Mesin Pencacah Plastik https://mesinpencacahplastik.id Jual Mesin Pencacah Plastik - Alat Penghancur Plastik Terbaru 2019 Thu, 20 Jun 2019 14:50:35 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.2 Sejarah Plastik : Proses Penemuan Plastik https://mesinpencacahplastik.id/sejarah-plastik/ Thu, 20 Jun 2019 14:50:35 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=645 Sejarah Plastik – Siapa yang tidak kenal dengan plastik?, plastik sering digunakan untuk membuat berbagai benda, mulai dari yang kecil sampai besar. Tapi tahukah kamu sejarah plastik?… tidak? baik saya akan menjelaskan tentang sejarah plastik. Definisi Plastik Istilah plastik mencakup produk – produk polimerisasi sintetik maupun semi-sintetik. Plastik terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan […]

The post Sejarah Plastik : Proses Penemuan Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Sejarah Plastik

Sejarah Plastik – Siapa yang tidak kenal dengan plastik?, plastik sering digunakan untuk membuat berbagai benda, mulai dari yang kecil sampai besar. Tapi tahukah kamu sejarah plastik?… tidak? baik saya akan menjelaskan tentang sejarah plastik.

Definisi Plastik

Istilah plastik mencakup produk – produk polimerisasi sintetik maupun semi-sintetik. Plastik terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga ditambah dari zat lain untuk meningkatkan performa atau ekonomi.

Plastik mempunyai derajat kekristalan lebih rendah daripada serat, plastik juga dapat dilunakkan atau dicetak pada suhu tertentu, jika tidak banyak bercampur silang antar jenis satu sama lain. Selain itu plastik dapat dicetak maupunn dicetak ulang sesuai dengan bentuk dan kebutuhan.

Keunggulan plastik ialah dapat dibuat dengan berbagai ragam variasi dalam properti misalnya dapat menoleransi panas, keras, tembus pandang dan lain-lain. Dengan kemampuannya, komposisi dan beratnya yang ringan membuat plastik digunakan hampir di seluruh bidang rumah tangga bahkan industri.

Bahan Plastik dapat dikategorisasikan dengan berbagai macam cara, tapi cara yang paling umum dengan melihat polimernya (vinyl, acrylic, silicone, polyethylene,urethane, dll).

Sejarah Plastik

Kata Plastik berasal dari bahasa Yunani, yaitu: plastikos artinya adalah bahan yang bersifat elastis yang dapat dibuat, diproses, dan dihasilkan menjadi berbagai bentuk untuk keperluan industri.

Contoh barang dari plastik adalah piring plastik, sendok plastik, gelas plastik,  kantong plastik, botol plastik, klise film, serat plastik, dan lain – lain.

Istilah Plastik

Sejarah Plastik

Alexander Parkes

Orang yang pertama kali memperkenalkan istilah plastik adalah Alexander Parkes. Pada saat itu, Parkes memperkenalkannya di Great International Exhibition di London pada tahun 1892.

Parkes menamai temuannya itu dengan nama “ Parkesin ” yakni sebuah material organik yang berasal dari serat yang dapat dibentuk bila dipanaskan dan dapat mengeras ketika suhunya turun atau dapat disebut selulosa.

Istilah selulosa kemudian menjadi semakin terkenal saat John Wesley Hyatt menemukan jenis terbaru serat ini. Pada tahun 1869 ketika dia mencampur selolusa organik dengan alkohol. Dulu pada saat banyak bola biliar yang terbuat dari semen digantikan oleh temuannya tersebut.

Sayangnya, temuan Hyatt dianggap kurang bagus, hal ini disebabkan jenis plastik ini sangat mudah meleleh di udara panas dan akhirnya dapat menpengaruhi bentuk bola. Tapi, di sisi lain, temuan Hyatt kemudian sangat fenomenal dalam perkembangan dunia fotografi.

Pada waktu itu ketika selulosa dijadikan bahan pembuat film yang kemudian banyak  disebut seluloid pada awal 1900.

Hampir dalam waktu bersamaan saat selulosa dijadikan bahan pembuat film, tepatnya tahun 1897, muncul jenis plastik lain yang disebut formaldehyde resins atau bakelit. Tidak diketahui dengan jelas siapa penemunya, kemudian, pada waktu itu jenis plastik ini kemudian disebut sebagai plastik modern.

Bakelit mempunyai sifat yang lebih lunak dan mirip serbuk. Salah satu produk yang populer pada waktu itu adalah ketika jenis ini digunakan sebagai campuran untuk membuat kapur tulis.

Plastik Jenis Baru

Pada tahun 1899, seorang ilmuwan Inggris bernama Arthur Smith membuat temuan jenis plastik baru yang dinakaman phenol formaldehyde.

Plastik jenis ini dibuat dengan mencampur antara formaldehyde resin dengan teknik pembuatan dengan elektrisitas (listrik). Plastik yang ditemukan oleh Smith mempunyai sifat  yang lebih keras dan kaku.

Secara garis besar, sekitar tahun 1839 – 1894 merupakan era kemunculan plastik berjenis semisintetis. Pada era tahun 1872 tepatnya, Eugen Baumann. menemukan plastik khusus pipa air atau disebut polyvinyl chloride (PVC).

Pada awal abad ke-20 antara tahun 1908 – 1932 merupakan era yang paling produktif munculnya berbagai macam jenis plastik, dimulai dari plastik yang kemudian dijadikan benang atau nilon, PVC yang lebih elastis, hingga Styrofoam yang ditemukan oleh Ray McIntire pada tahun 1954.

Masuk pada era modern, 1940 – 1980, material bahan pembuat plastik bukan hanya berasal dari selulosa, alkohol, atau resin, bahkan ada yang dicampur kristal, yang pada akhirnya mempunyai sifat kaku, awet, dan bening transparan sama seperti kristal.

Plastik jenis ini kemudian dipakai untuk bahan membuat kaca lampu kendaraan atau lampu – lampu lainnya.

Penemuan dan Perkembangan Plastik

Sejarah plastik dimulai dari dulu bahkan sampai sekarang. Dimulai sari pemuan sampai pengembangan berikut ringkasan sejarah plastik.

1. 1839 – Polystyrene (PS) ditemukan – Eduard Simon

Aromatik hidrokarbon polimer yang terbuat dari monomer stirena. Bentuk polystyrene bisa menjadi padat maupun berbusa. Ini adalah resin yang murah per satuan berat. Polystyrene adalah penghalang yang buruk bagi oksigen dan uap air dan memiliki titik leleh yang relatif rendah.

PS atau Polystyrene adalah salah satu jenis plastik yang paling banyak digunakan, beberapa juta ton dihasilkan setiap tahunnya. warna polystyrene dapat transparan secara alami, namun masih dapat diwarnai dengan pewarna. Kegunaan meliputi pengemasan pelindung, wadah, tutup, botol, gelas, alat makan sekali pakai dan dalam pembuatan model.

2. 1862 – Parkesine – Alexander Parkes

Seluloid adalah senyawa yang dibuat dari nitroselulosa dan kapur barus, dengan ditambah pewarna dan bahan lainnya. Secara umum dapat dianggap sebagai termoplastik pertama, saat pertama kali dibuat dikenal dengan Parkesine pada tahun 1856 dan sebagai Xylonite pada tahun 1869, sebelum terdaftar sebagai Seluloid pada tahun 1870. Seluloid mudah dibentuk.

Senyawa ini sangat mudah terbakar, sulit dan mahal untuk diproduksi dan sekarang tidak lagi digunakan secara luas.

3. 1863 – Nitrat Selulosa atau Seluloid – John Wesley Hyatt

4. 1872 – Polyvinyl Chloride (PVC) – Eugen Baumann

PVC ada dalam dua bentuk dasar: kaku ( dapat dipanggil disingkat RPVC ) dan fleksibel. Bentuk kaku PVC biasa digunakan dalam konstruksi untuk pipa. Dapat juga digunakan untuk pembuatan botol, kartu (seperti kartu bank atau kartu keanggotaan), lembar penutup makanan, kemasan non-makanan.

Bentuk lembut dan lebih fleksibel dapat dibuat dengan penambahan plasticizer, yang paling banyak digunakan adalah ftalat. Dalam bentuk lembut biasa digunakan untuk pipa, isolasi kabel listrik, kulit imitasi, rekaman fonograf , produk karet, dan banyak aplikasi di mana ia dapat menggantikan karet.

5. 1894 – Rayon Viscose – Charles Frederick Cross, Bevan John Edward

6. 1908 – Selofan ® – Jacques E. Brandenberge

7. 1909 – Bakelite – Leo Hendrik Baekeland

Polimer yang terbentuk dari monomer phenol dan formaldehyde. Reaksi kondensasi dari kedua monomer tersebut dapat memungkinkan formaldehyde untuk mengikat phenol dan menjadi polimer tiga dimensi. Selanjutnya bakelti bisa terbentuk pada saat panas. Bakelit memiliki sifat yang tahan terhadap panas dan mudah untuk dibentuk.

8. 1926 – Vinyl atau PVC – Walter Semon menciptakan PVC plasticized.

9. 1927 – Asetat Selulosa

10. 1933 – klorida polyvinylidene ( PVDC) – ditemukan oleh Ralph Wiley laboratorium.

Polyvinylidene chloride. Adalah resin termoplastik yang dibuat oleh monomer vinilidena klorida copolymerizing dengan vinil klorida. Baik dalam ketahanan api, rintangan kimia, rintangan cuaca, dan juga dengan penghalang gas tertinggi,

PVDV selain digunakan untuk alat bisa juga digunakan filem pembungkusan makanan dan filem pembungkus isi rumah.

11. 1935 – Low-density polyethylene (LDPE) – Reginald Gibson dan Eric Fawcett

LDPE adalah plastik yang mudah dibentuk saat masih panas, terbuat dari minyak bumi. Dia adalah resin yang keras, kuat dan tidak ada reaksi terhadap zat kimia lainnya, kemungkinan LDPE merupakan plastik yang paling tinggi mutunya.

Ketahanan LDPE terhadap bahan kimia diantaranya:

  • Asam, basa, alkohol, dan ester tak ada kerusakan.
  • Keton, aldehida, dan minyak tumbuh-tumbuhan kerusakan kecil.
  • Hidrokarbon alifatik dan aromatik dan oksidator kerusakan menengah.
  • Hidrokarbon terhalogenisasi kerusakan tinggi.

LDPE memiliki penggunaan yang cukup luas, terutama digunakan sebagai wadah pembungkus. Produk lainnya dari LDPE misalnya:

  • Wadah makanan dan wadah di laboratorium.
  • Permukaan anti korosi.
  • Bagian yang membutuhkan fleksibilitas.
  • Kontong plastik.
  • Bagian elektronik.

12. 1936 – Metakrilat Akrilik atau POLIMETIL

Adalah polimer sintetis dari metil metakrilat. Akrilik bersifat thermoplastis (mencair bila dipanasi) dan transparan. Merk dagang akrilik adalah Plexiglas, Vitroflex, Limacryl, Perspex, Acrylite, Acrylplast,  dan Lucite. Polimetil juga bisa disebut dengan ‘kaca akrilik’ atau sekadar ‘akrilik’.

13. 1937 – Poliuretan – Otto Bayer dan rekan

Poliuretana, atau pada umumnya disingkat PU, adalah polimer yang terdiri dari sebuah rantai unit organik yang dihubungkan oleh tautan uretana (karbamat).

Polimer poliuretana terbentuk oleh reaksi sebuah monomer yang mengandung paling tidak dua gugus fungsional isosianat dengan monomer lainnya yang mengandung paling tidak dua gugus alkohol didorong dengan katalis.

Perumusan poliuretana meliputi kekerasan, kekakuan, serta kepadatan yang sangat beragam. Bahan-bahan di antaranya adalah:

  • Busa fleksibel berkepadatan rendah yang digunakan dalam bekleding dan pelapisan.
  • Elastomer padat yang empuk yang digunakan untuk bantalan gel serta penggiling cetakan.
  • Busa kaku berkepadatan rendah yang digunakan untuk dasbor mobil dan isolasi termal
  • Plastik padat yang keras yang digunakan sebagai bagian struktural dan bezel instrumen elektronik.

Poliuretana biasa digunakan dalam dudukan busa fleksibel berdaya pegas tinggi, roda dan ban karet yang tahan lama, panel isolator busa yang kaku, segel busa mikroseluler dan gasket, serat Spandeks, senyawa pot elektrik, segel dan lem berkinerja tinggi, alas karpet, dan bagian plastik yang keras.

Berbagai hasil produk dari poliuretana sering disebut dengan “uretana”.  Jangan menyamakan poliuretana dengan substansi uretana, atau dikenal sebagai etil karbamat. Poliuretana tidak mengandung dan bukan hasil dari etil karbamat.

14. 1938 – Polystyrene dibuat praktis

15. 1938 – Politetrafluoroetilen (PTFE) Teflon – Roy Plunkett

PTFE adalah padatan fluorocarbon,  merupakan senyawa dengan berat molekul tinggi yang seluruhnya terdiri dari karbon dan fluor, ia bersifaat hidrofobik, atau tidak ada air atau zat yang mengandung air dapat membasahi PTFE. Selain itu PTFE memiliki salah satu koefisien gesekan terendah dari padatan apa pun.

Politetrafluoroetilen atau PTFE biasa dipakai untuk lapisan anti lengket untuk wajan dan peralatan masak lainnya. Ini tidak reaktif, karena kekuatan ikatan karbon-fluor , oleh sebab itu sering digunakan dalam wadah dan pipa untuk bahan kimia reaktif dan korosif.

Jika PTFE digunakan sebagai pelumas , dapat mengurangi keausan, gesekan, dan konsumsi energi mesin.  Sering juga digunakan sebagai pelapis pada catheter.

16. 1939 – Nylon dan Neoprene

Nilon terbuat dari rangkaian unit yang ditautkan dengan ikatan peptida dan sering diistilahkan dengan poliamida (PA). Merupakan polimer pertama yang sukses secara komersial, dan juga merupakan serat sintetik pertama yang terbuat dari bahan anorganik yaitu minyak bumi.

Elemen-elemen tersusun menjadi sebuah monomer dengan berat molekular rendah, yang selanjutnya direaksikan supayak membentuk rantai polimer panjang.

Produk pertama dari nilon adalah sikat gigi ber-bulu nilon pada tahun 1938, dilanjutkan dengan produk yang lebih dikenal dengan stoking untuk wanita pada tahun 1940.

Neoprene ( polychloroprene ) merupakan keluarga karet sintetis yang diproduksi oleh polimerisasi kloroprene . Polychloroprene menunjukkan stabilitas kimia yang baik dan mempertahankan fleksibilitas pada rentang suhu yang tinggi.

Biasa dijual dalam bentuk baik sebagai karet padat atau dalam bentuk lateks dan digunakan dalam b, selongsong laptop, Isolasi listrik, sabuk otomotif dan lain – lain.

17. 1941 – Polyethylene Terephthalate (PET) – Whinfield dan Dickson

Adalah suatu resin polimer plastik termoplast yang berasal dari kelompok poliester. PET banyak diproduksi dalam industri kimia dan digunakan untuk membuat serat sintetis, botol minuman dan wadah makanan, aplikasi thermoforming.PET merupakan bahan terpenting dalam kerajinan tekstil.

Sekitar 60% dari produksi PET dunia digunakan dalam serat sintetis, dan 305% digunakan salam produksi botol dari permintaan dunia, biasanya disebut dengan poliester saja dalam penggunaannya di bidang teksti.

18. 1942 – Polietilena Densitas Rendah

19. 1942 – Poliester jenuh (PET)  –  dipatenkan oleh John Rex Whinfie & James Tennant Dickson

20. 1951 – High-density polyethylene atau HDPE tradenamed Marlex – Paul Hogan dan Robert Bank

Merupakan polietilena termoplastik yang dibuat dari minyak bumi, untuk membuat 1 kg HDPE diperlukan 1,75 kg minyak bumi (sebagai energi dan bahan baku). HDPE dapat didaur ulang, dan memiliki code 2 pada simbol daur ulang, volume produksi HDPE mencapai 30 ton pada tahun 2007.

HDPE memiliki percabangan yang sangat sedikit, hal ini dikarenakan pemilihan jenis katalis dalam produksinya dan kondisi reaksi. Dikarenakan percabangan yang sedikit, HDPE memiliki kekuatan tensil dan gaya antar molekul yang tinggi. Selain keras juga dapat bertahan pada suhu tinggi (120 oC).

21. 1951 – Polypropylene atau PP – Bank Hogan dan Paulus Robert

Adalah termoplastik yang dibuat dari monomer propilena yang mempunyai sifat kaku, tidak berbau, dan mempynyai daya tahan terhadap bahan kimia pelarut, asam, dan basa.

Banyak digunakan sebagai bahan baku untuk : komponen otomotif, peralatan laboratorium, wadah atau kontainer yang digunakan berulang kali, pengeras suara, alat tulis, tekstil (misalnya : kain, tali dan karpet), dan banyak lagi produk sehari hari yang menggunakan bahan plastik polipropilen (PP).

Plastik jenis ini mempunyai sifat licin sehingga banyak jenis lem yang tidak bisa melekat pada permukaannya, untuk menggabungkan bahan ini sering dengan menggunakan proses pengelasan. Sekitar 55 juta metrik ton plastik Polipropilen dipasarkan pada tahun 2013 di pasar global.

22. 1953 – Saran Wrap diperkenalkan oleh Dow Chemicals.

23. 1954 – Styrofoam – Ray McIntire untuk Dow Chemicals

24. 1964 – Polimida

25. 1970 – Poliester Thermoplastic ini termasuk merek dagang Dacron, Mylar, Melinex, Teijin, dan Tetoron

26. 1978 – Linear Density Polyethylene Rendah

27. 1985 – Polimer LCD

Efek Negatif Plastik

Dari penjelasan tentang sejarah plastik diatas, plastik sudah ditemukan sejak lama seperti yang ketahui selain manfaat yang diberikan oleh plastik efek yang dihasilkan oleh plastik lebih besar. Lingkungan dan makluk hidup pun terpengaruh,contoh masalah yang dihasilkan:

1. Plastik Membunuh Makluk Hidup

Plastik memerlukan waktu yang lama untuk bisa terurai, oleh karena itu jika plastik sampai dikomsumsi oleh makhluk hidup bisa membahayakan. Bahkan jika makhluk hidup yang menkomsumsi sampah sudah menjadi tulang belulang plastik masih belum terurai.

2.Plastik Memicu Perubahan Iklim

Plastik juga dapat menghasilkan gas rumah kaca. Gas rumah kaca terbukti secara langsung dapat mempengaruhi perubahan iklim, kesehatan lingkungan, mempengaruhi permukaan laut, suhu global, kesehatan lingkungan, serta mempengaruhi pola cuaca.

Gas yang dilepaskan oleh plastik sebenarnya hanya berkontribusi kecil dalam keseluruhan gas rumah kaca yang ada di dunia, tetapi bila pemakaian plastik tidak dihentikan atau dikurangi, maka jumlah gas rumah kaca akibat plastik yang terkena panas akan meningkat.

3. Pencemaran Lingkungan

Sampah plastik yang dibuang sembarang dapat mempengaruhi lingkungan di sekitar. Plastik yang ditimbun di tanah dapat mencemari tanah tersebut, sedangkan bila dibuang ke sungai dapat mencemari dan merusak ekositem dan jika dibakar dapat mencemari udara karana asap yang dihasilkan.

Mungkin itu saja artikel saya tentang sejarah plastik, jika ada salah saya mohon maaf, sekian dan terima kasih.

 

 

The post Sejarah Plastik : Proses Penemuan Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Sifat sifat Plastik dan Penejelasannya https://mesinpencacahplastik.id/sifat-sifat-plastik/ Thu, 20 Jun 2019 14:49:49 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=588 Sifat Sifat Plastik – Plastik sering digunakan sebagai bahan baku utama dalam membuat barang. Mungkin ada beberapa orang yang bertanya ” Mengapa menggunakan plastik? ” , Disini saya akan memberikan alasan mengapa plastik menjadi pilihan dalam membuat berbagai produk. Plastik sering digunakan untuk bahan baku produk dikarenakan sifat sifatnya. Polimer yang digunakan untuk membuat plastik […]

The post Sifat sifat Plastik dan Penejelasannya appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Sifat Sifat Plastik

Sifat Sifat Plastik – Plastik sering digunakan sebagai bahan baku utama dalam membuat barang. Mungkin ada beberapa orang yang bertanya ” Mengapa menggunakan plastik? ” , Disini saya akan memberikan alasan mengapa plastik menjadi pilihan dalam membuat berbagai produk.

Plastik sering digunakan untuk bahan baku produk dikarenakan sifat sifatnya. Polimer yang digunakan untuk membuat plastik biasanya dicampur dengan  zat aditif, misalnya pewarna, plasticizer, stabilisator, pengisi, dan bala.

Zat aditif yang tercampur dapat mempengaruhi komposisi kimia, sifat kimia & sifat mekanik dari plastik dan juga mempengaruhi biayanya.

Apa itu Plastik?, merupakan senyawa organik yang sangat mudah untuk dibentuk, plastik punya rantai yang sangat panjang, dikarenakan terbentuk dari polimerisasi bahan – bahan organik dan mempunyai berat molekul yang sangat besar.

Plastik  terbuat dari hidrogen, karbon dan atom – atom lainnya yang terikat dalam rantai molekul panjang yang disebut polimer. Plastik tidak dapat ditemukan di alam, tetapi terbuat dari produk alam seperti  katun, minyak bumi, batubara, kayu gas, garam dan air.

Bahan baku plastik biasa digunakan untuk membuat berbagai macam materi, termasuk perabot, komputer, mainan dan lain – lain.  Bahan ini biasa diguanakan karena kuat, ringan dan tahan terhadap panas dan bahan kimia dibandingkan banyak materi lain.

Sifat Sifat Plastik

Plastik merupakan bahan sintetis yang memiliki beragam warna. Plastik dibuat dengan cara polimerisasi . Apa itu polimerisasi?,

 

Polimerisasi

Sebelum mengenal polimerisai sebaiknya kita mengenal polimer terlebih dahulu

Polimer

Dalam ilmu kimia sitilah polimer berasal dari Bahasa yunani, yang berarti Poly = Banyak dan Meros = Bagian ,jadi dapat diartikan polimer adalah senyawa yang terbentuk dari penggabungan molekul – molekul kecil, Unit molekul kecil biasa disebut monomer. Polimer dapat terbentuk jika 100 atau 1000 unit molekul saling terikat dalam suatu rantai.

Sebenarnya Polimer telah digunakan oleh manusia sejak berabad – abad yang lalu. Polimer dulu digunakan dalam bentuk aspal,  damar, permen karet dan minyak.

Industri polimer baru berkembang pada masa revolusi industri, pada tahun 1830-an Charles Goodyear berhasil memproduksi karet alami melalui proses vulkanisasi. 40 tahun kemudian, Celluloid yang berbentuk plastik keras berasal dari nitrocellulose berhasil dikomersialisasikan, selanjutnya sekitar tahun 1930-an vinly, neoprene, polystrene dan nilon mulai diperkenalkan.

Jenis – Jenis Polimer

Apa saja jenis – jenis polimer?, polimer lebih dikenal sebagai unsur plastik, polimer dapat digolongkan berdasarkan sumbernya, penyusunya, reaksinya, dan sifatnya.

