Select Page

Jenis Jenis Plastik Daur Ulang

jenis jenis plastik daur ulang

 

Jenis jenis plastik daur ulang, Plastik merupakan salah satu jenis bahan terpenting dalam pembuatan berbagai macam produk konsumen dan Industri. Mulai dari suatu perlengkapan rumah tangga, botol minuman, mainan anak-anak hingga sebuah peralatan industri.

Plastik telah menjadi suatu bahan yang hampir tak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua sampah plastik adalah sama, ada jenis plastik yang dapat digunakan sebagai suatu kemasan atau wadah makanan dan minuman.

Tetapi ada juga limbah plastik yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan hanya dapat digunakan pada peralatan industri tertentu. Itu sebuah Jenis jenis plastik daur ulang untuk dijadikan sebuah kerajinan. Ini untu menjaga  lingkungan agar bersih

Oleh karena itu pula, sebuah kumpulan komunitas Industri Plastik yang terdiri dari sebuah perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang plastik di Amerika Serikat yaitu Society of Plastic Industry (SPI) pada tahun 1988.

Mengembangkan suatu sistem untuk mengklasifikasikan suatu berbagai jenis plastik dan cara daur ulang plastik tersebut berdasarkan bahan yang mentah pembuatan plastik. Sistem klarifikasi Plastik tersebut ini dikenal dengan istilah nama Resin Identification Code atau RIC.

Society of Plastic Industry ini kemudian bekerjasama dengan sebuah ASTM Internasional agar Kode Identifikasi Resin ini digunakan sebagai sebuah Standar yang harus ditaati oleh semua produsen plastik di dunia.

ASTM atau American Standard Testing and Material adalah sebuah kumpulan organisasi Internasional yang melakukan standarisasi teknik untuk suatu material, jasa, produk dan sistem. Kode Identifikasi Resin telah direvisi pada tahun 2013 menjadi ASTM D7611.

Arti Dari Kode Daur Ulang Plastik

Pada suatu dasarnya, kita dapat mengetahui sebuah jenis-jenis plastik berdasarkan kode daur ulangnya. Berikut ini adalah arti  dari Kode Daur Ulang Plastik yang secara resmi biasanya disebut dengan suatu Resin Identification Code atau Kode Identifikasi Resin.

Kode Plastik : 1

Jenis Sebuah Plastik : Polyethylene Terephthalate
Singkatan : PETE atau PET
Penggunaan : Botol-botol air minum di dalam kemasan (AMDK), botol air minuman ringan.
Keterangan :
Plastik ini disarankan hanya digunakan sekali pemakaian saja (sekali pakai) dan dapat berbahaya jika terkena air panas langsung karena dapat meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik.

Kemasan suatu Polyethylene Terephthalate berwarna seperti transparan (bening) atau tembus pandang. Produk  jenis ini biasanya dapat didaur ulang kembali menjadi perabot alat rumah tangga, karpet dan life jacket.

Kode Plastik : 2

Jenis Suatu Plastik : High-Density Polyethylene
Singkatan : HDPE
Penggunaan : Botol Bekas Deterjen, Botol Shampoo
Keterangan :

Plastik jenis ini lebih tahan terhadap panas dan berwarna seperti putih susu, namun seiring dengan meningkatnya suatu waktu penggunaan, plastik HDPE ini juga akan melepaskan suatu senyawa berbahaya yaitu Antimoni Trioksida.

Oleh karena itu juga, plastik jenis ini juga disarankan untuk hanya sekali pemakaian pakai saja. Plastik jenis High-Density Polyethylene biasanya di daur ulang menjadi sebuah tali, pipa dan mainan.

Kode Plastik : 3

Jenis Dari Plastik : Polyvinyl Chloride
Singkatan : PVC atau V
Penggunaan : Pipa, Kusen Jendela, Botol Non-makanan, Mainan Anak-anak, Kursi Plastik, komponen suatu otomotif.
Keterangan :
Plastik PVC termasuk jenis sampah plastik yang sulit untuk di daur ulang kembali.

Kode Plastik : 4

Jenis limbah Plastik : Low-Density Polyethylene
Singkatan : LDPE
Penggunaan : Kantong plastik, tempat makanan, botol dispenser.
Keterangan :

Plastik LDPE ini tidak menimbulkan suatu reaksi kimia jika menyentuh dengan obyek lain seperti makanan dan minuman. Oleh karena itu juga, Plastik jenis ini sering  jugadigunakan sebagai wadah untuk menampung makanan.

Plastik Low-Density Polyethylene sulit untuk dihancurkan dan diuraikan tetapi dapat di daur ulang menjadi perabot alat rumah tangga dan Tong sampah.

Kode Plastik : 5

Jenis Suatu Plastik  : Polypropylene
Singkatan : PP
Penggunaan : Tutup botol, tempat suatu makanan (piring, mangkuk dan ), Tupperware, botol-botol obat dan botol minuman bayi.
Keterangan :

Plastik Polypropylene merupakan suatu jenis plastik yang dapat tahan panas dan cocok untuk dijadikan tempat sebuah makanan. Warna Plastik PP ini adalah transparan dan agak begitu mengkilap. Jenis jenis plastik daur ulang yang dapat di buat kembali ke semula lagi.

