Mesin Pencacah Plastik https://mesinpencacahplastik.id Jual Mesin Pencacah Plastik - Alat Penghancur Plastik Terbaru 2019 Fri, 04 Oct 2019 08:47:24 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.3 Begini Pemanfaatan Sampah Plastik Yang Perlu Kamu Tahu https://mesinpencacahplastik.id/pemanfaatan-sampah-plastik/ Fri, 04 Oct 2019 06:56:41 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1221 Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara pemanfaatan sampah plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya. Di mana kaki melangkah, akan kita jumpai sampah bertaburan. Entah itu sampah […]

The post Begini Pemanfaatan Sampah Plastik Yang Perlu Kamu Tahu appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara pemanfaatan sampah plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Di mana kaki melangkah, akan kita jumpai sampah bertaburan. Entah itu sampah organik, seperti dedaunan, sayuran, sampai sampah anorganik, seperti plastik, botol, dll.

Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif tersebut juga menyinggung sampah, khususnya anorganik yang banyak dijumpai di lingkungan sekitar ialah sampah plastik. Berdasarkan hasil penelitian dan penghitungan, pada 2008 limbah sampah plastik menyentuh angka 925 ribu ton.

Tak sekadar jual-beli atau memperbaiki dan menyerap ilmu cara mereparasi barang, warga di sana juga kerap bertemu untuk berdiskusi menemukan inovasi baru dalam menjaga lingkungan lo.

Tidak dapat dimungkiri, sejak dulu sampah menjadi persoalan krusial yang sulit sekali dipecahkan. Meski sudah banyak penyuluhan dan sosialisasi tentang pemanfaatan sampah agar tidak mencemari lingkungan, tidak banyak masyarakat yang memedulikan.

Bahkan dengan santai, justru merekalah subjek perusak kerindangan, kenyamanan, kebersihan, dan ketenangan alam. Suatu hal yang mendasar, contoh saja seusai makan camilan di taman, banyak ditemui seseorang membuang bungkus camilan begitu saja.

Hal inilah salah satu sikap dan bentuk kurang sadarnya masyarakat kita terhadap lingkungan. Kebiasaan buruk masyarakat kita berlangsung sejak mereka dini. Hal itu disebabkan karena orangtua sebagai panutan terkadang sering kita jumpai membuang sampah sembarangan.

Wajar bila kebiasaan itu ditiru buah hatinya. Oleh karena itu, dibutuhkannya kesadaran akan pentingnya membuangan sampah pada tempatnya dan peduli terhadap alam.

Pengolahan Libah Plastik Ramah Lingkungan

Cara pemanfaatan sampah plastik masih menjadi perbincangan hangat dalam setiap pertemuan tentang lingkungan hidup. Dimana sampah plastik adalah sampah yang tidak dapat diurai oleh tanah. Sehingga akan selalu memiliki ancaman terhadap pencemaran lingkungan.

Banyak seminar-seminar yang membahasa tentang betapa seriusnya kekhawatiran tentang limbah plastik ini. Dan harapan kita, generasi yang saat ini dan yang akan datang bisa lebih mengerti tentang pemanfaatan sampah plastik ini.

Ada hal-hal ide untuk mengurangi sampah plastik, yaitu sebagai berikut:
  1. Melakukan pemanfaatan sampah plastik dengan cara memisahkan sisa-sisa plastik sampai terciptanya produk baru. Plastik daur ulang biasanya akan dirubah bentuk menjadi biji plastik, botol minuman, dan produk baru dengan bentuk baru yang lainnya.
  2. Dengan memakai mesin incinerators untuk mengolah limbah plastik. Sebagian negara memakai mesin ini untuk mendaur sampah plastik yang tidak teruarai. Semua limbah plastik dibakar menggunakan incinerators.
  3. Untuk menghentikan dampak dari sampah plastik, sebagian besar negara di dunia sudah melarang penggunaan produk plastik tertentu. Hal ini agar mengurangi rasa keinginan dengan produk palstik. Dan menggantikannya dengan produk yang lebih ramah lingkungan.
  4. Menggunakan tas dari bekas kertas atau dari bahan lainnya setiap berbelanja. Sehingga bisa mengurangi penggunaan plastik di dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Supaya menghilangkan dampak limbah plastik, dari pihak pemerintah dan diri pribadi perorangan harus saling menyadari. Pemerintah harus membuat tempat sampah di setiap sisi kota. Dan setiap individu juga harus mempunyai kesadaran tentang membuang sampah.
  6. Meningkatkan kegiatan seminar atau pertemuan yang membahas tentang daur ulang sampah plastik. Tentang metode cara pengolahan limbah plastik yang terbaru. Dan keinginan kita, pemerintah ikut terlibat dalam seminar daur ulang sampahplastik.

Mengenal Sampah Plastik Dan Pengolahannya

pemanfaatan sampah plastik

Pada dasarnya orang pasti tidak akan lupa dengan namanya sampah plastik dalam aktivitasnya sehari-hari. Ya, benar plastik telah menjadi suatu hal penting dalam kehidupan kita saat ini dan pengaruhnya telah menggantikan kayu dan logam karena kelebihan yang ada antara lain ringan dan kuat.

Sifat-sifat bahan plastik merupakan hal yang sulit dalam pembuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya untuk berbagai aplikasi khususnya dalam kehidupan sehari-hari seperti dari kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik sampai dengan komponen otomotif.

Peningkatan pemakai bahan plastik ini menyebabkan peningkatan produksi limbah plastik dari tahun ke tahun. Sebagai gambaran konsumsi plastik di Indonesia mencapai 10 kg perkapita pertahun, sehingga dapat diprediksikan sebesar itulah sampah plastik yang dihasilkan.

Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa plastik sangat sulit diurai dalam tanah, memerlukan waktu bertahun-tahun dan ini akan menyebabkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya. Pembuangan di Tempat  Akhir (TPA) sampah tidaklah solusi yang  bijak dalam daur ulang sampah plastik ini.

Fungsi para pemungut sampah dalam mengatasi limbahan sampah plastik harus memperoleh hadiah meskipun ini tidak bisa menghilangkan 100% sampah plastik yang ada.

Sampah Plastik Sebagai Sumber Energi

Karena ada energi yang banyak dari bahan plastik, maka akan pemanfaatannya menjadi suatu sumber energi memiliki upaya yang sangat bagus di masa mendatang.

Dari sini dapat diperoleh dua keuntungan sekaligus yaitu mengurangi problem sampah dan juga menghasilkan energi yang bisa dipakai untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional. Beberapa teknologi dapat dipakai untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar diantaranya yaitu :

1. Konversi Kebahan Bakar Padat

Dilakukan dengan mencacah sampah plastik dan kemudian membriketnya untuk nantinya menjadi bahan bakar briket. Bahan bakar ini kemudian bisa digunakan untuk pembakaran di tungku-tungku industri.

2. Mengolah Menjadi Bahan Bakar Cair

Karena memakai prinsip yang mana sampah plastik dipanggang pada suhu sekitar 500 derajat alhasil fasenya akan berubah wujud gas selanjutnya akan terjadi yang namanya perengkahan (cracking). kemudian didinginkan kembali dan dapat bahan bakar cair setara dengan bensin dan solar.

3. Mengubah Menjadi Bahan Bakar Gas

Ini dapat dibuat dengan teknologi gasifikasi yang mana sampah plastik dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi sampai 900oC dengan prinsip oksidasi parsial. Sehingga akan dihasilkan gas hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan industri.

Sudah sepatutnya sampah plastik tidak lagi menjadi permasalahan yang rumit dan bahkan bisa mendatangkan manfaat dengan menghasilkan bahan bakar.

Sekarang tinggal cara mendorong pemerintah daerah agar mempraktekan teknologi yang ada dan tentunya didukung oleh seluruh masyarakat di dalam pemanfaatan sampah yang berbentuk komunitas.

Ide mengolah sampah plastik ini sebenarnya dimulai dari temannya yang akhirnya menginspirasinya untuk meggeluti bidang yang sama. Jadi plastik-plastik yang dikumpulkan oleh pengepul dari para pemulung ini nanti akan dijemur dan digiling.

Hasilnya kelak dijual lagi ke pabrik khusus pengelola plastik dengan harga Rp. 5 sampai 10 ribu per kg supaya diolah menjadi biji plastik.

Pemanfaatan Limbah Plastik dan Mengurangi Pencemaran

pemanfaatan sampah plastik

Plastik merupakan salah satu limbah yang sulit untuk diurai. Hal ini karena plastik memerlukan waktu hingga ratusan tahun agar bisa terurai.

terlebih, masyarakat Indonesia yang seringkali membakar limbah tersebut untuk mengurangi jumlah sampah mereka. Padahal, asap pembakaran sampah inilah yang dapat mencemari lingkungan dan berbahaya bagi tubuh.

Alasan-alasan inilah yang harus dicermati agar limbah plastik tidak lagi mencemari lingkungan. Anda harus bisa memanfaatkan limbah tersebut sebagai salah satu bahan baku untuk menghasilkan produk baru yang memiliki nilai. Selain dapat mengurangi pencemaran lingkungan, mendaur ulang sampah juga dapat memberikan pemasukan secara finansial.

Dari Sampah Hingga Pundi Rupiah

Untuk menghasilkan pipa, sampah yang digunakan oleh Boy adalah plastik jenis poly vinyl chloride (PVC) yang memiliki kriteria khusus untuk pipa saluran air. Kemudian, plastik yang memiliki bahan tersebut dihancurkan yang selanjutnya diolah hingga menjadi pipa.

Ukuran pipa yang dihasilkan dari pabrik Boy memiliki variasi ukuran, mulai dari 5/8 Inci hingga 4 Inci. Dirinya juga memiliki hasil produksi yang cukup diperhitungkan, yaitu mencapai 2.000 batang pipa perhari.

Hingga saat ini, pipa buatan Boy telah dipasarkan distributor dari Tawangmangu dan Karanganyar Jawa Tengah. Bahkan omzet dari produksi pipa yang berasal dari sampah plastik itu mencapai angka Rp100 juta perbulan.

Tidak hanya itu, Boy menjalankan bisnis daur ulang plastik tersebut secara mandiri. Sehingga, seluruh proses produksi pipa dari bahan baku menjadi bahan jadi dilakukannya sendiri.

Nah jika telah mengetahui jenis plasiknya, kemudian pisahkan plastik di atas dan bersihkan sampai bersih. Setelah itu jemur plastiknya sampai kering sebelum dimasukkan mesin penggiling.

Bila plastik sudah dihancurkan, selanjutnya adalah memasukkan hasil gilingan ke dalam karung kemudian dijual ke pabrik pengolahan plastik.

Solusi Sampah Plastik

Eropa memiliki sistem ekonomi ramah lingkungan bernama circular economy. Sistem ini merupakan solusi tepat yang dapat digunakan untuk memecahkan akar masalah pemanfaatan sampah plastik dari hulu ke hilir. ini berfokus pada penggunaan barang dengan maksimal dan mengubah barang yang telah dipakai menjadi barang lain.

Upaya itu ingin mempertahankan nilai produk agar dapat digunakan berulang-ulang tanpa menghasilkan sampah (zero waste). Caranya melalui daur ulang (recycling), penggunaan kembali (reuse), atau produksi ulang (remanufacture).

Cirkular economi bukan hanya mengenai nilai tambah bagi penyelamatan lingkungan, namub juga memiliki penciptaan nilai tambah sosial dan ekonomi baru, contohnya pemberdayaan masyarakat. pemanfaatan sampah plastik merupakan salah satu bentuk circular eco­nomy dari pemanfaatan plastik yang bertanggung jawab.

Usaha itu memiliki efek yang besar dalam menggerakkan perekonomian di masyarakat soalnya rantai produksi tersebut melibatkan banyak pihak, mulai pemulung, pelapak, hingga industri besar daur ulang sampah plastik.

Berdasarkan keterangan dalam siaran pers KLHK per Desember 2018, pertumbuhan bank sampah mengalami peningkatan dari 1.172 unit pada 2015 menjadi 7.408 unit pada 2018 serta tersebar di 294 kabupaten/kota di Indonesia. Nilai omzetnya pun terhitung besar. Contohnya, omzet bank sampah induk di Jakarta Barat mencapai Rp4,5 miliar per tahun.

Keberadaan bank sampah telah menjadi dampak positif, baik ke lingkungan, sosial, maupun ekonomi. Bentuknya berupa kontribusi terhadap pengurangan sampah nasional sekaligus peluang pekerjaan serta memberikan penghasilan tambahan.

Andil Perusahaan

Salah satu perusahaan petrokimia turut mendukung target pemerintah dalam mengurangi limbah plastik di laut sebesar 70% sampai 2025, yaitu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP). Didampingi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), CAP menerapkan aspal plastik di lingkungan pabrik mereka di Cilegon, Banten.

Jalan aspal plastik itu merupakan bagian dari program berkelanjutan perusahaan dan salah satu solusi untuk penanganan sampah plastik di Indonesia.

Aspal plastik yang digelar dalam area seluas 6.372 meter persegi terbuat dari bahan aspal biasa dengan campuran 5%-6%  atau setara dengan 2 juta lembar kantong plastik (HDPE/High Density Polyethilene) bekas sampah plastik atau seberat tiga ton.

Sesuai dengan nilai penelitian Kementerian PU-Pera, komposisi limbah plastik ini bisa menambah daya tahan deformasi aspal.

Dalam pengerjaan implementasi aspal plastik, Kementerian PU-Pera telah melakukan uji coba produk tersebut di beberapa kota, yakni Bekasi, Bali, Makassar, Solo, Surabaya, dan Tangerang. pemanfaatan sampah plastik yang digunakan dalam pencampuran aspal ini berjenis high density poly-ethylene (HDPE) dan berbentuk kantong plastik keresek.

Sampah plastik merupakan komponen tambahan bersifat komplementer dalam pencampuran aspal. Dengan komposisi yang ideal, pemanfaatan sampah plastik dapat meningkatkan nilai stabilitas campuran aspal plastik sebesar 40% sehingga tahan terhadap deformasi plastik dan tidak mudah retak.

Dampak Plastik Terhadap Lingkungan

Dampak plastik bagi lingkungan adalah akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan limbah plastik. Ini ternyata sangat signifikan. Sebagaimana yang diketahui, plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia.

Diperkirakan ada 500 juta – 1 milyar sampah plastik dipakai penduduk dunia dalam satu tahun. Hal ini merupakan  sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk mengolahnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta batang pohon ditebang.

Konsumsi berlebih dengan plastik, pun menyebabkan jumlah sampah plastik yang besar. Karena tidak berasal dari senyawa biologis, plastik mempunyai sifat sulit terdegradasi (non-biodegradable).

Diperkirakan diperluhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga bisa terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Limbah kantong plastik bisa mencemari tanah, air, laut, bahkan udara.

Kantong plastik dibuat dari penyulingan gas dan minyak yang kita sebut ethylene. Minyak, gas dan batu bara mentah merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Semakin banyak penggunaan palstik berarti semakin cepat menghabiskan sumber daya alam tersebut.

Kenapa Sampah Plastik Harus Didaur Ulang?

Usaha daur ulang limbah plastik bisa dikatakan gampang dan mudah dipraktekan. Bahkan kemungkinan besar life span-nya panjang dan minim resiko kecuali mesin-nya yang rusak. Asalkan pengolahannya rapi dan bersih, tentunya mitra pengelola sampah plastik mau membeli harga yang lebih bagus.

Kalau Anda tertarik memulai bisnis daur ulang sampah plastik, coba pakai tips berikut ini:

  1. Siapkan lahan yang besar sebagai tempat menyimpan sampah plastik bekas dan juga biji plastik. Tempat ini juga akan dijadikan sebagai tempat penyortiran jenis plastik dengan jenis pengolahan yang berbeda
  2. Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar untuk membeli plastik bekas yang bisa di daur ulang dari para pemulung
  3. Menyiapkan pekerja yang bertugas untuk menyortir dan mencuci limbah plastik bekas
  4. Persiapkan timbangan dan penggiling plastik yang nantinya diolah jadi biji platsik
  5. Mengajukan kerjasama dengan pihak pembeli biji plastik, misalnya perusahaan pembuat plastik

Nah, kalau Anda benar-benar ingin mencoba, persiapkan mental ini sebelum terjun, bisnis daur ulang sampah plastik harus berhubungan dengan kotoran. Siap-siap saja menemukan plastik yang kena kotoran manusia, dikencingi, bau keringat dan yang pasti suplier yang beragam.

Bisnis daur ulang sampah plastik telah menyentuh banyak kalangan, jadi kuat-kuat mental saja kalau bertemu pengepul yang karakternya atos. Selain itu, siapkan modal dan cari informasi berapa kira-kira pemulung dan pengepul menjual sampah plastik per kg-nya. Semoga sukses!

Itulah ulasan tentang pemanfaatan sampah plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

The post Begini Pemanfaatan Sampah Plastik Yang Perlu Kamu Tahu appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Cara Membuat Tas Dari Plastik Yang Lucu Dan Imut https://mesinpencacahplastik.id/cara-membuat-tas-dari-plastik/ Wed, 02 Oct 2019 06:39:17 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1204 Assalamu’alaikum gaes.. Kembali lagi kita mengulas tentang kerajinan tangan, karena coba kita fikirkan apa yang bakalan terjadi jika teramat banyak benda-benda yang tak ternilai, menjadi sesuatu yang sangat berguna. Tidak usah terlalu jauh mencari contoh, mari kita berkreasi dengan cara membuat tas dari plastik. Dari kemarin ngebahas tentang cara memanfaatkan plastik bekas. Sudah tau belum […]

The post Cara Membuat Tas Dari Plastik Yang Lucu Dan Imut appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Assalamu’alaikum gaes.. Kembali lagi kita mengulas tentang kerajinan tangan, karena coba kita fikirkan apa yang bakalan terjadi jika teramat banyak benda-benda yang tak ternilai, menjadi sesuatu yang sangat berguna. Tidak usah terlalu jauh mencari contoh, mari kita berkreasi dengan cara membuat tas dari plastik.

Dari kemarin ngebahas tentang cara memanfaatkan plastik bekas. Sudah tau belum siapa penemu plastik? Sekedar nambah ilmu saja ya bagi yang belum tau. Plastik adalah temuan kreatif seorang ahli kimia bernama Leo Hendrik Baekeland di tahun 1910.

Temuan ini memang memberikan hal positif bagi masyarakat karena plastik dapat memberikan nilai praktis dalam penyajian sesuatu, terutama pabrik-pabrik makanan dan minuman kemasan.

Setelah makanan dan minuman bentuk kemasan dikonsumsi,  yang tersisa tinggal bungkus plastiknya dan dibuang begitu saja. Nah, ini beberapa dampak negatif karena plastik merupakan sampah anorganik yang perluh puluhan tahun untuk terurai.

Bagi sebagian besar masyarakat, sampah plastik ini akan menjadi barang yang tidak berguna yang hanya mengotori lingkungan.

Akan tetapi bagi mereka yang tahu dan peduli terhadap lingkungan, sampah ini akan menjadi sesuatu yang berguna dengan didaur ulang menjadi tas, dompet, gelang, pakaian dan lainnya. Sekalian mengurangi jumlah sampah juga menanamkan program Go Green dimulai dari sejak dini.

Dampak Sampah Plastik Terhadap Bumi Dan Kehidupan

PLASTIK adalah beberapa material yang terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Di mana pun kita berada kita pasti selalu menemukan atau menggunakan seuatu yang terbuat dari plastik.

Mulai dari alat rumah tangga, perlengkapan kegiatan yang menunjang aktifitas keseharian kita, hingga kendaraan yang setiap saat kita gunakan, sebagian bahan bakunya pasti ada yang terbuat dari plastik.

Plastik sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus tersedia setiap saat untuk menunjang berbagai kegiatan kita sehari-hari. Namun, plastik juga menjadi salah satu material benda yang sangat berpengaruh buruk bagi kelangsungan bumi yang kita pijak ini, karena berhaya bagi kesehatan kita.

Plastik mengakibatkan hal buruk untuk keberlangsungan  bumi  jika plastik yang kita pakai sudah menjadi sampah dan dibuang di sembarang tempat. Bekas plastik ini biasanya disebut dengan sebutan ‘sampah plastik.

Sampah plastik berdampak buruk bagi lingkungan karena sifat plastik yang memang susah diuraikan oleh tanah secara alamaiah, meskipun sudah tertimbun beratus tahun lamanya.

Dalam berbagai penelitian menyebutkan, plastik baru bisa diuraikan oleh tanah setidaknya setelah tertimbun selama 200 hingga 400 tahun. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa sampah plastik bisa terurai oleh tanah dalam waktu 1.000 tahun lamanya.

Proses lamanya terurai inilah yang kemudian mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan, seperti munculnya zat kimia yang dapat mencemari tanah sehingga berkurang tingkat manfaat dan kesuburannya.

Dengan proses yang susah diuraikan, sampah plastik juga dapat membunuh hewan pengurai tanah seperti cacing. Sehingga wajar saja apabila tingkat kesuburan tanah tanah bisa berkurang.

Alasan Dan Cara Membuat Tas Dari Plastik, Kenapa Plastik Berbahaya?

