastik
  3. Pengepres
  4. Pencacah / crusher
  5. Pembuat biji plastik
  6. Pengguna biji plastik untuk dijadikan produk jadi.

Semua jenis atau katagori usaha daur ulang sampah plastik diatas mempunyai sirkulasi yang saling berkaitan dan dapat membuka lapangan pekerjaan. Jika kita pemula untuk menekuni usaha tersebut dibutuhkan modal, ketrampilan dan pengalaman agar bisnis tersebut berjalan dengen baik.

Dari setiap jenis bisnis daur ulang sampah plastik bisa dilakukan sendiri ataupun banyak, contohnya hanya jadi pengumpul, atau hanya jadi penggiling atau hanya jadi pencacah.

Akan tetapi bisa juga dijalankan secara bersamaan menjadi pengepul sekaligus menjadi pencacah, atau pencacah sekaligus jadi pembuat biji plastik, semua itu tergantung kesiapan modal kita untuk investasi lahan dan mesin yg dibutuhkan.

Mendaur Ulang Sampah Plastik Menjadi Sumber Usaha

daur ulang plastik

Plastik menjadi bahan penting untuk membungkus yang paling banyak diperlukan masyarakat. Meski semangat go green terus berkumandang dan banyak yang mencoba menghindarinya, penggunaan plastik hingga kini belum menurun. Itulah sebabnya bisnis penggilingan plastik tetap menggelinding.

Penggilingan limbah plastik adalah bagian penting dalam sistem pendaur ulang plastik. Proses ini menjadi jalan supaya sampah plastik bisa berguna.

Para penggiling sampah mengumpulkan plastik berupa botol, gelas atau lembaran plastik dari pemulung atau mencarinya sendiri. Sampah plastik digiling menjadi cacahan plastik. Kemudian, hasilnya dijual ke pabrik plastik. Di pabrik, cacahan itu diolah menjadi plastik baru.

Walaupun mempunyai omzet sebesar itu, Stanley masih memerlukan biaya bahan bakar minyak (BBM) yang tidak kecil. Pasalnya, mesinnya sangat bergantung dari pasokan solar. hari-hari, setiap mesin kapasitas 1 ton miliknya memerlukan kurang lebih lima liter solar.

Biaya perawatan mesin juga membebani. Apalagi saat ini harga suku cadang naik. Maklum, mesin penghancur atau penggiling plastik miliknya merupakan mesin lama yang dibeli dua tahun silam.

Selain itu, bisnis penggilingan sampah plastik makin banyak dikerjakan orang. dari itu, Stanley memilih meneruskan bisnisnya di daerah Surabaya sambil menunggu penambahan mesin penghancur baru.

Kenapa Limbah Plastik Harus Didaur Ulang?

Memanfaatkan peluang bisnis yang ada tentu akan menjadi celah bisnis yang menguntungkan. Sepertihalnya memanfaatkan sampah yang ada di sekitar Anda. Sampah memang menjadi salah satu permasalahan kompleks yang kerap timbul di tengah masyarakat. Baunya yang tidak enak dan kerap di kerumuni hewan menjijikan membuat sampah banyak di jauhi.

Diantara kebanyakan sampah, sampah plastik merupakan sampah yang paling meresahkan. Pasalnya bahan ini kerap digunakan masyarakat namun sangat sulit membusuk. Sehingga cukup mencemari lingkungan sekitar terkadang bisa menyebabkan banjir. Pastinya peluang bisnis pengolahan limbah plastik bisa menjadi usaha yang sangat bagus.

Dapat membantu menjaga lingkungan menjadi tetap bersih juga dapat menambah kantong. Usaha sampah plastik dapat Anda jalankan dengan langkah yang mudah. Ketersediaan sampah plastik yang cukup limpah di lingkungan sekitar membuat sampah plastik ini kian bernilai.

Limbah plastik ini akan diolah menjadi biji-biji plastik terlebih dulu. Keuntungan yang dikemas dalam bisnis sampah plastik memang begitu menggiurkan. Mungkin Anda tertarik menengok mengenai bisnis sampah plastik.

Selain karena alasan bisnis, setidaknya ada tiga alasan penting kenapa sampah plastik harus didaur ulang.Alasan tersebut termasuk kepentingan untuk melindungi kesehatan dan lingkungan dari bahaya yang ditimbulkan sampah plastik.

Sampah Plastik dan Pemanfaatannya

Seorang mahasiswi Universitas Pelita Harapan (UPH) bernama Dewinta, telah berhasil dalam mengubah sampah plastik menjadi nilai guna. Kesadaran terhadap masa urai plastik sebagai limbah yang tidak singkat, membuat dirinya mendaur ulang plastik agar tidak mencemari lingkungan.

Dewinta mengatakan bahwa bisnis limbah plastik sangat mudah dibuat bahan bisa dicari dan didaur ulang oleh kelompoknya yang berasal dari pembungkus mie instan. Pemilihan jenis sampah plastik tersebut didasarkan oleh tingginya jumlah sampah yang dihasilkan oleh bungkusan makanan tersebut.

Adapun hasil olahan daur ulang yang diproduksi oleh mahasiwa UPH antara lain tote bag yang dijual dengan harga Rp59.900 dan card holder seharga Rp19.900.

Sementara itu, dalam memecahkan masalah bisnis limbah plastik yang semakin tak terbendung, seorang kreatif, Deasy Esterina, berhasil menciptakan produk fesyen yang berkualitas tinggi.

Di tangan Deasy, sampah plastik bukan hanya didaur ulang (recycle) tapi memiliki nilai tambah dan kegunaan (upcycle). Hal inilah yang melahirkan sebuah merek dagang bernama Kreskros, yang merupakan akronim dari kresek dan crochet (merajut).

Deasy memulai usaha ini saat memamerkan tas hasil daur ulang dari plastiknya di Surabaya pada tahun 2014. Hasilnya, beragam tas yang pamerakan tersebut laku terjual. Berdasarkan pengalaman tersebut, dirinya mulai serius menggarap bisnis fesyen dengan bahan limbah plastik. Deasy memulainya dengan modal awal Rp10 juta yang dialokasikan untuk menyiapkan peralatan mesin jahit dan bahan baku.

Sumber bahan baku limbah plastik yang digunakan berasal dari pengepul yang menjual beragam plastik. Dalam tiga bulan Deasy berhasil mendaur ulang sebanyak 150 kilogram sampah plastik menjadi produk tas unggulannya.

Dari produksinya tersebut, setiap bulan Kreskros berhasil menjual sekitar 50 unit produk, antara lain tote bag, ransel, tas genggam, kantong alat tulis, buku organizer, dan tas toiletries.

Mesin Limbah Plastik

Bisnis limbah plastik ini tidak dapat berjalan maksimal jika tidak menggunakan mesin penghancur plastik dalam pengolahannya. penggunaan dari mesin penggiling plastik diperlukan supaya proses produksi menjadi lancar dan efektif. kerja mesin penggiling plastik yaitu menggiling plastik dan bahan lain menjadi potongan yang kecil-kecil.

sampah yang bisa digunakan yaitu jenis botol plastik mineral,karet, kulit, botol oli, dll. Mesin yang digunakan adalah penggiling sampah plastik yang menghasilkan potongan yang memuaskan sehingga bisa langsung masuk pabrik.

Mesin penghancur plastik dari maksindo tersedia dengan kapasitas kecil hingga besar berkualitas dan mutu terbaik. Menggait dengan beberapa kelebihannya menjadikan mesin penghancur plastik menjadi pilihan tepat.

Itulah ulasan tentang berbisnis dari sampah plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

× Whatsapp Kami!