Polimer Plastik Berdasarkan Sumbernya

1. Alami

Adalah polimer yang dapat ditemukan di alam, polimer ini berasal dari makhluk hidup. Contoh polimer alam yaitu:

  1. Selulose ( terdapat pada kayu, sayur, dan kapas; monomer: glukosa; polimerisasi: kondensasi )
  2. Amilum ( terdapat pada akar umbi dan biji – bijian; monomer: glukosa; polimerisasi: kondensasi )
  3. Protein ( terdapat pada susu, daging, telur, wol, sutera; monomer: asam amino; polimerisasi: kondensasi )
  4. Asal nukleat ( terdapat pada molekul sel DNA dan RNA; monomer: nukleotida; polimerisasi: kondensasi )
  5. Karet alam ( terdapat pada getah dari pohon karet; monomer: isoprena; polimerisasi: adisi )

Sifat-sifat dari polimer alam tidak selalu menguntungkan. Misalnya karet alam kadang-kadang cepat rusak, berombak dan tidak elastis. Hal ini terjadi karena karet alam tidak tahan terhadap minyak tanah atau minyak bensin serta lama terbuka di udara. Contoh lain, wol dan sutra merupakan senyawa protein bahan makanan bakteri, karena itu wol dan sutera cepat rusak.

Pada umumnya polimer alam mempunyai sifat hidrofilik (suka air), sukar dicetak dan sukar dilebur, sehingga sangat sukar mengembangkan fungsi polimer alam untuk tujuan-tujuan yang lebih luas dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

2. Sintetis

Polimer sintetis atau polimer tiruan merupakan polimer yang tidak terdapat di alam dan harus dibuat oleh manusia. Contoh polimer sintetis yaitu:

  •  Polietena ( terdapat pada kabel listrik, kantung; monomer: etena; polimerisasi: adisi )

Merupakan polimer plastikmempunyai sifat ulet (liat), massa jenis rendah, lentur, sulit rusak bila lama dalam keadaan terbuka di udara maupun terkena tanah / lumpur, tetapi tidak tahan panas. Polietena adalah plastik yang banyak diproduksi, biasa digunakan untuk dicetak lembaran sebagai kantung plastik, pembungkus makanan, ember, dan lain – lain.

  • Polipropena ( terdapat pada botol plastik, karung, tali; monomer: propena; polimerisasi: adisi )

Mempunyai sifat yang hampir sama dengan polietena. Oleh karena plastik ini juga banyak digunakan untuk produksi, kelebihan polipropena adalah kekuatannya lebih besar dari polietena dan lebih tahan panas bahkan tahan terhadap reaksi asam dan basa. Polipropena digunakan untuk membuat karung, bak air,botol plastik, tali, dan kabel listrik (insulator).

  • PVC ( terdapat pada pelapis lantai, pipa paralon; monomer: vinil klorida; polimerisasi: adisi )

Karena sifatnya yang keras dan kaku, PVC digunakan untuk membuat pipa paralon, pipa plastik, pipa kabel listrik, ubin plastik, dan kulit sintetis.

  • Polivinil alkohol ( terdapat pada bak air; monomer: vinil alkohol; polimerisasi: adisi )

Polimer dari monomer 1-hidroksi etena. Jenis polimer ini merupakan plastik yang tahan tekanan, kuat, dan banyak digunakan untuk bak air.

  • Teflon ( terdapat pada wajan / panci antilengket; monomer: tetrafloro etena; polimerisasi: adisi )

Sebuah lapisan tipis yang sangat tahan panas dan tahan terhadap bahan kimia. Teflon biasa digunakan untuk pelapis wajan (panci antilengket), pipa antipatah pelapis tangki di pabrik kimia, dan kabel listrik.

  • Dakron ( terdapat pada pita rekam magnetik, kain / tekstil / wol sintetik; monomer: metil tereftalat dan etilen glikol; polimerisasi: kondensasi ),

 

Adalah polimer yang sangat kuat, sangat lentur, dan transparan. Digunakan sebagai bahan membuat serat sintetis tekstil, dan membuat lembaran film tipis atau dalam perdagangan disebut mylar. Mylar biasa digunakan untuk pita rekam magnetik dan untuk membuat gelembung balon yang digunakan dalam penelitian cuaca di atmosfer.

  • Nilon ( terdapat pada tekstil; monomer: asam adipat dan heksa metilen diamin; polimerisasi: kondensasi), polibutadiena ( terdapat pada ban motor / mobil; monomer: butadiena; polimerisasi: adisi ).

Banyak ahli kimia organik yang mengadakan penelitian. penelitian tersebut berfokus padastruktur molekul alam serta mengadakan percobaan laboratoris untuk membuat polimer sintetis. Dari banyak percobaan dihasilkan polimer – polimer sintetis yang dapat dirancang sifat-sifatnya.

Sifat yang dihasilkan
  1. Tinggi rendahnya titik lebur
  2. Kelenturan dan kekerasannya
  3. Ketahanannya terhadap zat kimia

Sehingga diperoleh polimer sintetis yang dapat digunakan sesuai harapan. Misalnya, dapat dibentuk serat untuk benang kain, lembaran, cetakan, dan sebagainya. Beratus ratus jenis polimer sudah dikembangkan oleh para Ahli kimia, tujuan mengembakan jenis polimer untuk mejadi lebih bermangfaat.

3. Semi sintetis

Semi sintetis adalah polimer hasil modifikasi dari polimer alam dan bahan kimia.

Jenis Polimer Plastik Berdasarkan Monomer Penyusunnya
1. Homopolimer,

Adalah polimer yang terbentuk dari satu jenis monomer, Misalnya : polipropilena (propena), polietilena (etena), polistirena (stirena), PVA (vinil asetat), PVC (vinil klorida), poliisoprena (isoprena), dan PAN (akrilonitril).

2. Kopolimer,

Sebuah polimer yang terbentuk dari dua jenis atau lebih monomer. Misalnya : nilon 6,6 (heksametilendiamina + asam adipat), SBR (stirena + butadiena), dakron (asam tereftalat + etilena glikol), dan ABS (akrilonitril + butadiena + stirena).

Jenis Polimer  Plastik Berdasarkan Reaksinya

Proses terbentuknya polimer disebut reaksi polimerisasi, dan reaksi ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

1. Adisi

Polimerisasi Adisi terbentuk dari berbagai monomer. Contoh:

  1. Polisoprena (karet alam)
  2. Polietena (plastik)
  3. Poliprepilena (plastik)
  4. Polistirena (karet ban)
  5. Politetraflouroetena (karet ban)

2. Kondensasi

Polimerisasi Kondensasi, polimerasi ini terbentuk dari pelepasan molekul-molekul kecil dari bagian monomer- monomer yang saling berkaitan. Contohnya:

  • Terbentuknya plastik stirofoam, yang terdiri dari dua monomer yang berbeda, yaitu urea dan metanal. Dua molekul ini bergabung menjadi dimer.

Yang termasuk polimerisasi kondensasi adalah:

  1. Poliester (nilon)
  2. Teteron
  3. Poliuretan
  4. Poliamida
  5. Bakelit

Perbedaan antara polimerisasi adisi dan kondensasi adalah pelepasana molekul kecil pada polimerisasi kondensasi terjadi pelepasan molekul kecil, seperti: H2O dan NH3, sedangkan polimerisasi adisi tidak terjadinya pelepasan molekul.

Jenis Polimer Plastik Berdasarkan Sifatnya
1. Termoplas

Adalah polimer yang akan melunak jika dipanaskan, selain itu polimer ini dapat dicetak kembali menjadi bentuk lain. Sifat ini disebabkan karena strukturnya yang terdiri dari rantai-rantai panjang dengan gaya interaksi antar molekul yang lemah. Sifat lain dari termoplas adalah kuat, ringan, dan transparan. Contoh termoplas adalah polietilena, polipropilena, PVC dan PET.

2. Termoset

Yaitu polimer yang memiliki bentuk permanen dan tidak akan menjadi lunak jika dipanaskan. Sifat ini disebabkan karena ada banyaknya ikatan kovalen yang kuat antara rantai-rantai molekul. Termoset jika dipanaskan terlalu tinggi dapat memutuskan ikatan-ikatan tersebut dan bahkan mengakibatkan termoset menjadi terbakar. Contoh termoset adalah melamin dan bakelit.

3. Elastomer

Merupakan polimer yang elastis bentuknya dapat diregangkan, tapi bentuk elastoer dapat kembali ke bentuk semula setelah gaya tariknya dihilangkan.

Elastisitas elastomer disebabkan karena struktur elastomer yang terdiri dari rantai-rantai yang saling tumpang tindih dengan adanya cross-link ( ikatan silang ) yang akan menarik kembali rantai-rantai tersebut kembali pada awalnya ke susunan tumpang tindihnya. Contoh elastomer adalah karet sintetis SBR dan karet alam (poliisoprena).

Sifat – sifat Plastik

1)  Ringan

Bahan plastik ringan tidak seperti bahan baku lain seperti besi / baja. Karena sifatnya yang ringan plastik banyak digunakan sebagai bahan baku , hal ini dikarenakan jika barang sudah dipakai tidak akan terlalu membebani pengguna.

2) Tidak Tembus Air

Tidak tembus air atau kedap air merupakan salah satu sifat plastik yang banyak digemari. Dikarenakan sifat ini banyak orang menjadikanya sebagai bahan baku peralatan, terutama peralatan sebagai wadah makan atau minum.

3) Mudah dibentuk dan dicetak

Salah satu poin utama plastik digunakan sebagai bahan baku utama karena sifat ini. Dikarenakan sifatnya yang mudah dibentuk / dicetak saat pembuatan.

4) Tidak mudah pecah

Plastik adalah bahan baku yang kuat dan tidak mudah pecah seperti kaca. karena sifatnya yang todak mudah pecah itu plastik banyak digunakan untuk peralatan seperti piring dan gelas.

5) Mudah terbakar

Salah satu kelemahan bahan baku plastik adalah mudah terbakar. Jika sampai terbakar akan sulit untuk dipadamkan

6) Lentur

Salah satu alasan plastik banyak digunakan sebagai bahan baku karena sifatnya yang lentur. sifat ini memungkinkan benda yang dihasilkan dari plastik tidak mudah patah. Dikarenakan sifat ini plastik menjadi pilihanuntuk membuat mainan plastik.

7) Tembus pandang

Dikarenakan sifatnya yang tembus pandang plastik bisa dibentuk menjadi gelas, bahkan atap.

8) Isolator panas dan listrik

Karena kedua sifat ini plastik menjadi bahan baku utama. Tidak seperti besi yang menghantarkan panas maupun listrik, plastik bersifat isolotor karena itu plastik biasa dipakai untuk pelindung luar kabel atau pengaman.

Dampak Negatif Plastik

Sifat Sifat Plastik

Selain manfaat yang diberikan oleh plastik. Plastik juga memberikan dampak buruk bagi lingkungan, hal ini disebabkan karena sifat sifat plastik dan juga bahan – bahan kimia yang terdapat dalam plastik, berikut beberapa contoh bahaya lingkungan yang disebabkan oleh plastik:

Dampak Plastik Terhadap Lingkungan :

  1. Mencemari tanah, air, dan juga makhluk hidup baik di darat maupun laut.
  2. Plastik dapatmengganggu jalur terserapnya air ke dalam tanah.
  3. Dapat menurukan tingkat kesuburan tanah. Bagaimana bisa? muadah saja, plastik yang menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah selain itu juga mengakibatkan ruang gerak makhluk hidup bawah tanah juga terganggu. Pada hal mereka yang berperan dalam proses penyuburan tanah.
  4. Plastik sulit terurai, walaupun sudah hancur, ia akan terbang bersama angin dan tidak menutup kemungkinan akan terbang ke wilayah dan akan mencemarinnya.
  5. Pembuangan sampah plastik yang sembarangan, misalnya di sungai-sungai dapat berpotensi mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan alirannya dan bukan tidak mungkin akan menyebabkan banjir ketika hujan turun.
  6. Kualitas air di lingkungan akan semakin memburuk, hal ini disebabkan karena banyaknya sampah plastik yang mengandung bahan kimia, seperti bisphenol A, styrene trimer, dan lain sebagainya yang meresap ke tanah, di mana pada akhirnya akan meracuni air yang biasanya kita pakai untuk air minum atau mandi dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak Plastik Terhadap Makhluk Hidup:

  1. Racun – racun yang berasal dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah dapat berpotensi untuk membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah, misalnya cacing.
  2. PCB ( polychlorinated biphenyl ) yang tidak akan terurai walaupun sudah termakan oleh para hewan dan tumbuhan, dan akan menjadi suatu racun yang berantai sesuai urutan makanannya. Yang mana, tidak menutup adanya kemungkinan manusia, termasuk kita sendiri, terdapat di dalam rantai makanan tersebut.
  3. Hewan-hewan yang terjebak dalam tumpukan plastik dapat mati.
  4. Biota laut, seperti penyu, lumba – lumba, dan anjing laut menganggap sampah plastik sebagai makanannya sehingga mereka akhirnya dapat mati hanya karena memakannya dan tidak dapat mencernanya.
  5. Ketika hewan-hewan yang menelan sampah atau kantong plastik mati, maka sampah atau kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya tersebut tidak akan hancur dan tetap utuh sehingga akhirnya akan menjadi bangkai yang dapat meracuni hewan lainnya, manusia yang berada di sekitarnya, hingga mencemari lingkungan dengan baunya yang biasanya busuk dan menyengat.
  6. Ketika plastik dibakar, maka asapnya akan dapat mencemari lingkungan. Dalam asap tersebut biasanya terkandung zat dioksin. Dioksin sangat berbahaya bagi manusia, banyak penyakit yang dapat disebabkan oleh dioksin diantarannya: gangguan sistem pernapasan, kanker, pembengkakan hati, dan gangguan sistem syaraf.
  7. Dapat menyumbat saluran air yang berakibat sampah plastik dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk dan serangga berbahaya lainnya, seperti nyamuk BDB dan malaria, sehingga menimbulkan penyakit.

Menyikapi Plastik

Karena sifat – sifat plastik yang bisa mempermudah dalam berbagai kegiatan yang kita lakukan, tapi plastik juga mempunyai efek negatif, seperti penjelasan sebelumnya plastik bisa merusak lingkungan dan juga manusia, untuk menyikapi bahaya plastik tersebut kita harus bijak dalam menggunakan barang / benda yang terbuat dari plastik.

Beberapa gerakan sederhana yang dapat anda lakukan untuk menyikapi plastik diantarannya:

1. Membawa tempat makan sendiri

Saat membeli makana, ketika kamu memilih untuk dibungkus biasanya kamu akan diberikan banyak plastik untuk membungkus makananmu, apalagi mekanan yang kamu beli berbeda dan berkuah, pastinya akan semakin banyak plastik yang digunakan untuk membungkusnya.

jika kamu adalah tipe yang tidak sempat masak sendiri dan terbiasa membeli makanan dari luar. Cobalah membawa kotak makan sendiri sebagai bentuk usaha untuk mengurangi plastik sampah.

2. Membawa botol minum sendiri

Daripada membuang banyak uang dengan terus membeli air mineral botol ketika keluar, lebih baik kamu membeli botol minum sendiri, selain lebih praktis kamu juga dapat berhemat. Botol air mineral adalah salah satu jenis sampah plastik yang paling banyak dijumpai.

3. Mengurangi penggunaan tisu basah

Mengapa tidak boleh menggunakan tisu basah? toh itu juga bukan plastik. Alasanya sederhana, bagi yang belum tahu tisu basah dibuat dari resin plastik, itu alasan mengapa tisu basah tidak bisa terlarut dalam air berbeda dengan tisu kering.

4. Belajar mendaur ulang sampah

Sampah yang ada disekitar lingkungan kita dapat dimangfaat kan untuk menjadi barang yang bermangfaat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan jika ada salah saya mohon maaf, sekian dan terima kasih.

The post Sifat sifat Plastik dan Penejelasannya appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Diet Kantong Plastik Untuk Lingkungan Sehat https://mesinpencacahplastik.id/diet-kantong-plastik/ Sat, 15 Jun 2019 06:52:50 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=568 Diet Kantong Plastik – Plastik menjadi bahan baku yang paling banyak dipakai, karena sifat plastik yang ringan, kuat, dan kedap air membuatnaya menjadi pilihan untuk dipakai membawa barang. Terutama membawa barang belanjaan. Namun pemakaian kantong plastik yang berlebih sangat membahayakan lingkungan. Plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk dapat terurai. Penggunaan plastik utuk kebutuhan […]

The post Diet Kantong Plastik Untuk Lingkungan Sehat appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Diet kantong Plastik

Diet Kantong Plastik – Plastik menjadi bahan baku yang paling banyak dipakai, karena sifat plastik yang ringan, kuat, dan kedap air membuatnaya menjadi pilihan untuk dipakai membawa barang. Terutama membawa barang belanjaan.

Namun pemakaian kantong plastik yang berlebih sangat membahayakan lingkungan. Plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk dapat terurai.

Penggunaan plastik utuk kebutuhan sehari-hari semakin meningkat dalam satu abad terakhir. Setiap tahun masyarakat diseluruh dunia menghasilkan ratusan juta ton plastik. hal ini berakibat semakin menumpuknya jumlah limbah plastik.

Menurut riset yang dilakukan Universitas Georgia tahun 2015, indonesia sendiri menempati peringkat kedua sebagai penghasil sampah plastik terbesar di dunia, yakni sebanyak 4,5 juta ton per tahun. LImbah plastik tersebut tidak hanya menjadi masalah di daratan bahkan telah merusak lautan.

Bahaya Limbah Kantong Plastik

 Limbah plastik selain menggangu keseharian kita juga dapat menyebabkan bahaya bagi lingkungan mapun manusia, banyak bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kantong plastik, beberapa diantarannya  :

1. Memicu Perubahan Iklim

Dari proses pembuatan / produksi plastik konsumsi hingga pembuangan menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berdampak pada perubahan iklim dikarenakan kondisi bumi semakin panas.

Material utama kantong plastik terbuat dari minyak bumi, yang merupakan sumber daya alam tak terbarukan, hal ini berakibat pencemaran lingkungan karena limbah plastik dibuang ke sungai dan pembakaran. Pembakaran menghasilkan gas metana mengakibatkan emisi karbon ke udara.

2. Mencemari Lingkungan

Kantong plastik yang dibuang sembarangan dapat mengakibatkan tersumbatnya selokan dan badan air, bahkan termakan oleh hewan dan rusaknya ekosistem.

3. Plastik Berbahaya Bagi Manusia

Ketika sampah dibakar maka akan menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai tempat makanan dapat berpotensi mengganggu kesehatan manusia, dikarenakan zat – zat yang terkandung dalam plastik dapat berpindah ke makanan.

4. Terurai Sangat Lama

Kantong plastik maupun produk plastik lainnya sulit terurai di tanah, hai ini terjadi karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Meskipun terurai, plastik akan menjadi mikro plastik akan lebih mudah mencemari lingkungan.

5. Menyebabkan Kanker

Plastik nampak seperti barang biasa yang memberikan banyak keuntungan dan bantuan pada kita. Namun ketika plastik terurai akan menimbulkan bahaya, partikel plastik sangat bisa mengakibatkan kerusakan pada tubuh, bahkan menyebabkan kanker.

Bagaimana bisa menyebabkan kanker?, Ini dikarenakan saat proses penguraian plastik melepaskan dioksin ke udara.

6. Menganggu Kesehatan Sistem Saraf

Apabila  dioksin hasil penguraian plastik sampai dihirup oleh manusia, bahayanya tak hanya sekadar kanker. Sistem saraf juga dapat rusak, gangguan sistem saraf biasanya berimbas juga pada kinerja organ-organ dalam kita yang lain.

Pelepasan dioksin terjadi dikarenakan proses pembakaran plastik yang tidak berjalan sempurna.

7. Meningkatkan Potensi Mengalami Depresi

Depresi biasanya berawal dari kondisi stres yang sudah menjadi parah. Pada umumnya hai ini disebabkan oleh masalah internal maupun eksternal di mana depresi kemudian berujung pada gangguang jiwa dan mental.

Potensi depresi dapat disebabkan oleh paparan senyawa berbahaya dari plastik yang saat proses pembakaran yang tak sempurna.

8. Plastik Dapat  Menyebabkan Pembengkakan Hati

Bahaya plastik dapat dipicu oleh penggunaan dan bahkan pembakaran kantong plastik. Perlu diketahuu bersama bahwa kantong plastik, khususnya yang datang dengan warna hitam biasannya adalah produk hasil daur ulang.

Jika makanan panas yang langsung ditaruh di sana akan berpotensi menyebabkan unsur plastik berpindah ke makanan lalu dapat memengaruhi organ dalam kita, tak terkecuali bagian hati.

9. Gangguan Reproduksi

Baik wanita maupun pria sebaiknya berhati-hati saat menggunakan kantong plastik. Salah satu ancaman terbesar kantong plastik adalah gangguan reproduksi. Hal ini disebabkan oleh adanya tambahan bahan kimia yang beragam yang terdapat di dalam kantong plastik.

Sisa monomer yang tidak bereaksi terhadap plastik juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan satu ini.

10. Radang Paru-paru

Bahan kimia yang terkandung dalam plastik masih menjadi alasan utama penyebab masalah kesehatan. Banyak senyawa-senyawa berbahaya yang terkandung dalam kantong plastik.

Salah satu senyawa yang ada di dalam kantong plastik yang menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker dan radang paru-paru adalah Polyetylene Terephthalate atau dapat disebut juga PET.

Botol plastik atau kantong plastik saat terkena paparan panas  dapat memaparkan zat karsinogenik.

11. Plastik Mengakibatkan Banjir

Selain  berbahaya bagi kesehatan, kantong plastik juga sangat berbahaya bila dibuang pada sembarang tempat. Bila dibuang di semarang tempat dapat berpotensi menuju aliran air dan dapat menyumbatnya.

Bila terjadi penyumbatan pada saluran air, bila musim hujan akan sangat berbaya bahkan dapat berpotensi mengakibatkan banjir.

12. Menurunkan Tingkat Kesuburan Tanah

Selain mengakibatkan banjir dampak kantong plastik bagi lingkungan juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburam tanah. Bagaimana bisa?, sederhana saja jika kalian menimbun sampah di tanah pasti aliran udara juga akan tersumbat dan terganggu.

Selain menggangu aliran udara kantong plastik juga mempengaruhi ruang gerak makhluk bawah tanah. Padahal tugas makhluk tersebut adalah menyuburkan tanah, misalnya cacing.

13. Hewan Terjerat Plastik

Tak hanya hewan yang hidup darat, hewan yang berada di lautan pun tak luput dari bahaya kantong plastik. Hal ini dikarenakan anyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai, sampah pun lama kelamaan akan sampai di lautan.

Setelah sampai ke lautan sangat besar kemungkinan banyak binatang terjerat tumpukan kantong plastik, apalagi kalau sampai terkomsumsi hewan – hewan tersebut.

14. Plastik Dapat Meracuni Makhluk Hidup

Jika ada hewan yang memakan kantong plastik dan mati. Kantong plastik yang dimakan dan berada di dalam tubuh hewan tersebut pun tak akan bisa hancur. Bahkan jika tubuh hewan tersebut sudah hanjur sampai tinggal tulang – belulang kantong plastik masih belum terurai.