  • Sekitar 80% sampah di laut adalah sampah yang berasal dari daratan, yang mana hampir 90%-nya merupakan sampah plastik.
  • Sisa-sisa kantong plastik telah banyak ditemukan di dalam kerongkongan anak elang laut di pulau Midway, Lautan Pasifik
  • Pada bulan Juni 2006 silam, program lingkungan PBB menentukan bahwa dalam setiap mil persegi ada setidaknya 46.000 sampah plastik yang mengapung di lautan.
  • Plastik setidaknya telah membunuh hingga 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut, dan juga ikan-ikan yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya dalam setiap tahunnya.
  • Banyak hewan penyu di kepulauan Seribu yang mati hanya karena memakan plastik yang dikiranya sebuah ubur-ubur, salah satu makanan kesukaan penyu.
  • Hewan-hewan laut, contonya lumba-lumba, penyu, dan anjing laut merasa sampah atau kantong plastik sebagai makanannya oleh karena itu mereka akhirnya dapat mati hanya gara-gara mencernanya dan tak mampu memakannya.

Zat Kimia Beracun Yang Terdapat Pada Plastik

cara membuat tas dari plastik

Tanpa kita tahu, plastik mempunyai lebih dari 100 jenis bahan kimia yang sangat beracun. Zat-zat kimia berbahaya bagi kesehatan tersebut merupakan campuran yang dipakai oleh pabrik pembuat plastik untuk menghasilkan plastik.

Sebuah forum yang membahas tentang plastik telah menemukan fakta betapa bahayanya plastik yang banyak digunakan saat ini. Sangat berbahaya karena digunakan untuk membungkus makanan. Justru makanan dalam kemasan adalah benda yang paling riskan karena dikonsumsi oleh manusia.

Sifat karsinogen iyalah sifat yang sangat berbahaya yang ditemukan di kemasan plastik. Paparan zat bersifat karsinogen dalam tubuh akan sangat berpengaruh pada sistem endokrin terutama disebabkan oleh zat kimia ini sangat kuat dan dapat bertahan dalam tubuh manusia.

Dalam jangka panjang, zat tersebut diklaim dapat menimbulkan bahaya tumor yang menjadi kanker, hingga kerusakan pada sistem endokrin, lalu gangguan janin dan masalah kesehatan lain.

Sebuah zat yang dikenal bernama zat plasticizer merupakan katalisator dalam pembuatan plastik mengandung bahan yang sangat berbahaya bagi sistem endokrin, masalah pada sperma pria, masalah genital dan tumor/kanker.

Permasalahannya adalah zat berbahaya tersebut juga digunakan untuk produksi kemasan plastik yang digunakan sebagai pembungkus makanan.

Zat lain yang tidak kalah berbahaya adalah benzofenon. Zat ini adalah merupakan pewarnaan pada kemasan makanan dan penguat lapisan warna pada bungkusan makanan, juga sebagai pelapis tinta yang digunakan pada tulisan-tulisan sablon di bungkus plastik.

Bila kandungan zat kimia ini ikut terserap ke dalam tubuh, maka dipastikan akan merusak sistem pada tubuh manusia, menyebabkan sel kanker bertumbuh dengan baik, masalah ginjal dan hati, serta banyak penyakit menyeramkan lain yang tak terbayangkan.

Potensi Menggiurkan Dengan Membuat Tas Dari Plastik

Ada ragam manfaat dari limbah plastik yang kini sedang naik daun. Selain bisa menjadi bahan baku plastik lewat bijih plastik serta kantong plastik daur ulang, limbah ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pembuatan bahan bakar minyak.

Langkah ini coba dilakukan Dimas Bagus Wijanarko bersama komunitasnya yakni Gerakan Tarik Plastik atau Get Plastik. Di komunitas ini, ia menciptakan alat untuk mengolah limbah plastik menjadi bahan bakar minyak dengan nilai investasi sekitar Rp 20 juta.

Mesin tersebut punya kapasitas bisa mengolah lima kilogram limbah plastik. Dan ia klaim bisa menghasilkan sekitar 10 liter bahan bakar minyak jenis solar. “Mesin ini selain praktis, murah juga menghasilkan profit yang lumayan,” katanya kepada KONTAN.

Dari proses tersebut, ia hanya butuh biaya sekitar Rp 20.000 saja, yakni untuk membeli gas. Sedangkan hasil menjual 10 liter solar sebesar Rp 50.000.

Dalam pengolahan limbah plastik, ia memakai metode pirolisis, yakni sebuah teknik dekomposisi termokimia bahan organik tanpa menggunakan oksigen. Bahan baku yang digunakan adalah plastik jenis HDPE, LDPE, PP dan PS. Plastik jenis itu jarang didaur ulang, dan acapkali langsung dibakar begitu saja.

Cara Mengolah Sampah Plastik dan Sampah Organik

cara membuat tas dari plastik

1. Kurangi Sampah Plastik Sekali Pakai Dengan Cara Membuat Tas Dari Plastik Yang Unik

Benda yang satu ini memang nggak bisa lepas dari kehidupan kita. Beli gorengan pakai bungkus plastik, beli air minum dengan kemasan plastik bahkan bungkus permen pun plastik.

Penggunaan plastik sekali pakai terus meningkat apalagi dengan alasan lebih praktis daripada membawa wadah ataupun tempat minum sendiri. Jadi kalau sudah nggak dipakai bisa langsung dibuang deh!

Meski praktis dan sangat nyaman, penggunaan plastik sekali pakai punya dampak buruk untuk kesehatan dan lingkungan lho! Banyak literatur menunjukan bahwa plastik bisa merusak kesehatan manusia apalagi jika digunakannya nggak sesuai standar dan dalam jangka waktu lama.

Begitu pula dengan sampah plastik, memerlukan durasi dekomposisi yang sangat panjang dan memberi dampak buruk terhadap lingkungan.

2. Mengolah Sampah Organik Menjadi Kompos

Cara mengolah sampah organik ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama, namun belum banyak orang yang mau melakukannya. Pengomposan adalah cara alami daur ulang nutrisi lewat proses pembusukan bahan organik oleh mikroorganisme dalam kondisi yang terkendali.

Selain membantu tanaman tumbuh, ternyata pengomposan bisa membantu mencegah polusi tanah, air, dan udara. Kompos mencegah polusi tanah dan air dengan berbagai cara. Penyebaran kompos di lahan pertanian meminimalkan kebutuhan pupuk kimia, yang berarti mengurangi masalah lingkungan yang disebabkan oleh pupuk ini.

Pupuk kimia memiliki tingkat konsentrasi nitrogen yang tinggi, selain itu pupuk kimia juga larut ke dalam air tanah dan mencemari sumur air minum. Kompos mendukung pengendalian polusi tanah dengan melumpuhkan logam berat di dalam tanah, dan mencegahnya mencapai sumber daya air dan akibatnya melindungi kualitas air tanah.

Kompos membantu menghindari polusi udara dengan menyerap bau, mengurangi timbunan sampah, dan emisi gas rumah kaca (GRK) terutama gas metana ke udara.

3. Memanfaatkan Sampah Menjadi Gas Yang Bermanfaat

Menurut Economist Intelligence Unit (2017), Indonesia telah berkontribusi sebagai penghasil limbah makanan terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi. Setiap orang bisa membuang hampir 300 kg makanan pertahunnya! Ironis banget, padahal 7,6% dari 260 juta orang di Indonesia masih kekurangan gizi.

Lebih dari setengah limbah dapur yang dihasilkan di Jakarta berakhir di TPA, selanjutnya sampah ini diurai oleh mikroorganisme anaerob yang menghasilkan sejumlah besar metana dan karbon dioksida.

Kedua gas ini dikenal sebagai gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. Namun, metana 30 kali lebih efektif dalam menjebak panas daripada karbon dioksida.

Jika dikontrol dengan baik, penguraian limbah makanan oleh mikroorganisme anaerob ini ternyata bisa menghasilkan biogas lho.

Biogas terdiri dari sekitar 60% metana dan 40% karbondioksida. Nah, daripada dilepaskan ke atmosfer dan menyebabkan pemanasan global, biogas bisa dikumpulkan dan digunakan untuk memanaskan, memasak, dan menghasilkan listrik.

Inspirasi Unik Dengan Cara Membuat Tas Dari Plastik

Bisa dikatakan seseorang yang menyukai bahkan bekerja dalam bidang bisnis mampu melihat peluang sekecil apa pun. Kerajinan dari plastik? Salah-satu orang dengan jiwa usaha berpikir bahwa botol-botol bekas dapat disulap menjadi sebuah seni dengan nilai jual tinggi.

Namun, perlu adanya sentuhan kreativitas agar mampu menarik perhatian orang lain untuk membelinya. Kamu juga bisa mulai berwirausaha sosial, dengan memberdayakan masyarakat suatu daerah dalam membantu projek bisnismu. Simak inspirasi kerajinan dari plastik berikut ini dan mulai bangun produkmu sendiri.

Cara Membuat Tas Dari Plastik Yang Unik Dari Plastik Kopi

Bahan Dasar Cara membuat Tas Dari Plastik Kopi:

Selain bungkus kopi yang menjadi bahan dasar, tentu kita perlu seperti bahan dan alat pendukung untuk membuat bungkus kopi menjadi tas plastik. Mari kita siapkan bahan & alatnya terlebih dahulu:

  • Bungkus Kopi saset sebanyak-banyaknya.
  • Gunting.
  • Jarum.
  • Benang jahit.
  • Furing (kain polos).
  • Penggaris.
  • Risleting/kancing baju.

Langkah-langkah Membuat Tas Dari Plastik:

1.(cara ini anda bisa berinisiatif dengan cara melakukan dari langkah kedua terlebih dahulu atau sesuai dengan kreatif anda mencuci bekas kopi ):)lalu Buang kedua bagian bawah & atasnya sehingga kedua sisi terbuka.

2. Setelah itu potong bungkus kopi yang telah terbelah, dan akhirnya menjadi dua bagian.

3. Mulailah melipat bungkus kopi yang sudah terpotong, satu demi satu dapat menggunakan apapun sampai terlihat bagian dalam bungkus kopi yang berwarna perak. Bisa juga dengan membiarkan sampul bungkus terlihat jelas.

4. Selanjutnya lipat bagian ujung sisi dengan diameter 1 cm ke dalam. Jadi bungkus kopi kapal apai yang tadinya 10 bungkus akan menjadi 20 bungkus.

5. Selanjutnya mulailah menganyam bungkus kopi satu demi satu hingga terlihat bentuk anyaman mirip ketupat seperti yang terlihat dibawah ini.

(Jika tidak juga mirip dengan ketupat cobalah ulangi tahap ini dengan betul-betul teliti sampai akhirnya mendapatkan bentuk anyaman seperti gambar dibawah ini)

6. Perlu diperhatikan untuk membentuk sudut vertikal kebagian atas supaya dapat dibuat menjadi anyaman mengarah keatas. Langka ini harus dilakukan karena jika tidak maka hanya berwujud tidak datar saja dan hasil tas juga tidak akan cantik.

7. Ketika anyaman sudah dikira cukup dengan panjang dan lebarnya ukuran tas anda, maka langkah selajutnya ialah untuk mencukupi membuat anyaman.

8. Lalu anda lapisi bagian dalamnya menggunakan kain furing yang sudah kita sediakan tadi, karena tas yang terbuat dari bungkus kopi itu tidak akan terlalu kuat untuk memuat atau mengangkat beban yang agak berat.

9. Kemudian buatlah tali atau bisa dengan menggunakan tali tas bekas yang sudah tak memiliki body. Dan menjahitnya dengan jarum dan benang jahit juga.

11. Nah! Jangan lupa untuk memberi tutup pada tas, sesuai selera sih, tapi mungkin kali ini kita akan menggunakan resleting saja.

Tips Dan Cara Membuat Tas Dari Plastik Bungkus Kopi Bekas

Ternyata tidak juga sulit kok membuat tas dari bungkus kopi bekas, hanya saja butuh dalam kesabaran dan ketelitian lebih untuk membuatnya. Adapun tips dan trik lain dalam pembuatan tas agar lebih cantik dan awet anda bisa simak ulasan berikut ini:

  • Anda dapat menambahkan pernak pernik contonya bros bunga atau rajutan pernik lainnya yang juga dari bekas potongan bungkus kopi.
  • Urutan dalam pembuatan tas dari Indobag mungkin agak membingungkan, jadi cobalah membuka nalar fikiran anda untuk membuat anyaman bungkus kopi yang baik seperti apa.
  • Jika sudah terbiasa dengan pembuatan tas maka next anda juga dapat menyatukan tas yang bolong atau membuat tas baru dari kulit dengan bentuk anyaman dari bungkus kopi.
  • Selain itu kita juga tidak perlu peduli dengan warna yang monoton. Misalnya: Tidak semua harus dengan bahan dari bungkus kopi luwak, karena dapat dengan cara mengubah warna dengan bungkus kopi ABC yang mempunyai warna berbeda, tinggal kita sesuaikan letak sisi warnanya.

Itulah ulasan tentang cara membuat tas dari plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

The post Cara Membuat Tas Dari Plastik Yang Lucu Dan Imut appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Teknik Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Kreatifitas Tanpa Batas https://mesinpencacahplastik.id/pengolahan-limbah-plastik/ Tue, 01 Oct 2019 06:27:15 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1189 Dengan adanya situs web ini, kami berharap situs ini dapat lebih dikenal di kalangan yang lebih luas. Selain itu melalui situs web ini juga, kami berharap dapat memberi kemudahan bagi kalian untuk mengakses informasi mengenai pengolahan limbah plastik. Sejauh ini, penanganan yang paling baik dalam pengelolaan limbah plastik adalah dengan dibakar. Namun, sejumlah ilmuwan Indonesia […]

The post Teknik Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Kreatifitas Tanpa Batas appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Dengan adanya situs web ini, kami berharap situs ini dapat lebih dikenal di kalangan yang lebih luas. Selain itu melalui situs web ini juga, kami berharap dapat memberi kemudahan bagi kalian untuk mengakses informasi mengenai pengolahan limbah plastik.

Sejauh ini, penanganan yang paling baik dalam pengelolaan limbah plastik adalah dengan dibakar. Namun, sejumlah ilmuwan Indonesia yang tengah mengenyam pendidikan di Jepang, telah menemukan cara efektif dalam mengelola sampah plastik yang aman baik untuk kesehatan juga lingkungan serta efektif.

Sampah yang dibakar berbahaya bagi kesehatan tubuh, disebabkan sampah dibakar pada suhu rendah sehingga meninggalkan asap putih yang beracun dan mengakibatkan sesak nafas. Dari plastik sendiri memiliki senyawa yakni zat dioksin. Hingga kini zat dioksin masih diperdebatkan sumbernya. Namun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya, dioksin berasal dari klorin.

Klorin plastik mempunyai persamaan dengan larutan akuatik dari gas hidrogen klorida (HCl), pada garam. Pada dasarnya peneliti menyebut dengan plastik Polivinil Klorida (PVC). Akan tetapi diakuinya, PVC di plastik sulit diurai karena menyatu dengan banyak zat.

Oleh sebab itu, pengelolaan sampah untuk mengurai zat berbahaya plastik yakni menggunakan air panas tanpa perlu dibakar dengan metode hydrothermal. Dengan memakai air panas, senyawa klorin akan berubah wujud menjadi garam. Dari proses itu, garam itu dapat dibuang karena larut dalam air sehingga klorin hilang.

Teknik Pengolahan Limbah Plastik Yang Ramah Lingkungan

Cara pengolahan limbah plastik masih menjadi masalah hangat di setiap pertemuan mengenai lingkungan hidup. Dimana limbah plastik adalah sampah yang tidak dapat diurai oleh tanah. Sehingga akan selalu memiliki ancaman terhadap pencemaran lingkungan.

Banyak seminar-seminar yang membahasa tentang betapa seriusnya kekhawatiran tentang limbah plastik ini. Dan harapan kami, generasi yang sekarang dan yang akan datang bisa lebih memahami tentang cara pengolahan limbah plastik ini.

Cara Pengolahan Limbah Plastik Modern

Berikut ini ide untuk menangani limbah plastik, seperti berikut:

  1. Melakukan pengolahan limbah plastik dengan cara membelah partikel-partikel plastik hingga terdapat produk baru. Plastik daur ulang biasanya akan dirubah bentuk menjadi biji plastik, botol minuman, dan produk baru dengan bentuk baru yang lainnya. Sudah  disetiap negara memiliki upaya melakukan proyek besar dalam melakukan daur ulang sampah plastik.
  2. Dengan memakai mesin incinerators untuk mengolah limbah plastik. Beberapa negara memakai mesin ini untuk mengolah sampah plastik yang tidak teruarai. Semua limbah plastik dibakar menggunakan incinerators. Namun ada dampak buruk jika menggunakan metode ini. Yaitu, timbulnya pencemaran atau polusi udara. Namun seiring berjalannya waktu, para developer telah bekerja keras untuk mengurangi dampak pulusi udara yang ditimbulkan.
  3. Untuk mengurangi akibat dari limbah plastik, beberapa negara di dunia sudah melarang penggunaan produk plastik tertentu. ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa ketergantungan oleh produk palstik. Dan menggantikannya dengan produk yang lebih ramah lingkungan.
  4. Memakai tas yang terbuat dari kertas atau dari bahan lainnya untuk berbelanja. Sehingga bisah mengurangi penggunaan plastik di dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Supayah mengurangi dampak limbah plastik, dari pihak pemerintah dan diri pribadi perorangan wajib saling menyadari. Pemerintah harus membuat tempat sampah di setiap sisi kota. Dan setiap individu juga harus mempunyai kesadaran tentang membuang sampah. Jangan satukan sampah plastik dengan sampah yang dapat di daur ulang. Tempatkan sampah plastik pada tempat sampah yang telah ditentukan. Dan jangan membuang sampah plastik di tempat umum misalnya di jalan, di sungai, di selokan, di parit, dan dimana limbah itu akan sangat menjadi buruk untuk lingkungan.
  6. Meningkatkan kegiatan seminar atau pertemuan yang membahas tentang daur ulang sampah plastik. Tentang metode cara pengolahan limbah plastik yang terbaru. Dan kami berharap, pemerintah turut terlibat dalam sosialisasi pengolahan limbah plastik. Dan lembaga-lembaga negara atau swasta kami harap bisa semakin giat dalam menyelesaikan ancaman limbah plastik terhadap lingkungan kita.

Bagaimana Cara Pengolahan Limbah Plastik?

pengolahan limbah plastik

1. Pemilahan

Kegiatan ini meliputi kegiatan pemilahan plastik berdasarkan jenis-jenis yang dapat didaur ulang seperti HDPE bening, HDPE warna, HDPE lembaran, HDPE padat atau sering kali disebut plastik mainan, PP bening, PP warna, dan lain-lain.

Hal ini bertujuan karena belum semua jenis plastik sudah dapat didaur ulang. Beberapa jenis plastik seperti plastik foil, beberapa plastik kresek masih belum dapat didaur ulang ataupun plastik yang kondisinya sudah terlalu buruk juga tidak lagi dapat didaur ulang.

Pemilahan ini biasanya dilakukan secara manual oleh para pekerja yang biasanya juga berprofesi ganda sebagai pemulung. Mereka telah terbiasa dan sangat mengenal jenis-jenis plastik.

2. Pencucian

Kegiatan pencucian plastik yang akan didaur ulang ini biasanya juga dibarengi dengan pencacahan plastik. Plastik yang telah di pilah kemudian dimasukkan kedalam mesin pencacah plastik (proses pencacahan dan pencucian ini tetap dilakukan terpisah terhadap masing-masing jenis plastik).

Dari mesin pencacah, plastik yang telah menjadi lembaran-lembaran kecil dengan ukuran ±1cm2 tersebut akan dicampur dengan air dan sabun pencuci yang kemudian akan ditampung dalam suatu bak penampung tertentu.

Pencucian plastik akan lebih gampang jika plastik di cincang terlebih dahulu karena lebar permukaannya kecil sehingga menggunakan perendaman sebentar pada air sabun plastik telah dapat dikatakan bersih.

Pencucian jenis ini dilaksanakan sebagai proses pengolahan plastik dalam perusahaan dengan skala kecil sampai menengah.

Setelah tak lama berselang saat direndam dalam bak pencuci  ± 5-10 menit, plastik diangkat dengan saringan selanjutnya ditempatkan dalam karung plastik untuk dikeringkan-anginkan. Dalam jangka 4-7 hari plastik dari tiap-tiap karung tersebut telah kering dan siap diolah.

Dalam skala industri besar pengering biasanya membutuhkan blower namun, pengadaan blower membutuhkan biaya yang tinggi selain biaya investasi juga jumlah pengadaan listrik. Proses pencucian memiliki peranan penting dalam pengolahan plastik karena jika pencucian tidak bersih dapat menyebabkan kegagalan proses selanjutnya.

3. Penggilingan

Proses penggilingan plastik dilaksanakan dengan upaya thermal yang mana plastik dihancurkan dan dimurnikan menurut titik hancur dari setiap jenis plastik yang diolah penggilingan ini tidak memerlukan waktu yang lama.

Plastik yang dihasilkan dari proses peleburan ini adalah plastik-plastik yang telah mencair dan berhasil melewati saringan yang pori-porinya sebesar kasa. Di setiap upaya penghancuran akan menjadi residu atau plastik yang tidak berhasil termurnikan dengan baik dan sempurna sehingga tidak bisa ter saring.

Akan tetapi residu ini dapat di proses daur ulang dengan melewati tahapan proses yang sama. Ketidak berhasilan proses biasanya disebabkan karena adanya kotoran seperti debu atau tanah yang tidak tercuci dengan sempurna pada proses pencucian.

Oleh sebab itu proses pencucian mempunyai peranan penting dalam pengolahan limbah plastik karena semakin bersih pencucian maka plastik menjadi semakin mudah  dilebur. Karena pengulangan upaya untuk mengolah kembali plastik yang tidak berhasil diproses akan mengurangi efisiensi kerja dan akan menambah biaya.

4. Pencetakan

Proses ini adalah proses pencetakan plastik yang sudah berhasil dilebur dengan sempurna. Plastik yang sudah dilebur akan berbentuk cairan yang sangat kental, setelah cairan plastik keluar dari saringan, cairan plastik ini akan masuk ke suatu plat yang bentuknya menyerupai saringan dengan diameter ± 1 cm.

Plastik yang tercetak akan berbentuk seperti tali plastik yang panjang. Tali plastik yang tetap lembut dicelupkan kedalam sebuah bak dengan diameter 0,5m x 3 m agar didinginkan sambil ditarik oleh sebuah alat penarik yang tersusun dari jalur-jalur sebagai penempatan pada setiap tali plastiknya.

Akibat tarikan tersebut maka diameter plastik akan mengecil sampai ± 0,2-0,3 cm. Tali plastik yang sudah mengeras dan mengecil tersebut kemudian dimasukan ke alat pemotong untuk dipotong menjadi pellet plastik dengan panjang ± 0,3-0,5 cm.

Memilah Untuk Pengolahan Limbah Plastik Dan Jenisnya

pengolahan limbah plastik

Secara garis besar, ada dua jenis sampah rumah tangga: organik dan anorganik. Lebih lanjut, sampah anorganik bisa dibagi-bagi lagi menjadi beberapa kategori. Selain menunjukkan bahwa Anda peduli akan lingkungan dan sadar betapa banyaknya sampah hingga hari ini.

Rumah Anda akan terlihat rapih dan berbeda jika Anda menyediakan beberapa tempat sampah untuk jenis-jenis sampah berbeda yang nantinya bisa didaur ulang menggunakan cara mengolah sampah rumah tangga. Sampah basah dan sampah kering merupakan contoh sampah rumah tangga yang dapat diolah kembali.

  • Sampah basah adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa makanan yang Anda konsumsi. Ada baiknya jika sampah-sampah ini dipisahkan dari sampah kering yang nantinya bisa Anda daur ulang tanpa terlihat kotor atau bau.
  • Dan sampah kering yaitu yang tergolong lebih sulit untuk terurai oleh mikroorganisme pengurai. Seperti botol minum bekas, kardus, plastik dan lain-lain. Jenis sampah ini bisa dikatakan lebih mudah untuk didaur ulang ketimbang limbah basah.

Kurangi Sampah Dengan Pengolahan Limbah Plastik

Meskipun pemerintah sudah beberapa kali berusaha menciptakan kebijakan pengunaan plastik, contohnya plastik berbayar, untuk mengurangi sampah plastik, namun usaha ini akan sia-sia jika kita tidak mau berpartisipasi. Plastik merupakan jenis sampah yang sulit terurai dan tahan akan proses degradasi alami.

Hal ini membuat plastik menjadi polusi yang sangat berpontensi untuk merusak alam. Sudah sering terjadi kasus di mana plastik merusak sampai membunuh binatang-binatang di laut.

Jika kita membiarkan hal ini terus terjadi, maka permasalahan ini akan menjadi lebih serius dan membuat sulitnya mendapatkan air besih, banjir, dan bahkan akan banyak binatang-binatang laut yang mati atau punah karena sampah plastik.

Kesadaran akan bahaya plastik di antara masyarakat Indonesia masih sangat kurang. Terbukti Indonesia merupakan negara kedua terbesar di dunia setelah China dengan jumlah pencemaran plastik ke laut sekitar 1.29 ton per tahun.

Anda belum terlambat untuk setidaknya mencoba mengurangi pengunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari. Terdapat berbagai cara untuk berpartisipasi menyelamatkan bumi dari polusi plastik. Simak berikut ini:

  • Tas kanvas. Ketika Anda berencana untuk pergi ke toko swalayan, ada baiknya Anda membawa plastik sendiri dari rumah atau menggunakan tas kertas atau tas kanvas untuk membawa barang belanjaan Anda.
  • Sedotan besi. Meskipun pembuatannya masih kontroversial, setidaknya sedotan besi bisa lebih lama digunakan ketimbang sedotan plastik yang sekali pakai buang.
  • Tumbler. Menggunakan tumbler untuk membawa minuman akan mengurangi sampah botol plastik. Di sisi lain, menggunakan tumbler akan terlihat lebih bagus dari pada membawa botol plastik kemana-mana.

Begitupun penanggulangan sampah di rumah, semakin sering dipraktikkan, kegiatan memilah-milah sampah di rumah akan menjadi refleks ketika Anda membuang sampah.

Sebelum membuang sampah anorganik, tanya diri Anda apakah ada solusi pemanfaatan sampah rumah tangga tersebut. Cuci tempat sampah secara rutin agar tidak berbau.

Cara Kreatif Pengelolaan Limbah Plastik di Berbagai Negara

1. Pengolahan Limbah Plastik di Skandinavia

Negara Skandinavia seperti Swedia punya cara unik dalam mengatasi masalah sampah. Terdapat mal yang khusus diperuntukkan sebagai tempat jual-beli produk daur ulang atau barang bekas yang masih layak pakai. Di mal tersebut juga menerima perbaikan barang dan bisa dijual di sana langsung lo.

Tak lupa, tersedia juga pelatihan untuk mengolah barang maupun memperbaikinya. Hal itu tentu saja meminimalisir jumlah sampah di Swedia.

Tak sekadar jual-beli atau memperbaiki dan menyerap ilmu cara mereparasi barang, warga di sana juga kerap bertemu untuk berdiskusi menemukan inovasi baru dalam menjaga lingkungan lo.

2. Di Norwegia Teknik Pengolahan Limbah Plastik

Lain halnya dengan negara skandinavia sebelah yaitu Norwegia. Rakyat Norwegia bersemangat supaya mendapatkan sampah plastik karena ada hadianya. Mereka akan mendapat upah jika membawa sampah plastik itu ke tempat daur ulang.

Di sisi lain, pemerintah turut memberikan pajak yang cukup tinggi kepada perusahaan yang memproduksi sampah plastik. namun pemerintah memberikan pengecualian pajak dapat dikecilkan kalau industri tersebut wajib bersedia mendaur ulang sampah yang dihasilkan.

Bahkan kalau mau bebas pajak, pemerintah memberikan syarat yaitu mereka wajib mendaur ulang lebih dari 95 persen sampah yang mereka hasilkan.

3. Uganda

Percaya atau tidak, di Uganda terdapat taman hiburan yang semuanya dibuat dari sampah. Tamna hiburan ini diprakasai seorang seniman dan ahli lingkungan, Ruganzu Bruno yang bangun taman hiburan ini ke daerah kumuh di Kampala, Uganda.

FYI, Bruno memang tergabung dalam Eco Art Uganda – sebuah perkumpulan seniman yang berkomitmen untuk mempromosikan kesadaran lingkungan masyarakat.

Lewat ayunan dan permainan papan dari botol-botol plastik bekas ini, mereka berhasil mengajarkan kepada anak-anak kalau sampah juga bermanfaat untuk hal menyenangkan seperti ini.

4. Jepang

Jepang merupakan negara maju yang bikin masyarakat dunia takjub oleh apapun di dalamnya. Seperti cara Jepang dalam mengatasi masalah sampah ini. Program Reduce, Reuse, dan Recycle di Jepang dalam pengolahan limbah plastik benar-benar diterapkan lo.

Mereka sangat semangat dalam menentukan sampah, demikian dengan pemerintah Jepang yang membuat peraturannya. Selain itu, sebeum dibuang sampahnya wajib dicuci juga lo.

Etika ketika membuang sampah juga mereka perhatikan, semisal sampah dibungkus rapi pakai plastik transparan dan dikategorikan sesuai dengan jenis sampahnya. ngomong-ngomong, ada juga yang memberikan cap nama sampahnya biar memudahkan.

dan nggak ada sembarang buang sampah sesuka hati. Di Jepang, terdapat hari khusus buang sampah dengan jenis sampah yang berbeda. Cara ini meminimalisir penumpukan sampah. Jadwal pembuangan sampah pun diterbitkan masing-masing daerah pada April dan berlau sampai Maret tahun depan.

Jadwal ini penting sekali lo lantaran kalau kamu salah hari, maka sampah nggak bakal diangkut. Dan jangan salah sangka kalau tempat pembuangan akhir sampah di Jepang seperti gedung perkantoran lo, namanya Maishima Incineration Plant atau Kurin Senta.

Tempat ini jauh sekali dengan bantar gebang di Bekasi lo. Lantaran malah terdapat tower bukan tumpukan sampah yang menggunung dan bau menyengat itu.

Itulah ulasan tentang Pengolahan limbah plastik,selamat mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

The post Teknik Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Kreatifitas Tanpa Batas appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Sudah Tahu Belum? Bahan Dan Cara Membuat Plastik https://mesinpencacahplastik.id/cara-membuat-plastik/ Mon, 30 Sep 2019 07:02:13 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1173 Terima kasih telah berkunjung!!! artikel ini berisi tentang cara membuat plastik. Siapa tahu setelah membaca artikel ini anda bisa membuka bisnis sendiri dengan bahan plastik, ya sudah kita langsung bahas saja ya, berikut pembahasannya. Bahan utama plastik yaitu kondensasi organik atau tambahan polimer. Plastik adalah istilah yang mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi sintetik. Diantara […]

The post Sudah Tahu Belum? Bahan Dan Cara Membuat Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Terima kasih telah berkunjung!!! artikel ini berisi tentang cara membuat plastik. Siapa tahu setelah membaca artikel ini anda bisa membuka bisnis sendiri dengan bahan plastik, ya sudah kita langsung bahas saja ya, berikut pembahasannya.

Bahan utama plastik yaitu kondensasi organik atau tambahan polimer. Plastik adalah istilah yang mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi sintetik. Diantara beberapa jenis polimer itu ada seperti polimer alami yang merupakan plastik. Plastik bisa dibentuk menjadi fibersintetik atau film.

Karbon ini didesain dengan variasi yang beragam dalam properti yang bisa menolerensi panas, keras atau yang lainnya. Kemampuan adaptasinya yang bagus serta komposisi dan beratnya yang ringan menjadikan plastik digunakan hampir di semua bidang industri.

Rantai panjang atom yang saling mengikat antara satu dengan lainnya. Dari rantai ini banyak unit molekul terbentuk secara berulang atau disebut dengan monomer. Plastik yang umum adalah terbentuk dari polimer karbon atau dengan oksigen, nitrogen, clhorine atau belerang di tulang belakang.

Sangat Banyak plastik berkembang dari penggunaan material alami seperti permen karet (shellac) hingga ke material alami yang dimodifikasi secara alami seperti karet alami (nitrocellulose), hingga ke molekul buatan manusia seperti epoxy, polyvinyl chloride dan polyethylene.

Bahan Dasar Plastik dan Cara Pembuatannya

Suatu unsur yang terbentuk dari karbon Kita Sebut Plastik, hidrogen, klorin, oksigen, belerang dan nitrogen. Pertama kali pembuatannya plastik dibuat dengan bahan natural seperti tanduk binatang, shellac (sekresi dari serangga kecil) serta getah perca.

Di tahun 1869 M, plastik sintetis pertama kali ditemukan oleh Wesley Hyatt yang menggunakan dasi selulosa atau bahan alami dari tumbuh-tumbuhan dalam proses pembuatannya. Wesley menyatakan bahwa selulosa nitrat dapat dijadikan sebagai plastik dengan menambahkan kamper.

Sintetis pertama yang bisa disebut seluloid juga sudah diakui secara komersil. Plastik jenis ini dipakai sebagai bahan pembuatan sisir, gigi palsu, bingkai kaca mata dll.

Plastik Ramah Lingkungan

Banyak Plastik ramah lingkungan merupakan produk yang dapat hancur atau cepat terurai dengan sendirinya kurang lebih dalam kurun waktu 2 tahun.

Remaja berusia 16 tahun yang mampu menciptakan plastik yang dapat teruai dengan cepat. Cepatnya proses penguraian produk ini karena produk ini terbuat dari campuran bahan organik.

Berikut paparan Arora menurut Tribun Jogja, ia mengekstrak karbohidrat bernama chitin dan secara kimiawi mengubahnya menjadi chitosan.Setelah itu, ia mencampurnya dengan fibroin, protein yang dimiliki kepompong sutra.

Material ini 1,5 juta kali lebih cepat dalam hal menguraikan plastik yaitu dapat menguraikan benda ini benar-benar terpecah hanya dalam kurun waktu 33 hari.

Arora memperoleh penghargaan di Inovator to Market di tahun 2018 dan memiliki perhatian dari seluruh dunia pada ajang Intel International Science and Engineering Fair.

Jenis Plastik Berdasarkan Kinerja

cara membuat plastik

Berdasarkan kinerja dan penggunaannya, benda ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: teknik, teknik khusus, dan komoditas.

Seperti plastik teknis memiliki sifat yang tahan panas hingga di atas 100°C dan memiliki sifat mekanik yang baik. Jenis plastik ini sering digunakan dalam pembuatan komponen elektronik ataupun otomotif.

Contohnya adalah PA, PC, POM dan PBT.

Adapun plastik khusus merupakan jenis yang memiliki sifat tahan panas hingga di atas 150°C yang banyak digunakan untuk komponen pembuatan pesawat, contohnya adalah PSF, PAR, PAI dan PES.Plastik komoditas merupakan jenis tidak tahan panas dan memiliki sifat mekanik yang kurang baik.

Biasanya jenis ini digunakan sebagai pembungkus makanan, kemasan barang-barang elektronik, botol minuman, dan sebagainya.

Contohnya ABS, PE, SAN dan PE.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Plastik

Pada umumnya plastik terbentuk dari unsur-unsur seperti karbon, oksigen, hidrogen, klorin, belerang, dan nitrogen. Awalnya plastik dibuat dari bahan-bahan natural seperti tanduk hewan, shellac (sekresi serangga kecil), dan getah perca.

Di tahun 1869, plastik sintetis pertama dibuat dari selulosa, yang sebenarnya bahan alami yang berasal dari pohon-pohon.

Wesley Hyatt, penemu asal Amerika menemukan bahwa selulosa nitrat dapat dijadikan plastik dengan menambahkan kamper. Plastik sintetis pertama yang diakui secara komersial disebut seluloid. Plastik ini dipakai sebagai bahan pembuat sisir, gigi palsu, bingkai kacamata, dsb.

Wadah, kotak, dan tempat sampah plastik secara luas digunakan di seluruh dunia untuk menyimpan beragam jenis produk cair maupun padat. Penemuan revolusioner terkenal pada tahun 1951, dua kimiawan muda mendapatkan polipropilena dan polietilena.

Penemuan ini membuka jalan bagi beragam produk-produk plastik yang kita kenal sekarang ini. Plastik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Plastik dapat dibuat dari beberapa sumber, antara lain:

1. Cara Membuat Plastik Menggunakan Minyak Bumi

Minyak mentah yang baru diangkat ke kilang minyak melalui proses pemurnian bersamaan dengan gas alam. Etana dan propana adalah produk yang dihasilkan dari proses pemurnian, kemudian etana dan propana dipecah dengan tungku yang bersifat panas, kemudian etilana dan propilena akan terbentuk pada proses ini.

Dalam suatu reaktor, etilana dan propilena akan disatukan dengan katalis untuk membuatzat seperti tepung. Zat itu adalah polimer plastik. Kemudian dilakukan proses ekstrusi yang mana plastik berbentuk air.

Plastik dalam wujud cair ini dibiarkan mendingin lalu pelletizer merupakan proses pembentukan polimer menjadi pelet pelet kecil. Pelet pelet plastik inilah yang selanjutnya menjadi bahan utama pembuatan sisir, botol plastik, gigi palsu dll.

2. Membuat Plastik Memanfaatkan Tongkol Jagung

Gula karbohidrat yang ada pada jagung bisa digunakan sebagai cara membuat plastik polylatide polymer. Penemuan plastik yang dibuat dengan jagung ini dapat mengurangi suatu ketergantungan terhadap minyak mentah bumi yang tidak bisa diperbarui.

Jenis plastik yang terbuat dari jagung ini akan mencair jika dipanaskan lebih dari 114°C, oleh karena itu plastik yang terbuat dari minyak bumi masih dipakai sampai sekarang.

Selain jagung, cara membuat plastik juga bisa dari buah jeruk. Para ilmuwan masih terus mencari senyawa yang bisa menggantikan minyak bumi untuk proses pembuatan plastik. Semoga saja di masa yang akan datang ditemukan bahan dasar pembuatan plastik yang bisa diperbaharui sebagai ganti dari minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui.

3. Teknik Pembuatan Plastik Dengan Karbon Dioksida

Sangat luar biasa bahwa plastik dapat dibuat dengan menggunakan minyak bumi. Namun diperlukan banyak minyak bumi untuk pembuatan plastik. Berbagai usaha dilakukan untuk mencegah habisnya sumber daya penting ini.

Pada Desember 2009, perusahaan Novomer mengumumkan dimulainya komersialisasi bahan polypropylene carbonate (PPC) dengan menggunakan gabungan dari karbon dioksida dan minyak bumi. Dengan menambahkan karbon dioksida, minyak bumi yang dibutuhkan cara membuat plastik berkurang sampai setengahnya.

Teknik Baru Pembuatan Plastik Biodegradable

cara membuat plastik

Limbah plastik masih selalu menjadi salah satu ancaman terbesar terhadap kelangsungan hidup ekosistem laut beserta flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Hingga saat ini, Amerika Serikat baru mampu mendaur ulang kurang dari 22 persen sampah plastik yang dihasilkannya.

Jumlah ini mencakup plastik berbahan dasar minyak bumi yang hampir mustahil bisa terurai. Semakin meningkatnya konsumsi serat plastik membuat para ilmuwan dan pemerhati lingkungan menjadikan upaya untuk menemukan alternatif untuk membuat plastik sebagai prioritas utama mereka saat ini.

Plastik biodegradable sudah digunakan untuk membuat berbagai produk, termasuk botol minuman, bahan pembuat kemasan, juga berbagai perabotan.

Namun seringkali kurang tahan lama dibandingkan dengan plastik yang berbahan dasar minyak bumi, sehingga harganya menjadi mahal dan tidak efisien untuk diproduksi secara massal. Profesor Yang percaya bahwa dia dan rekan-rekannya kemungkinan telah menemukan solusi untuk masalah ini.

Bahan Dasar Pembuatan Plastik Akrilik

Plastik akrilik merupakan keluarga dari bahan plastik yang mengandung campuran dari asam akrilat. Polymethyl methacrylate (PMMA) adalah akrilik yang paling umum dan dijual di bawah berbagai nama merek seperti Crystallite, Lucite, dan Plexiglas.

Menghasilkan polimer dari monomer. Tambahkan katalis seperti peroksida organik ke monomer seperti metil metakrilat. Katalis tidak digunakan dalam reaksi, tetapi akan menyebabkan polimer terbentuk jauh lebih cepat daripada yang seharusnya.

Membuat plastik akrilik dalam wujud bubuk dengan polimerisasi suspensi. Tangguhkan dalam larutan air dan tambahkan katalis. Hal ini akan menyebabkan polimer terbentuk di antara tetesan monomer. Polimerisasi suspensi bisa berbentuk butiran-butiran plastik akrilik dengan wujud yang sangat spesifik.

Polimerisasi massal berkelanjutan paling baik untuk lembaran yang lebih tipis dari 0.06 inci.sel batch lebih baik ketika lembaran memiliki ketebalan dari 0.06 inci sampai 6 inci.

Gunakan polimerisasi massal berkelanjutan dengan terus mencampur monomer dengan katalis. Campuran tersebut kemudian akan berjalan di antara sepasang sabuk baja paralel. Keuntungan utama dari metode ini adalah proses berjalan tanpa batas, menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi.

Cara Membuat  plastik akrilik yang lebih tebal dengan polimerisasi massal sel batch. Gunakan sepasang piring kaca yang dipisahkan oleh spacer untuk merakit cetakan dan atur spacer ke ketebalan yang diinginkan. Cetakan mampu berkontraksi selama polimerisasi karena spacer bersifat fleksibel.

Proses Pembuatan Plastik Dalam Industri

Pembuatan plastik dan bisnis plastik tentunya tidak Anda ketahui dengan baik jika Anda tidak mencari tahu informasi tentangnya.

Selama ini yang Anda lakukan hanyalah berperan sebagai konsumen yang sangat setia menggunakan plastik dan berbagai benda yang dibuat dari plastik sehingga dengan demikian tentunya cara membuat plastik setiap tahunnya sangat banyak dipelajari.

Cobalah lihat di sekitar Anda, tanpa Anda sadari ternyata ada banyak sekali benda mulai dari yang berukuran kecil sampai besar yang ada di sekitar Anda yang terbuat dari material plastik. Bahkan mungkin saat ini Anda sedang mengenakan plastik di tubuh Anda berupa bando atau gelang.