Bahkan jika binatang yang memakan samph mati masih dapat membunuh binatang lain yang memakan bangkainya.

15. Mencemari Air

Kantong plastik yang terurai dapat mempengaruhi air minum yang kita komsumsi sehari – hari. Bahan kimia penuh racun yang terkandung dalam kantong plastik, seperti Bisphenol A, Styrene Trimer, dan produk sampingan Polystyrene dapat mencemari air.

Air yang biasa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari dapat tercemar dan tentunya mempengaruhi kesehatan kita.

16. Plastik Dapat Memicu Polusi Udara

Banyak orang yang memutuskan membakar sampah yang menumpuk, mungkin mereka berfikir lebih baik dibakar daripada dibuang sembarangan. Namun sebenarnya proses pembakaran dapat membuat atmosfer terkontaminasi.

Saat sampah plastik dibakar akan melepaskan  bahan kimia yang mengandung racun. Hal inilah yang menjadi faktor pemicu polusi udara.

17. Plastik Bisa Menarik Polutan

Bahan kimia yang terdapat dalam plastik memberikan sifat kaku maupun fleksibel, tahan api, bisphenol, phthalates dan bahan kimia berbahaya lainnya. Racun tersebut bersifat menolak air dan akan menempel pada benda-benda yang berbasis minyak, misalnya sampah plastik.

Oleh karena itu, bahan kimia beracun yang terkandung dalam plastik akan terkumpul dengan plastik lain dan akan seluruh samudera.

Dilansir dari Scientific Reports 2013, banyak ikan di dunia terpapar campuran polietilena dan bioakumulasi polutan kimia dari laut sehingga keracunan lalu terjangkit berbagai penyakit.

Diet Kantong Plastik

Banyak masyarakat sudah menyadari dampak sampah plastik terhadap lingkungan, kampanye bahaya plastik sering dilakukan, dan juga mengajak untuk semua masyarakat melakukan gerakan diet kantong plastik.

Gerakan diet kantong plastik dapat dimulai dari diri kamu sendiri

Diet Kantong Plastik yang Dapat Dilakukan Secara Individu

Beberapa gerakan yang dapat anda lakukan sendiri diantaranya :

1.  Hidup ramah lingkungan.

Ramah lingkungan berarti segala sesuatu yang kita lakukan tidak merusak ataupun merugikan lingkungan. Gaya hidup ramah lingkungan dapat dilakukan dengan mengurangi pengunaan simber daya alam, mengurangi pelepasan karbondioksida yang berasal dari kegiatan sehari-hari.

Beberapa tips untuk melakukan gerakan hidup ramah lingkungan :

a) Mengurangi sampah plastik & mendaur ulangnya

Sampah selalu bertambah setiap hari, hal ini disebabkan perilaku komsumtif masyarakat yang semakin tinggi oleh karena itu dengan meminimialisir penggeluaran sampah & mendaur ulangnya baik sampah organik maupun non organik dapat membantu mengurangi sampah.

b) Gunakan penerangan secukupnya

Dengan mengunakan penerangan secukupnya dapat menghemat pengguaan listrik. Penggunaan listrik secara  dapat menyebabkan efek rumah kaca dan perubahan pada lingkungan, beberapa hal yang contoh yang dapat kita rasakan saai ini misalnya naiknya suhu, naiknya permukaan air laut.

c) Membuat taman / kebun

Menaman berbagai tumbuhan di sekitar rumah selain mempercantik rumah juga dapat mengurangi polusi udara. Ditambah lagi kamu dapat menanam beberapa sayur atau buah dan jika sudah berbuah atau matang dapat dikomsumsi.

d) Guakan produk Eco Friendly

Produk eco frendly adalah produk yang ramah lingkungan  juga dapat mencegah kontribusi  polusi udara, air dan tanah.

e) Repair, Don’t Replace

Jika ada barang yang rusak jangan diganti lebih baik diperbaiki. Memperbaiki barang sendiri juga dapat menghemat biaya.

2. Menjadi Relawan Diet Kantong Plastik

Relawan adalah seseorang atau sekelompok orang yang sukarela membantu menyebarkan misi untuk mengurangi penggunaan kantong plastik & berkomitmen selama jangka waktu tertentu. Relawan akan melakukan edukasi, advokasi, dan fasilitasi secara aktif.

3. Aksi Diet Kantong Plastik

Kamu dapat melakukan aksi edukasi dan sosialisasi penggunaan kantong plastik di sekitarmu. sekecil apapun aksi yang kamu lakukan, kamu bisa menyelamatkan bumi dari bahaya plastik.

4. Membuat Petisi Diet Kantong Plastik

Kamu bisa membuat petisi untuk mendorong pemerintah daerah tempat kamu tinggal untuk membuat kebijakan, peraturan penggunaan kantong plastik.

5. Donasi

kamu bisa memberikan donasi pada lembaga – lembaga yang melakukan gerakan diet kantong plastik, maupun gerakan cinta lingkungan lainnya. Donasi yang diberikan akan sangat bermangfaat bagi gerakan cinta lingkungan tersebut,

6. Gunakan Kembali Kantong Plastik yang Ada

Cara pertama untuk mengurangi  sampah plastik adalah dengan mengguanakan metode reuse. Kantong plastik yang kamu dapatkan dari pasar atau toko swalayan sebaiknya tidak langsung dibuang sehingga kamu bisa menggunakannya lagi di kemudian hari.

Wadah plastik juga dapat digunakan sebagai kotak makanan, namun terlebih dahulu cermati code plastik yang tertera di bawahnya. Pastikan wadah plastik tersebut aman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

7. Membatasi Penggunaan Kemasan Plastik

Limbah  kemasan adalah jenis limbah plastik yang paling banyak dihasilkan sehari-hari. Limbah plastik jenis ini dapat dihindari dengan tidak banyak membeli / menggunakan barang-barang dalam kemasan sachet, misal gunakan shampo dalam wadah botol.

Kurangi membeli makanan / minuman yang akan menghasilkan limbah plastik. Kedengarannya memang mustahil memang, tapi masih ada makanan yang dikemas dengan  menggunakan bahan-bahan organik seperti kertas dan daun pisang.

8. Membawa Tas Belanjaan Sendiri Saat Berbelanja

Menolak pemakaian kantong plastik biasa dikenal dengan istilah refuse dalam upaya pengurangan sampah plastik. Jika kamu pergi bawalah tas kanvas sehingga tidak perlu lagi membungkus belanjaan dengan kantong plastik, gunakanlah yang mudah dilipat.

Banyak sekali toko maupun penjual yang menggunakan kantong plastik sekali pakai untuk mengemas belanjaan pembelinya. Alhasil, karena tidak dapat digunakan lagi maka akan dibuang dan menambah tumpukkan sampah plastik yang  sudah menggunung.

9. Kurangi Memesan Makanan

Mudahnya membeli makanan pada era digital sekarang, membuat kita memilih membeli makanan ketimbang memasak makanan sendiri karena dinilai lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu.

Saat memebeli makanan, kemasan makanan termasuk peralatan makanan sekali pakai yang disertakan di dalamnya, dapat menambah produksi limbah plastik di rumah.

Memasak makanan sendiri selain menghindari produksi limbah plastik. Kamu juga bisa berhemat sekaligus meningkatkan skill memasakmu dan makanan yang kamu masaklebih aman karena dimasak sendiri.

10. Gunakan Peralatan Makan dan Minum Sendiri

Selain membawa tas kanvas, bawa juga kotak makanan dan botol minuman yang dapat digunakan berkali-kali saat kamu bepergian. Sekarang ini banyak gerai makanan dan minuman yang memperbolehkan kita menggunakan wadah makanan dan minuman milik sendiri guna mengurangi limbah plastik.

Selain berupaya dalam mengurangi sampah menggunakan peralatan makan dan minum sendiri dapat mengurangi ancaman kesehatan dari bakteri maupun virus yang terdapat pada wadah atau kemasan makanan yang dijual di pinggir jalan.

11. Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Dulu dampak sampah plastik yang berasal dari sedotan plastik tidak terlalu di tanggapi, sampai beberapa waktu lalu sampah plastik ini terbukti dapat melukai dan membahayakan sejumlah biota laut.

Dalam hasil penelitian pun, limbah sedotan plastik termasuk dalam penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Beberapa jenis sedotan lain seperti, kertas, stainless, sedotan bambu, dan akrilik dapat dijadikan sebagai pengganti sedotan plastik.

12. Gunakan Toples Kaca Untuk Menyimpan Makanan

Selain melalui gerakan pengurangan kantong plastik, sampah plastik juga bisa ditekan produksinya dengan pemakaian toples kaca  sebagai alternatif untuk menyimpan makanan.

Menggunakan toples kaca lebih aman dan sehat dibandingkan wadah plastik yang berpotensi mengandung bahan kimia berbahaya. Makanan yang disimpan pun terjamin higienis dan tidak mudah alot saat ditempatkan di dalam toples kaca.

13. Ubah Limbah Plastik Menjadi Barang Baru

Limbah plastik dapat dijadikan barang yang cantik. gunakan kreativitasmu untuk mengubah kemasan produk berbahan plastik menjadi barang yang lebih fungsional, misalnya  tas plastik, pot tanaman, dan kerajinan lainnya.

Manfaat Diet Kantong Plastik

Manfaat dari melakukan gerakan diet kantong plastik diantaranya :

1)  Mengurangi jumlah sampah

Seperti yang kalian tau jika kita melakukan diet kantong plastik, maka otomatis pengguaan kantong plastik pasti akan menurun. Jika semua orang dapat melakukan gerakan tersebut maka jumlah sampah pasti akan turun.

2) Membuat kita lebih kreatif

Gerakan diet kantong plastik mengharuskan kita lebih kreatif dalam memangfaatkan sampah disekitar kita. Sampah dapat diubah menjadi barang yang lebih fungsional dan dabat bernilai ekonomis.

3 ) Sehat

Ya benar menjadi sehat, dengan melaksanakan gerakan diet kantong plastik kita akan terhindar dari penggunaa kantong plastik. Hal ini terjadi karena jika kita membawa alat makan dan minum sendiri dapat dipastikan lebig bersih dan terhindar dari virus dan kuman.

Mungkin itu saja manfaat yang dapat saya simpulkan, bila ada kesalahan saya mohon maaf, sekian dan terima kasih.

 

 

 

The post Diet Kantong Plastik Untuk Lingkungan Sehat appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Macam-macam Bahan Pembuatan Plastik https://mesinpencacahplastik.id/bahan-pembuatan-plastik/ Sat, 15 Jun 2019 06:52:24 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=545 Bahan Pembuatan Palstik– Siapa yang tidak kenal dengan plastik?, setiap orang pasti pernah menggunakan barang atau alat berbahan plastik. Misalnya pembungkus makanan, minuman, peralatan kantor, peralatan sekolah, alat-alat rumah tangga dan lain sebagainya. Mengapa plastik menjadi salah satu produk unggulan?, hal ini disebabkan karena sifat bawan plastik yaitu trasnparan, fleksibel, kuat, tahan lama, dan ketahanan […]

The post Macam-macam Bahan Pembuatan Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Bahan Pembuat Plastik

Bahan Pembuatan Palstik– Siapa yang tidak kenal dengan plastik?, setiap orang pasti pernah menggunakan barang atau alat berbahan plastik. Misalnya pembungkus makanan, minuman, peralatan kantor, peralatan sekolah, alat-alat rumah tangga dan lain sebagainya.

Mengapa plastik menjadi salah satu produk unggulan?, hal ini disebabkan karena sifat bawan plastik yaitu trasnparan, fleksibel, kuat, tahan lama, dan ketahanan terhadap api yang baik. Selain itu, faktor lainnya yang menjadikan plastik menjadi produk unggul dikarenakan harganya yang terjangkau.

Plastik

Termasuk kedalam senyawa polimer, strukturnya sendiri terdiri dari rantai atom karbon (C) yang panjang, dan masing-masing atom C mengikat sebuah atom hidrogen (H). Selain itu, rantai atom C juga mengandung bebrapa atom oksigen (O).

Kita ambil contoh, bayangkan sebuah kantong plastik kita isi dengan air, apakah air itu bisa menembus plastik?, jika plastik dalam keadaan baik pasti tidak akan bisa menembus plastik. Hal ini terjadi karena air tak dapat menerobos pori pori plastik yang sangat kecil.

Asal kalian tahu pori pori plastik jauh lebih kecil dibanding selaput semipermeabel. Bahkan udarapun tidak dapat menembus plastik. Polimer plastik mempunyai ikatan kimia yang sangat kuat, serat polimernya menempel ketat anatara satu dengan lainnya.

Pembuatan Plastik

Bahan pembuatan plastik sendiri adalah kondensasi organik atau tambahan polimer. Plastik adalah istilah yang digunakan untuk mencakup produk polimerisasi sintetik ataupun semi sintetik.

Diantara beberapa jenis polimer, diantaranya ada polimer alami yang termasuk plastik. Plastik sendiri bisa dibentuk menjadi fibersintetik atau film.

Dikarenakan kebutuhan yang semakin beragam, plastik sendiri dibuat dengan variasi yang beragam dalam properti yang sesuai dengan kebutuhan, bahkan ada yang bisa menolerensi panas, keras atau yang lainnya.

Karena kemampuan adaptasi plastik yang bagus serta komposisi dan beratnya yang ringan menjadikan plastik digunakan sebagai bahan baku hampir di semua bidang industri.

Plastik awalnya dibuat dengan penggunaan material alami seperti shellac atau permen karet hingga ke material alami yang dimodifikasi secara alami misalnya nitrocellulose atau karet alami, hingga ke molekul buatan manusia seperti epoxy, polyvinyl chloride, polyethylene, dan lain sebagainnya.

Bahan Baku Pembuatan Plastik

Berbagai mineral dan bahan organik seperti gas alam, batu bara, minyak bumi, batu kapur, belerang ,dan silica merupakan bahan baku plastik.

Pada saat proses pembuatan ditambahkan berbagai bahan misalnya zat pewarna, pelarut, plastiser, pelumas, dan bahan pengisi. Bahan pengisi sendiri terdiri dari tepung, kapas, bubuk kayu, asbes, serat kain, lempung, grafit, serbuk logam, gelas, dan tanah kresik.

Berfungsi untuk mengurangi harga, menurunkan pengerutan, meningkatkan kekuatan, meningkatkan daya tahan api, dan dapat menghasilkan sifat-sifat lainnya.

 Bahan Pembuatan Plastik Termoseting

Adalah bahan yang mempunyai sifat tahan terhadap panas. Jenis bahan ini sulit untuk meleleh, susunanya bersifat permanen sama seperti saat pertama kali di cetak. Bila sudah menjadi bahan jadi jika rusak/pecah sulit untuk disambung atau diperbaiki lagi.

Termoseting memiliki ikatan ikatan silang yang mudah dibentuk pada saat dipanaskan. Hal mengakibatkan bahan termoseting menjadi kaku dan keras, semakin banyak ikatan silang, maka semakin kaku dan mudah patah. Jika dipanaskan untuk kedua kalinya, maka akan berakibat rusak atau lepasnya ikatan silang .

Sifat bahan

  • Tidak fleksibel ( Keras/kaku ).
  • Apabila dipanaskan akan mengeras.
  • Sulit untuk dibentuk kembali.
  • Jika dipaskan akan meleleh.
  • Susah larut dalam pelarut apapun.
  • Tahan terhadap asam basa.
  • Mempunyai ikatan silang antar rantai molekul.
Contoh bahan

1. Phenol

Phenol terbuat dari meraksikan penol dengan formaldehida. Sifatnya keras, kuat, awet, dan dapat dicetak dengan berbagai kondisi. Bahan jenis ini biasa dipakai untuk bahan pelapis dan laminating pengikat batu gurinda. dan pengikat logam dapat dicetak menjadi tutup botol, kotak radio, tv,kotak,dan tangkai pisau.

2. Resin amino

Yang terpenting ialah formaldehida-melamin dan formaldehida urea. Bahan ini biasa digunakan untuk rumah alat tangga, peralatan listrik, alat pemutus hubungan listrik, dan kancing.

3. Resin furan

Ini berasal dari limbah pertanian seperti biji kapas, tongkol jagung. Resin furan digunakan sebagai pengikat inti pasir, pengeras campuran,

4. Silikon

Bahan silikon mempunyai sifat khas yaitu stabilitas, tahan terhadap suhu tinggi pada waktu yang lama, kedap air dan karakteristik suhu rendah dan listrik yang baik.

5. Ekposida

Digunakan sebagai pengecoran, pelapisan dan perlindungan bagian-bagian kabel listrik, perakat, dan campuran cat.Mempunyai sifat tahan kimia dan stabilitas dimensi yang baik setelah diawetkan.

Bahan Pembuatan Plastik Termoplastik

Adalah bahan yang mempunyai sifat tidak tahan terhadap panas. Apabila bahan jenis ini dipanaskan, maka akan menjadi lunak dan bila didinginkan akan mengeras. Bahan ini dapat dibuat produk yang berbeda dengan cara meleburkannya lalu dicetak kembali dengan cetakan yang berbeda.

Sifat bahan

  • Tidak tahan panas.
  • Berat molekul kecil.
  • Dipanaskan akan melunak.
  • Didinginkan akan mengeras.
  • Mudah diregangkan.
  • Fleksibel.
  • Titik leleh rendah.
  • Dapat didaur ulang.
  • Mudah larut jika pelarut yang digunakan sesuai.
  • Memiliki struktur molekul bercabang.

Bahan  yang termasuk kedalam termoplastik adalah sebagai berikut

Contoh bahan

1. Selulosa

Produk hasil dari pengolahan khusus dari serat kapas dan kayu. Karena sifatnya yang kuat bahan digunakan sebagai bahan mainan anak-anak, bulu kuas, selubung baterai, dan panel radio.

2. Polisteren

Biasa digunakan sebagai bahan kotak baterai, piring, roda gigi, bagian dari radio, pola untuk pengecoran, kotak es dan lain-lain.

3. Polietilen

Karena sifat fleksibel polietilen terhadap suhu rendah dan tinggi, kedap air, tahan terhadap zat kimia, dapat dipatri dan dapat diberi warna,maka polietilen digunakan sebagai bahan cetakan es, pencuci film, baki, botol susu bayi, kain, lembaran pembungkus, selang air dan lain-lain.

4. Resin Akrilik

Mempunyai sifat daya tembus cahaya yang sangat baik, tahan terhadap kelembaban dan mudah dibuat, resin akrilik digunakan sebagai bahan jendela pesawat terbang, pintu, alat kecantikan, penutup alat ukur, dan lain-lain.

5. Resin vinil

Mempunyai sifat jernih dan liat, biasanya resin ini dipakai untuk bahan jas hujan tangki dan produk cetak fleksibel.

6. Karet sintetis

Sifatnya yang tahan terhadap minyak, cat, bensin, dan sinar matahari.Karet sintetis digunakan sebagai bahan membuat selang, hak dan sol sepatu, dan lapisan isolasi.

Bahaya Plastik

Bahan Pembuat Plastik

Menurut Pusat Penelitian Kimia (LIPI) yaitu Dr.Agus Haryono mengatakan bahwa setiap hari kerergantungan orang terhadap plastik semakin tinggi, namun masyarakat kurang menyadarari bahaya yang timbulkannya.

Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari – hari tidak perlu kawatir jika kita tau cara penggunannya. Plastik yang aman di pakai adalah plastik yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Tapi, tidak semua produk kemasan plastik memenuhi standar SNI. Maka kita sebagai pengguna harus lebih teliti saat menggunakan plastik sebagai wadah makanan.

Bahaya Plastik Bagi Kesehatan

1.Menyebabkan Kanker

Sebagian besar masyarakat mungkin menganggap plastik merupakan barang biasa yang member banyak keuntungan, namun bila sampai terurai ke dalam tubuh akan berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker. hai ini dikarenakan plastik mengalami penguraian sebagai dioksin.

2.Menggangu Sistem Syaraf

Dioksin jika terhirup oleh manusia, bukan hanya akan menyebahkan kanker. Sistem saraf pun akan terangsang sehingga menimbulkan kerusakan. JIka sistem saraf rusak akan berimbas pada kinerja organ dalam lainnya, karena pembakaran plastickyang tidak sempurna.

3.Depresi

Biasa berawal dari stres yang sudah parah. Hai ini disebabkan oleh masalah internal atau eksternal yang kemudian depresi berujung pada gangguan jiwa dan mental. Tapi potensi depresi juga dapat disebabkan oleh paparan senyawa plastik saat proses pembakaran yang kurang sempurna.

4.Pembengkakan Hati

Jika kita memasukan makanan yang masih panas ke dalam plastik bisa berpotensi mengakibatkan pembengkakan hati, dikarenakan plastik mengalami peluruhan pada saat makanan bersentuhan dengan plastik.

5.Gangguan Reproduksi

Sama seperti pembengkakan hati, gangguan ini juga diakibatkan memasukan makanan panas ke dalam plastik dan bercampurnya berbagai macam senyawa ke makanan.

6.Radang paru

Zat karsinogenik yang keluar pada saat pengunaaan botol atau plastik saat terkena paparan panas berpotensi menyebabkan peradangan pada paru – paru.

Bahaya Plastik Bagi Lingkungan

Selain berakibat buruk bagi kesehatan manusia, kelestarian lingkungan juga terancam akan sampah plastik.Plastik yang dibuang sembarangan dapat mempengaruhi kesuburan tanah, membunuh hewan, dan lain sebagainya.Contoh beberapa efek buruk sampah bagi kelestarian lingkungan.

1.Mengakibatkan Banjir

Banjir biasanya terjadi di kota padat pendududk, hal ini karena kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan.Plastik sangat berbahaya bila tidak dibuang pada tempatnya. Hal ini akan berakibat terjadinya banjir karena plastik yang menyumbat gorong-gorong / aliran air yang tidak mudah terurai menumpuk.

2.Menurunkan Kesuburan Tanah

Platik sulit untuk terurai, hal ini mengakibatkan kesuburan tanah menjadi turun, karena sirkulasi udara dalam tanah menjadi terhalang oleh plastik, ruang gerak makhluk bawah tanah pun menjadi terhalang dan terganggu. Sedangkan makhluk bawah tanah tersebut bertugas untuk menyuburkan tanah.

3.Menjerat Hewan

Bukan hanya hewan yang berada di dalam tanah yang merasakan efek plastik, hewan yang berada di laut pun mengalami nasib yang sama. Sampah plastik yang di buang ke perairan sungai atau laut berpeluang bagi hewan tersebut untuk terjerat plastik maupun termakan.

4.Meracuni Makhluk Hidup

Hewan yang mengkomsumsi plastik berpeluang besar mati, hal ini disebabkan plastik yang termakan tersebut tetap tidak akan mudah terurai dan tidak mudah hancur, bahkan jika hewan tersebut sudah menjadi tulang plastik tetap tidak terurai, inilah yang menyebabkan punahnya spesies tertentu.

5.Pencemaran Air

Plastik dapat menyebabkan kualitas air turun, bahan kimia yang terkandung di dalam plastik seperti Bisphenol A, Styrene Trimer serta Polystyrene dapat mencemari air. Bila air yang tercemar digunakan msayarakat untuk kegiatan sehari-hari akan berakibat buruk bagi kesehatan.

6.Polusi Udara

Masyarakat biasa menyingkirkan sampah dibuang atau dibakar. Namun, proses pembakaran akan membuat atmosfer terkontaminasi, karena ketika sampah plastik di bakar, bahan kimia yang beracun akan menyebar ke udara yang menyebabkan polusi udara.

Plastik Biodegradable

Bahan Pembuat Plastik

Biasa digunakan saat ini adalah plastik jenis non-biodegradable (plastik yang tidak dapat terurai secara biologis). Plastik non-biodegeradable terbuat dari minyak bumi yang keberadaannya semakin sedikit dan tidak dapat diperbaharui.
Akibatnya pemakai plastik yang berlebih semakin meningkat pula pencemaran lingkungan yang akan terjadi, seperti penurunan kualitas air dan tanah menjadi tidak subur, hal ini disebabkan karena plastik sulit untuk dapat dihancurkan dengan cepat dan alami oleh mikroba di dalam tanah.
Untuk mengurangi tingkat pencemaran lingkungan tersebut, saat ini sedang dikembangkan sebuah plastik jenis biodegradable, yakni plastik yang dapat duraikan oleh mikro organisme secara alami, untuk dijadikan senyawa yang ramah lingkungan.

Bahan Pembuatan Plastik Biodegradable

 Plastik biodegradable terdiri dari material-material yang dapat diperbaharui, misalnya dari senyawa yang terdapat dalam tanaman seperti kolagen, selulosa, kasein, lipid atau protein yang terdapat dalam sel hewan.
Jenis-jenis plastik biodegradable diantaranya
  • polyhidroksialkanoat (PHA).
  • poli-asam amino yang berasal dari sel bakteri,
  • polylaktida (PLA) yang merupakan modifikasi dari asam laktat, hasil perubahan zat tepung kentang atau jagung oleh mikroorganisme.
  • poliaspartat sintesis yang dapat terdegradasi.
Bahan plastik biodegradable berasal dari selulosa,  kitosan, bakteri, kitin, atau tepung yang terdapat di dalam tumbuhan, atau beberapa material plastik maupun polimer lain yang ada di dalam tumbuhan dan hewan.
Plastik biodegradable yang berbahan dasar tepung dapat didegradasi oleh bakteri Pseudomonas dan Bacillus,bakteri tersebut akan memutus rantai polimer menjadi monomer-monomernya .
Senyawa hasil degradasi polimer selain karbon dioksida dan air, juga ada senyawa organik lain misalnya asam organik dan aldehid yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Plastik biodegradable tidak berbahaya  bagi lingkungan, jika plastik tradisional membutuhkan waktu sekira 50 tahun agar dapat terurai, maka plastik biodegradable dapat terurai 10-20 kali lebih cepat.
Hasil degradasi plastik dapat dipakai untuk makanan hewan ternak atau pupuk kompos. Jika plastik biodegradable trbakar tidak akan menghasilkan senyawa kimia berbahaya. Kualitas tanah juga akan meningkat dengan adanya plastik biodegradable, karena hasil penguraian mikro organisme akan meningkatkan unsur hara di dalam tanah.
Sampai sekarang masih diteliti berapa cepat atau berapa banyak polimer biodegradable ini dapat terurai di alam. Di samping itu, penambahan tepung pada saat pembuatan polimer biodegradable juga menambah biaya pembuatan plastik.

Potensi Pengembangan Plastik Biodegradable

Plastik biodegradable sangat cocok bila dikembangkan di indonesia, mengapa demikian? karena berlimpahnya berbagai tanaman penghasil tepung, misalnya beras, singkong, kentang, dan lain-lain. Ditambah harga umbi-umbian di Indonesia relatif rendah. Dengan mengembangkannya sebagai bahan plastik biodegradable, akan mendapatkan nilai ekonomi yang tinggi.

Tetapi penggunaan plastik biodegredable di Indonesia masih jarang. Padahal jelas sekali, bahwa potensi bahan baku pembuatan plastik biodegradable sangat tinggi. Pemerintah sebagai regulator seharusnya memberikan dukungan lebih, masyarakat juga harus sadar akan hal tersebut . Perlu waktu agar plastik konvensional digantikan plastik biodegradable.

Beberapa negara yang paling intensif mengembangkan riset tentang plastik biodegradable dan mempromosikan penggunaannya menggantikan plastik konvensional adalah Negara Jerman, India, Australia ,Amerika, dan Jepang.

Digantikannya produk industri berbahan plastik konvensioal dengan plastik biodegradable. Fujitsu perusahan besar di jepang sudah mengganti semua casing produknya dengan plastik biodegradable.

Komunitas internasional sepakat tentang penggunaan bahan polimer sintetis yang ramah lingkungan harus ditingkatkan. Dan tentunya bila pabrik besar menggunakan plastik biodegradable akan mengurangi penggunaaan minyak bumi, gas alam dan sumber mineral lain serta turut berkontribusi menyelamatkan lingkungan.

Dapat kita simpulkan bahwa bahan pembuat plastik bisa berbahaya bagi kesehatan maupun kelestarian alam, kita sebagai pengguna harus lebih bijak dalam menggunakan plastik.Jangan sampai plastik yang kita gunakan akan menghancurkan diri kita sendiri.

Semoga bisa menambah wawasan kita semua, sekian dan terima kasih.

The post Macam-macam Bahan Pembuatan Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Jenis-Jenis Plastik dan Penjelasannya https://mesinpencacahplastik.id/jenis-jenis-plastik/ Sat, 15 Jun 2019 06:51:33 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=514 Jenis-Jenis Plastik-Saat kalian membeli makanan/minuman pernahkah melihat logo tersebut.Kadang-kadang juga akan disertai keterangan misal PETE, HDPE, PCV, LDPE, PP, PS dan sebagainya.Tahukah kamu maksud logo tersebut? Apa Recyle?, bukan logo tersebut bukan berarti dapat didaur ulang, tapi logo tersebut adalah code bahan plastik yang digunanakan untuk membuat plastik. Fungsi code adalah  membantu kita dalam memilih […]

The post Jenis-Jenis Plastik dan Penjelasannya appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Jenis-Jenis Plastik

Jenis-Jenis Plastik-Saat kalian membeli makanan/minuman pernahkah melihat logo tersebut.Kadang-kadang juga akan disertai keterangan misal PETE, HDPE, PCV, LDPE, PP, PS dan sebagainya.Tahukah kamu maksud logo tersebut?

Apa Recyle?, bukan logo tersebut bukan berarti dapat didaur ulang, tapi logo tersebut adalah code bahan plastik yang digunanakan untuk membuat plastik. Fungsi code adalah  membantu kita dalam memilih / memilah sesuai dengan kebutuhan reclye.

Plastik

Sebelum mnegenal jenis-jenis plastik,tahukah kamu apa itu plastik?

Pada produk polimerasi sintetik maupun semi sintetik. Plastik terbentuk dari kondensi atau dapat disebut penambahan polimer atau bisa juga terdiri dari beberapa zat lain untuk meningkatkan kualitas atau nilai ekonomisnya. Ini dapat dibuat menjadi beberapa variasi properti yang tahan panas, lentur, kuat, dan lain-lain.

Plastik merupakan polimer,atau rantai panjang atom yang mengikat satu sama lain.Rantai ini kemudian membentuk monomer (membentu banyak unit molekul secara berulang). Yang biasa kita gunakan sebagian besar terdiri dari polimer saja, namun ada juga yang ditambah oksigen, nitrogen, chlorine atau belerang.

Pengembangan plastik dimulai dari pemakaian bahan alami sebagai bahan baku misal shellac sampai bahan alami yang dimodifikasi secara kimiawi misal nitrocelluslose.Sampai pada molekul buatan manusia (epoxy, polyvinyl chloride, polyethylene).Sampai sekarang sudah banyak jenis-jenis plastik baru yang bermunculan.

Sejarah Plastik

Plastik pertama kali diperkenalkan di london,inggris sekitar tahun1682 oleh Alexande Parkes, plastik Parkes diekanal dengan parkesine terbuat dari bahan organik selulosa.

Parkes mengatakan temuannya mempunyai karakteristik yang mirip karet,  namun dengan harga yang lebih murah selain itu dapat transparan dan dibuat dalam berbagai bentuk.Namun karena mahalnya bahan baku temuanya tidak dimasyarakatkan.

Akhir abad ke-19 kebutuhan akan bola biliar meningkat, hasilnya banyak gajah dibunuh untuk diambil gadingnya sebagai bahan baku bola biliar.Pada tahun 1866, Jhon Wesley hyatt menemukan seluloid dapat dibentuk menjadi bahan yang keras.Wesley membuat bola biliar dengan bahan ini. Tapi hasilnya bola biliar menjadi rapuh dan hancur saat berbenturan dengan bola lainnya.

Bahan sintetis pertama ditemukan tahun 1900-an oleh Leo Baekeland mengebangkan resin cair bernama bakelite. Matrial ini tidak terbakar, tidak leleh mencair dalam asam cuka.Dengan demikian bahan ini jika sudah terbentuk,tidak akan bisa diubah.

Jenis – jenis Plastik

Plastik merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan berbagai kebutuhan pokok dan industri. Mulai dari alat-alat rumah tangga, tempat minum,mainan anak-anak, hingga kebutuhan industri.

Plastik mejadi salah satu bahan yang sulit dipisahkan dari kebutuhan manusia,perlu diketahui bahwa tidak semua plastik sama, ada jenis plastik untuk digunakan sebagai bahan tempat makan dan minum, dan juga ada yang berbahaya bagi kesehatan.

Society of Plastic Industry (SPI), sebuah komunitas industri plastik yang terdiri dari perusahaan yang bergerak pada bidang plastik di amerika serikat, pada tahun 1988 mengembangkan sebuah sistem untuk mengklasifikasikan berbagai jenis-jenis plastik dan cara yang tepat untuk  daur ulang berdasarkan bahan pembuatan.

Sistem pengelompokan jenis-jenis plastik ini terkenal dengan nama Resin Identification Code atau RIC.

Agar code identification digunakan sebagai sebuah standar industri yang harus ditaati oleh semua industri plastik di dunia. Socienty Of plastic Industry bekerjasama dengan ASTM Internasional.

ASTM (American Standard Testing and Material) merupakan sebuah perusahaan yang melakukan teknik standarisasi untuk material, jasa, produk, dan sistem.Code Identification resin direvisi  tahun 2013 berubah nama menjadi ASTM D7611 atau Standard Practice for Coding Plastic Manufactured.

Berdasarkan Resin Identificarion jenis-jenis plastik diklarifikasikan menjadi 7 jenis tingkatan mulai dari code 1-7. Setiap code angka dikelilingi oleh tiga anak panah yang berbentuk segitiga, dibawah segitiga tersebut terdapat singkatan nama jenis plastik.Biasanya code identification diletakan di bagian bawah kemasan.

Jenis-Jenis Plastik

Code Jenis – jenis Plastik

1. Jenis PETE (Polyethylne Terephthalate) atau code 1

Polyethyle Terephthlate atau PETE adalah plastik yang sering digunakan untuk botol plastik tembus pandang misal botol air mineral, hampir semua botol mineral menggunakan PETE.

Botol jenis PETE direkomendasikan hanya untuk sekali pakai saja, mengapa demikian? karena apabila terlalu sering dipakai apalagi untuk air panas akan mengakibatkan melelehkan lapisan polymer, pada botol dan mengeluarakan zat karsinogenik yang dapat mengakibatkan kanker bila dikomsusi dalam jangka panjang.

Jadi jangan terlalu sering memakai botol plastik terus menerus, atau gunakan botol kaca.

2. Jenis HDPE (High Density Polyethylne) atau code 2

High Density Polyethylne atau HDPE mempunyai sifat yang lebih kuat, keras, dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.Code 2 biasa digunakan untuk membuat botol susu, galon air , tupperware,dan lain-lain.

HDPE merupakan bahan plastik yang sedikit lebih aman untuk digunakan dikarenakan kemampuannya untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan berbahan HDPE dengan makanan.

Meskipun demikian plastik jenis hanya direkomendasikan untuk sekali pakai saja, dikarenakan pelepasan senyawa antimoni trioksida yang dapat meningkat seiring penggunaan terus-menerus.

3. Jenis PVC (Polyvinly Chloride) code 3

Polyvinly Chloride atau PVC bahan ini biasa terdapat pada plastik pembungkus dan botol-botol, code 3 sebenarmya cukup sulit didaur ulang.Didalam PVC terdapat DEHA yang ada dalam plastik pembungkus yang dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan kurang lebih selama 15 menit.

Reaksi PVC terhadap makana berpotensi berbahaya pada hati dan ginjal, sebaiknya jangan guanakan code 3 untuk membungkus makanan.

4. Jenis LDPE (Low Density Polyethylne) code 4

Low Density Polyethylne atau LDPE adalah jenis yang biasa digunakan untuk tempat makanan, kemasan makanan, dan beberapa botol air mineral.Bahan plastik code 4 dapat didaur ulang dan baik dalam barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tapi kuat.

Code 4 memang sulit dihancurkan tetapi baik untuk tempat makan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan.

5. Jenis PP (Polypropylene) code 5

Poly Styrene atau PP merupakan pilihan terbaik untuk menyimpan makan maupun minuman. Karakteristik PP adalah transparan, cukup mengkilat, tidak terlalu jernih.PP juga kuat dan ringan, daya tembus uap kecil, ketahahan yang baik terhadap lemak, dan stabil terhadap suhu tinggi.

6. Jenis PS (Polystyrene) code 6

Polystyrene atau PP biasa digunakan untuk tempat makan styrofoam, gelas styrofoam, dll.Bahan polystyrene berpotensi mengeluarkan bahan styrine kemakanan.

Bahan styrine berbahaya bagi kesehatan otak, masalah reproduksi pada wanita, dan sistem syaraf.Styrine juga dapat berasal dari rokok, bahan kontruksi bangunan, dan asap kendaraan.Bahan polystyrene sudah jarang dipakai di beberapa negara di amerika dan cina.

7. Other

Other sendiri mengacu pada 4 jenis bahan yaitu  yaitu SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene), PC (polycarbonate) dan Nylon.

Bahan jenis other yang biasa dijumpai adalah PC (polycarbonate), bahan ini biasa digunakan pada botol minuman olahraga,alat-alat rumah tangga,bahan suku cadang mobil, alat elektronik,dan plastik kemasan.PP mengandung zat Bisphenol-A yang dapat merusak sistem hormon.

Dari penjelasan ke-7 bahan diatas,bahan yang paling baik digunaka sebagai tempat makanan atau minuman adalah plastik code 4 dan 5. Meskipun plastik code 1 sering digunakan sebagai tempat makanan dan minuman,namun perlu diperhatkan bahwa plastik code 1 hanya dapat digunakan sekali saja (sekali pakai).

Proses Pembuatan Plastik

Tahukah anda bagaimana proses pembuatan plastik?, selama ini anda hanya menjadi konsumen dari berbagai benda yang dibuat dari plastik.Hal ini mengakibatkan penggunaan plastik meningkat setiap tahunnya.

Banyak sekali benda dari yang berukuran kecil hingga besar yang dibuat dengan bahan plastik. Mulai dari alat rumah tangga hingga barang-barang elektronik.

Karena banyaknya permintaan atas plastik, maka tentu saja semakin hari jumlah produksi plastik akan meningkat. Karena sifatnya yang mudah dibentuk dan ringan, menjadi faktor penting dalam menjadi bahan material yang unggul.

Selain, itu plastik juga mempunyai ketahanan terhadap panas yang berbeda-beda. Ada yang mudah meleleh dan ada yang tidak meleleh pada suhu tinggi sekalipun. Oleh karena itu pengguanan plastik menjadi lebih bervariasi.

Namun selain memiliki kelebihan plastik juga memiliki banyak kekurangan, salah satunya karena bahan pembuatan plastik mengandung bahan kimia tentunya ini akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Pembuatan Berbagai Jenis Plastik

Proses pembuatan plastik hingga menjadi bentuk yang sekarang sering digunakan,membutuhkan. Proses yang lumayan panjang. Hal ini disebabkan karena plastik mempunyai karakteristik ketahanan yang berbeda-beda, hasilnya proses pembuatan plastik berbeda-beda.

Tapi bila dilihat secara garis besarnya proses pembuatan plastik dapat dijelaskan dalam beberapa tahap :

1. Injection Molding
2. Ekstrusi
3. Thermoforming
4. Blow Molding

Injection Molding

Pada tahapan pertama proses pembuatan plastik, pada awalnya berbentuk pallet atau bijih plastik. selanjutnya biji plastik  dimasukkan ke dalam sebuah tabung yang didalamnya memiliki pemanas, di dalam tabung akan terjadi proses pelelehan biji plastik dengan menggunakan sekrup yang berada di dalam tabung tersebut.Setelah dilelehkan,lelehan plastik akan masuk ke proses pencetakan.

Ekstrusi

Proses  kedua dalam pembuatan plastik cukup mudah,disini lelehan bijih plastik tadi ditekan secara terus menerus,hal ini bertujuan untuk hasil lelehan lebih lebur dan halus.Dalam proses ini memerlukan suhu yang sangat tinggi.

Thermoforming

Disini lelehan yang telah selesai ekstrusi akan berbentuk lempengan, selanjutnya lempengan tadi akan dipanaskan kembali dan dimasukan ke cetakan lainnya.Tahanpan ini tidak memerlukan waktu yang lama.

Blow Molding

Pada tahap yang terakhir , lelehan biji plastik tadi akan berubah bentuk menjadi seperti pipa. Selanjutnya pipa tadi ditiup secara terus-menerus.Selanjutnya plastik dapat dibuat menjadi peralatan yang dibutuhkan.

Penggolongan Jenis – jenis Plastik

Plastik dapat digolongkan berdasarkan menurut sumbernya, sifatnya, dan kinerjanya

Penggolongan Jenis Plastik Menurut Sumbernya

Menurut sumbenya plastik tergolong menjadi 2, yaitu : alami dan sintetis.

Contoh polimer alami

  • Kayu
  • Kapas
  • Karet
  • Kulit binatang
  • Dan rambut

Sedangkan polimer sintetis ada 3 jenis yaitu :

  • Terdapat di alam, tapi di buat melalui prose buatan,contoh : karet sintetis.
  • Polimer alami yang dimodifikasi,misal seluloid dan selofan.
  • Bahan yang tidak terdapat secara alami, contohnya nilon, poliester, polipropilen, dan polistiren.

Penggolongan Plastik Berdasar Sifat Fisik

Sifat fisik plastik dapat digolongkan menjadi 2 yaitu:

  • Termoplastik : yaitu jenis plastik yang bisa didaur ulang melalui proses pemanasan ulang, misal polietilen (PE), polistiren (PS), ABS, polikarbonat (PC).
  • Termoset : yaitu jenis plastik yang tidak bisa didaur ulang atau dicetak lagi dikarenakan plastik jenis ini akan mengalami kerusakan molekul,kerusakan molekul dapat terjadi karena pemanasan ulang. Contohnya adalah resin epoksi, bakelit, resin melamin, urea-formaldehida.

Pengolongan Plastik Berdasarkan Penggunaanya

Jenis plastik yang berbeda,Penggunaanya juga berbeda yaitu sebagai berikut :

1.Plastik Teknik

Jenis Plastik Teknik mempunyai daya tahan panas sampai 100 °C dan mempunyai sifat mekanik yang baik contohnya PA, POM, PC, PBT. Ini biasa digunakan untuk pembuatan komponen otomotif dan elektronik.

2.Plastik Teknik Khusus

Mempunyai daya tahan yang lebih tinggi dati Plastik teknik, yaitu 150 °C dan mempunyai sifat mekanik yang sangat bagus contohnya PSF, PES, PAI, PAR. Plastik jenis ini biasa dipakai untuk pembuatan komponen pesawat.

3.Plastik komoditas

Jenis plastik ini mempunyai sifat mekanik yang tidak terlalu bagus dan tidak tahan panas contohnya PE, PS, ABS, PMMA, dan SAN. Plastik ini biasa dipakai untuk digunakan sebagai kemasan barang-barang elektronik pembungkus makanan, botol, dan sebagainya.

Plastik Kemasan

Dibuat melalui bermacam-macam proses kopolimerisasi, laminasi, dan ekstruksi hal ini bertujuan untuk mendapat sifat yang diinginkan. Plastik digunakan sebagai kemasan karena mudah dibentuk,tidak berkarat, dan tidak perlu perlakuan khusus.Kemasan terbagi menjadi 2 jenis :

  • Kemasan Kaku : Digunakan untuk mengemas produk yang memerlukan perlindungan,misalnya produk berbentuk cair atau pasta. Ini biasa dibentuk menjadi botol,kotak,maupun jerigen.
  • Kemasan Fleksibel : Kebalikadari kemasan kaku, kemasan ini diperuntukan untuk produk yang tidak memerlukan perlindungan,misalnya snack,kerupuk,dan lain sebagainya.

Jenis Kemasan Produk

Kemasan produk terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan proses pengemasan produk

  • Primary packaging : Teknik kemasan ini memungkinkan produk bersentuahan langsung dengan kemasan,misalnya bungkus kemasan,botol,sarden,dan sebagainya.
  • Secondary packaging : Teknik kemasan ini digunakan untuk membungkus beberapa kemasan utama sehingga ukurannya lebih besar misalnya kardus,plastic warp,dan lain sebagainya.
  • Tertiary packaging : Teknik kemasan ini diperuntukan untuk melindungi produk selama dalam proses pengirirman atau pendistribusian misalnya barrel,kontainer dan lain sebagainya.

Penggunaan Berbagai Jenis Plastik Untuk kemasan

Plastik yang biasa dipakai  untuk membungkus makanan dan minuman maupun dibentuk menjadi tempat makanan atau botol minuman perlu diperhatikan dengan benar. Jika Anda memakai bungkus plastik atau kantong plastik sebagai tempat makanan dan minuman, maka Anda tidak boleh membiarkannya kontak langsung plastik dengan makanan terlalu lama.

Terutama jika plastik yang anda pakai membawa makanan maupun minuman dalam keadaan  suhu yang panas. Biasanya plastik yang digunakan untuk membungkus makanan maupun minuman merupakan plastik yang rentan terhadap suhu yang panas.

Sehingga bahan kimia yang ada pada plastik tersebut bisa meleleh dan kemudian berpindah ke makanan maupun minuman yang ada di dalamnya.

Proses  akan membuat makanan maupun minuman yangmembuat kontak menjadi tidak sehat lagi. Adanya perpindahan bahan kimia plastik ke  makanan dan minuman ini adalah hal yang perlu diperhatikan.

Sehingga jika anda meggunakan plastik untuk wadah makanan usahakan agar tidak terlalu lama, segera pindahkan makanan dan minuman ke tempat lain agar perpindahan bahan kimia tidak terjadi.

Kemudian semakin panas makanan dan minuman yang ada di dalamnya juga bisa mempercepat proses pemindahan bahan kimia itu menjadi semakin cepat lagi,hal ini dikarenakan semakin panas makanan atau minuman maka semakin cepat plastik meleleh. Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan plastik untuk membungkus makanan dan minuman.