Karena begitu populernya plastik maka tentu saja semakin hari semakin banyak plastik yang perlu diproduksi. Teksturnya yang mudah dibentuk menjadi berbagai macam bentuk dan keringannya menjadi salah satu nilai plus bagi plastik yang membuatnya menjadi material yang unggul.

Apalagi ketahanan plastik terhadap suhu panas itu berbeda-beda, ada yang mudah meleleh dan ada yang tidak akan meleleh meski dipanaskan pada suhu didih sekali pun. Oleh karena itulah penggunaan plastik dalam kehidupan manusia sangatlah bervariasi.

Jika Anda sudah tahu bagaimana Proses pembuatan plastik maka Anda akan lebih jauh lagi mengenal tentang plastik. Agar Anda bisa langsung mengetahuinya maka berikut ini langsung dijelaskan tentangProses pembuatan plastik dan beberapa hal tentang plastik.

4 Proses Cara Membuat Plastik Rama Lingkungan  

Supaya plastik dapat menjadi seperti yang Anda lihat saat ini, maka diperluhkan proses pembuatan plastik yang lumayan panjang. Karena ada beberapa jenis plastik dengan ketahanan berbeda, maka sebenarnya itu berbeda.

Namun secara garis besarnya Proses pembuatan plastik bisa dijelaskan dalam beberapa tahap berikut ini :

1. Injection Molding

Di tahapan awal dalam Proses pembuatan plastik ini jika plastik pada awalnya masih berupa pellet. Selanjutnya biji plastik itu akan dimasukkan ke dalam suatu tabung yang mempunyai pemanas.

Di dalamnya akan terjadi proses pelelehan biji plastik dengan menggunakan sekrup yang ada di dalam tabung tersebut. Nantinya setelah dilelehkan maka plastik itu akan dibawa masuk ke dalam cetakannya.

2. Ekstrusi

Proses kedua dalam pembuatan plastik yang disebut dengan ekstrusi ini adalah dimana lelehan biji plastik itu kemudian ditekan secara terus menerus sehingga dengan demikian bisa lebih lebur dan halus. Dalam pemanasan plastik itu tentunya memerlukan suhu yang sangat panas dalam Proses membuat plastik ini.

3. Thermoforming

Pada tahapan ini maka lelehan biji plastik tadi telah berubah menjadi lempengan atau lembaran yang kemudian nantinya akan dipanaskan kembali dan dimasukkan ke dalam sebuah cetakan lainnya. Tahap ini waktunya tidak begitu lama untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

4. Blow Molding

Di tahap yang terakhir ini, lelehan biji plastik yang telah membentuk bentuk lain yaitu pipa ini akan ditiup secara terus menerus ke cetakan selanjutnya yang kemudian terbentuklah plastik yang siap dibentuk dan dilakukan proses selanjutnya menjadi sebuah benda yang berguna untuk kehidupan manusia.

Penggunaan Plastik Untuk Makanan Dan Minuman

Plastik yang biasa digunakan untuk membungkus makanan dan minuman atau yang dibentuk menjadi tempat makanan atau botol minuman perlu diperhatikan dengan benar. Jika Anda mengggunakan bungkus plastik atau kantong plastik sebagai pembawa makanan dan minuman Anda maka Anda tidak boleh membiarkannya dalam waktu yang lama dalam plastik itu.

Terutama jika plastik yang Anda gunakan itu membawa makanan dan minuman dalam suhu yang panas. Biasanya plastik yang digunakan menjadi pembungkus makanan dan minuman merupakan plastik yang tidak tahan terhadap suhu panas sehingga dengan demikian bahan kimia yang ada pada plastik tersebut bisa meleleh dan kemudian berpindah ke makanan dan minuman yang ada di dalamnya.

Proses ini tentunya akan membuat makanan dan minuman yang dibawa menggunakan plastik itu menjadi tidak sehat lagi. Adanya perpindahan bahan kimia dalam plastik ke dalam makanan dan minuman ini adalah hal yang sangat diperhatikan.

Sehingga dengan demikian jika Anda menggunakan plastik untuk membungkus makanan dan minuman maka sebaiknya jangan terlalu lama, segera pindahkan makanan dan minuman ke tempat lain sehingga perpindahan bahan kimia tidak terjadi.

Kemudian semakin panas makanan dan minuman yang ada di dalamnya juga bisa mempercepat proses pemindahan bahan kimia itu menjadi semakin cepat lagi. Oleh karena itu sebaiknya agar Anda tetap sehat hindari penggunaan plastik untuk membungkus makanan dan minuman.

Meski Proses pembuatan plastik sudah dibuat dengan sedemikian rupa namun tentunya plastik yang memiliki banyak kelebihan ini juga memiliki kekurangan seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Anda sendiri tahu bahwa dalam Proses pembuatan plastik itu juga membutuhkan proses yang lama.

Itulah ulasan tentang cara membuat plastik. selamat mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

The post Sudah Tahu Belum? Bahan Dan Cara Membuat Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Fakta!! Daur Ulang Sampah Menjadi Usaha https://mesinpencacahplastik.id/daur-ulang-sampah/ Mon, 30 Sep 2019 02:39:20 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1157 Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi Inovasi daur ulang sampah dari barang bekas menjadi kerajinan yang unik dan lucu pastinya dan juga mempunyai nilai jual ni.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!! Badan Pangan Dunia atau FAO menyebut hampir 1.3 juta ton makanan terbuang menjadi sampah di seluruh dunia. […]

The post Fakta!! Daur Ulang Sampah Menjadi Usaha appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi Inovasi daur ulang sampah dari barang bekas menjadi kerajinan yang unik dan lucu pastinya dan juga mempunyai nilai jual ni.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Badan Pangan Dunia atau FAO menyebut hampir 1.3 juta ton makanan terbuang menjadi sampah di seluruh dunia. Sampah makanan dan sampah dapur ini meliputi berbagai macam proses, dari pertanian hingga konsumsi.

Dilansir dari Conserve Energy Future, ketika sampah dapur sudah sampai ke pembuangan, lapisan tanah akan mengurai dan menghasilkan gas rumah kaca yang lebih kuat menangkap karbondioksida.

Dengan mengalihkan sampah dapur dan makanan dari tempat pembuangan, kita bisa mengurangi dampak karbon, memanfaatkan energi terbarukan, dan mengembalikan nutrisi penting ke dalam tanah.

Sampah makanan dan sampah dapur bisa dengan cepat didaur ulang dan dimanfaatkan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Alasan Daur Ulang Sampah

Daur-ulang (yang dimaksud di sini adalah reuse dan recycling) limbah pada dasarnya telah dimulai sejak lama. Di Indonesia pun, Terutama di daerah pertanian, masyarakat telah mengenal daur ulang sampah, khususnya limbah yang bersifat hayati, seperti bekas makanan, daun-daunan dll.

Dalam upaya daur ulang sampah, upaya daur-ulang memang cukup menonjol, dan biasanya melibatkan sektor informal. Beberapa alasan mengapa daur-ulang mendapat perhatian:

  1. Ketersediaan sumber daya alam: beberapa sumber daya alam bersifat dapat terbarukan dengan siklus yang sistematis, seperti siklus air. Yang lain termasuk dalam katagori tidak terbarukan, sehingga ketersediaannya di alam menjadi kendala utama.
  2. Nilai ekonomi: sampah yang dihasilkan dari suatu tempat ternyata bisa bernilai ekonomi jika dimanfaatkan kembali.
  3. Lingkungan: alasan lain yang akhir-akhir mendapat perhatian adalah perlindungan terhadap lingkungan. Komponen limbah yang dibuang ke lingkungan dalam banyak hal mendataangkan dampak negatif pada lingkungan dengan pencemarannya.

Dalam beberpa hal alasan-alasan tersebut saling terkait sama yang lain dan saling mendukung, sehingga upaya daur-ulang menjadi lebih terarah dan menarik.

Daur Ulang Limbah Secara Umum

Proses daur-ulang pada umumnya membutuhkan rekayasa dalam bentuk:

  1. Pemisahan dan pengelompokan: yaitu untuk mendapatkan limbah yang sejenis. Kegiatan ini bisa dilakukan secara manual (dilaksanakan dengan tangan manusia secara otomatis) maupun secara mekanis (dilakukan oleh mesin).
  2. Pemurnian: yaitu untuk mendapatkan bahan/elemen semurni mungkin, baik melalui proses fisik, kimia, biologi, atau termal.
  3. Pencampuran: adalah untuk mendapatkan bahan yang lebih berguna, contohnya sejenis limbah dicampur dengan limbah lain atau dengan bahan lain
  4. Pengolahan atau perlakuan: yaitu untuk mengolah buangan menjadi bahan yang siap pakai.

Sasaran pertama dari rekayasa tersebut yaitu bagaimana memperoleh bahan yang sebaik mungkin sesuai fungsi dari bahan daur-ulang tersebut.

Upaya pertama daur-ulang adalah bagaimana memisahkan limbah di sumbernya, yang sebetulnya merupakan kegiatan yang mudah dilaksanakan. Berikut contoh di bawah ini adalah cara dan bentuk daur-ulang.

Banyak pengolahan limbah (padat, cair dan gas) menghasilkan residu seperti sludge atau debu, atu residu lain, yang pada gilirannya harus ditangani lebih lanjut. Kadangkala limbah yang terbentuk tersebut, seperti sludge, menjadi bermasalah karena berkatagori sebagai limbah berbahaya.

Daur Ulang Kertas Bekas

Di negara maju kertas merupakan komponen sampah yang paling tinggi. Bersama dengan tempat karton gelombang dan boxboard, jumlahnya sekitar 25 sampai 40 % berat. Beberapa jenis kertas yang dijumpai dalam sampah adalah:

  • Campuran kertas: kertas beraneka ragam dengan kualitas yang bervariasi, seperti majalah, buku, arsip kantor, karton, kertas pembungkus.
  • Karton bergelombang Kertas kraft putih maupun berwarna yang belum dicetak.
  • Kertas koran: surat kabar

Masing-masing mempunyai tingkat kualitas tertentu, tergantung pada jenis serat, sumber, homogenitas, cetakan yang ada, karakteristik fisik dan kimia. Kertas berkualitas tinggi, seperti kertas komputer, kertas kantor, mempunyai serat panjang dengan persentase tinggi.

Persentase jenis kertas bekas yang biasa dijumpai di Amerika Serikat adalah:

  • Kertas koran: 17,7 %
  • Buku dan majalah: 8,7 %
  • Cetakan komersial: 6,4 %
  • Kertas kantor: 10,1 %
  • Paperboard lain: 10,1 %
  • Packaging kertas: 7,8 %
  • Paper non-packaging lain: 10,6 %
  • Tissu dan pembersih: 5,9 %
  • Bahan corrugated: 22,7 %

Daur Ulang Plastik

Walaupun plastik telah dipakai lebih dari 50 tahun yang lalu, namun penggunaannya sebagai packaging meningkat secara tajam dalam 25 tahun terakhir ini. Hampir semua plastik dikemas dan akhirnya dibuang, sehingga jumlahnya dalam sampah meningkat dari 3 % berat (1970-an) menjadi 7 % (1990-an). Penggunaan plastik sebagai packaging mempunyai keunggulan dibanding yang lain, baik sebagai bahan kontainer (wadah) maupun sebagai pembungkus, karena:

  • Ringan
  • Kuat
  • Mudah dibentuk
  • Diatur agar fleksibel atau kaku Merupakan isolator yang baik
  • Dapat digunakan untuk pengemas makanan dingin atau panas

Penanganan Sampah Kota

daur ulang sampah

Gerakan 3R bukan saja terbatas dilakukan pada sumber sampah, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam seluruh rangkaian penanganan sampah, seperti mulai dari TPS sampah ke titik akhir di TPA. Berdasarkan arus pergerakan limbah sejak dari sumber hingga sampai ke pemrosesan akhir, penanganan sampah di suatu kota di Indonesia bisa dibagi dalam 3 kelompok utama, seperti berikut:

  1. Penanganan sampah tingkat sumber
  2. tingkat kawasan, dan
  3. kota.

Dalam penanganan 3R diperlukan alat pengumpulan dan pengangkutan sebagai berikut:

Fungsi pemilahan dapat dilaksanakan dengan pengaturan:

  • Penyekatan sarana tersebut sesuai dengan jenis sampah
  • Penjadwalan waktu pengumpulan, dimana sampah mudah membusuk hendaknya diangkut paling lama 2 hari sekali, sedang sampah non-hayati (anorganik) diangkut dengan frekuensi seminggu sekali

Peran Sektor Informal di Indonesia

Daur ulang limbah di Indonesia banyak dilaksankan oleh sektor informal, terutama oleh pemulung, mulai dari rumah tangga sampai ke TPA. Namun metode daur ulang yang dilaksanakan oleh pemulung terbatas di pemisahan atau pengelompokan.

Berdasarkan komposisinya, sampah terbagi dalam dua kategori besar, yaitu sampah organic (atau sampah basah) dan sampah anorganik (atau sampah kering).

Dari campuran sampah tersebut, para pemulung memungut sampah anorganik yang masih mempunyai nilai ekonomis dan bisa didaur ulang sebagai bahan utama industri atau langsung diolah menjadi barang jadi yang bisa dijual.

Barang-barang bekas yang dikumpulkan oleh para pemulung yaitu yang bisa digunakan sebagai bahan baku primer maupun sekunder bagi perusahaan tertentu. Bahan-bahan anorganik yang umumnya dipungut oleh para pemulung mencakup jenis kertas, plastik, metal/logam, kaca/gelas, karet, dan masih banyak lagi.

Sampah yang dipisahkan biasanya merupakan sampah yang bisa dimanfaatkan kembali secara langsung, contonya sampah botol, kardus, koran, barang-barang plastik, dan masih banyak lagi.

Terdapat pula aktivitas pemilahan sampah sisa makanan dan/atau sampah dapur yang dapat digunakan sebagai makanan ternak, bahan kompos dan sebagainya, seperti terlihat di Denpasar.

Berdasarkan cara kerja pemulung yang merupakan sebagian besar bekerja di kawasan-kawasan pemukiman, pasar, perkantoran maupun di TPS sampai ke TPA, maka bisa disebutkan bahwa sampah anorganik yang diserap oleh pemulung adalah sampah yang belum bisa di daur ulang oleh Pemerintah Daerah.

Hal ini di satu sisi menunjukkan bahwa kegiatan pemulungan memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah dalam hal penanganan sampah.

Namun di sisi yang lain, bantuan kegiatan pemulungan terhadap penaggulangan masalah sampah menjadi tidak nyata terasa manfaatnya, karena mungkin Pemerintah Daerah menganggap bahwa kegiatan pemulungan merupakan hal yang sudah semestinya terjadi, dengan mengabaikan segi bantuannya terhadap penanganan kebersihan kota.

Cara Daur Ulang Sampah Untuk Lingkungan Kita

daur ulang sampah

Tujuan pengelolaan sampah adalah membuat sampah memiliki nilai ekonomi atau merubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan. Dengan pengelolaan sampah rumah tangga yang baik, kamu bisa membantu untuk mengatasi dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

Bagaimana sih cara daur ulang sampah yang baik dan benar di rumah? berikut cara melakukannya di bawah ini.

1. Pisahkan Sampah Sesuai Dengan Jenisnya

Langkah pertama upaya pengelolaan sampah di rumah yaitu memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Secara garis besar kamu bisa memisahkan sampah menjadi dua jenis, seperti sampah organik dan anorganik.

Siapkanlah dua wadah sampah yang berbeda di rumah yang difungsikan untuk setiap jenis-jenis sampah. Kalian pasti sudah mengerti, sampah organik merupakan sampah yang berasal dari alam.

Seperti sisa makanan atau daun. Dengan kata lain semua sampah yang bisa terurai dengan mudah merupakan sampah organik. sedangkan sampah plastik, karet, kaca dan kaleng termasuk ke dalam kategori limbah anorganik.

Dengan membedakan sampah organik dan anorganik, akan memudahkan kamu untuk daur ulang sampah di rumah kamu pada langkah selanjutnya.

2. Daur Ulang Sampah Organik

Cara daur ulang sampah organik yang paling mudah yaitu dengan membuatnya menjadi pupuk kompos yang bisa kamu gunakan untuk berkebun.

Tapi jika kamu tidak suka berkebun atau tidak suka dengan bau yang muncul selama pembuatan pupuk kompos, kamu bisa mendonasikan sampah organik ke sahabat yang mempunyai hobi berkebun atau penjual tanaman. Karena mereka pasti dengan senang hati menerimanya untuk dibuat menjadi pupuk kompos.

3. Pemanfaatan Sampah Anorganik

Sebagian sampah anorganik bisa didaur ulang, seperti kertas, kardus, botol kaca, botol plastik, kaleng dan masih banyak lagi. Jika kamu tidak percaya apakah sebuah kemasan makanan dapat diolah atau tidak, kamu bisa memeriksa logo daur ulang pada bekas kemasan makanan tersebut.

Jika ada logo daur ulang, maka kemasan makanan tersebut bisa didaur ulang. Bawa sampah-sampah anorganik tersebut ke pusat daur ulang sampah terdekat atau kamu juga bisa memberikannya kepada pemulung.

4. Mendaur Ulang Sampah Berbahaya

Pisahkan limbah berbahaya untuk dibawa ke tempat daur ulang. Petugas pusat daur ulang pasti tau cara untuk mendaur ulang sampah berbahaya agar tidak merusak lingkungan.

Untuk barang-barang elektronik yang telah rusak alias menjadi sampah, kamu bisa mengembalikannya ke industri yang memproduksinya. Beberapa industri elektronik menerima barang elektronik tidak terpakai untuk mereka daur ulang kembali menjadi produk elektronik baru.

5. Reduce, Reuse and Recycle!

Budayakan prinsip hidup Reduce, Reuse and Recycle atau biasa disebut dengan 3R, dari diri kamu. Biasakan untuk mengurangi pemakaian plastik atau bahan-bahan lain yang sulit terurai. Untuk menghemat penggunaan plastik, kamu dapat baca lebih lengkap di artikel lainnya yang membahas tentang sampah plastik.

Selanjutnya jangan lupa memanfaatkan barang bekas supaya dapat digunakan kembali. Seperti memanfaatkan botol plastik bekas untuk dijadikan pot tanaman. Itu hanya salah satu contoh saja. Masih banyak lagi barang bekas yang bisa digunakan kembali dengan ide kreatifmu!

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengolah sampah-sampah yang bisa didaur ulang kembali. Dengan membawa sampah tersebut ke pusat daur ulang, seperti yang telah dibahas mengenai pengelolaan sampah anogarnik di atas.

Donasi Sampah Dapur Untuk Pakan Hewan

PBB pernah memperkirakan, jika petani dan pemilik ternak memberi makan hewan mereka dengan sisa makanan yang diizinkan hukum, produksi dan konsumsi gandum bisa dialihkan pada 3 miliar orang di seluruh dunia.

Bahkan, pengalihan sisa makanan untuk hewan menjadi strategi yang aman dan efektif untuk mendaur ulang sampah dapur dan makanan. Untuk melakukan hal ini, Sahabat Dream bisa menerapkannya dengan bekerja sama dengan peternak lokal.

Atau bisa juga mengumpulkan dan memilah sampah dapur yang kemudian diberikan pada hewan peliharaan kita, itu kalau memelihara hewan di rumah.

Mengubah Sampah Dapur Menjadi Biogas

Lebih dari sepertiga makanan yang diproduksi di seluruh dunia dibuang sia-sia. Padahal sampah dapur dan makanan bisa dimanfaatkan untuk membuat energi terbarukan.

Dengan memanfaatkan penyerapan aerob mikroorganisme untuk mendegradasi bahan organik, sampah makanan dan sampah dapur bisa menghasilkan listrik.

Biogas merupakan salah satu sumber energi terbarukan dan berkelanjutan yang dapat dikembangkan dari bahan organik yang terkandung dalam sampah dapur. Para peneliti menemukan sebuah cara mengolah sampah dapur menjadi biogas.

Dalam proses ini, limbah dibakar untuk menghasilkan cairan mentah yang bisa dikonversi menjadi biofuel. Kemudian, residunya diolah dan akan menghasilkan metana yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber listrik dan panas.

Menggunakan Kembali Kemasan Makanan

Cara mendaur ulang sampah dapur lainnya adalah dengan menggunakan kembali kemasan makanan dan bahan dapur lainnya yang sudah kita pergunakan.

Walau ketika memilah kemasan yang bisa digunakan kembali akan sulit, cara mendaur ulang seperti ini cukup efektif dilakukan untuk mengurangi produksi sampah.

Bahan kemasan seperti karton, pembungkus dan wadah lainnya dapat kita pilah. Mana sekiranya yang bisa digunakan kembali dan mana yang harus benar-benar dibuang karena mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan.

Salah satu contoh pemakaian kembali kemasan makanan adalah mendaur ulang karton tempat telur. Caranya dengan membuatnya menjadi bubur kertas dan membentuk wadah baru sesuai dengan yang kita inginkan.

Composing

Berdasar lansiran Conserve Energy Future, The United States Environmental Protection Agency mengatakan hampir 90% sampah yang dibuang oleh rumah tangga, restoran, hingga supermarket terdiri dari sisa-sisa makanan yang sebenarnya dapat didaur ulang.