Meski Proses pembuatan plastik sudah dibuat dengan sedemikian rupa namun tentunya plastik yang memiliki banyak kelebihan ini juga memiliki kekurangan seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Anda sendiri tahu bahwa dalam Proses pembuatan plastik itu juga membutuhkan proses yang lama.

Dan terdapat campuran berbagai material buatan yang didalamnya terdapat bahan kimia dalam jumlah banyak yang tentunya membuat plastik yang dibuat dalam Proses pembuatan plastikitu menjadi tercampur dengan banyak bahan kimia. Karena plastik ini sangat banyak digunakan dalam keseharian maka.

Anda hanya perlu mensiasatinya atau mengurangi penggunaannya sebisa mungkin, karena kini pun Anda sudah tahu dampak dan Proses pembuatan plastik.

The post Jenis-Jenis Plastik dan Penjelasannya appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Kerajinan Dari Limbah Plastik https://mesinpencacahplastik.id/kerajinan-dari-limbah-plastik/ Fri, 24 May 2019 03:31:51 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=509 Kerajinan Dari Limbah Plastik-,sejak dulu limbah plastik menjadi persoalan yang sulit sekali dipecahkan. Pemerintah suadah berupaya dengan mengadakan penyuluhan dan sosialisasi tentang pemanfaatan sampah agar tidak mencemari lingkungan, tetapi banyak masyarakat yang acuh tak acuh  dengan masalah tersebut. Masyarakat sendiri adalah  perusak kerindangan, kenyamanan, kebersihan, dan ketenangan alam, Bagaimana manusia merusak alam? ambil contoh mudah […]

The post Kerajinan Dari Limbah Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Kerajinan Dari Limbah Plastik

Kerajinan Dari Limbah Plastik-,sejak dulu limbah plastik menjadi persoalan yang sulit sekali dipecahkan. Pemerintah suadah berupaya dengan mengadakan penyuluhan dan sosialisasi tentang pemanfaatan sampah agar tidak mencemari lingkungan, tetapi banyak masyarakat yang acuh tak acuh  dengan masalah tersebut. Masyarakat sendiri adalah  perusak kerindangan, kenyamanan, kebersihan, dan ketenangan alam,

Bagaimana manusia merusak alam? ambil contoh mudah saja misal ditaman banyak orang yang sudah selesai makan membuang bungkus sesukanya.Itu hanya salah satu contoh bentuk kurang sadarnya masyarakat kita terhadap lingkungan. Kebiasaan ini sudah terlihat dari kecil,hal ini dikarenakan lingkungan yang mempengaruhi sikap mereka.

Limbah plastik, meskipun sudah disebut sampah,masih bisa diubah menjadi  barang yang bermangfaat. Salah satu bentuk pemangfaatkan sampah tersebut kita kenal dengan  daur ulang (recycle). Kegiatan mendaur ulang sampah merupakan tindakan positif terhadap kepedulian terhadap lingkungan.

Beberapa orang dapat menyulap benda yang menimbulkan berbagai masalah ini menjadi barang bermangfaat bahlan bernilai jual.

Mengubah sampah menjadi barang bernilai jual membutuhkan sentuhan kreativitas.Misal pembuatan tas, dompet, mainan anak-anak, bunga hias, pot, dan lain sebagainya.Simak beberapa jenis kerajinan dari limbah plastik yang dapat kalian jadikan referensi.


Macam – macam Kerajinan Dari Limbah Plastik

Tempat Pensil Unik

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Tempat pensil-adalah wadah untuk menyimpan pensil.Tempat pensil juga dapat diisi dengan alat tulis lain misal penghapus, pulpen,pena, tip‐x, pensil warna, dan kalkulator. Kotak pensil dapat terbuat dari berbagi jenis bahan misalnya plastik,kayu anyaman bambu, anyaman rotan, kain dan masih bayak lagi bahan yang dapat digunkan untuk membuat tempat pensil.

Lucu kan?,pasti tak tebayang tempat pensil ini terbuat dari botol shampo bekas.Tempat pensil lucu jika ditaruh di meja belajar dapat memberikan efek refreshing ketika jenuh belajar semalaman.Berikut cara cara membuat tempat pensil tersebut.

1).Bahan yang diperlukan tempat pensil

  • Botol shampo bekas (yang sudah kosong)
  • Kertas atau sricker berwarna (sesuai selera)
  • Gunting.cutter,lem
  • Double tap (isolas dua sisi)

2).Cara pembuatan tempat pensil

  1. Buat pola/bentuk pada botol shampo.
  2. Potong sesuai pola menggunakan cutter/gunting.
  3. Buat tangan pada bagian yang dipotong/tidak digunakan.
  4. Bentuk wajah dan riasan,lalu rekatkan semua bagian dengan lem.
  5. Rekatkan Double tip pada bagian belakang tempat pensil.
  6. Selesai.

Dompet Unik Botol Bekas

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Dompet-adalah sejenis tas berukuran kecil yang biasa digunakan sebagai alat menyimpan uang, kartu kredit, kartu identitas, dokumen-dokumen penting, foto, kartu nama, dan barang-barang pribadi lainnya.

Pada umumnya dompet terbuat dari kain atau kulit, alasan penggunaan bahan tersebut dikarenakan dapat bertahan lama. Sebagian besar jenis dompet bisa dilipat dan bisa dikatakan sangat unik apabila kita menemukan sebuah dompet yang tidak bisa dilipat.

Meskipun ukurannya dompet sangat beraneka macam , dompet biasanya berukuran yang sesuai untuk dimasukkan dalam kantong saku.

Sebagian orang pasti menyukai dompet, terutama karena kemudahan yang ditawarkan untuk menyimpan barang-barang pribadi yang penting sehingga mudah dibawa kemanapun.Begitu pentingnya fungsi barang ini sehingga jika orang berpergian pasti membawa dompet.

Namun kali ini kita akan membuat dompet bukan dari kain maupun kulit,melainkan menggunakan botol bekas minuman.

1).Bahan yang diperlukan dompet botol

  • 2 botol Bekas minuman ( ukuran harus sama )
  • Paku atau Kawat
  • Benang dan jarum jahit
  • Lem
  • Resleting
  • Cat semprot ( warna sesuai selera )
  • Cutter atau gunting

2).Cara pembuatan dompet botol

  1. Potong bagian bawah botol dengan gunting/cutter.
  2. Lubangi sekeliing tepi botol menggunakan paku/kawat panas.
  3. Warnai dengan cat semprot.
  4. Setelah kering ambil resleting lalu rekatkan di kedua ujung botol dengan lem (lem di dalem biar rapi).
  5. Jahit resleting dengan jarum dan benang.
  6. Tambahkan pernak-pernik jika perlu.
  7. Selesai.

Boneka Pinguin Lucu

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Ini adalah sejenis mainan yang dapat berbentuk macam-macam, misal manusia atau hewan,maupun tokoh-tokoh fiksi. Boneka menjadi salah satu mainan yang paling tua,boneka sudah ada pada zaman Yunani, Romawi maupun Mesir kuno. Namun fungsi, bentuk, maupun bahan pembuatnya sudah berubah.

Kali ini kita membuat boneka menggunakan botol minuman bekas.Selain ramah lingkungan,boneka ini juga dapat dengan mudah dibuat.

1).Bahan yang diperlukan boneka

  • 2 buah botol air mineral bekas atau soft drink ukuran besar (1 liter)
  • Cat air atau cat minyak (warna sesuai selera)
  • Kuas
  • Gunting atau cutter
  • Lem plastik
  • Kain perca

2).Cara pembuatan boneka

  1. Potong salah satu botol pada bagian tengahnya.Sementara botol satunya, potong sekitar 5 sentimeter dari bagian dasarnya.
  2. Satukan kedua botol hingga tertutup rapat kedua lubangnya. Lem supaya tak mudah terlepas pada bagian sambungannya.
  3. Warnai semua bagian dengan cat putih.Pada salah satu sisi luar gambar bentuk perut pinguin.
  4. Beri mata dan mulut lalu warnai.
  5. Siapkan kain perca,bentuk menyerupai syal pingun.Gunting kain perca lain untuk topi pinguin.
  6. Lilitkan syal pada leher pinguin dan letakan topi di kepala pinguin.
  7. Selesai.

Gelang Unik

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Tidak harus mahal untuk kelihatan keran/cantik.Cukup bermodalkan bahan botol bekas untuk membuat gelang ini.Cantik kan gelangnya,bisa untuk bergaya didepan teman kamu bukan,proses pembuatanya pun cukup mudah.

1).Bahan yang diperlukan gelang

  • Botol plastik
  • Isolasi
  • Setrika
  • Gunting
  • Cat kuku atau cat acrilic

2).Cara pembuatan gelang

  1. Beri isolasi pada botol.Untuk mempermudah pemotongan pola.
  2. Gunting pola isolasi menggunakan gunting.
  3. Lepas pola isolasi pada botol.
  4. Siapkan setrika.Setelah cukup panas,gosokan sisi luar botol pada pemampang setrika lakukan pada kedua sisi.
  5. Cat gelang yang sudah jadi menggunakan cat kuku atau cat acrilic sesuai selera.
  6. Selesai

Bunga Dari Botol Bekas

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Capek merawat bunga namun selalu layu dan ujungnya mati?. Atau malas menyirami dan memberikan pupuk setiap hari.Sepertinya bunga dari botol bekas ini bisa menjadi alternatif untuk masalahmu. Tanpa harus menyirami dan juga tak repot repot untuk memberinya pupuk.

Hiasan ini dapat diletakan didepan rumah atau diruangamu,agar membuat terlihat lebih indah dan cantik.Cara membuatnya pun mudah saja.

1).Bahan yang diperlukan bunga

  • Botol plastik bekas
  • Bola-bola styrofoam
  • Gunting
  • Solder

2).Cara pembuatan bunga

  1. Potong bagian dasar botol,lubangi bagian bawah botol lalu masukkan mulut botol kedalam lubang pada dasar botol.
  2. Buat potongan botol tadi menyerupai umbai-umbai.
  3. Keritingkan umbai-umbai ( gunakan gunting untuk mengerut satu-persatu umbai ke bagian luar ).
  4. Tusukan bola-bola styrofoam ke umbai-umbai ( atur jarak sesuai selera ).
  5. selesai.

Lampu Hias Unik

Kerajinan Dari limbah Plastik

Bosen lampu hias yang biasa-biasa saja,ingin sesuatu yang unik dan jarang dilihat,ingin beli takut mahal?.Tidak perlu keluara banyak uang untuk membeli lampu hias unik.Cukup menggunakan sendok plastik bekas kita dapat membuat lampu gantung  yang indag dan unik sendiri.

Lampu gantung ini dapat diletakan di depan rumah,ruang keluaga,tempat santai.Cara membuatnya pun relatif mudah.

1).Bahan yang diperlukan lampu hias

  • Sendok plastik bekas (Banyak),diusahakan warna putih
  • Gunting/cutter
  • Lem tembak
  • Lampu dan sangkarnya
  • Botol plastik bekas ukuran besar
  • Kabel dan colokan

2).Cara pembuatan lampu hias

  1. Potong semua gagang sendok (sisakan sedikitm untuk pegangan).
  2. Ambil botol bekas,potong bagian bawah sesuai selera (bagian kepala botol kebawah yang diperlukan).
  3. Rekatkan sendok bekas menggunakan lem tembak.Di mulai dari bawah terus menggelilingi hingga botol tertutup sempurna.
  4. Ambillah kabel dan masukkan dari bagian bawah botol plastik secara perlahan, sambungkan colokan dan sangkar lampu.
  5. Pasang lampu.
  6. Selesai.

Pot Bunga Lucu

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Adalah tempat untuk menanam bunga,biasanya terbuat dari tanah liat,semen,plastik.Pot bisa diletakan didepan rumah maupaun digantung.

Kalian suka memelihara atau merawat bunga?,tapi mnggunakan pot bewarna dasar saja akan membuat bunga kurang menarik.Kita bisa membuat pot yang lucu dan unik.Kerajinan dari limbah plastik ini dapat dibuat dengan mudah.

1).Bahan yang diperlukan pot

  • Botol bekas
  • Gunting/cutter
  • Car akrilic

2).Cara pembuatan pot

  1. Gambar pola sesuai selera (Misal kepala kucing/tikus)
  2. Letakan pola pada botol lalu potong sesuai pola.
  3. Cat botol bekas.Pertama gunakan warna putih sebagai dasar,setelah kering lukis sesuai selera.
  4. Selesai.

Kursi Dari Bekas Botol

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Siapa bilang kursi yang lembut,cantik harus mahal?,bermodalkan botol plastik dan busa kita dapat membuat kursi sendiri.Kita bisa meletakan kursi diluar rumah atau kebun,pasti akan terlihat cantik.Proses membuatnya pun cukup mudah.

1).Bahan yang diperlukan kursi

  • Botol plastik bekas (ukuran sama)
  • Lakban
  • Kardus bekas/triplek
  • Busa
  • Kain perca

2).Cara pembuatan kursi

  1. Susun botol plastik meyerupai segi 6,jika sudah ikat semuanya menggunakan lakban.
  2. Bentuk kardus bekas/triplek menjadi lingkaran sesuai diameter kursi.
  3. Letakan kardus bekas/triplek di bagian atas maupun bawah kursi.Jika sudah rekatkan dengan lakban.
  4. Lapisi semua bagian menggunakan busa.
  5. Setelah semua tertutup jahit busa lalu rapikan.
  6. Tutup Kurdi menggunakan kain.
  7. selesai.

Taplak Meja

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Adalah alas yang digunakan diatas meja yang bertujuan agar meja tidak menjadi kotor dan sebagai hiasan.Taplak biasa terbuat dari kain.Namun disini kita mengunakan sedotan untuk membuat taplak meja tersebut.Dengan bahan plastik taplak meja ini tidak gampang basah/becek saat diatasnya ditaruh minuman dingin atau es.

1).Bahan yang diperlukan taplak meja

  • Sedotan
  • Gunting
  • Benang
  • Jarum jahit

2).Cara pembuatan taplak meja

  1. Potong sedotan,kurang lebih 2 cm.
  2. Buat potongan sedotan 250 buah sudah cukup.
  3. Masukan benang ke jarum jahit,setelah itu ikat ujung benang dengan simpul mati.
  4. letakann 3 buah potongan sedotan ke benang jagit.lalu bentuk menjadi segitiga
  5. Jika sudah Masukan 2 buah potongan sedotan sedotan dan seterusnya hingga membentuk segi enam.
  6. Setelah membentuk segi enam buat lagi pada sisi disampingnya.
  7. Selesai.

Sapu

Kerajinan Dari LImbah Plastik

Alat pembersih yang biasa terdiri dari beberapa bagian serat /serabut yang biasanya terikat dengan pegangan berbentuk  silindris yaitu sapu. Sapu  mengalami  banyak perubahan mulai dari bahan ranting-ranting pohon hingga se-ikatan serat-serat alami.Namun kali ini saya akan membuat sapu yang terbuat dari botol plastik bekas.

1).Bahan yang diperlukan sapu

  • Botol plastik bekas
  • Pisau/gunting
  • Tali/kawat
  • Kayu bulat/pipa (Digunakan untuk pegangan sapu)

2).Cara pembuatan sapu

  1. Potong botol plastik menjadi 2 bagian.Jika ingin lebih kuat gunakan 2 buah botol plastik atau lebih.
  2. Setelah dipotong.bentuk potongan sampai menyerupai bentuk sisir.
  3. Gabungkan botol diantara kayu dan pegangan.
  4. Ikat botol menggunakan tali/kawat.
  5. Selesai.

Hiasan Pohon

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Ingin dekorasi unik?,mungkin membuat kerajinan dari limbah plastik botol bekas menjadi pohon cantik bisa menjadi alternatif pilihan.Selain mudah dibuat pohon botol ini juga tida perlu dirawat,cukup membersihkannya jika kelihatan kotor.

1).Bahan yang diperlukan pohon

  • Botol plastik bekas
  • Lem
  • Triplek/kardus bekas
  • Paku
  • Benang
  • Cat

2).Cara pembuatan pohon

  1. Buat pola batang pohon pada triplek/kardus bekas,jika sudah potong sesuai pola.
  2. Satukan bagian yang sudah dipotong hingga menyerupai pohon dengan lem.
  3. Buat lagi ranting/dahan dengan triplek/kardus bekas.
  4. Potong bagian bawah botol,bagian ini digunakan sebagai daun.
  5. Lukis potongan botol sesuai selera.
  6. Lubangi salah satu ujung potongan botol dengan paku.
  7. Masukan benang.
  8. Ikat potongan botol ke ranting pohon dengan tali tadi.
  9. Susun hingga membentuk pohon.
  10. Selesai.

Bingkisan Dari Botol Bekas

Kerajinan Dari Limbah Plastik

Pernah merasa bingung ketika mau memberikan bingkisan apa saat hari ulang tahun atau acara lainnya? Tenang saja. Kamu bisa membuat botol bekas menjadi tempat bingkisan yang sangat menarik.

Buat wadah bingkisan lalu masukan beberapa benda-benda kecil,hasilnya bingkisan kamu terlihat sangat unik dan banyak orang yang akan senang dengan hadiah tersebut.

1).Bahan yang diperlukan

  • 2 buah botol plastik bening
  • Gunting
  • Lem
  • Tali pita
  • Cat

2).Cara pembuatan

  1. Potong bagian bawah botol dengan gunting (sebagai alas dan tutupnya)
  2. Buat lubang di salah satu bagian alas botol tadi,jika sudah tempelkan ranting buatan beserta daunnya.
  3. Satukan bagian atas dan bawah menjadi seperti buah apel.
  4. Warnai sesuai selera.
  5. Selesai.

Pentingnya Kerajinan Dari Limbah Plastik

Langkah terbaik untuk mengurangi sampah adalah dengan menggunakan sampah menjadi bahan baku untuk membuaat benda/barang yang bermangfaat. Bahan sampah dapat digunakam kembali sehingga barang-barang yang sudah tidak berguna dapat dijadikan barang baku yang bermangfaat dan bernilai jual.

Meskipun sampah tersebut tidak hilang,setidaknya jumlah sampah menurun.Bayangkan saja jika setiap orang membuat benda bermangfaat dari sampah,pastinya jumlah sampah di dunia turun secara signifikan. Oleh karena itu, jangan meremehkan orang-orang yang dapat memangfaatkan sampah.

Membuat kerajinan dari sampah dapat kita mulai dari mencari informasi di internet.Kita bisa mencari apa yang mau kita buat,bahan yang diperlukan apa saja?,cara pembuatanya,bahkan sampai jumlah sampah yang digunakan.

Peluang Usaha Kerajinan Dari Limbah Plastik

Di bidang ini terbilang sangat bagus  dengan berbagai repons positif kalangan masyarakat.Usaha kerajinan limbah plastik menjadi usaha rumahan yang menguntungkan,hal ini mengakibatkan banyak orang yang tertarik pada usaha tersebut.Selain itu jenis usahai ini bisa menjadi berpotensi dan cemerlang.

Usaha kerajinan dari limbah plastik juga tidak mengenal waktu dan musim karena jumlah sampah sangat banyak.Selain itu biaya operasionalnya tidak terlalu banyak,tetapi menghasilkan keuntungan yang sangat fantastis.Usaha ini dari waktu ke waktu menunjukan perkembangan pesat dan bagus.

Memulai Usaha Kerajinan Dari Limbah Plastik

JIka telah memutuskan terjun ke bisnis anda harus mempunyai moda.tenang saja modal yang diperlukan tidak terlalu besar,anda hanya perlu mesin untuk  menghancurkan limbah tersebut.

Konsumen Kerajinan Dari Limbah Plastik

Mencari konsumen dalam usaha ini tidak sulit,apalagi barang yang anda hasulkan adalah bijih plastik.Bijih plastik nanti akan disetor ke pabrik plastik yang sudah berdiri di indonesia.Permintaan dari pabrik asing juga cukup tinggi.

Keuntungan & Kekurangan Usaha Kerajinan Dari  Limbah Plastik

Yang pertama keuntungan.

Keuntungan yang paling jelas jika terjun ke bisnis ini adalah turut menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.Selain itu seperti yang saya bilang tadi biaya operasional yang rendah tapi mendapat keuntungan fantastis.

Kekurangan

Biasanya hal yang paling menganggu usaha sampah adalah bau yang menyengat dan mengangu masyarakat.Dalam menjalankan bisnis kerajinan dari limbah plastik dibutuhkan beberapa tips agar bisnis lebih lancar,bagi anda yang ingin memulai bisnis ini silahkan perhaikan beberapa tips berikut.

  • Memiliki modal yang cukup untuk membeli plastik dari pemulung.
  • Mempunyai lahan yang cukup luas untuk penyimpanan plastik dan juga hasil produksi.
  • Memiliki karyawan untuk membersihkan,menyortir,dan mengolah sampah.
  • dan yang terakhir bekerja sama dengan pengepul plastik.
  • Memiliki alat yang memadai usaha tersebut.

Mungkin itu akhir dari artikel ini bila ada salah kata saya mohon maaf.Terima kasih dan sampai jumpa.

The post Kerajinan Dari Limbah Plastik appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Limbah Rumah Tangga Serta Penanganannya https://mesinpencacahplastik.id/limbah-rumah-tangga/ Fri, 24 May 2019 03:25:18 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=347 Contoh limbah rumah tangga Apa yang dimaksud limbah rumah tangga? yang dimaksud adalah limbah yang berasal dari dapur,kamar mandi,cucian,limbah bekas industri rumah tangga dan kotoran manusia.Limbah merupakan buangan atau sesuatu yang tidak terpakai berbentuk cair ,gas dan padat.Pada kandungan air limbah mengandung banyak bakteri.. Apakah limbah rumah tangga berbahaya? tentu saja jawabanya adalah Ya,mengapa demikian? […]

The post Limbah Rumah Tangga Serta Penanganannya appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>

Contoh limbah rumah tangga

Apa yang dimaksud limbah rumah tangga? yang dimaksud adalah limbah yang berasal dari dapur,kamar mandi,cucian,limbah bekas industri rumah tangga dan kotoran manusia.Limbah merupakan buangan atau sesuatu yang tidak terpakai berbentuk cair ,gas dan padat.Pada kandungan air limbah mengandung banyak bakteri..

Apakah limbah rumah tangga berbahaya? tentu saja jawabanya adalah Ya,mengapa demikian? karena didalam limbah terdapat bahan kimia yang dapat memberikan kehidupan bagi kuman-kuman penyebab penyakit disentri,tipus,kolera,dan penyakit lainnya.Selain menyebabkan penyakit,limbah rumah tangga juga dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan lingkungan.

Karakteristik Limbah Rumah Tangga

Limbah dianggap lebih banyak menghasilkan hal negatif dibandingkan positif sehingga menjadi mengganggu.Oleh karena itu harus ada tindakan terhadap pengelolaan limbah,adapun karakteristik’;limbah terbagi menjadi beberapa jenis,misalnya :

 Fisik

  1. Zat Padat

Pertama adalah karakteristik fisik limbah Dimana total zat atau biasa disebut sebagai zat solid,yakni seluruh zat padat yang tetap ada sebagai residu setelah proses pemanasan pada suhu 103°C sampai 105°C dalam laboratorium, sehingga tidak akan hancur dengan suhu yang panas. Partikel padat didefenisikan sebagai supensed solid yang dapat menembus kertas saring dengan diameter minimal 1 mikro dan cukup sulit dihancurkan.