Selain itu, rumah tangga biasa menghasilkan hampir 474 pon sisa makanan setiap tahunnya. Ketika sampah dapur ini dibawa ke pembuangan sampah, memang mereka akan terurai dengan sendirinya. Namun, mereka akan melepaskan metana dan menambah emisi rumah kaca.

Pengomposan menjadi suatu cara mendaur ulang sampah dapur yang paling gampang dan ramah lingkungan.

Ada beberapa kota yang sudah ramah dengan sistem pengomposan sehingga membuat wilayah pembuangan khusus organik. Namun sayangnya hal ini belum banyak dilakukan di Indonesia.

Kalian dapat melakukan pengomposan sendiri di rumah, dengan menjauhkan sampah di halaman rumah. Membaginya menjadi 4 bagian, yaitu sampah dapur hijau, coklat, sisa makanan, dan kemasan daur ulang.

Nah sebagai generasi millennial, apakah kamu sudah siap melakukan daur ulang sampah dan pengelolaan sampah di lingkungan kalian demi planet kita tercinta? Jangan lupa hal yang paling umum yang harus terus dilakukan, yaitu selalu membuang sampah pada tempatnya!

The post Fakta!! Daur Ulang Sampah Menjadi Usaha appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Inovasi Baru Dengan Cara Membuat Kerajinan Dari Plastik https://mesinpencacahplastik.id/cara-membuat-kerajinan-dari-plastik/ Sat, 28 Sep 2019 04:49:01 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1129 Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara membuat kerajinan dari plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya. Sampah plastik merupakan jenis bahan yang paling sulit diuraikan oleh tanah, […]

The post Inovasi Baru Dengan Cara Membuat Kerajinan Dari Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara membuat kerajinan dari plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Sampah plastik merupakan jenis bahan yang paling sulit diuraikan oleh tanah, memerlukan waktu hingga ribuan tahun untuk benar-benar menghilangkan zat plastik di tanah. Oleh sebab itu, kita harus dapat memanfaatkan plastik bekas menjadi barang yang berguna.

Botol plastik bekas maupun kemasan apapun bisa kita daur ulang menjadi barang-barang yang bermanfaat. Dengan sedikit kreatifitas bekas sampah tersebut dapat kita sulap menjadi tas atau mainan yang bermanfaat bagi kita dan anak kita.

Berikut ini adalah cara memanfaatkan plastik menjadi barang-barang kerajinan bermanfaat yang tidak kalah menarik dari barang biasa.

Menciptakan Nilai Ekonomi Dengan Membuat Kerajinan Dari Plastik

Pengelolaan sampah dari dulu yang salah, membuat hasil akhir di tempat penampungan pun menjadi tidak terkelola dengan benar. Pemisahan antara sampah organik dan nonorganik yang seharusnya mudah dilakukan, pun menjadi rumit.

Tak dipungkiri, masalah itu adalah salah satu faktor kunci dalam melahirkan solusi pengelolaan sampah, seperti halnya plastik bekas produk kemasan, terletak pada sinergi semua stakeholder untuk ikut terlibat dalam membangun tata kelola persampahan yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Packaging and Recycling Alliance for Indonesia Sustainability Environment (PRAISE) menyatakan bahwa salah satu pendekatan yang wajib dikembangkan yaitu pengelolaan berkelanjutan lewat pendekatan Circular Economy.

Ekonomi melingkar ini intinya mengubah cara pandang terhadap plastik kemasan bekas pakai, tidak sebagai sampah, tapi sebagai sebuah komoditas yang berpotensi untuk dikembangkan.

Material kemasan bekas pakai, misalnya, plastik kemasan dapat terus dipertahankan nilainya serta dimaksimalkan penggunaannya melalui proses daur ulang (recycling), penggunaan kembali (reuse) ataupun produksi ulang (remanufacture), sehingga selain menciptakan, juga menciptakan rantai ekonomi baru, serta juga akan meminimalisir beban lingkungan ke alam seperti tempat pembuangan akhir atau bahkan lautan.

Jadi Musuh Bersama

Dalam konteks ini, keberadaan sampah plastik sudah seharusnya menjadi musuh bersama. Gerakan masif untuk menanggulangi serbuan sampah yang butuh waktu ratusan tahun agar bisa terurai, harus terus digeber.

Berdasarkan data di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sekitar 9,8 miliar lembar kantong plastik digunakan oleh masyarakat Indonesia setiap tahun. Dari jumlah itu, hampir 95% menjadi sampah. Padahal, sampah plastik ini tidak dapat diurai ke lingkungan secara mudah, prosesnya bahkan hingga ratusan tahun.

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati menyebutkan, jumlah timbunan sampah kantong plastik terus meningkat secara signifikan dalam 10 tahun terakhir.

Menurut catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia menempati urutan kedua penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia. Catatan yang diterima Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, volume sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton setiap tahun.

Dari jumlah tersebut, sekitar 3,2 juta ton bermuara ke laut. Sampah plastik yang menuju ke laut selanjutnya terpecah menjadi partikel-partikel kecil atau microplastics. “Microplastics ini sangat mudah dikonsumsi oleh hewan-hewan laut,” ungkap Susi, tahun lalu.

Adidas Hadirkan Sepatu Dengan Membuat Kerajinan Dari Plastik

cara membuat kerajinan dari plastik

adidas Tour360 XT adalah produk terbaru dirancang khusus bagi pemain golf. Menariknya adalah sepatu golf ini dibuat dengan benang yang dipintal dari sampah plastik. Adapun material tersebut didapatkan dari pantai dan masyarakat pesisir.

Tour360 XT dibuat atas kerjasama adidas dengan Parley yang merupakan organisasi pencinta lingkungan khususnya di kawasan pantai dan pesisir. Kolaborasi ini menjadi yang pertama di dunia olahraga.

Adidas Tour360 XT memiliki warna biru laut yang unik dan dipadukan dengan hijau aqua nan khas. Parley dan adidas memanfaatkan limbah sampah plastik yang telah didaur ulang kemudian menjadi bahan baku untuk bagian atas alas kaki ini.

Sepatu ini sendiri menggunakan outsole eight-spike dengan teknologi X-Traxion. Hal ini dikatakan bahwa para pemain golf akan merasakan keunggulan dan stabilitas unggul dari produk yang dipakainya, sambil mengetahui bahwa dengan menggunakan sepatu tersebut, mereka ikut melestarikan kebersihan lautan.

adidas Tour360 XT akan tersedia di Pebble Beach pada kejuaraan Golf AS Open 10 Juni 2019 di area merchandise. Sepatu ini juga akan tersedia pada laman resmi adidas di tanggal yang sama mulai jam 8 pagi waktu setempat. Produk ini ditawarkan dengan harga Rp 2.8 juta.

Kandungan plastik

Bahan plastik mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan dan juga kebersihan lingkungan. Kandungan yang ada di dalam plastik yaitu karsinogen yang mengandung racun yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti endokrin, tumor dan genital.

Ada beberapa cara yang bisa meminimalisir dari dampak negatif yang muncul dari penggunaan plastik yang berlebihan adalah dengan mendaur ulang. Sekarang telah banyak komunitas grup yang di dirikan yang bertujuan untuk melakukan daur ulang pada plastik untuk di buat nilai yang bisa di jual dari sampah plastik yang sebelumnya tidak bermanfaat di masyarakat.

Dibawah ini di jelaskan manfaat plastik bekas untuk kehidupan sehari – hari :

1. Membuat Pupuk Organik Dari Plastik

Manfaat pertama dari sampah plastik yaitu sebagai pupuk organik. Plastik yang tidak dimanfaatkan lagi bisa di kubur dan dicampur dengan tanah yang mengandung banyak unsur hara. Pupuk organik dapat di berikan untuk menyuburkan tanaman – tanaman agar dapat berkembang biak dengan subur.

2. Pakan Ternak Dari Plastik

Pakan ternak atau makanan untuk ternak juga separuhnya di dapat dari limbah plastik yang sebelumnya telah di daur ulang. Banyaknya kegunaan dari sampah plastik ini menyebabkan kita tidak ragu untuk mengolah bahan ini menjadi lebih berguna. Dan penyebaran dari pakan ternak ini memberikan keuntungan jika kita produksi lebih banyak maka dapat kita jual kepada orang yang membutuhkan pakan ternak.

3. Kerajinan Plastik Lucu

Pernah anda melihat kerajinan dengan membuat kerajinan dari plastik yang indah dan memukau banyak mata. Salah satu kerajinan yang indah itu juga mampu menarik perhatian sebagai produk yang di ekspor keluar untuk di jual dan laku besar besaran disana.

Jika itu terjadi bisa di bayangkan siapa yang akan memiliki banyak keuntungan yang di berikan. Tentu pencipta kerajinan yang indah ini yang beruntung.

4. Wadah Lain Membuat Kerajinan Dari Plastik

Adapun manfaat dari sampah plastik yang lain adalah sebagai wadah lain. Wadah lain disini berarti di manfaatkan sebagai tempat untuk melukis ataupun mengambar.

Jika selama ini banyak yang melukis diatas kertas dan kanvas maka melukis di atas plastik memberikan kesan yang bernilai dan unik sehingga menimbulkan keunikan yang menjadi salah satu daya tariknya sebagai wadah lain yang dimanfaatkan dalam menambah penghasilan.

Yang harus kita lakukan pertama sebelum membuat kerajinan dari plastik ini, tentunya dengan memisahkan antara sampah plastik ini dengan sampah jenis lain. Tujuannya adalah agar kita lebih mudah memanfaatkan sampah dan membuat kerajinan dari plastik untuk menjadi suatu yang bernilai atau barang bermanfaat lainnya.

Pastikan anda mempunyai tong sampah yang cukup untuk memisahkan kedua jenis sampah ini, supaya tidak menyebabkan bau menyengat pada sampah non plastik, maka anda wajib memiliki tong sampah yang tertutup.

1. Membuat Kerajinan Dari Plastik Menjadi Tas Lucu

cara membuat kerajinan dari plastik

Sebagaimana yang sudah nampak di gambar, kita dapat memanfaatkan kemasan plastik bekas untuk membuat tas. Tentu saja, tidak semua bisa membuat kerajinan dari plastik dapat digunakan. Pilihlah plastik yang agak tebal, biasanya ia digunakan untuk membungkus cairan yang mengandung zat kimia, seperti cairan pencuci piring, sabun untuk mencuci baju dan sebagainya.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan Membuat Tas Plastik :
  • 4 plastik kemasan 450 ml dengan corak dan warna yang senada (2 buah lagi untuk sisi kiri dan kanan, 2 buah untuk sisi depan dan belakang).
  •  50 cm bisban dengan menggunkan ukuran lebar 3 cm untuk bagian tali tas.
  • 1 meter bisban dengan ukuran lebar 2 cm.
  • Empat cm perekat.
  • 30 cm renda katun sebagai pemanis.
  • Jarum (ukuran 16) dan benang jahit berwarna senada.
Langkah Cara Membuat Tas Dari Plastik Bekas :
  1. Bersihkan kemasan plastik menggunakan kertas tisu basah, kalau tidak ampuh, rendam mengunakan air hangat kurang lebih 30 menit.
  2. Guntinglah 2 buah kemasan dengan ukuran sesuai yang diinginkan. Tapi, usahakan potongan kedua kemasan plastik memiliki ukuran yang sama.
  3. potong 2 kemasan lain (untuk sisi kiri dan kanan) menjadi dua bagian lebarnya (7cm). Jahitlah bisban di bagian kemasan yang sudah dipisahkan.
  4. Pasanglah dan jahit perekat dengan memakai mesin jahit pada bagian plastik yang akan digunakan sebagai penutup tas.
  5. gabungkan dan jahit bisban dengan lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi kanan dan kiri), untuk digunakan sebagai tali tas.
  6. Selanjutnya pasang dan jahit renda katun sekaligus bisban di sisi atas lembar plastik kemasan. terus dengan langkah ini di kemasan plastik untuk sisi belakang dan depan.
  7. Hubungkan kedua kemasan plastik yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang.
  8. Sambungkan dan satukan dengan jahitan mesin, bagian tadi (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.
  9. Lalu pasang bisban pada seluruh tepinya. Tas pun sudah siap untuk digunakan.

Cara yang sama juga dapat anda lakukan untuk tas yang berukuran lebih besar, lho. Tinggal ganti ukurannya saja.

2. Mainan Helikopter dari Botol Plastik Bekas

cara membuat kerajinan dari plastik

Bahan yang Diperlukan Membuat Botol Helikopter:
  • Bola pingpong.
  • 1 Botol plastik bekas susu instan.
  • 3 Buah sedotan dengan warna yang sama.
  • Satu Jarum pentul yang sudah dipendekkan.
  • Tambahan: staples, gunting atau pisau.
Langkah Pembuatannya Botol Helikopter:
  1. Lubangi tutup botol tepat di bagian tengahnya.
  2. Potong 3 sedotan tadi memiliki dua bagian untuk setiap sedotannya.
  3. Pisahkan botol susu instan menjadi 2 sisi, bagian kepala dan badan. Untuk bagian badan, pisahkan lagi botolnya setengah lingkaran menggunkan lebar sekitar 1-2 cm untuk kaki helikopter.
  4. Mulai rangkai bahan-bahan yang sudah dipotong tadi. Pakailah jarum pentul dan sedotan untuk membuat baling-baling heli. Rekatkan kepala sedotan dan potongan setengah lingkaran botol dengan memakai staples dan masukkan kepala sedotan yang tersisa untuk buntut belakang helikopter.
  5. Mulai rangkai setiap bahan tadi menjadi sebuah helikopter.
  6. Pasang bola pingpong di bagian muka heli untuk menyempurnakannya.
  7. Jika ingin lebih cantik, kamu dapat menambahkan cat air untuk membuat heli lebih menarik dimainkan.

3. Hiasan Penguin dari Botol Plastik

cara

Alat dan Bahan Yang Diperlukan Membuat Penguin:
  • 2 bagian bawah botol plastik bekas minuman bersoda.
  • Kuas berbagai ukuran.
  • Cat warna sesuai selera.
  • Lem perekat.
  • Sedikit ketrampilan melukis.
  • Kain-kain tambahan sesuai selera.
Tahap Membuat Kerajinan Dari Plastik Menyerupai Penguin:
  1. paskan kedua bagian bawah botol agar benar-benar pas apabila dilekatkan.
  2. Jika sudah cocok, maka tempelkan keduanya dengan menggunakan lem.
  3. Mulai pemberian cat warna dasar putih hingga merata ke seluruh bagian botol.
  4. Berikan sketsa wajah penguin untuk disisakan warna putihnya.
  5. Langsung berikan warna hitam ke seluruh tubuh penguin kecuali wajah dan kepala.
  6. Tambahkan warna merah (atau sesuai keinginan) ke kepala penguin untuk membuat kesan penguin sedang mengenakan topi.
  7. Berikan motif-motif dan hiasan sesuai selera pada bagian topi. Bisa menggunakan kain renda, pernak pernik dan sebagainya.
  8. Berilah aksesoris lainnya seperti ‘syal’ dan sebagainya.
  9. Penguin buatan sendiri pun sudah siap untuk dipakai sebagai hiasan.

4. Pot Tanaman Dengan Membuat Kerajinan dari Plastik

Bahan Yang Diperlukan Untuk Hiasan Pot:
  • Bagian bawah botol plastik bekas.
  • Tutup botol.
  • Lem perekat.
Langkah Pembuatan Hiasan Pot:
  1. Cucilah botol jangan sampai ada debu ataupun basah terkena air agar lem melekat dengan baik.
  2. Pasang tutup botol untuk hidung sekaligus tempelkan juga mata mainannya.
  3. Isi botol dengan tanaman, pupuk dan bibit tanaman.
  4. Biarkan sampai ia mulai tumbuh menjadi rambut, ia pun siap untuk dipakai sebagai hiasan.

5. Membuat Kerajinan Dari Plastik Menyerupai Vas Bunga

Alat Yang Diperlukan:
  • Botol tidak terpakai.
  • Gunting.
  • Bunga beserta tangkainya.
Langkah Pembuatannya:
  1. Potong botol menjadi 2 bagian, buang bagian kepalanya karena ia tidak terpakai lagi.
  2. Gunting lurus ke bawah botol hingga sekitar 4-5 cm.
  3. buatlah ini ke seluruh sisi botol dengan jarak sekitar setengah cm.
  4. Lipat ‘daun’ plastik serupa dengan di gambar, yaitu dengan menyelipkan satu ‘daun’ di antara daun di kanannya dan setelahnya.
  5. Terus Lakukan hal ini ke seluruh badan plastik botol.
  6. Isi botol menggunakan air segar, dan letakan tangkai bunga di dalamnya.
  7. Vas bunga pun siap ditaruh di ruang tamu.

6. Membuat Tempat Handphone

Bahan dan Alat Yang Dibutuhkan Membuat Kerajinan Dari Plastik:
  • Botol sabun atau shampo tidak terpakai.
  • Gunting.
Cara Membuat Kerajinan Dari Plastik:
  1. Buang bagian kepala botol.
  2. Setengah botol dipotong hingga tersisa setengah lingkaran seperti di gambar.
  3. Lubangi yang sudah tersisa setengah itu kira-kira seukuran colokan charger.
  4. Botol bekas tak berguna itu pun sekarang sudah bisa dimanfaatkan lagi sebagai tempat hp-mu ketika sedang mengisi baterai.

Memang banyak sekali cara membuat kerajinan dari plastik yang bisa kita buat menggunakan bahan bahan bekas, seperti dari plastik.

Dengan kita selalu membuat hal-hal unik seperti ini jadi kita akan dapat semakin melatih inovasi kita. Tetapi jangan lupa jika kita menggunakan bahan-bahan bekas seperti botol plastik yang berbahan Polythylene terephthalate bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan sangat berbahaya jika dihirup.

Di tangan orang-orang kreatif barang barang sampah bisa disulap menjadi kerajinan tangan bahkan bisa sampai memiliki nilai jual yang tinggi. Jika kita dapat terus mengasah skill kita menggunakan kerajinan tangan tersebut terlebih lagi jika kreatifitas kita semakin berkembang, maka tidak menutup kemungkinan bahwa barang yang kita buat nantinya mempunyai nilai jual yang tinggi.

Itulah ulasan tentang cara membuat kerajinan dari plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

The post Inovasi Baru Dengan Cara Membuat Kerajinan Dari Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Inspirasi Saat Bosan Dengan Cara Daur Ulang Sederhana Sampah https://mesinpencacahplastik.id/cara-daur-ulang-sederhana/ Thu, 26 Sep 2019 06:56:45 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1111 Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi karya inovasi dengan cara daur ulang sederhana barang bekas yang unik dan lucu pastinya dan juga mempunyai nilai jual ni.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!! Beberapa ide karya dari barang bekas yang gampang disekitar kita. Kerajinan tangan yaitu seni […]

The post Inspirasi Saat Bosan Dengan Cara Daur Ulang Sederhana Sampah appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi karya inovasi dengan cara daur ulang sederhana barang bekas yang unik dan lucu pastinya dan juga mempunyai nilai jual ni.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Beberapa ide karya dari barang bekas yang gampang disekitar kita. Kerajinan tangan yaitu seni dalam merancang barang yang unik dan bagus dengan memakai barang tertentu, baik sampah atau tidak. Umumnya, banyak sekali barang di sekitar kita yang dibuah begitu saja, misalnya karus, botol, kain, dll.

Memakai barang tidak terpakai dan menjadikannya sebagai karya membutuhkan kreativitas yang baik. Dengan mengubah sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang menarik dan memiliki nilai, maka membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi.

Orang yang memiliki daya kreativitas tinggi, akan mengolah barang bekas tersebut menjadi barang yang berguna, dijadikan hiasan misalnya. Bagi Orang tua yang mempunyai anak kecil, lagi dalam masa pertumbuhan, ada baiknya jika mengajak terlibat membuat mainan dari sampah, sehingga bisa meningkatkan imajinasinya.

Karya tangan yang benar untuk diberikan kepadanya, adalah kerajinan tangan yang bisa mengasah keterampilan anak dan kepintaran otak anak. Sebaiknya kerajinan tangan yang dibuat juga dapat mengasah kreativitas anak.

Untuk kamu yang masih sekolah, mungkin artikel ini bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat dan menyelesaikan tugas prakarya di sekolah.

Kurangi Sampah Plastik Dengan Cara Daur Ulang Sederhana

Setelah sebelumnya para warganet dikejutkan dengan adanya ikan paus mati di perairan Thailand dengan kondisi mengenaskan karena di perutnya ditemukan sampah 80 tas plastik bulan Juni lalu.

Baru-baru ini, warganet khususnya di Indonesia dikejutkan lagi dengan berita ikan paus jenis sperm whale yang ditemukan mati di Pulau Kapota, Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Ada 5,9 kilogram sampah plastik yang didapatkan didalam perut ikan paus sepanjang 9,5 meter ini dan ternyata telah lama terdampar di akibatkan ditemukan dengan keadaan ikannya sudah membusuk. Karena berita ini, fakta polusi laut di Indonesia pun menjadi perhatian mata dunia.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menginformasikan bahwa Indonesia adalah negara penyumbang sampah plastik ke laut terbanyak kedua di dunia setelah China sejak tahun 2016. Bukan hanya itu.