  1. Bau

Bau merupakan efek yang ditimbulkan dengan adanya limbah.Hal  tersebut dihasilkan oleh adanya gas-gas hasil dekomposisi atau  penguraian zat organik dalam air limbah.Gas-gas yang dapat menimbulkan bau dalam air limbah antara lain, amonia dan senyawa organik sulfida.

Sulfida biasanya ditemukan sebagai sulfat, jika terdapat dalam air kotor dan akan mengalami oksidasi dengan udara dan membentuk sulfida yang menimbulkan bau tidak sedap. Sehingga anda mungkin akan mencium bau yang tidak sedap jika melewati sungai yang tercemar. Dalam kondisi asam, air yang mengandung ion sulfida dapat menghasilkan hydrogen sulfida yang sangat beracun meskipun dalam konsentarsi yang rendah (0,2 ppm) dan berbahaya meskipun hanya digunakan untuk membasuh kulit.

  1. Suhu

Untuk suhu limbah biasanya lebih tinggi dari pada suhu di sekitarnya.Suhu limbah juga dapat murunkan kadar DO (Dissolves oxygen).Anda bisa mengetahui dengan menggunakan termometer biasa.

  1. Warna

Warna adalah karakteristik fisik paling mudah dilihat,air limbah memiliki warna tertentu tergantung dari kandungan air limbahnya.Hal ini dikarenakan adanya proses dekomposisi bahan organik dan menurunnya jumlah oksigen sampai menjadi nol dan memudarkan warnanya. Sayangnya air yang tidak berwarna bukan berarti tidak berbahaya.

  1. Kekeruhan

Air limbah terlihat keruh disebabkan zat organik, lumpur, tanah liat, serta organisme lainnya yang mengapung dan membutuhkan waktu mengendap yang lama. Semakin keruh air limbah dapat dikatakan semakin besar kandungan limbahnya yang dapat dilihat dengan  sekilas saja.

Kimia

  1. Bahan organik

Karakteristik yang satu ini dapat dilihat dari bahan kimia yang berupa bahan organik. Air limbah tersebut mengandung bahan organik berupa protein sebesar 65%, karbohidrat sebesar 70%, dan lemak atau minyak sebesar 10%.

  1. BOD (Biologycal Oxygen Demand)

Biologycal oxygen demand adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh mikro organisme di dalam lingkungan air, untuk mengubah bahan organik yang terdapat di dalam lingkungan air yang terkait.

  1.  DO (Dissolved Oxygen)

Dissolved oxygen merupakan oksigen yang terlarut di dalam air.Merupakan suatu kebutuhan dasar yang akan menyokong kehidupan tanaman dan juga hewan di dalam air.

  1.  COD (Chemical Oxygen Demand)

Chemical oxygen demand adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi bahan organik yang dapat dilihat secara kimiawi. Yang di dalamnya terdapat air yang sempurna, agar bahan tersebut dapat berubah menjadi bentuk lainnya secara alami.

  1. PH

PH atau deraja keasaman adalah ukuran yang menunjukan kadar asam dan basa di dalam suatu larutan. Pada saat air limbah Demiliki pH yang tidak netral maka hal itu akan menimbulkan limbah yang berbahaya. Apabila ada perubahan keasaman yang terjadi pada air limbah, maka pH akan naik dan dapat mengganggu ekosistem air.

Sumber Limbah Rumah Tangga

Secara garis besar sumber limbah tangga terbagi menjadi 3 yaitu,limbah organik, anorganik dan B3 :

Organik

Limbah organik adalah limbah yang dapat diuraikan kembali oleh bakteri,dan jika dilihat umum pengertian limbah organik itu sendiri berasal dari berbagai  macam sisa aktifitas manusia ,hewan maupun tumbuhan.

contoh limbah organik :

      • Dedaunan
      • Kotoran hewan
      • Kotoran manusia
      • Sisa sayuran
      • Kulit pohon
      • Tulang hewan,dll

Anorganik

Pengertian limbah anargonik adalah sisa limbah yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri.Limbah anorganik menjadi pemasok limbah terbanyak di dunia.Hal ini disebabkan karena limbah jenis ini sangat sulit untuk terurai,contoh limbah anargonik :

      • Sisa sabun cuci
      • Samoah Kantong Plastik
      • Limbah minyak
      • Sampah botol plastik
      • Sampah dari logam
      • Sisa kain,dll

B3

Limbah B3.Atau limbah kimia adalah limbah yang memiliki sifat dan konsentrasi, dan mengandung zat beracun atau zat berbahaya. Yang secara langsung atau secara tidak langsung dapat membahayakan, merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup manusia dan organisme lainnya.

Limbah B3 ini tidak hanya dihasilkan oleh kegiatan industri, tetapi ada beberapa benda-benda rumah tangga yang juga menghasilkan limbah  tersebut,misalnya :

      • Pemutih pakaian
      • Deterjen pakaian
      • Pembersih kaca atau jendela
      • Bekas pengharum ruangan
      • Pembasmi serangga
      • Pembersih lantai,dll

Dampak Adanya Limbah

Limbah mengandung berbagai macam efek buruk baik terhadap kesehatan makhluk hidup maupun lingkungan.Dampak maupun efek yang ditimbulkan limbah,diantaranya sebagai berikut :

  1. Gangguan terhadap kehidupan biotik

Air limbah mengandung zat yang dapat menyebabkan kadar oksigen dalam air menurun sehingga mengakibatkan kehidupan di dalam air kekurangan oksigen.

2. Gangguan terhadap kesehatan

Air limbah sangat berbahaya bagi kesehatan karena banyak mengandung bakteri pantogen.Air limbah juga mengandung bahan beracun yang dapat menyebabkan iritasi, bau, suhu yang meningkat, serta bahan yang mudah terbakar.

3. Gangguan terhadap benda

Limbah mengandung gas CO2 yang bisa mempengaruhi proses pembentukan karat(pengkaratan) pada benda-benda yang terbuat dari besi.Baik kadar pH limbah terlalu rendah ataupun terlalu tinggi,akan menimbulkan kerusakan pada benda yang dilaluinya.

4. Gangguan terhadap keindahan

Limbah yang mengandung ampas, lemak, dan minyak tentu akan menimbulkan sejenis busa di permukaan air dan bau,dimana wilayah sekitarnya menjadi licin oleh minyak, tumpukan ampasnya mengganggu pemandangan.

Penaganan Limbah Rumah Tangga

limbah rumah tangga

Pemisahan jenis sampah

Apakah ada seseorang yang tidak terganggu dengan sampah? mayoritas pasti berfikir sampah sangat menggagu pemandangan maupun penciuman.Dari pada menuggu sampai pihak terkait terlibat,kita juga bisa mengelola limbah sendiri.Bagaimana caranya?,mari kita tengok cara efektif penanganan limbah rumah tangga,berikut ini cara mudah dan sederhana mengelola limbah rumah tangga.

Pertama yang anda harus lakukan adalah pisahkan limbah berdasarkan jenisnya.Langkah ini sangat penting untuk melakukan pengelolaan sampah yang lebih baik di rumah,pisahkan sampah organik,kaca,kertas,plastik dan sampah kimia di tempat khusus.

Penanganan Limbah Organik

Pengelolaan limbah organik yang berasal dari makhluk hidup dapat  dijadikan sebagai pakan ternak,kompos,Biogas .dan didaur ulang sebagai bahan kerajinan.

1. Makanan ternak

Sampah organik seperti sayur-sayuran (misal : tomat,kentang,kangkung,kubis,kol,sawi,dll) maupun buah-buahan(buah- buahan sisa,maupun buah kualitas buruk ) biasannya dimanfaatkan untuk pakan kambing,itik,ayam,sapi,kelinci dll.Hal ini sangat menguntungkan selain mengurangi limbah juga mengurangi biaya pakan ternak.

2. Pengomposan

Pengomposan adalah upaya pengelolaan limbah dari tumbuh-tumbuhan menggunakan prinsip penguraian oleh mikroba.Agar pertumbuhan organisme dalam pengomposan optimun maka diberlukan beberapa kondisi yang sesuai diantaranya,campuran nutrisi yang cukup,suhu,kelembapan,udara,dan kandungan oksigen yang cukup.

3. Biogas

Gas yang dihasilkan dari proses pembusukan limbah organik secara aenerobik dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif.Bahan bakuanya berasal dari kotoran hewan,sisa-sisa tumbuhan ,atau campuran keduanya.Seara garis besar,biogas dapat dibuat dengan cara mencampur sampah organik dengan air kemudiandimasukan ke temapat yang kedap udara.

Cara Membuat Biogas

Alat
        1. 1 buah Galon
        2. Pisau yang tajam
        3. 2 buah Pipa logam yang kecil dengan diameter 1 centimeter dan panjang 10 centimeter dan 20 centimeter
        4. Selang plastik yang berdiameter 1 centimeter dan panjang 1 meter
Bahan
        1. Air Secukupnya
        2. Eceng Gondok atau sayuran sisa yang masih mentah
Cara pembuatan
        1. Masukan eceng gondok atau sayur hingga memenuhi 1/2 galon.
        2. Masukan air secukupnya,lalu tutup rapat
        3. Diamkan galon selama seminggu,ini bertujuan untuk membusukan bahan organik
        4. Siapkan dua buah pipa logam.
        5. Tutup galon dilubangi sedikit untuk pipa logam dengan menggunakan pisau tanpa membuka tutupnya dari galon supaya gas tidak keluar. Tusukan pipa logam ke tutup galon yang sudah dilubangi tadi.
        6. Sambungkan selang plastik  di lubang bekas tusukan pada tutup galon.
        7. Pada ujung selang plastik  kemudian disambungkan pada pipa logam yang panjangnya 20 centimeter. Setelah selesai, dapat dicoba dengan menyalakan korek api pada ujung pipa logam.

4.Daur ulang

Daur ulang merupakan salah satu cara mengolah sampah organik maupun anorganik menjadi benda-benda yang bermangfaat.Daur ulang diperoleh setelah melewati 3 tahapan yaitu :

    1. Pemisahan bahan-bahan organik dan anorganik.
    2. penyimpanan bahan-bahan yang dapat dijadikan kompos dan pengolahan kaleng,plastik,dan botol bekas.
    3. Pengiriman/penjualalan kepada pengepul maupun pabrik

Penanganan Limbah Anorganik

Limbah anorganik plastik,kaleng,botol,kertas,kaleng,plastik.Sebelum di buang ke TPA lebih baik dipilah terlebih dahulu,karena ada kemungkina limbah tersebut dapat dimangfaatkan.

  • Dijual

Siapa bilang barang bakas tidak memiliki nilai jual? Beberapa jenis limbah anorganik jika dijual dalam jumlah besar maka akan dihargai dengan harga yang lumayan.Beberapa contoh limbah anorganik yang masih laku dijual adalah plastik,besi,botol bekas,alat elektronik,kaca,kaleng dan sejenisnya.

  • Daur ulang

Daur ulang merupakan salah satu cara mengolah sampah organik maupun anorganik menjadi benda-benda yang bermangfaat.Daur ulang diperoleh setelah melewati 3 tahapan yaitu :

    1. Pengelompokan anorganik.
    2. penyimpanan yang dapat di daur ulang kaleng,plastik,dan botol bekas.
    3. Pengiriman/penjualalan kepada pengepul maupun pabrik,maupun di daur ulang sendiri.
Untuk Pengelompokan Dapat Menjadi Seperti Berikut:
    1. Limbah plastik

Pertama adalah limbah plastik,limbah ini biasanya berasal dari pembungkus makanan maupun minuman.Indonesia menjadi negara penghasil sampah plastik terbesar ke-dua di dunia.

limbah rumah tangga

Dari grafik diatas kita dapat melihat jumlah limbah plastik yang dihasilkan indonesia dalam setahun.Limbah plastik juga sulit untuk terurai,karena itu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah limbah plastik dengan melakukan daur ulang.

Misalnya hasil dari daur ulang ember plastik,dapat dibuat menjadi ember baru,sendik makanan,pot bunga,tempat sampah,dll.Plastik bekas pembugkus makanan dapat didaur ulang menjadi tas,dompet,tas belanja,atau sandal.Botol bekas minuman dapat dibuat sebagai pot bunga,tempat alat tulis,dll.

    1. Limbah Logam

Kedua limbah dari bahan logam seperti besi,alumunium, timah, dan lain sebagainya dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita.Contoh limbah yang dapat dengan mudah kita temui adalah limbah dari bahan kaleng.

Sampah dari bahan kaleng dapat dijadikanmenjadi produk yang bemangfaat. Berbagai produk yang dapat dihasilkan dari limbah kaleng di antaranya vas bunga,tempat sampah,celengan,dll.

    1. Limbah kaca

Ketiga limbah kaca,kaca sudah pecah dapat didaur ulang menjadi barang-barang sama seperti barang semula atau menjadi barang lain misal vas bunga,cendera mata,botol baru, atau hiasan-hiasan lainnya yang mempunyai nilai artistik dan ekonomis.

    1. Limbah kertas

terakhir adalah limbah kertas,limbah jenis ini memang tidak terlalu sulit terurai,dibandingkan limbah-limbah lainnya.Tapi jika terlalu banyak limbah dan berserakan tetap saja akan menimbulkan masalah.

Sampah dari kertas dapat didaur ulang berdasarkan 2 proses,yaitu secara lamgsung dan secara tak langsung.Secara langsung artinya kertas tersebut langsung dibuat kerajinan atau barang yang berguna lainnya. Sedangkan secara tak langsung artinya kertas tersebut dapat dilebur terlebih dahulu menjadi kertas bubur, kemudian dibuat berbagai kerajinan.Hasil daur ulang kertas banyak sekali ragamnya seperti kotak hiasan, sampul buku, bingkai,tempat pensil, dll.

  • Sanitary landfill

Metode ini dapat mudah dilihat di TPA (Tempat pembuangan Akhir).Sanitary Landfill adalah sistem pengelolaan (pemusnahan) sampah dengan cara  membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya , dan kemudian menimbunnya dengan tanah.

Alasan metode ini mudah dijumpai disebabkan oleh  biaya pegoprasiannya yang termurah dibanding metode lainnya. Sebuah wilayah yang menjadi tempat pembuangan akhir yang menggunakan sistem sanitary landfill, harus memiliki beberapa elemen, yaitu :

    1. Lining system : Lining system adalah bagian terbawah yang bersentuhan dengan tanah. Bagian ini biasa terbuat dari campuran tanah dan bentonite agar cairan dari pembusukan sampah tidak akan merembes ke dalam tanah dan mencemari air tanah
    2. Leachate Collection System : leachate adalah cairan yang keluar dari pembusukan sampah dan terkontaminasi oleh berbagai bahan kimia atau bakteri. Oleh karena itu cairan tersebut tidak boleh sampah merembes kedalam tanah. Selain lining system di bagian bawah , di atasnya akan dibuatkan leachate collection system untuk mengumpulkan lindi agar tidak menggenang dan pada akhirnya merembes ke dalam tanah
    3. Cover or cap system : gunanya untuk mengurangi air, seperti hujan yang masuk ke dalam tumpukan sampah agar jumlah leachate atau lindi tidak semakin banyak
    4. Sistem Ventilasi : pembusukan sampah akan menghasilkan gas metana dan konsentrasi gas tanpa bisa disalurkan beresiko menimbulkan ledakan
    5. Sistem Monitor : untuk mengawasi dan memberi peringatan dini jika terjadi kebocoran dalam sistem yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan
  • Pembakaran

Mungkin anda akan berpendapat bahwa metode ini dapat merusak ozon karena asap yang dihasilkan.Memang hal ini benar adannya,tapi terdapat cara untuk mengurangi bahaya dari membakar sampah.Salah satunya dengan dibakar menggunakan insinerator.

Usaha Pencegahan Terhadap Limbah Rumah Tangga

limbah rumah tangga

Pencegahan pencemaran limbah rumah tangga

Selain melakukan tindahan terhadap limbah,kita juga dapat melakukan pencegahan terhadap peningkatan volume limbah di sekitar kita.Bagaimana caranya?langsung saja kita lihat

Tahapan Pencemaran Limbah

  1. Pertama,Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman penduduk mengapa.
  2. Kedua,yaitu Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem.
  3. Ketiga,Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.
  4. Selanjutnya adalah meluaskan gerakan penghijauan.
  5. Selanjutnya peran setiap warga dibutuhkan yaitu melakukan pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.
  6. Dan yang paling penting Memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungan hidupnya.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan.Terima kasih dan sampai jumpa.

 

The post Limbah Rumah Tangga Serta Penanganannya appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Akibat Membuang Sampah Sembarangan https://mesinpencacahplastik.id/akibat-membuang-sampah-sembarangan/ Fri, 24 May 2019 03:23:23 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=403 Akibat Membuang Sampah Sembarangan –  Sampah merupakan masalah yang masih terdapat sampai saat ini. Masalah yang diakibatkan membuang sampah secara sembarangan oleh sabagian orang. Beberapa Negara sudah bertindak tegas membuat peraturan untuk menyikapi masalalah itu, namum banyak orang melanggar peraturan tersebut. Di indonesia sendiri banyak orang membuang secara sembarangan, misalnya di seloka, jalan, dan lain […]

The post Akibat Membuang Sampah Sembarangan appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
akbat membuang sampah sembarangan

Akibat Membuang Sampah Sembarangan –  Sampah merupakan masalah yang masih terdapat sampai saat ini. Masalah yang diakibatkan membuang sampah secara sembarangan oleh sabagian orang. Beberapa Negara sudah bertindak tegas membuat peraturan untuk menyikapi masalalah itu, namum banyak orang melanggar peraturan tersebut.

Di indonesia sendiri banyak orang membuang secara sembarangan, misalnya di seloka, jalan, dan lain sebagainya. Perilaku ini bahkan sudah menjadi seperti sebuah kebiasaan.

Perilaku membuang sembarangan disebabkan oleh sikap malas membuang sampah pada diri sendiri.Akibatnya sampah menjadi menumpuk dan membahayakan .

Terkadang tempat sampah sudah tersedia namun masyarakat seolah-olah tidak melihatnya dan malah membuang sampah tersebut di mana-mana.Kurangnya penyedian tempat sampah juga mempengaruhi hal tersebut.Remaja, kalangan orangtua, bahkan anak-anak tidak mengenal usia, jenis kelamin, dan status pekerjaanpun sering membuang sampah sembarangan.

Masalah yang Timbul akibat Membuang Sampah Sembarangan

akibat membuang sampah sembarangan

Saat keluar rumah dapat dengan mudah menjumpai kata  “Buanglah Sampah Pada tempatnya”, kalimat ini dapat ditemukan hampir di setiap sudut kota misalnya di kampus, sekolah, pinggir jalan tempat lainnya.

Pertanyaannya Mengapa masih ada yang membuang sampah sembarangan?. Kita dapat menyimpulkan bahwa Kesadaran setiap individu bahwa kebersihan adalah hal yang sangat penting seharusnya diwujudkan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Kebiasaan membuang sampah dilakukan oleh masyarakat secara terang-terangan di depan umum tanpa rasa malu dan bersalah sedikitpun. Mereka yang membuang sampah sembarangan itu tidak memikirkan bagaimana jika orang lain yang melihat perbuatannya.

Sebaliknya ketika melihat orang lain yang membuang sampah sembarangan tidak ada yang menegur, bahkan mereka sama sekali tidak memperdulikan hal tersebut. Dari ketidakpedulian tersebut telah menjadikan aktivitas membuang sampah itu sulit dihentikan dan lambat laun menjadi sebuah kebiasaan.

Pasti beberapa dari kalian berfikir bahwa membuang sampah sembarangan merupakan hal yang sepele.Toh cuma 1 buah. Memang cuma 1 buah, tapi jika setiap orang melakukan hal yang sama seberapa banyak itu ?. Tumpukan sampah juga berakibat buruk bagi manusia maupun lingkungan.

Keberadaan bibit penyakit berasal dari bakteri di dalam sampah.Misalnya terdapat pada fesef manusia maupun ternak dapat menjadi suber penyakit menular. Dalam feses terdiri atas bakteri, virus, cacing, dan protozoa.

Kesehatan

Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan oleh sampah yang yang menumpuk, disini saya akan menyebutkan beberapa diantaranya :

1. Diare

Seperti telah kita ketahui bersama orang dewasa normalnya buang air besar sebanyak satu atau dua kali sehari, sedangkan pada penyakit diare ini, buang air besar lebih sering yaitu lebih dari tiga kali sehari.

2. Disentri

Radang usus yang menyebabkan diare disertai darah atau lendir. Diare sendiri ditandai dengan sering buang air besar yang lembek atau cair. Bakteri penyebab disentri dapat berpindah melalui kontak langsung dengan bakteri pada feses, serta melalui makanan dan minuman yang terkontaminas.

Penyakit ini sangat menular. Jika tidak segera ditangani, disentri dapat menyebabkan dehidrasi berat yang mengancam jiwa.

3. Kolera

Adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi akibat diare parah. Penularan kolera biasanya terjadi melalui air yang terkontaminasi jika tidak segera ditangani, kolera dapat berakibat fatal. Kolera biasanya mewabah di daerah yang padat penduduk tanpa sanitasi yang memadai.

4. Tifus

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Penyakit ini dapat menular dengan cepat, umumnya melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhii. Pada kasus yang jarang terjadi, penularan tifus dapat terjadi karena terpapar urine yang sudah terinfeksi bakteri tersebut.

5. Hepatitis

Penyakit ini merujuk pada peradangan yang terjadi di hati, Penyakit tersebut  disebabkan oleh infeksi virus. Namun dalam kasus tertentu penyebab selain virus adalah penyakit autoimun, zat racun, dan obat-obatan tertentu.

Jenis-jenis Hetitis berdasarkan inspeksi virus adalah sebagai berikut :

Penamaan Hepatitis

A. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV).Dapat ditularkan melalui makan atau minuman yang terkontaminasi feses yang mengandung virus tersebut.

B. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Ditularkan melalui cairan tubuh yang terinfeksi virus Cairan tubuh yang menjadi sarana penularan adalah Air mani, Cairan vagina, dan darah.Oleh sebab itu, berbagi  jarum suntik dan berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi dengan penderita berpotensi menyebabkan seseorang tertular penyakit.

C. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV).Biasanya dapat ditularkan melalui cairan tubuh, terutama melalui berbagi pakai jarum suntik dan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi.

D. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV). Penyakit ini jarang terjadi, namun bersifat serius. Virusi ni tidak dapat berkembang biak dalam tubuh manusia tanpa adanya hepatitis B dan D yang ditularkan melalui darah dan cairan tubuh lainnya.

 E. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis E (HEV). Dapat dengan mudah terjadi pada lingkungan yang tidak memiliki sanitasi yang baik, akibat kontaminasi pada sumber air.

Lingkungan

Sampah berdampak negatif terhadap lingkungan. Mencemari tanah, air dan udara dalam kota, berdasarkan asalnya sampah terbagi menjadi menjadi 2 yaitu organik dan anorganik.