Volume data sampah yang ada di negara Indonesia saat ini sudah mencapai 66,5 juta ton selama tahun 2019 ini, dan sebagian besar ada dari kategori limbah rumah tangga yang kebanyakan merupakan sampah plastik.

Sudah banyak himbauan dan aturan berdasarkan tentang pengurangan pemanfaatan plastik yang dilakukan pemerintah tapi hasilnya masih tidak terlihat sampai sekarang. Memprihatikan bukan?

Jadi, jika kamu ingin anak-cucu kamu dimasa depan bisa menikmati kehidupan dengan lingkungan yang lebih sehat dan bersih maka mulailah peduli terhadap lingkunganmu mulai sekarang dengan salah satunya mengurangi penggunaan plastik.

Ini dia beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mengurangi penggunaan plastik:

1. Membawa Tas Belanja Sendiri Kemana-mana

Salah satu tindakan sederhana yang bisa kamu lakukan adalah membawa 1 totebag atau ecobag yang bisa dibawa kemana-mana terutama ketika kamu berbelanja baik ke minimarket atau supermarket. Dengan membawa tas belanja sendiri kemana-mana, tidak ada lagi tumpukan tas plastik menumpuk dirumah dan yang dibuang begitu saja karena tidak dipakai.

2. Membawa Kotak Makan Sendiri

Biasanya ketika kamu akan membeli makanan baik di restauran cepat saji atau sekedar di tempat makan seperti warteg atau makanan pinggir jalan.

Ketika kamu memilih untuk dibungkus saja biasanya kamu akan diberikan banyak plastik untuk membungkus makanan kamu, apalagi jika kamu membeli makanan dengan jenis berbeda-beda dan berkuah. Akan semakin banyak plastik yang digunakan untuk membungkusnya.

Kalau kamu memang tipe yang tidak sempat masak sendiri dan terbiasa membeli makanan dari luar. Cobalah untuk membawa kotak makan sendiri sebagai bentuk usaha kamu mengurangi plastik sampah. Selain itu membawa kotak atau rantang makan sendiri akan lebih praktis karena kamu tidak usah memindah-mindahkan makanan yang dibeli ke wadah baru. Dan tentunya menjadi lebih rapih dan praktis.

3. Tidak Lagi Menggunakan Sedotan Untuk Minuman

Memang benar, dari dulu banyak restauran terutama restoran cepat saji atau warung minuman yang melayani pembelian minuman yang dituang ke botol minum sendiri di akibatkan kebijakan dan peraturan industri. Pasti akan menjadi pertimbangan berat bagi kamu yang sedang dalam masa belajar mengurangi pemakaian plastik.

Tidak apa-apa, jika kamu sedang ngidam banget minum-minuman di tempat minuman tersebut apa boleh buat? se enggaknya  langkah kecil yang dapat kamu ambil  adalah menghindari pemakaian sedotannya dan menolak diberikan tas plastik tambahan saat kamu ingin membawa pulang minuman tersebut.

4. Belajar Cara Daur Ulang Sederhana Sampah Plastik

kalau tidak ingin banyak sampah plastik semakin bertambah di rumah atau disekitar lingkungan tempat kamu tinggal. Kenapa tidak sekalian saja dimanfaatkan untuk digunakan kembali dan dipahami cara daur ulang sederhana ini.

Tidak hanya bantu-bantu mengurangi volume sampah plastik anda juga bisa belajar cara daur ulang sederhana di lingkungan tempat tinggal. Kamu juga bisa jadikan sebagai lahan bisnis baru.

Sekarang banyak produk barang pakai seperti tas bahkan keranjang pakaian yang dibuat dengan cara daur ulang sederhana dari sampah plastik. Lumayan kan? Kamu jadi tidak hanya menjaga lingkungan tapi menjaga dompet bisa tetap penuh.

Kerusakan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama

Lingkungan yang kotor, banjir dan penyakit dimana-mana merupakan kesalahan satu individu maupun pemerintah. Tapi kita semua lah yang lalai dalam menjaganya. Kalau ingin lingkungan tempat tinggal sekitar jadi tidak kotor, mulailah menjadi pribadi yang tidak kotor terlebih dahulu.

Belajar cara daur ulang sederhana dan cintai lingkungan dan hindari aktivitas-aktivitas yang bisa merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan produk dengan bahan plastik

Bagaimana Cara Daur Ulang Sederhana Sampah Di Sekitar Kita

Semua orang setiap hari memproduksi sampah dengan berbagai jenis, dan dibuang begitu saja. Seperti berbagai jenis botol plastik, bekas kaca yang tajam, kaleng bekas makanan dan minuman, dan lain – lain.

Bagi yang ingin memanfaatkan barang yang sudah tidak dipakai tersebut akan dijadikan sebuah kerajinan tangan, dan akan lebih seru jika ada orang tua yang mendampingi pembuatannya. Berikut beberapa contoh karya tangan unik dari sampah yang bisa kamu buat:

Kerajinan Dari Barang Bekas Botol yang unik

Botol adalah tempat untuk air atau minyak. Jika air yang ada di dalamnya habis maka botol tersebut akan dibuang begitu saja. Kamu bisa membuat sedikit kreasi dengan botok – botol bekas tersebut menjadi barang yang bisa dimanfaatkan. beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bekas botol.

1. Pot Bunga Unik Dari Botol Bekas Minuman

cara daur ulang sederhana

Kamu bisa membuat pot bunga dari botol bekas dengan menyiapkan alat dan bahan yaitu botol bekas, gunting, lem, CD, kuas, dan cat warna. Cara membuatnya mulai dengan memotong botol minum bekas yang besar pada bagian tengahnya, kemudian ambil bagian bawah yang akan dijadikan sebagai pot bunganya. Hias menggunakan cat warna sesuai selera.

Setelah itu lepaskan tutup botol dan letakkan CD pada bawahnya dan tempel menggunakan lem Ini hanya untuk menyeimbangkan saja bisa digunakan bisa juga tidak. Hias botol pot tersebut sesuai selera dan kemudian isi botol dengan tanah dan bunga atau tanaman.

2. Mobil-Mobilan Sederhana Dari Botol Bekas

cara daur ulang sederhana

Untuk kamu yang suka membeli mobil-mobilan yang uangnya terbilang mahal, tidak ada salahnya agar mencoba membuat sendiri dari botol bekas, seperti terlihat pada gambar di atas bahwa sangat gampangnya membuat mainnan di atas. Bahan yang diperlukan adalah Botol (bisa bekas minya atau minuman), pisau cutter, tusuk sate, sandal bekas, tali, kuas, dan cat.

Cara bikinyanya hanya dengan memakai imajinasi kalian mau buat seperti apa, namun yang jelas iyalah lubang untuk membuat roda ban harus persis antara kanan dan kiri, jika tidak sama bisa-bisa tidak bisa berjalan karena akan macet. Gunakan tusuk sate sebagai as yang mengubungkan roda kanan dan kiri.

Sebernarnya untuk ban kalian dapat memakai tutup botolnya, jika tidak ada bisa menggunakan sandal bekas yang dipotong bulat dan sama besar. Selanjutnya tinggal dihias. Gunakan tali rapia untuk menarik mainannya.

3. Tempat Pensil Lucu Dari Botol Bekas

Anak sekolah yang kreatif pasti memiliki tempat pensil hasil karyanya sendiri, ada yang menggunakan gelas kemudian di hias, ada juga yang menggunakan botol bekas.

Bahan-bahannya adalah:

  • Gunting
  • cutter
  • botol bekas shampo atau lotion/hand body.

Alat-alat untuk mengiasnya:

  • pita
  • mainan mata
  • kuas
  • cat

Daur Ulang Dari Barang Bekas Koran

Untuk kamu yang suka membaca koran dan berlangganan koran, tentunya memiliki banyak sekali koran – koran bekas, mengingat setiap harinya pasti mempunyai koran baru dan dengan berita yang baru juga. Maka koran – koran lama akan semakin banyak dan dibiarkan begitu saja menganggur.

Namun bagi kamu yang memiliki tingkat kreatif tinggi bisa mengubah koran yang tidak bermanfaat tersebut menjadi sebuah barang yang bermanfaat dan indah tentunya. Berikut beberapa contoh dari penggunaan bekas koran bekas sebagai kerajinan tangan adalah tempat sampah, tempat tisu, jam dinding, dan frame untuk foto.

Caranya kamu hanya perlu menggulung – gulung koran bekas dengan ukuran yang beragam dan kemudian merangkainya menjadi benda yang kalian inginkan. Yang paling dasar dalam membuat yaitu lem yang kalian gunakan, karena semakin cepat kering semakin mudah untuk menyusun gulungan koran tersebut. Jangan menggunakan lem kertas, karena itu lama sekali keringnya.

1. Cara Daur Ulang Sederhana Koran Bekas Menjadi Frame Foto

Bagi kalian yang ingin membuat bingkai foto, di sini kami akan berbagi setiap langkah dan cara membuat bingkai foto dari kardus dengan jelas dan mudah di pahami.

Dengan bahan kardus yang murah dan mudah diperoleh, kamu sudah bisa mengkreasikan sebuah bingkai foto dengan semua idemu. Selain itu, ada juga beberapa contoh karya dengan bingkai foto dari kardus yang bisa kamu buat inspirasi.

Selain itu bingkai foto ini sendiri, cukup awet dan tahan lama jika kamu menyimpannya dengan benar. Langsung saja, simak langkah-langkah dan cara membuat bingkai foto dari kardus dengan mudah berikut ini

Langkah pertama yang kalian kerjakan adalah menyiapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan untuk membuat bingkai foto. Alat dan bahannya antara lain :

  • Kardus
  • Pensil dan Spidol Warna
  • Gunting atau Pisau Cutter
  • Lem
  • Penggaris
  • Kertas Kado / Kertas Warna
  • Tali / Benang

Siapkan kardus yang menjadi bahan dasar bingkai, bisa juga menggunakan kardus bekas maupun kardus baru. Semakin tebal kardus, maka bingkai foto juga semakin kokoh. Untuk membuat bingkai foto yang besar, maka kalian perlu menggunakan kardus bekas mie instan atau peralatan elektronik.

Namun jika ingin membuat dengan ukuran kecil, maka pilihkan kardus bekas susu, sereal, kue, atau kardus berukuran kecil lainnya.

Pastikan gunting atau pisau cutter yang cukup tajam untuk menggunting, agar kardus dapat terpotong dengan baik. Untuk menjadikan bingkai foto berwarna dan unik, jangan lupa sediakan lem, kertas warna dan benang.

2. Jam Dinding Dari Koran Bekas

Harus membeli mesin jam dinding, atau menggunakan jam yang sudah tidak digunakan dan ambil mesinnya. Bagian tengah dari kerajinan jam dinding di atas jangan terlalu tebah, agar jam bisa bekerja dan berputar dengan baik (tidak nyangkut dan menempel pada gulungan koran).

Alat dan Bahan Yang Diperlukan:
  1. Koran bekas
  2. Lem
  3. Tali
  4. Mesin jam
Cara Membuat:

1.Siapkanlah koran bekas serta bahan dan alat yang dibutuhkan
2.Kemudian buatlah stik-stik koran mengunakan cara digulung dari sudut kemudian di lem
3.Selanjutnya gulunglah stik-stik koran yangsudah dilumuri oleh lem disalah satu sisinya menjadi bentuk lingkaran,ikatlah lingkaran tersebut hingga lem nya kering
4.Setelah selesai mebuat lingkaran yang tadi buatlah lingkaran lingkaran yang lebih kecil dari lingkaran yang tadi sudah dibuat dengan vara yang sama
5.Setelah semuanya kering dan sudah jadi sambungkanlah semua lingkaran menggunakan tali
6.Setelah dipastikan ikatan nya kuat pasanglah mesin jam pada bagian lingkaran yang paling tengah
7.Terakhir gabungkan angka yang dibuat dari koran disetiap lingkaran yang kecil supaya jam bisa dipakai

Membuat Kerajinan Dengan Cara Daur Ulang Sederhana Kardus

Kardus merupakan sebuah pembungkus dari berbagai jenis kebutuhan supaya tidak terjadi kerusakan pada saat mengirim barang. namun jika isi dari kardus dikeluarkan akan membuat kardus dibuang, dibiarkan begitu saja, atau tidak dibuat apa-apa.

Kamu yang memiliki tingkat karya tinggi pasti akan menjadikan kardus tersebut menjadi suatu barang yang berguna. Berikut beberapa contoh karya dari kardus bekas supaya menjadi barang yang bermanfaat.

Belajar Cara Daur Ulang Sederhana (Kain Perca)

Karya tangan dari kain perca sekarang ini sangat banyak kita temui, hal ini disebabkan kerajinan ini sangat menarik minat banyak orang, bahkan dapat dijual lewat online. Kain perca tentunya berbeda dengan kain flanel, sebab kain flanel ini merupakan kain baru dan kain perca adalah kain sisa potongan yang sudah tidak digunakan, biasanya sih untuk topo.

Kamu bisa mencari banyak kain perca dari tukang jahit dimanapun. Dan kebanyakan dari penjahit membuang kain perca tersebut, kamu bisa membuat kain perca menjadi kerajinan tangan yang bagus.

Itulah beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu buat sendiri atau dibantu orang tua di rumah. Dan tentunya tidak membutuhkan biaya besar untuk mengubah barang yang tidak terpakai menjadi barang yang memiliki nilai guna tinggi.

Gimana, Guys? Seru kan mengolah barang-barang bekas menjadi hasil kerajinan tangan? Itulah beberapa inspirasi cara daur ulang sederhana dari barang bekas yang bisa kamu coba buat di rumah. Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan barang-barang tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!

The post Inspirasi Saat Bosan Dengan Cara Daur Ulang Sederhana Sampah appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Usaha Kreatif Daur Ulang Plastik Menjadi Bisnis Jangka Panjang https://mesinpencacahplastik.id/daur-ulang-plastik/ Thu, 26 Sep 2019 03:12:42 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1100 Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang usaha daur ulang plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya. Jangan dianggap sepeleh sampah plastik bekas, sebeb dari sampah itu dapat menghasilkan […]

The post Usaha Kreatif Daur Ulang Plastik Menjadi Bisnis Jangka Panjang appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang usaha daur ulang plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Jangan dianggap sepeleh sampah plastik bekas, sebeb dari sampah itu dapat menghasilkan peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa plastik yang ada di tempat sampah itu sudah tidak ada gunanya lagi, namun dari sampah itu kita bisa mendapat banyak penghasilan, contohnya adalah di giling untuk bahan pengolahan biji plastik.

Sangat banyak jenis botol yang dapat di proses yaitu botol bekas air minum dalam kemasan, jumlahnya banyak sekali disebabkan orang biasanya langsung membuang ketika isinya telah habis.

Analisa Usaha Daur Ulang Plastik

pesanan dari gilingan botol dan gelas plastik bekas cukup banyak di perlukan oleh industri yang memproduksi biji plastik, oleh sebab itu sudah banyak pelaku pembisnis penggilingan ini yang berhasil kaya. Cara memperoleh bahan ini biasanya di dapatkan dari para pemulung, dari berbagi macam sampah akan di pilih lagi, botol dan gelas plastik bekasnya bisa di tampung untuk bisnis ini.

Umumnya botol bekas yang di dapat dari para pengepul sudah dalam kondisi siap giling, karena untuk dapat di proses di butuhakan botol yang sudah kering serta sudah di buang bagian kerasnya, yaitu bagian atas botol.

Namun kondisi botol bekas yang dijual tidak selalu dalam bentuk ready giling, ada kalah ada yang menjual masih berbentuk botol utuh, bahkan ada juga yang menjual dalam bentuk masih kotor dan banyak air dibotolnya.

pastinya harga botol-botol bekas ini akan lain harganya, botol yang sudah siap giling akan mempunyai harga yang lebih mahal dari pada botol yang masih harus melewati banyak langka lagi, karena industri gilingan akan memerlukan biaya lagi untuk ongkos pembuatan.

Proses produksi untuk penggilingan umumnya sederhana, sudah banyak para pembuat mesin dari kelas lokal yang harganya tidak terlalu mahal. plastik botol yang sudah siap giling ini tinggal di cacah menjadi bentuk kecil tertentu sesuai permintaan lalu di bersihkan dan di jemur.

Rata-rata mesin rakitan lokal berkapasitas produksi sampai 8 kwintal perharinya, tergantung besar kecilnya kapasitas mesin. se usai hasil gilingan kering harus bisa langsung di kirim kepada industri pembuat biji plastik.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Daur Ulang Plastik

Salah satu yang perlu di perhatikan dalam usaha ini adalah pada proses pembelian bahan, Botol dan gelas plastik yang masih kotor umumnya masih terdapat air didalamnya, ini akan merugikan karena akan memberatkan timbangan, dan umumnya kita sulit memprediksi kadar air didalamnya.

Untuk menyederhanakan hal itu lebih baiknya kita membeli dari para pengepul bahan yang sudah siap giling, tapi harga akan jauh lebih mahal, tetapi setelah dikalkulasi akan lebih nampak.

selain dari itu dalam memproses bisnis ini yang sulit iyalah menemukan bahan ketimbang menjualnya, dari  itu di butuhkan hubungan yang baik dengan para pencari plastik, supaya barang nya mau di jual kepada kita. Bahkan tidak jarang para pembisnis yang memberikan modal terlebih dahulu ke para penampung, itu dilakukan supaya suplai bahan selalu ada.

Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Biji Plastik

daur ulang plastik

Pemanfaatan sampah plastic (Gugun Gunawan, 2007: 20-21) dengan cara mengolahnya kembali merupakan upaya untuk menekan pembuangan plastik seminimal mungkin. Pemanfaatan sampah plastik bisa dilakukan dengan daur ulang (reuse) maupun daur ulang (recycle).

Di Indonesia pengolahan sampah plastik dalam skala rumah tangga biasanya adalah pemakaian kembali (reuse) untuk kegunaan yang lain, contohnya kaleng atau wadah bekas cat yang terbuat dari plastik dimanfaatkan untuk pot dan ember.

Tapi, hal itu tidak bisa menyelesaikan masalah banyaknya sampah plastik yang terus bertambah. Proses daur ulang tampaknya sudah menjadi harga mati untuk menanggulangi krisis sampah plastik ini.

Sebelum membahas proses daur ulang plastik secara lebih mendalam, akan lebih baik jika kita mengetahui tahapan-tahapan pendaurulangan sampah plastik menjadi biji plastik/bahan baku setengah jadi, yaitu:

  1. Pemisahan: sampah plastik harus dipisahkan dari material sampah lainnya, misalnya memisahkannya dari material sampah organik atau keras.
  2. Pemotongan: limbah plastik yang telah dipisahkan lalu dipotong-potong sesuai dengan permintaan. sebelum diolah menjadi biji plastik, limbah plastik ini harus dipotong kecil-kecil untuk memudahkan proses pembuatanya.
  3. Pencucian; sampah plastik yang suadah menjdi potongan-potongan ini harus dicuci untuk membersihkannya dari zat-zat tertentu yang tidak dibutuhkan atau dapat mengganggu proses pengolahan. Contoh zat tersebut adalah besi
  4. Penggilingan; habs dicuci, limbah plastik lalu digiling supaya menjadi biji plastik. kita tahu bahwa biji plastik yang didapatkan lewat penggilingan memiliki kualitas bagus yaitu dari mengapung tidaknya biji plastik ini di atas air.
  5. Biji plastik yang sudah diolah inilah yang mau dikirim ke industri pengolahan produk-produk plastik bekas.

Dibawah Ini Beberapa Jenis Biji Plastik dan Nilai Jualnya:

Jenis Biji plastik

Harga (Rp/kg)

Biji plastik Hd (Ex Injection)

7.000

Biji plastik Abs

10.000

Biji plastik Pet

5.500

Biji plastik Pp Cokelat

8.000

Biji plastik Pp putih

12.000

Biji plastik Pp hitam, merah, biru

6.000

B plastik Pp resin

7.000

Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik

Pada saat menghabiskan suatu produk, pasti kita akan membuang kemasannya begitu isinya telah dihabiskan. Kemasan tersebut dibuang begitu saja, padahal jika dimanfaatkan, plastik tersebut masih memiliki nilai yang cukup lumayan. Sebagai gambaran, harga biji plastik PP (polipropilena) yang biasa dibuat untuk wadah aki, berkisar antara Rp 19.000,00/kg.

Sedangkan limbah wadah tersebut dihargai Rp 10.000,00-Rp 15.000,00/kg. Jika Anda bisa mengumpulkan wadah aki sebanyak 1 ton, maka Anda dapat menghasilkan uang Rp 10 juta-Rp 15 juta selain pendapatan dari timah. Selain itu, juga ada pengusaha yang melakukan refurbish pada limbah aki tersebut sehingga dapat dipakai kembali.

Harganya berkisar Rp 75.000/unit aki. kalau Anda dapat mengumpulkan 100 butir aki bekas saja, maka Anda bisa memperoleh uang Rp 7,5 juta. ini pun belum termasuk sampah plastik botol atau limbah plastik lainnya yang nilainya jualnya sama.

Daur Ulang Plastik Agar Bermanfaat

Sampah didefinisikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan, yang dihasilkan dari suatu proses. Walaupun dari material sisa, tidak berarti semua sampah harus langsung dibuang.

Membuang tanpa pengelolaan sampah yang baik justru akan merusak lingkungan. Untuk mengurangi beban lingkungan, sampah bisa diolah menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan dari sampah plastik yang di daur ulang.