Sumber utama sampah, diantaranya :

  1. Rumah tangga : Sampah rumah tangga adalah dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga,misalnya : Sisa makanan, Bahan dan peralatan yang tidak terpakai lagi, Bahan pembungkus, Plastik, Kertas, dsb.
  2. Tempat perdagangan : Sampah ini berasal dari tempat perdagangan/jual beli. Misalnya di pasar,limbah yang dihasilkan pasar diantaranya ;Plastik, Karton, Bahan pokok yang sudah busuk atau tak layak makan, dsb.
  3. Sampah industri, limbah sisa industri sering kali dibuang sembarangan ke sungai, hal ini tentu sangat berbahaya bagi penduduk sekitar jika limbah tersebut belum di netralkan.

Setelah sampah merasap ke lingkungan pasti akan berbahaya khususnya limbah cair. Limbah cair dapat meresap melalu tanah dan mempengaruhi air, jika limbah cair dibuang di sungai berbagai organisme yang hidup di dalamnya akan mati. Hal ini akan mengakibatkan berubahnya lingkunagan biologis perairan.

Sosial Ekonomi

Akibat membuang sampah sembarangan juga berdampak terhadap kegiatan sosial ekonomi.Perusahaan pariwisata adalah  yang paling merasakan dampak tersebut, beberapa dampak negatif sampah terhadap kegiatan sosial ekonomi diantaranya:

  1. Membiarkan sampah menumpuk maupun bertebaran pasti akan menghasilkan lingkungan yang kurang nyaman bagi masyarakat. Bau yang tidak sedap dan menggangu pemandangan pasti akan sangant menggangu masyarkat.
  2. Pengelolaan sampah yang buruk akan berdampak pada kesehatan masyarakat di dekat tumpukan sampah tersebut.
  3. Meningkatkan biaya. Biaya terbagi menjadi langsung ( biaya yang dikeluarkan untuk mengobati orang sakit) dan tak langsung (kurangnya produktifitas karena sakit).
  4. Mengakibatkan bencana, misalnya banjir. Jika Membuang limbah padat ke gorong-gorong atau saluran air bisa berakibat banjir.
  5. memberikan dampak negatif terhadap perusahaan pariwisata.

Bencana yang Timbul akibat Membuang Sampah Sembarangan

Puluhan juta ton sampah yang dihasilkan per hari tentu bukan sebuah angka yang sedikit. Jika yang kita hasilkan adalah prodok pertanian, maupun produk exspor kita pasti akan merasa senang dan bangga, tapi yang kita hasilkan malah sampah. Produksi sampah yang kita memang bisa didaur ulang, tapi mayoritas plastik dunia memang dirancang untuk dibuang.

Sampah yang konon persoalan sepele dan pribadi itu telah merusak lingkungan dan menyakiti makhluk hidup lainnya. Misalnya di Kenya, ada rumah sakit tyang merawat penyu yang menelan sampah plastik, kebanyakan penyu dirawat karena mengalami pembengkakan di bagian perut, karena terlalu banyak mengonsumsi plastik.

Sebagian penyu lainnya juga harus dirawat, sebab hidungnya berdarah karena tidak sengaja menelan sampah sedotan minuman, sesuatu yang sama sekali tidak pernah digunakannya. Penyu adalah contoh kecil bagaimana sampah yang dihasilkan manusia telah merusak kehidupan makhluk  lainnya.

Penyu menjadi korban atas keserakahan dan keganasan manusia mengeksploitasi bumi dan berlaku sewenang-wenang di atas semua daratan dan lautan. Jika hanya sebauah sedotan dapat membunuh makhluk lain bagaimana dengan puluhan ton sampah yang dihasilkan tiap harinya?.

Botol air mineral, bungkusan snack, limbah rumah tangga, dan beragam sampah lainnya.Siapa yang akan menjadi korban sampah tersebut?.

Masalah Sampah Di Ibukota

Masyarakat yang tinggal di daerah ibukota yang di dekat sungai-sungai ,mereka sering membuang sampah ke sungai karena memang minimnya tempat pembuangan sampah.Jumlah sampah yang dihasilkan ibukota sekitar 7000 ton setiap hari.

Menurut Dinas Kebersihan DKI Jakarta setiap harinya sekiatar 7000 ton samopah dihasilakan ibu kota. Sampah itu dihasilkan dari pemukiman sampai perkantoran.

Krbanyakan masyarakat menjadikan sungai sebagai tempat sampah hingga pada akhirnya sungai menjadi tercemar, disebabkan banyaknya tumpukan sampah.Tumpukan sampah menggenang sebenarnya bisa mengakibatkan banjir. Banjir juga merupakan salah satu masalah di Jakarta selain masalah sampah.

Sebagian masyarakat sering menyalahkan pemerintah yang tidak benar mengurusi masalah banjir. Padahal tanpa mereka sadari penyebab banjir yang terjadi akibat perbuatan mereka sendiri yang membuang sampah sembarangan ke sungai.

Berdasarkan masalah diatas isa dilihat bahwa ketika kita tidak memperdulikan dampak akibat membuang sampah sembarangan akan menyebebkan masalah serius.

Penyebab Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan

akibat membuang sampah sembarangan

Sebenarnya sampah tidaklah salah tetapi yang salah adalah perbuatan manusia membuang sampah sembarangan. Sampah pastinya diakibatkan oleh manusia itu sendiri, perlu diketahui bahwa banyak penyebab yang diakibatkan dari manusia dalam membuang sampah ataupun limbah secara sembarangan.
Dalam pikiran sebagian masyarakat pada umumnya menganggap bahwa membuang sampah sembarangan ini bukanlah hal yang salah namun wajar untuk dilakukan.
Pengaruh lingkungan merupakan suatu faktor besar didalam munculnya suatu perilaku misalnya : pengaruh lingkungan seperti membuang sampah sembarangan, akan menjadi faktor besar dalam munculnya perilaku membuang sampah sembarangan.
Seseorang akan melakukan suatu tindakan yang dirasa mudah untuk dilakukan.Sebagian masyarkat tidak akan membuang sampah sembarangan jika terdapat tempat sampah disekitar meraka. Tempat yang terdapat banyak sampah dapat membuat masyarakat berfikir bahwa tempat tersebut memang sebuah tempat pembuangan sampah.

Kendala Sampah Sulit Untuk Dikelola Dengan Baik

Banyak hal yang mempengaruhi sampah sulit dikelola, misalnya :

  1. Pesatnya perkembangan teknologi, lebih cepat dari kemampuan masyarakat untuk mengelola dan memahami masalah tentang sampah.
  2. Meningkatnya tingkat hidup masyarakat yang tidak disertai dengan pengetahuan tentang sampah.
  3. Pengelolaan sampah yang tidak efisien, tidak benar, menimbulkan pencemaran air, udara dan tanah.
  4. Menambah biaya keuangan.
  5. Kurangnya kebiasaan dalam daur ulang maupun pemanfaatan kembali barang bekas juga kurangnya kemampuan masyarakat dalam memelihara barangnya sehingga cepat rusak, Ataupun produk bermutu rendah mutunya, sehingga cepat rusak dan menjadi sampah.
  6. Semakin mendapatkan  lahan sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, selain itu tanah serta formasi tanah yang tidak cocok bagi pembuangan sampah juga terjadi kompetisi yang semakin rumit akan penggunaan tanah.
  7. Banyak masyarakat yang keberatan bahwa daerahnya dipakai sebagai tempat pembuangan sampah.
  8. Kurangnya pengawasan dan pelaksanaan peraturan.
  9. Sulitnya menyimpan sampah yang cepat busuk, karena cuaca yang semakin panas.
  10. Mencari relawan maupun partisipasii masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan memelihara kebersihan sulit ditemukan.

Menghilangkan Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan

Pemerintah sudah berupaya menghilangjan kebiasaan membuang sampah sembarangan,mulai dari menyediakan  tempat sampah di berbagai tempat keramaian,memsang papan pengumuman,misal “jangan membuang sampah disini”,“jagalah kebersihan” namun apa hasilnya? nyatanya kita masih memjumpai sampah berserakan di berbagai tempat.

Tumpukan botol-botol bekas,bungkus makana bekas,sampah plastik berhambuaran akan mudah kita jumpai di berbagai tempat.Apabila ada suatu event/acara ditempat,usai acara pasti akan menghasilkan tumpukan sampah yang menggagu pemandangan.

Melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,menbuang samopah pada tempatnya dan yang paling penting melestarikan lingkungan merupakan tantangan tersendiri.Tugas tersebut bukan hanya ditujukan kepada pemerinah saja,namun masyarakat juga ikut ambil dalam tugas tersebut.

Mari kita contoh  negara jepang,dari segelintir masyarakat lahirlah gerakan chonaikai.Sukses pengelolaan sampah di jepang selain didukung gerakan chonaikai juga didukung oleh budaya malu jika kita ketahuan membuang sampah sembarangan dan edukasi yang masif dan ekspresif yang dilakukan sejak dini.

Contoh anak-anak SD di Jepang, sejak kecil sudah dibiasakan untuk memilih dan memilah sampah, serta membuangnya pada tempat sampah yang sesuai. Sehingga kebiasaan membuang sampah ini menjadi habit dan tertanam di alam bawah sadar.

Bukan hanya Jepang,negara di bagian Texas-Amerika pemerinah mengekuarkan 25 juta Dollar per-tahun dan meningkat 15% per-tahunnya.Benar-benar angka yang besar untuk masalah yang bisa diatasi secara mandiri ini.Texas melakukan kampanye “DON’T MESS WITH TEXAS” atas saran Dan Syrek.

Kampanye ini ditunjukan kepada kaum Bubba, kaum Bubba adalah pria macho pengendara mobil pickup yang mempunyai kebiasaan membuang sampah ke jalalanan, karena yang menyampaikan kampanye adalah dua atlet rugby idola para kaum bubba, hasilnya pesan kampanye pentingnya menjaga lingkungan dapat diterima dengan baik.

3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Masyarakat juga dapat berkontribusi dalam pengelolaan sampah dengan melakukan gerakan 3R (reduce,reuse,recycle) bertujaun untuk mengelola sampah.3R adalah :

1.Reduce

Reduce adalah mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan, Reduce juga dapat diartikan mengurangi belanja bahan-bahan yang tidak terlalu diperlikan. Kurangi juga penggunaan tissue, menggantinya dengan sapu tangan, dan penggunaan kertas berlebih.

Contoh kegiatan sehari-hari :

  1. Menggunakan produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.
  2. mengindari penggunaan produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.
  3. Memakai produk yang dapat diisi ulang (refill).
  4. Mengurangi penggunaan bahan-bahan sekali pakai.

Memakai email untuk berkirim surat

2.Reuse

Reuse dapat diartikan pemakaian kembali, misalnya menyumbangkan barang-barang bekas kepada yang membutuhkan.

Contoh kegiatan sehari-hari :

Membeli dan menggunaan bahan-bahan yang bisa dipakai berkali-kali

3.Recycle

Recycle atau mendaur ulang barang. Contoh paling mudah adalah mendaur ulang sampah di rumah anda, menggunakan platik botol bekas air minum atau apapun sebagai pot tanaman, sampai mendaur ulang kertas bekas untuk menjadi kertas kembali.

Daur ulang belum menjadi kebiasaan masyarakat indonesia. Malah akhirnya lebih banyak gerilyawan lingkungan yang melakukan daur ulang secara kreatif dan menularkannya pada banyak orang dibandingkan pemerintah.

Membuang sampah sembarangan sangat berakibat buruk baik bagi manusia maupun kelestarian alam. oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus tau dan belajar cara mengelola sampah yang baik dan ikut serta dalam menjaga lingkungan dan melestarikan alam.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, bila ada salah mohon maaf, sekian dan terima kasih

The post Akibat Membuang Sampah Sembarangan appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Pemanfaatan Limbah Plastik Di Rumah https://mesinpencacahplastik.id/pemanfaatan-limbah-plastik/ Sat, 12 Jan 2019 02:38:52 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=182 Pemanfaatan Limbah Plastik Artikel pemanfaatan limbah plastik kali ini akan membahas tentang bagaimana sebuah cara yang tepat dan mudah untuk memanfaatkan  sampah plastik yang ada di sekitar kita. Artikel limbah plastik ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu bagaimana cara mengelola sampah . Tetapi juga mengenal sebuah pengertian plastic lebih dalam sehingga tidak membuat Anda bingung. Pertama […]

The post Pemanfaatan Limbah Plastik Di Rumah appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Pemanfaatan Limbah Plastik

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Artikel pemanfaatan limbah plastik kali ini akan membahas tentang bagaimana sebuah cara yang tepat dan mudah untuk memanfaatkan  sampah plastik yang ada di sekitar kita. Artikel limbah plastik ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu bagaimana cara mengelola sampah .

Tetapi juga mengenal sebuah pengertian plastic lebih dalam sehingga tidak membuat Anda bingung. Pertama mari kita kenali lebih dekat lagi pengertian sampah plastik. Sampah plastik sendiri sudah menjadi suatu bahan yang tidak tergantikan di kehidupan masyarakat modern.

Modernitas dan plastic seperti satu kesatuan yang saling sangat  terkait.Di dalam kehidupan sehari-hari selalu memanfaatkan suatu plastic, entah untuk membungkus sebuah makanan, berbelanja, dan lainnya. Sebuah pemanfaatan limbah plastik.

Pemanfaatan limbah plastik Tetapi tanpa disadari, plastik merupakan jenis sampah yang paling sulit untuk diurai bakteri sekaligus yang paling banyak mencemari lingkungan. Untuk mengurai sampah plastik bekas botol air mineral, setidaknya dibutuhkan waktu sampai sekitar 500 tahun.

Tidak hanya di darat juga, pencemaran limbah plastic ini yang ada di laut juga bisa mengganggu keseimbangan sebuah ekosistem, yaitu membuat laut tercemar dan banyak hewan laut yang mati tertelan sampah plastic sehingga menyebabkan kematian.

Artikel limbah plastik kali ini tidak hanya akan memberikan contoh tas belanja plastic tetapi juga contoh lain yang bisa Anda buat sendiri. Misalnya sebuah tempat pensil, kotak tisu, gantungan baju, celengan, tirai, lukisan kolase plastik , dan lain lainnya.

Setiap suatu produk yang Anda hasilkan bisa Anda buat dengan nilai seni yang cukup tinggi. Menggunakan suatu perpaduan bahan daur ulang dengan aksesoris lain sebagai pendukung. Sehingga selain berdaya guna juga menghasilkan suatu keuntungan yang tidak sedikit.

Pengolahan Limbah Plastik Yang Ramah Lingkungan

Cara pengolahan suatu limbah plastik masih menjadi pembahasan hangat dalam setiap pertemuan tentang lingkungan hidup. Dimana limbah plastik ini merupakan sampah yang tidak bisa diurai oleh tanah. Sehingga akan selalu dapat pencemaran lingkungan.
Banyak sekali seminar-seminar yang membahasa tentang betapa seriusnya kekhawatiran tentang limbah plastik ini. Dan harapan kami, semoga generasi yang sekarang dan yang akan datang dapat lebih memahami tentang pengolahan limbah sampah plastik ini.
Ada beberapa ide untuk menangani suatu limbah plastik, yaitu diantaranya sebagai berikut :
  1. Melakukan sebuah daur ulang sampah plastik dengan cara memisahkan partikel-partikel plastik hingga terciptanya produk baru. Plastik daur ulang biasanya akan bisa dirubah bentuk menjadi biji plastik, botol minuman kembali.
  2. Dengan menggunakan mesin incinerators ini untuk mendaur ulang limbah plastik. Sebagian negara menggunakan suatu mesin ini untuk mengolah sampah plastik yang tidak teruarai. Semua limbah plastik dibakar menggunakan sebuah incinerators.
  3. Namun ada dampak yang buruk jika menggunakan metode ini. Yaitu, timbulnya suatu pencemaran atau polusi udara. Namun seiring berjalannya waktu ini, para sebuah developer telah bekerja keras untuk mengurangi dampak pulusi udara yang ditimbulkan.
  4. Untuk mengurangi sebuah dampak dari limbah plastik, sebagian besar negara yang di dunia telah melarang penggunaan produk plastik tertentu. Hal ini untuk mengurangi rasa dalam ketergantungan terhadap produk palstik. Pemanfaatan limbah plastik.
  5. Menggunakan suatu tas dari bahan kertas atau dari bahan lainnya untuk berbelanja. Sehingga dapat mengurangi suatu pemakaian plastik di dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Untuk mengurangi dampak dari limbah plastik, dari pihak pemerintah dan diri pribadi perorangan harus saling menyadari. Pemerintah harus membuat sebuah tempat sampah di setiap sisi kota.

Mengenal Suatu Sampah Plastik Serta Pengolahannya

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Hampir setiap orang pasti tidak akan terlepas dari yang namanya sebuah bahan plastik dalam aktivitasnya sehari-hari. Ya benar, memang plastik telah menjadi komponen penting dalam kehidupan modern saat ini dan peranannya telah menggantikan suatu kayu dan logam .

Mengingat kelebihan yang dimilikinya antara lain seperti ringan dan kuat, tahan lama terhadap korosi, transparan dan mudah untuk diwarnai, serta sifat dari insulasinya yang cukup baik. Itulah pemanfaatan limbah plastik yang harus diterapkan.

Sifat-sifat dari bahan plastik inilah yang membuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya. Untuk berbagai jenis aplikasi khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari suatu kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik.

Peningkatan suatu penggunaan bahan plastik ini mengakibatkan peningkatan produksi sampah plastik dari tahun ke tahun. Sebagai suatu gambaran konsumsi plastik di Indonesia mencapai 10 kg perkapita pertahun, sehingga ini dapat diprediksikan sebesar itulah sampah plastik.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa sebuah plastik sangat sulit terurai dalam tanah. Membutuhkan waktu yang bertahun-tahun dan ini akan menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya.Itu harus dianjurkan pemanfaatan limbah plastik.

Pembuangan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) suatu sampah bukanlah solusi yang cukup bijak dalam pengelolaan sampah plastik ini. Peranan para pemulung ini dalam mengurangi timbunan sampah plastik patut mendapat  sebuah apresiasi dari kita.

Perlu adanya suatu manajemen sampah plastik mulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah tangga hingga skala besar. Meliputi sebuah kawasan kota yang dikelola oleh pemerintah kota atau daerah setempat. Maka inilah pemanfaatan limbah plastik.

Untuk memudahkan segala pengelolaan sampah plastik pada skala rumah tangga. Maka perlu adanya suatu pemahaman tentang jenis-jenis plastik, kandungan materialnya. Hingga dampaknya untuk terhadap lingkungan sehingga diharapkan terbentuk.

Limbah Plastik Sebagai Sumber Energi

Mengingat kandungan energi yang sangat tinggi dari bahan plastik, maka potensi pemanfaatannya yang sebagai salah satu sumber energi memiliki prospek yang cukup bagus di masa mendatang. Dari sini bisa didapatkan dua suatu keuntungan sekaligus.

Serta juga untuk menghasilkan energi yang bisa digunakan untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional. Beberapa suatu teknologi bisa digunakan untuk mengkonversi limbah sampah plastik menjadi bahan bakar diantaranya yaitu berikut :

a.Konversi Pada Bahan Bakar Padat

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Dilakukan dengan mencacah limbah sampah plastik dan kemudian membriketnya untuk nantinya menjadi sebuah bahan bakar briket. Bahan bakar ini kemudian bisa digunakan untuk pembakaran yang di tungku-tungku industri. Sebuah pemanfaatan limbah plastik.

b.Konversi Sebuah Bahan Bakar Cair

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Dengan menggunakan suatu prinsip pirolisis dimana sampah plastik dipanaskan pada suhu sekitar 500oC. Sehingga fasenya akan berubah menjadi suatu gas dan kemudian akan terjadi proses suatu perengkahan (cracking).

Setelah itu didinginkan kembali dan bisa mendapatkan suatu bahan bakar cair setara dengan bensin dan solar. Itulah salah satu pemanfaatan limbah plastik bagi kehidupan. Maka dari itu kita harus pandai dalam mengolah limbah plastik.

Bonsai Sebuah Plastik

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Bonsai adalah suatu pohon yang ditanam dalam sebuah pot untuk dikerdilkan sebagai tanaman hias. Teknik berkebun ini dengan mengerdilkan tanaman pertama kali dikembangkan di Jepang, tujuannya adalah untuk mensiasati terbatasnya suatu lahan bercocok tanam.

Pertumbuhan tanaman yang dibonsai ini sengaja dihambat dengan
berbagai cara antara lain dengan membatasi suatu nutrisi (pupuk) pada media tanam ini, pemotongan daun dan ranting secara berkala juga agar tidak lebat.

Arah suatu pertumbuhan dahan dan rantingnya pun dapat diarahkan dengan melilitkan kawat yang kemudian dibengkokkan sesuai selera si penanam. Pada umumnya pohon yang akan dapat dibonsai adalah tumbuhan yang berbiji belah (dikotil).

Bonsai saat ini tak hanya sekadar sebagai suatu sarana penyalur hobi berkebun tetapi telah menjadi komoditas yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Para seorang penggemar dan kolektor bonsai tak segan untuk membelanjakan uangnya mendapatkan tanaman kerdil ini.

Bagi yang punya berkantong tipis tapi ingin menikmati keindahan dan keunikan bonsai apa yang mesti harus dilakukan?Kantong plastik ini atau yang lebih dikenal dengan istilah suatu tas kresek adalah benda sederhana yang sangat dekat di dalam kehidupan sehari-hari kita.

Benda tersebut juga digunakan setiap saat untuk berbagai keperluan, fungsi utamanya adalah sebagai alat untuk membawa/menenteng sesuatu barang konsumsi. Selain berfungsi suatu sebagai alat untuk membawa/memuat sebuah barang.

Tas plastic ini juga difungsikan sebagai media promosi dengan cara mencantumkan logo perusahaan. Oleh karena itu juga kantong plastic dibuat dalam berbagai ukuran dengan bentuk, warna dan desain yang sangat beragam disesuaikan kebutuhan.

Pada umumnya kantong plastic ini digunakan untuk sekali pakai kemudian dibuang sebagai sampah .Sehingga berpotensi akan mencemari lingkungan karena terbuat dari bahan polyolefin atau polivinil klorida yang sangat sulit diurai secara alami oleh mikroorganisme.

Memanfaatkan dari kembali kantong plastic bekas dalam bentuk dan fungsi yang berbeda. Misalnya untuk membuat suatu bonsai imitasi, adalah salah satu tindakan yang sangat bijaksana guna mengurangi pencemaran lingkungan.

Plastik Serta Kegunaannya

Istilah sebuah plastik tentunya sudah tak asing bagi kita, masing-masing dari orang pasti tentunya menggunakan suatu plastik, terkadang sebagai tempat untuk makanan dan minuman, tempat benda-benda tertentu dan sebagainya. Pemanfaatan Limbah Plastik.

Plastik adalah suatu sebuah material yang tersusun atas berbagai macam organik sintetik atau semi sintetik yang mudah dibentuk. Limbah ini mengandung suatu polimer organik dengan massa molekul yang tinggi, tetapi mereka sering mengandung suatu zat-zat lain.

Plastik biasanya bersifat lebih sintetis, paling sering kali berasal dari petrokimia, namun ada juga sebagian pula yang bersifat alami. Karena biaya yang relatif cukup rendah, kemudahan dari manufaktur, fleksibilitas dan kedap air, plastik digunakan di dalam berbagai hal.

Di negara maju ini, sekitar sepertiga dari suatu plastik digunakan dalam kemasan dan yang lainnya digunakan sebagai bahan bangunan seperti pipa serta komponen-komponen suatu mobil. Di negara yang berkembang, sekitar 42 persen di India menggunakan plastik ini.

Plastik juga memiliki suatu kegunaan di bidang medis seperti memasukkan polimer implan.Plastik sintetis ini pertama di dunia adalah bakelite diciptakan di New York pada tahun 1907 oleh seorang Leo Baekeland. Sebuah pemanfaatan limbah plastik

Banyak para ahli kimia yang memberikan kontribusi terhadap ilmu material dari plastik. Seperti halnya pemenang sebuah nobel Hermann Staudinger yang telah disebut sebagai bapak kimia polimer dan Herman Mark yang dikenal sebagai seorang bapak polimer fisika.

Keberhasilan dan dominasi dalam plastik ini dimulai pada awal abad ke-20 namun malah menyebabkan masalah lingkungan dengan mengenai tingkat dekomposisi yang lambat sehingga telah disepakati bahwa daur ulang digunakan sebagai suatu solusinya.

Jenis Suatu Plastik Serta Kegunaannya

  1. Polyester (PES) digunakan pada suatu serat dan tekstil
  2. Polyethylene terephtalate (PET) digunakan untuk pada botol minuman berkarbonasi, botol selai kacang, plastik film, dan kemasan suatu microwave
  3. Polyethylene (PE) digunakan dalam sebagai tas supermarket dan botol plastik
  4. High Density Polyethylene (HDPE) digunakan pada suatu botol deterjen, botol susu
  5. Polivinil Klorida (PVC) digunakan untuk sebuah pipa ledeng, talang air, tirai kamar mandi, bingkai jendela, dan lantai
  6. Polyvinylidene Klorida (PVDC) digunakan pada suatu makanan kemasan
  7. Low Density Polyethylene (LDPE) digunakan untuk pada outdoor furnitur, dinding, ubin lantai, tirai kamar mandi, kemasan
  8. Polypropylene (PP) digunakan untuk pada tutup botol, sedotan, tempat yoghurt, bumper mobil.
  9. Polystyrene (PS) digunakan untuk kemasan suatu busa, tempat sebuah makanan, peralatan makan plastik, gelas sekali pakai, piring, sendok, garpu, CD, kotak kaset.

Tujuan Suatu Khusus Plastik

  1. Maleimide/bismaleimide digunakan dalam suatu material komposit suhu tinggi
  2. Melamin formaldehida (MF) sebagai salah satu untuk aminoplast dan digunakan sebagai alternatif untuk fenolat misalnya dalam cetakan suatu cangkir keramik, piring, dan mangkuk untuk bagi anak-anak.
  3. Plastarch bersifat biodegradable dan tahan terhadap panas, terdiri dari pati jagung yang sudah dimodifikasi
  4. Fenolat (FF) atau fenol formaldehydes relatif tahan pada panas dan tahan pada api biasanya digunakan untuk didalam isolasi bagian dalam perlengkapan listrik, produk kertas laminasi, busa isolasi termal.
  5. Poliepoksida (epoxy) digunakan untuk pada perekat.
  6. Polyetheretherketone (PEEK) bersifat sangat kuat, tahan pada panas secara termoplastik, biokompabilitas yang memungkinkan untuk digunakan dalam suatu aplikasi implan medis dan termasuk salah satu polimer komersial yang paling mahal
  7. Polyetherimide (PEI) adalah polimer kimia yang sangat stabil dan tidak mengkristal
  8. Polimida-A merupakan plastik suhu yang tinggi yang digunakan dalam ini bahan seperti Kapton tape
  9. Poliasamlaktat (PLA) adalah sebuah plastik biodegradable, termoplastik yang sudah diubah menjadi berbagai poliester alifatik berasal dari sebuah asam laktat yang selanjutnya dibuat melalui fermentasi berbagai jenis produk pertanian seperti tepung jagung.
  10. Polimetil metakrilat (PMMA) digunakan sebagai suatu lensa kontak, kaca, lampu neon,lampu belakang di kendaraan.
  11. Politetrafluoroetilena (PFTE) bersifat tahan pada panas, pelapis pada panci atau penggorengan. Biasanya orang menamakan suatu plastik ini sebagai teflon.
  12. Urea formaldehyda (UF) adalah salah satu jenis aminoplastik yang digunakan sebagai perekat pada kayu lapis, chipboard, hardboard dan saklar listrik suatu perumahan.
  13. Furan resin digunakan dalam sebuah pengecoran pasir.

Plastik Kemasan

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Setelah sebuah suatu produk makanan jadi dan selesai dibuat, maka selanjutnya akan masuk ke dalam tahap yaitu packaging atau memasukkan produk tersebut ke dalam sebuah kemasan. Berbagai suatu kemasan sudah dibuat oleh setiap perusahaan.

Diantaranya merupakan suatu plastik kemasan yang terbuat dari plastik yang akan melindungi produk ketika di pasarkan dan diedarkan ke berbagai tempat. Selain itu menjadi tempat atau wadah ternyata kemasan pun memiliki suatu fungsi lain yang lebih dalam dan banyak sekali.

Berbagai Suatu Fungsi Plastik Kemasan

Makanan dan minuman yang menjadi suatu produk sebuah perusahaan atau produk rumahan akan lebih baik jika dimasukkan ke dalam plastik kemasanHal tersebut juga membuat daya tahannya semakin panjang sehingga tanggal kadaluarsanya menjadi lebih lama.

Kemasan pada umumnya juga didesain dengan menggunakan ciri khas tertentu dan memberikan informasi mengenai produk yang dijualnya. Dengan suatu pengemasan yang baik maka konsumen akan jauh lebih percaya dan memilih produk tersebut.

Itulah ulasan mengenai pemanfaatan limbah plastik bagi kehidupan kita sehari hari. Serta kita dapat memanfaatkan untuk dijadikan bahan kerajinan tangan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua. Sekian dan Terima Kasih.

The post Pemanfaatan Limbah Plastik Di Rumah appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Cara Penanganan Limbah Padat Di Lingkungan https://mesinpencacahplastik.id/cara-penanganan-limbah-padat/ Fri, 11 Jan 2019 13:16:14 +0000 https://mesinpencacahplastik.id/?p=167 Cara Penanganan Limbah Padat Cara Penanganan Limbah padat merupakan sesuatu yang merupakan suatu sebuah proses dan kegiatan tertentu. sampah juga bisa diartikan sebagai sebuah sampah. Limbah adalah sesuatu yang dianggap tidak mempunyai suatu nilai guna lagi, maka dari itulah limbah ini biasanya dibuang. Barang bekas yang dibuang ini memerlukan suatu pengolahan agar nantinya tidak menimbulkan […]

The post Cara Penanganan Limbah Padat Di Lingkungan appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>
Cara Penanganan Limbah Padat

CARA PENANGANAN LIMBAH PADAT

Cara Penanganan Limbah padat merupakan sesuatu yang merupakan suatu sebuah proses dan kegiatan tertentu. sampah juga bisa diartikan sebagai sebuah sampah. Limbah adalah sesuatu yang dianggap tidak mempunyai suatu nilai guna lagi, maka dari itulah limbah ini biasanya dibuang.

Barang bekas yang dibuang ini memerlukan suatu pengolahan agar nantinya tidak menimbulkan suatu masalah tertentu. Limbah padat biasanya cuma sekedar di buang atau di tinggalkan begitu saja dari pemiliknya.

Limbah sangat akrab dengan suatu kehidupan manusia sehari- hari. Hampir setiap ada kegiatan manusia akan menghasilkan suatu limbah. Limbah- limbah ini ada yang berbentuk seperti padat, cair, dan juga gas.

Masing- masing dari limbah ini mempunyai karakteristik yang sangat berbeda- beda. Limbah cair tidak akan sama dengan penanganannya dengan limbah padat, demikian juga dengan limbah gas. Itulah seharusnya mengetahui cara penanganan limbah padat yang baik.

Macam-Macam Dari Limbah

Limbah merupakan suatu sisa- sisa dari suatu proses produksi maupun suatu konsumsi. Aktivitas produksi dari bidang industri ini maupun kegiatan rumah tangga seringkali menimbulkan suatu limbah.

untuk lebih jelasnya lagi, macam- macam suatu limbah adalah sebagai berikut:

1.Limbah Bersifat Cair

CARA PENANGANAN LIMBAH PADAT

Jenis limbah yang pertama adalah sebuah limbah cair. Limbah cair ini juga dikenal sebagai sebuah entitas pencemar air. Sesuai dengan namanya itu, yang disebut sebagai limbah cair adalah suatu limbah yang mempuyai bentuk cair.

Biasanya suatu limbah cair ini akan dibuang langsung ke saluran air seperti selokan, sungai bahkan lautan. Limbah cair ini mempunyai sifat yang berbeda-beda, ada yang sangat berbahaya dan ada pula yang dapat dinetralisir itu secara cepat.

2.Limbah Bentuk Padat

CARA PENANGANAN LIMBAH PADAT

Selain sebuah limbah cair, jenis limbah industri ini selanjutnya adalah limbah padat. Sebuah Limbah padat yang merupakan buangan dari hasil- hasil industri maupun rumah tangga yang tidak terpakai lagi yang berbentuk suatu padatan, lumpur maupun sebuah bubur.

Sampah padat seperti ini apabila akan dibuang di dalam air pasti akan membuat air tersebut menjadi sangat tercemar dan dapat menyebabkan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya akan mati semua. Maka itu cara penanganan limbah padat.

3. Limbah Yang Gas

CARA PENANGANAN LIMBAH PADAT

Selain limbah bentuk cair dan limbah padat, ada pula jenis limbah lainnya yakni suatu limbah gas. Sampah gas ini merupakan limbah yang disebabkan oleh sumber alami maupun sebagai hasil dari aktivitas manusia yang berbentuk molekul- molekul gas.

Pada umumnya itu, sebuah limbah gas ini memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi. Limbah gas ini tentu saja berbentuk seperti gas. Oleh karena bentuknya adalah gas, maka limbah pabrik gas ini biasanya mencemari suatu udara .

Beberapa contoh limbah sampah gas ini antara lain adalah sebuah kebocoran gas, pembakaran suatu pabrik, asap pabrik sisa dari produksi, asap- asap kendaraan,  asap- asap mesin dan lain sebagainya.

Jenis- Jenis Dari Limbah Padat

Sebelum kita membicarakan mengenai suatu proses pengolahan terhadap limbah padat, kita perlu untuk mengetahui jenis- jenis limbah padat itu sendiri. Ternyata limbah padat ini juga dikategorikan ke dalam beberapa jenis. Jenis dari limbah ini antara lain: kayu,batu dan lainya.

Itulah beberapa suatu jenis dari limbah padat yang biasa kita temukan di sekitar ingkungan kita. Secara dilihat garis besar, limbah padat ini dikategorikan menjadi beberapa lima macam, yakni:

  1. Limbah padat yang mudah terbakar
  2. Sampah padat yang sukar untuk terbakar
  3. Barang mudah membususk
  4. Limbah yang dapat bisa didaur ulang kembali
  5. Limbah barang radioaktif
  6. Bongkaran dari bangunan
  7. Lumpur tanah

Itulah beberapa kategori yang merupakan sebuah garis besar dari macam- macam limbah padat. Limbah- limbah ini tersebut telah dikategorikan sehingga menjadi tujuh macam, dan dapat dihasilkan suatu dari berbagai aktivitas manusia.

Dampak Adanya Suatu Limbah Padat

Limbah merupakan suatu sesuatu yang sangat begitu merugikan. Semua jenis limbah ini apabila tidak ditangani dengan baik bisa saja mendatangkan sebuah bencana maupun peristiwa- peristiwa yang sangat merugikan sekali bagi makhluk hidup.

Demikian halnya dengan suatu limbah padat. Terlebih keberadaan limbah padat ini yang ada di mana- mana dan sangat mudah untuk ditemui saat ini. Semua jenis limbah ini apabila dibiarkan berlebihan akan berdampak buruk sekali, termasuk pula dengan limbah ini juga.

Adapun berbagai macam suatu dampak dari adanya limbah padat ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Timbulnya Suatu Gas Beracun

CARA PENANGANAN LIMBAH PADAT

Gas- gas yang beracun seperti asam sulfida, amoniak, methan, karbondioksida, dll ini akan timbul apabila suatu limbah padat ditimbun dan membusuk dikarenakan adanya suatu mikroorganisme yang terdeteksi.

  • Turunnya Sebuah Kualitas Udara

Sampah padat yang ditumpuk akan menjadikan sebuah udara di sekitarnya menjadi sangat tercemar , sehingga mempunyai bau yang tidak sedap sekali yang terkadang tercium hingga jangka yang panjang.

  • Turunnya Kualitas Air Bersih

CARA PENANGANAN LIMBAH PADAT

Biasanya juga,suatu limbah padat yang sudah menumpuk akan dibuang ke dalam perairan bersamaan dengan suatu sampah cair. Dengan demikian air tersebut akan menjadi tercemar dan berbau tidak sedap. Itu adalah dampak cara penanganan limbah padat.

Pengolahan Sebuah Limbah Padat

Limbah padat merupakan suatu limbah yang paling banyak diproduksi oleh manusia. Hal ini karena sebagian besar suatu barang yang digunakan olah manusia adalah berbentuk fisik, sehingga ketika barang tersebut sudah dihabiskan sebuah nilai gunanya.

Limbah padat ini juga sering dikenal dengan sebagai sampah. Keberadaan limbah padat ini dapat diolah dengan suatu berbagai cara. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai bentuk untuk pengolahan limbah padat antara lain sebagai berikut:

  • Penimbunan Yang Terbuka

Solusi atau pengolahan yang pertama yang bisa dilakukan pada limbah padat adalah penimbunan ditempat terbuka. Limbah padat ini dibagi menjadi organik dan juga non organik. Limbah padat organik akan lebih baik ditimbun ditanah .

  • Sanitary Landfill ( Lubang )

Sanitary landfill ini menggunakan suatu lubang yang sudah dilapisi dan juga plastik .Untuk mencegah suatu pembesaran di tanah dan gas metana yang terbentuk dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Maka itu suatu cara penanganan limbah padat.

  • Membuat Pupuk Kompos Padat

Seperti halnya suatu penimbunan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya itu bahwa limbah padat yang bersifat organik akan lebih bermanfaat apabila dibuat menjadi kompos. Kompos ini bisa dijadikan sebagai suatu usaha masyarakat yang sangat bermanfaat bagi banyak orang.

  • Daur Ulang Limbah

Limbah padat yang bersifat non organik bisa dipilah- pilah kembali lagi. Limbah padat yang masih bisa diproses kembali bisa di daur ulang kembali menjadi barang yang baru atau dibuat barang lain yang bermanfaat atau bernilai jual tinggi.

  • Dengan Di Bakar

Pembakaran suatu limbah padat atau sampah juga bisa digunakan sebagai sebuah alternatif untuk mengatasi adanya limbah padat yang sangat banyak. Biasanya itu, sampah- sampah rumah tangga akan dikumpulkan di suatu bank sampah atau tempat pembuangan sampah.

Apabila sampah yang terkumpul itu tidak terlalu banyak, maka pembakaran ini juga bisa saja dilakukan. Namun perlu kita ingat kembali juga bahwasannya apabila kita membakar sampah, maka hal itu akan membuat udara yang ada di sekitar lingkungan kita menjadi tercemar.

Jika udara sudah tercemar maka kita akan merasakan suatu sesak di bagian nafas dan hidung akan terasa sakit apabila menghirup udara. Itulah beberapa cara pengolahan sebuah limbah padat yang dapat kita lakukan untuk mengatasi keberadaan limbah yang berbentuk padat.

Upaya- upaya tersebut dapat dilakukan secara lebih mandiri aau individu, maupun secara kolektif atau bersama- sama dengan masyarakat. Apabila masyarakat ini mempunyai kesadaran dan melakukan upaya- upaya tersebut secara bersama- sama.

Penanganan Suatu Limbah Padat

1.Penimbunan  Dengan Terbuka

Terdapat dua cara dalam penimbunan sampah yang umum dikenal, yaitu metode suatu penimbunan terbuka (open dumping) dan metode suatu sanitary landfill. Pada metode penimbunan terbuka ini,Di lahan penimbunanyang terbuka.

Berbagai suatu hama dan kuman penyebab penyakit dapat berkembang biak. Gas metan yang dihasilkan oleh suatu pembusukan sampah organik dapat menyebar ke udara sekitar dan menimbulkan bau busuk serta mudah sekali  terbakar.

Cairan yang tercampur dengan suatu sampah dapat merembes ke tanah dan mencemari tanah serta air. Itu lah susahnya cara penanganan limbah padat dalam kehidupan sehari hari. Maka dari itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan.

2. Sebuah Insinerasi

Insinerasi adalah suatu pembakaran sampah/limbah padat menggunakan suatu alat yang disebut dengan insinerator. Kelebihan dari proses insinerasi ini adalah volume sampah berkurang sangat banyak (bisa mencapai sekitar 90 %).

Selain itu juga, proses insinerasi ini menghasilkan panas yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik atau untuk pemanas ruangan. Maka dari itulah cara penanganan limbah padat harus dilakukan.

3.Pembuatan Pupuk Kompos Padat Dan Cair

metode ini adalah dengan mengolah suatu sampah organic seperti sebuah sayuran, daun-daun kering, kotoran hewan melalui proses  suatu penguraian oleh mikroorganisme tertentu. Pembuatan kompos adalah salah satu cara terbaik dalam penanganan limbah sampah organic.

Berdasarkan bentuknya dari kompos ada yang berbentuk padat dan cair.  Pembuatannya dengan dapat dilakukan dengan menggunakan kultur mikroorganisme, yakni menggunakan kompos yang telah sudah jadi dan bisa didapatkan di pasaran seperti EMA.

EMA merupakan suatu kultur campuran mikroorganisme yang dapat meningkatkan degaradasi limbah atau sampah organic. Serta sebuah campuran untuk cara penanganan limbah padat di lingkungan masyarakat.

4.Daur Ulang Limbah

Daur ulang adalah sebuah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya suatu sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna. Mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi dari penggunaan energi.

Jika dibandingkan dengan suatu proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi  sebuah pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan suatu produk / material bekas pakai.

Metode Penanganan Suatu Limbah Padat

Ada beberapa cara metode penanganan limbah padat yang bisa diolah menjadi pupuk salah satunya. Berikut dibawah ini sebuah penjelasannya:

a. Metode Cara Sebuah Composting

Metode ini merupakan suatu cara penanganan limbah padat yang berjenis organik diolah menjadi pupuk kompos melalui proses fermentasi. Ada pun bahan untuk melakukan suatu metode ini adalah sampah atau limbah yang berasal dari sisa tanaman.

Dalam proses pembuatan kompos ini bahan baku yang mengalami dekomposisi/penguraian oleh bakteri mikroorganisme. Kemudian melalui suatu metode composting ini juga berlangsung secara anaerob yang nantinya akan menimbulkan suatu gas.

Sedangkan sebuah proses pengomposan secara aerob membutuhkan oksigen yang cukup dan tidak menghasilkan gas. Kemudian cara pembuatan suatu kompos, memalui beberapa cara:

  1. menggunakan suatu komposter
  2. tumpukan untuk terbuka (open windrow)
  3. serta cascing (menggunakan suatu cacing)

b. Metode Dari Gas Bio

Metode ini yaitu merupakan proses suatu pengubahan sampah organik yang berasal dari tinja manusia maupun kotoran hewan menjadi gas yang berfungsi sebagai bahan bakar yang alternatif. Kandungan dari gas bio ini antara lain metana ( CH4).

Gas metana murni ini adalah gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Supaya efektif, proses pengubahan ini harus pada tingkat kelembaban yang sesuai, suhu tetap dan pH netral.Maka dari itu cara penanganan limbah padat harus dilakukan.

c. Metode Sebagai Makanan Ternak

Metode ini merupakan suatu proses pengolahan sampah organik menjadi makanan ternak. Agar sampah organik ini dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak harus dipilih dan dibersihkan terlebih dulu agar tidak tercampur dengan suatu sampah yang mengandung logam berat.

Proses ini dilakukan untuk membuat suatu pakan ternak dari cara penanganan limbah padat. Karna untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan darin limbah padat ini. Agar lingkungan kita bisa terjaga dengan baik.

Cara Penanganan Sebuah Limbah Padat

Untuk kegiatan ini menimalisasi limbah padat berpedoman pada konsep pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutaan yang menghemat penggunaan sumber daya alam, serta pembangunan yang member nilai yang tambah terhadap sumber daya alam.

Menghemat suatu sumber daya alam dapat dilakukan melalui cara empat R yaitu seperti  replace, reduce, recycle dan reuse, untuk lebih jelasnya dari masing-masing berikut dibawah ini.

Contoh kegiatan suatu reduce sehari-hari lainnya :

  • Memilih suatu produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.
  • Hindari sebuah memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.
  • Menggunakan suatu produk yang dapat diisi ulang ( refill ), misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali ).
  • Mengurangi penggunaan yang bahan sekali pakai.
  • Menggunakan suatu email ( surat elektronik ) untuk berkirim surat.

Suatu Recycle

Recycle merupakan usaha untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan mendaur ulang sampah melalui penanganan dan teknologi khusus. Proses daur ulang  ini biasanya dilakukan oleh pabrik/industri untuk dibuat menjadi produk yang lain yang dapat dimanfaatkan.

Dalam hal ini pemulung juga berjasa sekaligus mendapatkan keuntungan karena dengan memilah sampah yang dapat didaur ulang dapat mendapat penghasilan. Misalnya sampah plastik-plastik bekas bisa didaur ulang menjadi ember, gantungan baju,dan lainnya.

Contoh lainnya dari suatu kegiatan recycle sehari-hari :

  • Memilih  suatu produk dan kemasan yang dapat dilakukan pengolahan ulang dan mudah terurai.
  • Mengolah sebuah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.
  • Melakukan pengolahan limbah sampah organik menjadi kompos.
  • Lakukan pengolahan suatu sampah organik menjadi barang yang bermanfaat dan bahkan memiliki nilai jual.
  • Mengolah sebuah sampah menjadi sumber bahan bakar.

Teknik Reuse

Reuse merupakan jenis usaha mengurangi pencemaran lingkungan dengan cara menggunakan dan memanfaatkan kembali barang-barang yang seharusnya sudah harus dibuang. Misalnya memanfaatkan sebuah botol/kaleng bekas sebagai wadah.

  • Memilih suatu wadah, kantong atau benda yang lain dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. Misalnya menggunakan sebuah sapu tangan dari pada menggunakan tissue, menggunakan suatu tas belanja dari kain dari pada menggunakan kantong plastik.
  • Menggunakan alat-alat suatu penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.
  • Menggunakan suatu sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.

Itulah ulasan mengenai cara penanganan limbah padat untuk menjaga lingkungan sekitar kita. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua untuk menambah wawasan. Serta bisa menjadikan lingkungan ini terjaga. Sekian dan Terima Kasih.

The post Cara Penanganan Limbah Padat Di Lingkungan appeared first on Mesin Pencacah Plastik.

]]>