Bentuk Daur Ulang Sampah Plastik

Jika Anda bisa melakukan daur ulang dalam bentuk cacah atau pelet, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari itu. Untuk proses cacah, botol-botol plastik dikelompokkan berdasar warna dan jenisnya, lalu dicacah. Selesai dicacah, plastik tersebut lalu dikeringkan, diletakan ke dalam oven, selanjutnya siap dijual.

Hasil dari cacahan tersebut digunakan sebagai bahan baku benang polyester. Jenis plastik yang digunakan untuk membuat cacahan tersebut didapat dari limbah botol plastik minuman jenis PET (polyethylene terephthalate). Sedangkan untuk membuat tali rafia, jenis sampah yang digunakan adalah jenis sampah plastik gelas minuman jenis PP (polypropylene).

lalu, promosikan usaha Anda ke wilayah-wilayah, atau lingkungan-lingkungan yang membutuhkan daur ulang sampah atau industri manufaktur plastik yang membutuhkan plastik daur ulang atau bekas plastik. Bisnis daur ulang plastik bukan hanya menghasilkan, tapi Anda juga memberikan dampak baik bagi lingkungan.

Apa Saja Jenis Atau Usaha Sampah Plastik Yang Menghasilkan Nilai Ekonomi Tinggi ?

  1. Pencari sampah plastik
  2. Pengepul sampah plastik
  3. Pengepres
  4. Pencacah / crusher
  5. Pembuat biji plastik
  6. Pengguna biji plastik untuk dijadikan produk jadi.

Semua jenis atau katagori usaha daur ulang sampah plastik diatas mempunyai sirkulasi yang saling berkaitan dan dapat membuka lapangan pekerjaan. Jika kita pemula untuk menekuni usaha tersebut dibutuhkan modal, ketrampilan dan pengalaman agar bisnis tersebut berjalan dengen baik.

Dari setiap jenis bisnis daur ulang sampah plastik bisa dilakukan sendiri ataupun banyak, contohnya hanya jadi pengumpul, atau hanya jadi penggiling atau hanya jadi pencacah.

Akan tetapi bisa juga dijalankan secara bersamaan menjadi pengepul sekaligus menjadi pencacah, atau pencacah sekaligus jadi pembuat biji plastik, semua itu tergantung kesiapan modal kita untuk investasi lahan dan mesin yg dibutuhkan.

Mendaur Ulang Sampah Plastik Menjadi Sumber Usaha

daur ulang plastik

Plastik menjadi bahan penting untuk membungkus yang paling banyak diperlukan masyarakat. Meski semangat go green terus berkumandang dan banyak yang mencoba menghindarinya, penggunaan plastik hingga kini belum menurun. Itulah sebabnya bisnis penggilingan plastik tetap menggelinding.

Penggilingan limbah plastik adalah bagian penting dalam sistem pendaur ulang plastik. Proses ini menjadi jalan supaya sampah plastik bisa berguna.

Para penggiling sampah mengumpulkan plastik berupa botol, gelas atau lembaran plastik dari pemulung atau mencarinya sendiri. Sampah plastik digiling menjadi cacahan plastik. Kemudian, hasilnya dijual ke pabrik plastik. Di pabrik, cacahan itu diolah menjadi plastik baru.

Walaupun mempunyai omzet sebesar itu, Stanley masih memerlukan biaya bahan bakar minyak (BBM) yang tidak kecil. Pasalnya, mesinnya sangat bergantung dari pasokan solar. hari-hari, setiap mesin kapasitas 1 ton miliknya memerlukan kurang lebih lima liter solar.

Biaya perawatan mesin juga membebani. Apalagi saat ini harga suku cadang naik. Maklum, mesin penghancur atau penggiling plastik miliknya merupakan mesin lama yang dibeli dua tahun silam.

Selain itu, bisnis penggilingan sampah plastik makin banyak dikerjakan orang. dari itu, Stanley memilih meneruskan bisnisnya di daerah Surabaya sambil menunggu penambahan mesin penghancur baru.

Kenapa Limbah Plastik Harus Didaur Ulang?

Memanfaatkan peluang bisnis yang ada tentu akan menjadi celah bisnis yang menguntungkan. Sepertihalnya memanfaatkan sampah yang ada di sekitar Anda. Sampah memang menjadi salah satu permasalahan kompleks yang kerap timbul di tengah masyarakat. Baunya yang tidak enak dan kerap di kerumuni hewan menjijikan membuat sampah banyak di jauhi.

Diantara kebanyakan sampah, sampah plastik merupakan sampah yang paling meresahkan. Pasalnya bahan ini kerap digunakan masyarakat namun sangat sulit membusuk. Sehingga cukup mencemari lingkungan sekitar terkadang bisa menyebabkan banjir. Pastinya peluang bisnis pengolahan limbah plastik bisa menjadi usaha yang sangat bagus.

Dapat membantu menjaga lingkungan menjadi tetap bersih juga dapat menambah kantong. Usaha sampah plastik dapat Anda jalankan dengan langkah yang mudah. Ketersediaan sampah plastik yang cukup limpah di lingkungan sekitar membuat sampah plastik ini kian bernilai.

Limbah plastik ini akan diolah menjadi biji-biji plastik terlebih dulu. Keuntungan yang dikemas dalam bisnis sampah plastik memang begitu menggiurkan. Mungkin Anda tertarik menengok mengenai bisnis sampah plastik.

Selain karena alasan bisnis, setidaknya ada tiga alasan penting kenapa sampah plastik harus didaur ulang.Alasan tersebut termasuk kepentingan untuk melindungi kesehatan dan lingkungan dari bahaya yang ditimbulkan sampah plastik.

Sampah Plastik dan Pemanfaatannya

Seorang mahasiswi Universitas Pelita Harapan (UPH) bernama Dewinta, telah berhasil dalam mengubah sampah plastik menjadi nilai guna. Kesadaran terhadap masa urai plastik sebagai limbah yang tidak singkat, membuat dirinya mendaur ulang plastik agar tidak mencemari lingkungan.

Dewinta mengatakan bahwa bisnis limbah plastik sangat mudah dibuat bahan bisa dicari dan didaur ulang oleh kelompoknya yang berasal dari pembungkus mie instan. Pemilihan jenis sampah plastik tersebut didasarkan oleh tingginya jumlah sampah yang dihasilkan oleh bungkusan makanan tersebut.

Adapun hasil olahan daur ulang yang diproduksi oleh mahasiwa UPH antara lain tote bag yang dijual dengan harga Rp59.900 dan card holder seharga Rp19.900.

Sementara itu, dalam memecahkan masalah bisnis limbah plastik yang semakin tak terbendung, seorang kreatif, Deasy Esterina, berhasil menciptakan produk fesyen yang berkualitas tinggi.

Di tangan Deasy, sampah plastik bukan hanya didaur ulang (recycle) tapi memiliki nilai tambah dan kegunaan (upcycle). Hal inilah yang melahirkan sebuah merek dagang bernama Kreskros, yang merupakan akronim dari kresek dan crochet (merajut).

Deasy memulai usaha ini saat memamerkan tas hasil daur ulang dari plastiknya di Surabaya pada tahun 2014. Hasilnya, beragam tas yang pamerakan tersebut laku terjual. Berdasarkan pengalaman tersebut, dirinya mulai serius menggarap bisnis fesyen dengan bahan limbah plastik. Deasy memulainya dengan modal awal Rp10 juta yang dialokasikan untuk menyiapkan peralatan mesin jahit dan bahan baku.

Sumber bahan baku limbah plastik yang digunakan berasal dari pengepul yang menjual beragam plastik. Dalam tiga bulan Deasy berhasil mendaur ulang sebanyak 150 kilogram sampah plastik menjadi produk tas unggulannya.

Dari produksinya tersebut, setiap bulan Kreskros berhasil menjual sekitar 50 unit produk, antara lain tote bag, ransel, tas genggam, kantong alat tulis, buku organizer, dan tas toiletries.

Mesin Limbah Plastik

Bisnis limbah plastik ini tidak dapat berjalan maksimal jika tidak menggunakan mesin penghancur plastik dalam pengolahannya. penggunaan dari mesin penggiling plastik diperlukan supaya proses produksi menjadi lancar dan efektif. kerja mesin penggiling plastik yaitu menggiling plastik dan bahan lain menjadi potongan yang kecil-kecil.

sampah yang bisa digunakan yaitu jenis botol plastik mineral,karet, kulit, botol oli, dll. Mesin yang digunakan adalah penggiling sampah plastik yang menghasilkan potongan yang memuaskan sehingga bisa langsung masuk pabrik.

Mesin penghancur plastik dari maksindo tersedia dengan kapasitas kecil hingga besar berkualitas dan mutu terbaik. Menggait dengan beberapa kelebihannya menjadikan mesin penghancur plastik menjadi pilihan tepat.

Itulah ulasan tentang berbisnis dari sampah plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

The post Usaha Kreatif Daur Ulang Plastik Menjadi Bisnis Jangka Panjang appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Bisnis Tanpa Modal Dengan Usaha Daur Ulang Plastik https://mesinpencacahplastik.id/usaha-daur-ulang-plastik/ Wed, 25 Sep 2019 04:25:46 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1085 Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang usaha daur ulang plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya. Usaha Daur Ulang Plastik – Pengembangan industri daur ulang plastik dinilai menjadi […]

The post Bisnis Tanpa Modal Dengan Usaha Daur Ulang Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang usaha daur ulang plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Usaha Daur Ulang Plastik – Pengembangan industri daur ulang plastik dinilai menjadi salah satu jalan untuk mendukung pasokan bahan baku industri sebagai substitusi produk impor yang selama ini menjadi beban pengusaha karena sensitif terhadap pelemahan nilai tukar rupiah.

Beberapa sektor industri, seperti tekstil, menuntut pemerintah untuk mengembangkan industri hulu di dalam negeri agar tidak terus bergantung pada bahan baku impor.

Sebagai contoh, daur ulang plastik berbasis polietilena dapat menghasilkan poliester yang merupakan bahan baku tekstil sekaligus menyelesaikan permasalahan lingkungan.

Mengacu pada data Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas), konsumsi plastik di Indonesia mencapai 5,6 juta ton. Dari keseluruhan jumlah tersebut, konsumsi plastik daur ulang mencapai 1 juta ton dan sisanya merupakan plastik dari bahan baku nafta. Sebanyak 190.000 ton plastik yang dikonsumsi tidak tertangani dan berakhir menjadi polusi.

Bagaimana Cara Daur Ulang Plastik Yang Harus Dikembangkan

Jumlah sampah yang besar ini dinilai menjadi potensi besar bagi pengembangan industri daur ulang. Di sisi lain, kondisi ini menjadi pengingat bagi pemerintah untuk mengembangkan sistem pengolahan sampah yang baik.

Ekonom Maybank Myrdal Gunarto menilai permintaan bahan baku industri cenderung stabil sehingga potensial bagi industri daur ulang untuk memasok bahan baku tersebut. Permintaan tersebut akan berubah jika muncul kebijakan baru terkait dengan penggunaan plastik, seperti cukai plastik.

Dia menjelaskan pengembangan industri berbasis substitusi impor memang harus dilakukan untuk mengurangi ketergantungan impor di tengah kondisi nilai tukar rupiah yang masih berpotensi melemah seiring dengan prospek kenaikan bunga the Fed.

Myrdal mengatakan, keterlibatan pemerintah untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan melalui penguatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus pada industri subtitusi impor

Bisnis Dengan Cara Daur Ulang Sampah Plastik, Usaha Masa Depan

usaha daur ulang plastik

Diketahui, daur ulang plastik memang sudah menjelma menjadi bagian peluang usaha yang menggiurkan dan dilirik oleh banyak orang akhir-akhir ini. Hal ini saya ketahui setelah “bertemu” dengan mbah Google dan mencari informasi tentang peluang usaha daur ulang plastik.

Meskipun berupa sampah dan berbentuk “barang kotor” namun, plastik dapat diolah dan biji plastiknya dapat dijual ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

Berdasar informasi dari majalah , didapat data bahwa bisnis daur ulang plastik ini dapat diekspor dan Indonesia masih kewalahan memenuhi kuota ekspor ke negara lain, terutama Hongkong dan Cina. Nah lho, kalau sebelumnya kita pernah ngintip peluang bisnis impor barang dari Cina, maka sekarang justru ada peluang bisnis ekspor dari jenis usaha daur ulang plastik ini.

Sebagai data penunjang dikatakan bahwa Hongkong dalam satu pekan memerlukan ekspor biji plastik sebanyak 12 Kontainer, sedangkan Indonesia hanya bisa menyediakan sebanyak 300 ton. Itu belum termasuk permintaan dari negara-negara lain. Data ini Menjelaskan bahwa peluang bisnis daur ulang plastik mempunyai potensi yang lumayan besar.

5 Jenis Cara Daur Ulang Plastik Yang Menjanjikan

Untuk Anda yang minat untuk memulai bisnis daur ulang ini maka Anda bisa mengecek beberapa macam usaha kerajinan dari bahan bekas yang sudah tidak terpakai. Berikut beberapa diantaranya:

1. Botol Minuman Bekas

Banyaknya produsen air minum kemasan sangat bisa dibuat ide dalam mengelola usaha daur ulang bermodalkan botol minuman bekas. Contohnya seperti botol plastik yang dapat anda carikan dengan gampang. Anda dapat membuat karya berbahan botol bekas tersebut menjadi suatu karya yang mempunyai nilai jual tinggi.

Biasanya botol plastik bekas diubah dahulu dengan cara digiling dengan mesin lalu dihancurkan menjadi serpihan-serpihan kecil sehingga akhirnya menghasilkan biji plastik. Adapun permintaan industri hingga industri lumayan besar terhadap barang bekas tersebut. Adapun, Anda dapat mengolahnya menjadi beragam hiasan lain seperti celengan, pot bunga, bunga plastik, dll. Dengan melihat caranya di Youtube.

2. Koran Dan Kertas Bekas

Zaman sekarang tentu banyak kertas yang tidak terpakai. Anda bisa mengecek rumah untuk mendapatkannya. Tentu saja bahan baku ini dapat dibuat sebagai salah satu usaha daur ulang yang lumayan menjanjikan bukan? Anda dapat menghancurkannya agar lalu dapat dibuat sebagai kertas yang baru dan dijual lagi ke bidang percetakan yang memerlukan.

3. Beberapa Kain Bekas

Tentu banyak sekali kain-kain bekas yang menumpuk di rumah Anda. Akan sangat dirugikan jika Anda tidak dapat  memanfaatkannya sebagai produk dengan nilai tukar tinggi bukan? Nah, dari itu mulai saat ini anda dapat memanfaatkan usaha daur ulang ini dengan membuatnya sebuah karya tangan. Misalnya saja seperti keset kain, bahan pembuat bantal, guling, lap dan masih banyak lagi. Jika membutuhkan lebih, Anda bisa menemukannya pada pengusaha konveksi kain misalnya penjahit dan lainnya.

4. Minuman Kaleng Bekas

Tidak seperti usaha daur ulang lainnya, kerajinan yang berbahan dasar kaleng minuman ini memang sedikit memerlukan kreativitas dan ketelitian. Untuk itu wajib untuk Anda menjadi pribadi yang kreatif dan telaten saat ingin membuat sebuah produk dengan nilai jual lebih yang berbahan utama kaleng bekas.

5. Ban Bekas

Seperti biasanya kaleng, ban bekas tentu menjadi usaha daur ulang yang hanya beberapa orang saja yang mampu melakukannya. Namun dengan berbekal keyakinan dan kreativitas pasti Anda bisa menciptakannya. Salah satu hasilnya yakni bisa dijadikan sebagai kursi. Bahkan jika Anda tidak ingin repot membuatnya maka langsung saja dijual. Umumnya dikarenakan banyak industri yang memerlukan ban bekas sebagai bahan baku karet untuk pembuatan produk mereka.

Plastik Jadi Rupiah Dengan Sentuhan Tangan-tangan Kreatif

usaha plastik

Sampah adalah konsekuensi dari adanya akvitas manusia yang sangat kompleks. Segala akvitas manusia pas akan menghasilkan sampah, sehingga volume atau jumlah sampah sebanding dengan ngkat konsumsi barang yang kita gunakan seap harinya. Oleh sebab itu pengelolaan sampah dak dapat terlepas dari pengelolaan gaya hidup masyarakat.

Saat mengolah sampah sering datang masalah-masalah yang tentunya bisa memperlambat proses pengelolaan sampah, yakni biaya operasional dan tambah sulitnya mencari tempat untuk pembuangan akhir sampah. Kondisi yang seper itu tentu saja dapat berdampak pada ngginya tumpukan sampah yang bisa mencemari dan merusak lingkungan hidup.

Tapi, tidak di sangka jika hanya dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, sampah bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dengan membuatnya menjadi suatu produk kerajinan tangan yang mempunyai harga jual. Selain itu rencana pengelolaan sampah juga dapat melestarikan lingkungan hidup dari plastik bekas.

Peluang usaha seperti itu pastinya tidak akan disiakan oleh banyak orang. Meskipun hanya dengan memanfaatkan limbah sampah yang dak bernilai, namun peluang bisnis dari limbah sampah ini menjanjikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnisnya. Bahkan dak sedikit dari pelaku bisnis ini mampu mengantongi keuntungan hingga 50% dari seluruh omset yang mereka dapatkan.

Dampak Positif dan Negatif dan Cara daur ulang Plastik

Positif++

  1. Meciptakan lingkungan bersih
  2. Mengurangi kuman yang ada di sampah
  3. Tidak harus dibakar, pendauran ulang lebih aman karena tidak berpengaruh menimbulkan polusi
  4. Menciptakan nilai pada suatu barang yang tidak bernilai sebelumnya
  5. Menciptakan inovasi yang lebih brilian, misalnya dengan menggabungkan barang satu dengan yang lain
  6. Dari pada ditimbun, pendauran ulang akan lebih menguntungkan tanah, misalnya pada kaleng-kaleng bekas yang bersifat logam, apabila ditimbun akan merusak unsur-unsur hara yang terkandung di dalam tanah yang baik bagi tumbuhan
  7. Modal yeng dikeluarkan sebagai alat pendaur relatif sedikit
  8. Caranya yang gampang sehingga dapat dilakukan sendiri
  9. Jumlah bahan2 yang tak dapat diuraikan yang beredar menjadi lebih sedikit
  10. Dapat menjadi cara alternatif dalam memenuhi kebutuhan ekonomi

Negatif–

  1. Adanya kontaminasi
  2. Menghasilkan Polusi udara
  3. Daur ulang kertas menghasilkan “Limbah”
  4. Tidak semua plastik dapat di daur ulang
  5. Metode yang di gunakan tidak efektif
  6. Mendaur ulang minyak yang menciptakan kimia beracun
  7. Hasil daur ulang masih jauh dari permintaan pasar
  8. Sebagian produk lebih baik agar tidak di daur ulang
  9. Daur ulang “All-In-One” Tidak efisien
  10. Daur ulang memberikan janji yang salah

Cara Daur Ulang Plastik Menjadi Tambang Emas

Boleh jadi kebanyakan dari kita sering menyaksikan sejumlah orang mengais botol bekas kemasan minuman. Bagi sebagian orang, sampah itu adalah limbah yang menjijikan. Kotor dan bau. Tapi sebaliknya, untuk sebagian lagi, sampah adalah sumber mata pencaharian.

Asal tahu saja ya, botol-botol bekas itu ternyata bernilai ekonomi yang cukup besar lho. Berdasarkan situs pengolahan barang bekas (rongsok) harga jual untuk botol plastik saat ini berkisar Rp 2.200 per kg. Sementara untuk plastik bening campur sekitar Rp 1.500 per kg. Plastik kemasan dihargai (Rp 100/kg), plastik kresek (Rp 500/kg), paralon (Rp 900/kg) dan yang termahal adalah putihan atau polietilena berdensitas tinggi (high density polyethylene atau HDPE) yang harganya mencapai Rp 4.100 per kg. Plastik ini terbuat dari minyak bumi.

Terbukti, di balik limbah plastik tersimpan nilai ekonomi yang tidak sedikit. Tentu saja prinsip 3R (reduce-reuse-recycle) dapat menjadikan plastik kemasan bekas pakai memiliki “hidup kedua” serta menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang.

Kenapa Indonesia Tergiur Impor Sampah Asing?

Indonesia mengembalikan 49 kontainer berisi limbah ilegal, juga dari AS dan Jerman. Meski banyak aturan, masih banyak pelaku bisnis yang tergiur bisnis gelap penyeludupan limbah dari negara kaya. Kenapa?

Sejatinya Indonesia termasuk negara penghasil polusi plastik di laut terbesar kedua di dunia setelah Cina. Namun fakta itu tidak menyurutkan sebagian pelaku usaha mengimpor sampah plastik dari negara kaya. Sekarang sebagian kecil dari limbah plastik yang tidak dapat didaur ulang itu dikembalikan paksa oleh pemerintah Indonesia.

“Semua kontainer sudah kami segel dan siap dikembalikan. Saat ini sedang menunggu jadwal kapal,” kata Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Deni Sujantoro, seperti dilansir AFP.

49 kontainer berisikan limbah plastik diberangkatkan dengan menggunakan kapal laut ke Amerika Serikat, Jerman, Prancis dan Hong Kong. Jika merujuk pada data Kementerian Perdagangan, penggerebekan dan pemulangan paksa sampah asing kali ini tidak akan menjadi yang terakhir.

Manfaat Apa Saja Dari Cara Daur Ulang Plastik Untuk Kehidupan?

Sampah dalam hal ini adalah masalah lingkungan yang tidak pernah selesai, semakin canggi kehidupan manusia, maka kualitas sampah yang dihasilkan pun akan semakin banyak. Hal itu nampak dari kecenderungan meningkatnya produksi limbah di daerah kota seiring dengan menambahnya jumlah penduduk. Yang dihitung, hampir setiap orang per hari dapat membuang 1-2 kg sampah.

Dari hal ini secara umum sampah diketahui menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah jenis sampah yang bisa di daur oleh mikroorganisme pengurai. Contohnya sisa-sisa sayur, buah, dedaunan dan sejenisnya. Sampah organik dikenal juga dengan istilah sampah basah.

Kalau jenis yang kedua adalah sampah anorganik, sampah anorganik adalah bagian sampah yang sulit atau tidak bisa diuraikan oleh mikrooraganisme pengurai, yang jika berpotensi mengganggu lingkungan. Contohnya sampah plastik, seng, kaleng dan sejenisnya. Sampah anorganik ini sering disebut dengan istilah sampah tidak basah.

Untuk hal demikian ini agar sampat tersebut tidak merusaka lingkungan ada baiknya kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa fungsi sampah dalam kehidupan sehari-hari, yang berikut ini:

1. Bahan Dasar Pembuat Pupuk Organik

Limbah organik adalah bahan utama dalam membuat pupuk organik, kalau sampah organik yang didapat oleh rumah tangga seperti sampah dapur tidak ada salahnya di daur di sebuah tempat, lalu diolah menjadi pupuk organik.

Sampah dapur bisa diolah menjadi pupuk organik di “misalnya kompos” atau pun seperti pupuk organik cair. tapi, bagi sampah rumah tangga lebih dianjurkan untuk diolah menjadi jenis pupuk organik cair. mengapa hal ini, disebabkan limbah rumah tangga kualitasnya sedikit, tapi selalu lanjut atau terus dihasilkan.

2. Untuk Pakan Ternak

Selain sampah organik seperti daun-daun yang masih hijau, bekas sayur dan buah bisa dibuat sebagai makanan ternak. Namun demikian pasti kan terlebih dahulu apakah dedaunan atau sisa sayur dan buah tersebut aman dan disukai oleh ternak anda. Karena tidak mungkin kan memberi sisa dedaunan pada ayam, tentunya harus sesuai juga dengan kebutuhan dan keinginan ternak.

3. Untuk Bahan Dasar Kerajinan Kreatif

Sampah dan barang-barang bekas juga masih dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai kerajinan tangan kreatif. Misalanya kertas plastik pembungkus sampo, deterjen, pewangi pakaian bisa dibuat menjadi tas atau dompet cantik. Plastik bekas pembungkus permen dapat disulap menjadi dompet unik dan lain-lain.

Alasan Pentingnya Usaha Daur Ulang Plastik

Sampah adalah suatu masalah sosial yang masih terjadi dalam setiap bentuk kehidupan. Bukan berarti tidak dicari solusinya, kini telah banyak upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan akut yang kian hari kian meresahkan ini. Hingga, banyak bentuk  kehidupan sudah bekerja sama hingga berlomba-lomba dalam mengatasinya. Beberapa bidang yang sedang melihat upaya mengatasi masalah penanggulangan sampah ini yakni sektor usaha.

Didapat dari pengelihatan bisnis, penyelesaian sampah adalah suatu peluang yang menjanjikan. Selain memperbesar pasar bagi perdagangan, usaha yang dimulai sebagai cara penanggulangan sampah pun menjadi hal yang menghasilkan. Bukan cuman menghasilkan dalam bentuk ekonomi, 5 alasan ini juga bentuk alasan pentingnya usaha penanggulangan sampah.

  • Ramah lingkungan
  • Meningkatkan nilai guna
  • Meningkatkan taraf hidup
  • Memunculkan ide kreatif
  • Mengurangi permasalahan sosial

Itulah ulasan tentang bisnis usaha daur ulang plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

The post Bisnis Tanpa Modal Dengan Usaha Daur Ulang Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Bisnis Kreatif Dengan Cara Mengolah Sampah Menjadi Rupiah https://mesinpencacahplastik.id/cara-mengolah-sampah/ Tue, 24 Sep 2019 06:57:35 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=1065 Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi inovasi tentang cara mengolah sampah menjadi rupiah ni.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!! Pada postingan kali ini saya akan mengulas kembali tentang cara mengolah sampah sebagai peluang usaha untuk bisa menjadi ripiah. Kami melihat bahwa usaha pengolahan sampah saat […]

The post Bisnis Kreatif Dengan Cara Mengolah Sampah Menjadi Rupiah appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi inovasi tentang cara mengolah sampah menjadi rupiah ni.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Pada postingan kali ini saya akan mengulas kembali tentang cara mengolah sampah sebagai peluang usaha untuk bisa menjadi ripiah. Kami melihat bahwa usaha pengolahan sampah saat ini masih dipandang sebelah mata, namun hasil dari survey kami di lapangan usaha ini begitu menggiurkan. Pada postingan kami sebelumnya tentang Bisnis Limbah Plastik Sebagai Peluang Usaha Baru sudah terbukti bahwa dengan ketekunan dan kerja keras usaha pengolahan sampah dapat menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah. Oleh karenanya kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa pilihan usaha pengolahan sampah yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Keberadaan sampah memang sudah menjadi permasalahan klasik yang sampai sekarang belum menemukan solusi yang tepat. Di kota Jakarta saja setiap harinya menghasilkan sampah sekitar 6.500 ton, jumlah yang sangat besar tentunya. Dengan banyaknya sampah semakin hari semakin menumpuk, siapa yang mesti bertanggung jawab karena masalah ini, pemerintah pun mulai sekarang tidak mempunyai regulasi yang baik guna mengontrol pengolahan sampah. Padahal sebetulnya masalah sampah menjadi tanggung jawab bersama yang harus segera dituntaskan.

Berkaitan dengan ide bisnis, sampah sebenarnya bisa menjadi ladang bisnis bagi mereka yang mau memikirkan. Sampah dapat Anda temukan dengan mudah dimana-mana. Di setiap sudut kota Anda tentunya bisa melihat sampah, baik sampah yang sudah masuk ke dalam bak sampah ataupun sampah yang sudah tergeletak di tanah. tanpa ada yang peduli dengan kondisi itu. Padahal jika kita mengolah dengan tepat, sampah bisa menjadi pundi-pundi rupiah.

Tahu Cara Mengolah Sampah = Bisnis Menguntungkan

cara mengolah sampah

Di kota-kota besar maupun di pedesaan di seluruh Indonesia, sampah kerap menjadi masalah. Tingginya akumulasi sampah membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat, belum lagi bencana banjir dan efek rumah kaca sebagai polusi dari sampah tersebut. Dari sekarang, mulai muncul pemikiran seperti apa cara mengolah sampah hingga menghasilkan uang dan menjadi sesuatu yang berguna.

Peluang usaha menguntungkan dari sampah contohnya yaitu bisnis pengolahan sampah dari plastik, disebabkan meningkatnya jumlah sampah plastik. Sampah plastik tersebut contohnya adalah botol, gelas minuman atau botol oli dan sebagainya. salah-satunya dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi biji plastik dengan cara dicuci bersih, lalu digiling dan di ubah menjadi biji plastik.

Memang tidak ada yang dapat menyangka bahwa sampah dapat menjadi sebuah peluang bisnis menguntungkan. Namun bukan hanya menghasilkan uang, usaha pengolahan sampah juga memiliki manfaat untuk melestarikan lingkungan. Dibawa ini beberapa contoh pengolahan sampah yang sudah terbukti mempunyai penghasilan lumayan adalah seperti berikut ini.

Bisnis Sampah Menjadi Cara Mengolah Sampah

Eco-Business adalah salah satu contoh pengolahan sampah yang terfokus pada pelestarian lingkungan. Pembisnis ini bukan hanya melakukan bisnis, namun berbisnis sambil menjaga lingkungan dan memberdayakan masyarakat sekitar melalui bisnis tersebut. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan bioteknologi yang mengubah sampah menjadi pupuk, bioenzim, biopestisida dan lainnya.

Salah satu contoh pengembang bisnis bioteknologi adalah Iyan Awaludin Heriyanto yang juga berprofesi sebagai pelopor toko online Awal Permata. Ia menerangkan bahwa lewat usaha mengolah sampah tersebut, ia berhasil memperoleh omset sampai Rp1,2 miliar selama 2016.

7 Cara Mengolah Sampah dan Memulai Usaha Bagi Pemula

cara mengolah sampah

Sampah merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan hal ini sama dengan cara memulai bisnis ikan laut . Dengan bermodal yang bisa dibilang kecil, cukup dapat mendatangkan pundi pundi uang yang lumayan besar. Mengolah sampah plastik menjadi sebuah barang yang mempunyai nilai jual, bukan suatu hal yang mudah. Dibutuhkan modal  dan tentunya tangan tangan trampil untuk bisa memulai usaha ini.

Kepedulian mendaur ulang plastik meningkatnya seiring dengan meningkatnya kecintaan masyarakatakan lingkungan. Sampah plastik sangat erat hubungannya dengan keseharian kita. Plastik dianggap sebagai wadah yang paling praktis dan mudah serta efisien. Namun, penggunaan wadah plastik yang berlebihan semakin menimbulkan polemik dan kerusakan terhadap lingkungan.

Plastik termasuk kedalam jenis sampah anorganik yakni sampah yang sangat sulit terurai. Suatu riset menerangkan bahwa dibutuhkan waktu ratusan tahun atau lebih agar bisa mendaur ulang limbah plastik. Artinya jika anda tidak tahu cara mengolah sampah plastik menjadi hal yang berguna maka hal ini akan bisa menjadi petaka. Kelangsungan hidup di alam dan keberlangsungan kehidupan anak cucu kita bisa menjadi terancam.

Para penikmat dan pecinta lingkungan menggupayakan dan mempromosikan cara mengolah sampah plastik. Dan ternyata hasilnya plastik bisa didaur ulang kedalah bentuk biji plastik yang memiliki nilai jual yang lumayan. Nah, tentunya anda tidak boleh melewatkan momentum ini. Dari sampah jadi berkah. Berikut saya uraikan  7 cara memulai usaha daur ulang plastik bagi pemula dengan omset yang menggiurkan:

1. Modal

Usaha ini termasuk kedalam jenis  usaha mikro kecil dan menengah . Sehingga modal yang diperlukan juga tidaklah besar. Modal adalah satu hal yang harus di persiapkan saat akan memulai usaha adalah tentunya ketersediaan modal. Untuk bisa membuka udaha pengolahan daur ulang plastik tentu modal yang di butuhkan tidak sedikit. Oleh karenanya anda perlu mempersiapkan modal baik brrupa modal materiil maupun non materiil. Jika anda terkendala dari segi modal, anda dapat mengajukan pinjaman ke pihak bank atau koperasi.

2. Lokasi Usaha

Dalam bisnis mengolah dan daur ulang sampah, lokasi yang dibutuhkan cukup luas. Karena dalam satu lokasi kita haru memiliki tempat untuk mentumpan bahan baku, peralatan serta biji plastik yang siap jual. Selain itu, pilih lokasi yang jauh dari daerah perumahan. Hal ini karna bahanbaku sampah plastik bisa mengganggu akibat bau tak sedap yang di timbulkannya. Anda juga harus mengurus izin usaha dan lingkungan dari dinas terkait setempat.

3. Bahan Utama

Bahan penting yang berupa sampa plastik dapat anda dapatkan di lokasi TPA. Tapi, agar lebih mempermudah kontinuitas bahan baku, anda dapat mengajak kerjasama para pengumpul sampah atau penjual bekas plastik. Salah satu ciri ciri usaha yang baik adalah mampu memberdayakan orang orang disekitar lingkungan anda. Dengan begitu anda akan selalu memperoleh bahan baku tanpa harus kesulitan mencarinya. Hal ini juga akan lebih menghemat cost produksi. Anda tinggal menunggu para pemasok yang mendatangi lokasi pabrik anda.

4. Karyawan

Sumber daya manusia tentu sangat diperlukan dalam menunjang usaha ini. Tentunya anda harus merekrut karyawan yang memiliki pengalaman atau paling tidak mengetahui seluk beluk cara mengolah sampah plastik. Anda tidak akan mungkin bisa melakukab usaha ini sendiri. Sehingga tentu anda harus segrra melakukan perekrutan karyawan agar usaha anda dapat lebih cepat berproduksi.

5. Timbangan dan Penggiling Plastik

Untuk mendapatkan hasil yang lebih produktif tentu saja anda harus menggunakan mesin dan alat alat yang akan membantu kinerja produksi pabrik anda. Sangat mustahil rasanya jika anda tidak memerlukan mesin dalam usaha pengolahan ini. Anda tentu memerlukan alat seperti mesin timbangan , mesin pencacah plastik , mesin pengering serta wadah dan berbagai peralatan lainnya.

6. Pihak yang Membeli Biji Plastik

Hal yang terpenting dalam usaha ini adalah tentunya pihak ketiga yang akan membeli biji plastik hasil produksi pabrik anda. Keuntungan bisa anda peroleh jika biji plastik yang anda proleh dibeli oleh para pembisnis lain. bilah anda dapat mencari rekanan yang pasti membeli hasil biji plastik anda. Maka lebih bagus anda berhenti dengan niat untuk dapat memulai bisnis ini. Lebih baik anda memcari rekanan yang bisa membeli hasil daur ulang plastik anda terlebih dahulu.

7. Ora et Labora (Usaha Sambil Berdo’a)

Salah satu hal paling penting dalam sebuah usaha adalah tentu dengan niat. Dan yang paling utama adalah segala usaha harus di sertai dengan doa. Do’a akan membuat bisnis anda lebih cepat sukses dan meringankan segala jalan anda dalam memulai usaha kedepannya. Usaha ini juga termasuk usaha yang potensial untuk dijalankan sehingga anda tidak perlu khawatir. Lakukam usaha dan kerja keras serta jangan lupa sambil berdoa.

Usaha daur ulang plastik ini  merupakan usaha yang belum banyak dilakoni. Namun, tentu usaha ini memiliki prospek yang amat baik. Jika anda membeli bahan mentah seharga 7.000 rupian per kilo na kemufian setelah di daur ulang anda bisa menjualnya dengan harga 17.000 per kilo nya. Tentu anda dapat pikirkan berapa komisi dan omset yang bisa anda dapatkan kalau bisnis daur ulang anda mampu memproduksi 1-2 tin biji plastik. Tentunya bukan keuntungan yang kecil.

Ada Beberapa Tips Saat Akan Memulai Usaha Ini. Simak Dibawah Ini :
  • Carilah pihak ketiga yang bisa membeli hasil biji plastik yang anda kelolah.
  • Akan lebih baik jika anda bisa menjalin kerjasama dengan lebih dari satu pihak ketiga.
  • Belilah bahan baku sampah plastik dari para pemulung langsung, agar anda bisa memperoleh harga yang murah.
  • Pahami dengan baik cara dan metode mengolah sampah plastik menjadi biji plastik dengan baik.
  • Pilih bahan baku dan manusia atau tenaga kerja yang mempunyai pengalaman di bidang mengolah sampah atau setidaknya mengerti dengan teknologi daur ulang plastik.
  • Urus secepat mungkin perizinan bisnis dan izin lingkungan supaya bisnis anda legal di mata hukum.

7 langka memulai bisnis daur ulang sampah plastik bagi pemula. Tentu bisa menjadi panduan bagi anda untuk bisa menekuni bisnis ini. Medkipun belum banyak yang menekuni usaha ini. Namun, usaha ini layak untuk dilirik. Penghasilan yang dimiliki oleh usaha mengolah plastik tidak bisa diremehkan. Apalagi jika anda telan menjalin kerjasama dan menemukan rekanan yang bisa menerima hasil biji plastik yang anda produksi anda dalam jumlah besar.

Beberapa Contoh Peluang Usaha Dari Cara Mengolah Sampah

Pengolahan sampah yang mengutamakan prinsip-prinsip ekologi dan daya kreativitas yang baik tentunya bisa mengantarkan Anda menjadi jutawan baru. Berikut ini saya mengulas beberapa contoh ide bisnis yang bisa Anda jalankan berkaitan dengan usaha pengolahan sampah :

1. Usaha dan Cara Mengolah Sampah Korporat

Dengan adanya UU Nomor 18 Tahun 2008 yang memuat tentang sebuah kewajiban tiap-tiap komunitas untuk mengelola sampah secara lebih mandiri bisa memberikan pengaruh terhadap ide bisnis yang berkaitan dengan usaha pengelolaan sampah. Meskipun sudah bisa diprediksi, tak semua entitas penghasil sampah dapat melakukan proses pengelolaan sampah. Peluang bisnis ini sangat baik dan menarik untuk digerakan, apalagi sampah-sampah tersebut selalu diperoleh oleh banyak industri, baik yang kecil atau yang besar. Rasa empati dan suatu kewajiban dalam melakukan pengelolaan sampah dapat menjadi peluang bisnis bagi sekelompok pembisnis kecil yang sudah fokos di usaha ini.

2. Usaha Pengangkutan Sampah

Pengambilan sampah menjadi salah satu ide usaha yang lumayan menarik untuk dimulaikan. Dalam lingkungan perkotaan yang padat penduduknya, jumlah sampah pastilah besar dan menunggu untuk segera dibersihkan. Masih Lambatnya proses pengangkutan sampah yang dikerjakan oleh dinas kebersihan kota, bisa menjadi salah satu keuntungan untuk Anda dalam memulai usaha pengangkutan sampah. Anda dapat mulai membuka bisnis pengambilan sampah dalam jumlah kecil sampai besar.

3. Usaha Barang Bekas Sebagai cara Mengolah Sampah di Indonesia

Jenis sampah yang dihasilkan dari masyarakat sangatlah bermacam-macam. Barang-barang yang dianggap tidak dibutuhkan padahal masih bisa dipakai, sangat mungkin untuk dibuang begitu saja oleh pemiliknya. Untuk beberapa orang, barang-barang tersebut bisa menjadi penting dan bermanfaat. Untuk memulai bisnis barang bekas menjadi suatu peluang usaha yang sama dengan hal tersebut adalah dengan menjual barang yang menurut beberapa orang tidak berguna untuk mereka yang memerlukan dengan nilai dan harga yang sangat murah.

4. Bisnis Jual Beli Sebagai Cara Mengolah Sampah

Masa depan tidak ada yang tahu. Sekarang ini mungkin telah ada beberapa usaha yang jenis usahanya membeli sampah-sampah lalu kemudian dimanfaatkan kembali. Salah satu contohnya saja adalah dengan cara mengolah sampah yang ada di kota untuk dijadikan bahan baku pembangkit listrik. Di tahun-tahun mendatang, bukan tidak mungkin akan ada sebuah usaha yang membeli tumpukan sampah dari dapur Anda ataupun limbah produksi yang sudah terbuang sia-sia. Anda bisa memulai mencari sebuah ide bisns untuk mengubah tumpukan sampah jadi sesuatu yang lebih bernilai dan bermanfaat.

5. Cara Mengolah Sampah Sebagai Pundi Rupiah

Jenis usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang sering kali kita jumpai berhubungan dengan bisnis pengolahan sampah. Bisa jadi tumpukan sampah-sampah plastik ataupun logam-logam yang hasil limbah menjadi sebuah hiasan rumah yang begitu cantik serta bisa dijadikan perabotan rumah tangga yang memiliki nilai jual yang tinggi. Berbagai jenis sampah baik itu organik maupun anorganik bisa Anda kreasikan menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

6. Cara Mengolah Sampah Menjadi Pupuk Kompos Organik

Tentunya selain sampah-sampah plastik juga ada sampah organik yang biasanya dihasilkan dari limbah rumah tangga atau sisa tanaman. Sampah organik ini dapat kita olah seperti pupuk kompos yang mempunyai nilai jual yang lumayan. Apalagi manfaat pupuk kompos juga bagus untuk menjaga kesehatan lingkungan disamping membantu pertumbuhan tanaman. Untuk cara mengolahan pupuk kompos, saya akan khusus mengulasnya untuk Anda di postingan kami yang lain.

7. Jangan Mudah Menyerah

Di setiap bisnis selain keuntungannya, pasti ada juga kerugiannya. Salah-satunya mungkin saja usaha mengolah sampah Anda mengganggu masyarakat karena bau limbah yang dihasilkan atau sebagainya. Hal-hal tersebut mungkin dapat mengganggu aktivitas bisnis Anda. Tetapi sebagai pelaku usaha yang baik, Anda harus terus mencari solusi atas masalah yang akan datang atau yang sedang terjadi agar prospek bisnis Anda dapat menjadi nyata.

Gimana, Guys? Seru kan mengolah barang-barang bekas menjadi hasil kerajinan tangan? Itulah beberapa cara mengolah sampah menjadi pundi rupiah yang bisa kamu coba buat di rumah. Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan barang-barang tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!

The post Bisnis Kreatif Dengan Cara Mengolah Sampah Menjadi Rupiah appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>