7 Kode Daur Dalam Plastik

Umumnya ada sebuah tujuh kode jenis plastik yang sering kita gunakan yaitu sebagai berikut:

Pertama, logo berbentuk segitiga daur ulang dengan nomor 1 Polyethylene Terephthalate (PET/PETE). Logo daur ulang ini dengan angka 1 dan sebuah tulisan PET/PETE biasanya dipakai untuk jenis botol yang jernih/transparan seperti botol air mineral.

Kedua, logo segitiga dengan daur ulang dengan nomor 2 High Density Polyethylene (HDPE). Biasanya dipakai untuk suatu botol susu, galon air minum, wadah ice creamdan lainnya. HDPE ini jenis bahan plastik yang aman digunakan karena dapat mencegah reaksi kimia.

Ketiga, logo segitiga daur ulang dengan sebuah nomor 3 V Polyvinyl Chloride/PVC. Biasanya ditemukan pada sebuah plastik pembungus dan botol minuman. V atau PVC ini jenis limbah plastik yang paling sulit didaur ulang loh Fresh Reader.

Keempat, logo jenis segitiga daur ulang dengan nomor 4 Low Density Polyethylene (LDPE). Kemasan dengan kode jenis plastik tipe coklat ini dibuat dari minyak bumi, biasanya digunakan untuk tempat suatu makanan, plastik kemasan, botol yang lembek.

Kelima, logo segitiga daur ulang dengan kode nomor 5 Polypropylene (PP). Kemasan dengan kode ini merupakan pilihan yang terbaik untuk digunakan, terutama berhubungan dengan suatu makanan dan minuman seperti tupperware dan botol minum untuk bayi.

Kandungan Dalam Plastik

Plastik mengandung berbagai unsur bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan dan juga kebersihan lingkungan. Kandungan yang terdapat di dalam sebuah plastik yaitu karsinogen mengandung racun yang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti tumor, dan endokrin.

Berikut ini di jelaskan manfaat dari sampah plastik bagi kehidupan sehari – hari :

1. Sebuah Pupuk Organik

Manfaat pertama dari sebuah sampah plastik adalah sebagai pupuk organik. Plastik yang tidak dapat digunakan lagi dapat di kubur dan dicampur dengan sebuah tanah yang mengandung banyak zat unsur hara.

Pupuk organik dapat di berikan untuk menyuburkan sebuah tanaman – tanaman agar dapat berkembang biak dengan subur. Itulah jenis jenis plastik daur ulang. maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan limbah plastik untuk di gunakan kembali.

2. Sebagai Pakan Ternak

jenis jenis plastik daur ulang

Pakan ternak atau suatu makanan untuk ternak juga setengahnya di dapat dari sampah plastik yang sebelumnya sudah di daur ulang. Banyaknya sebuah manfaat dari sampah plastik ini menjadikan kita tidak ragu untuk mengolah bahan ini menjadi lebih baik lagi.

Dan penyebaran dari pakan ternak ini  juga memberikan  suatu keuntungan jika kita produksi lebih banyak maka dapat kita jual kepada orang yang membutuhkan pakan ternak. Sebuah jenis jenis plastik daur ulang.

3. Suatu Kerajinan Kreatif

jenis jenis plastik daur ulang

Pernah anda melihat suatu kerajinan tangan yang indah dan memukau banyak mata namun berasal dari sampah plastik. Salah satu kerajinan yang sangat indah itu juga mampu menarik perhatian sebagai produk yang di ekspor keluar untuk di jual dan laku besar besaran disana.

Jika itu sudah terjadi bisa di bayangkan siapa yang akan memiliki banyak keuntungan yang di berikan. Tentu pencipta kerajinan yang indah ini yang sangat beruntung sekali.Itulah manfaat dari jenis jenis plastik daur ulang.

4. Wadah Yang Lain

Manfaat dari suatu sampah plastik yang lain adalah sebagai wadah yang lain. Wadah lain disini berarti di manfaatkan sebagai tempat untuk melukis ataupun mengambar sesuatu. Jika selama ini banyak yang melukis diatas suatu kertas maka melukis di atas plastik memberikan kesan.

Yang sanagt bernilai dan unik sehingga menimbulkan keunikan yang menjadi salah satu daya tariknya sebagai wadah lain yang dimanfaatkan dalam menambah sebuah penghasilan. Suatu manfaat dari jenis jenis plastik daur ulang.

Kriteria Wadah Plastik Untuk Sebuah Makanan:

– Terdapat tanda sebuah food grade, yaitu logo pada gelas dan garpu, artinya plastik tersebut layak dipakai untuk memproduksi sebuah perlengkapan makan.

–  Tanda suatu food safe, yaitu logo contreng, artinya suatu makanan atau minuman tersebut aman tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimiawi.

– Ada merek suatu dagang yang dipatenkan, yaitu ada logo M (trade mark) atau R (registered). Artinya produk tersebut sudah terdaftar dan terjamin pada keasliannya.

Plastik terbuat dari suatu bahan kimia yaitu polimer. Plastik pada saat sekarang banyak digunakan untuk mengangkut suatu belanja dan barang – barang dalam berat yang masih bisa di jinjing oleh tangan.

Hampir di semua toko menyediakan suatu plastik untuk membantu para langganannya untuk membawa sebuah barang – barang belanjaan. Maka itu suatu jenis jenis plastik daur ulang. Plastik sudah sangat beredar dimana mana dan sudah tersebar luas.

Namun ada yang kurang dari suatu plastik, disamping dari manfaatnya yaitu plastik yang sudah tidak digunakan atau di buang yang biasa disebut dengan sampah plastik bekas tidak bisa terurai dengan begitu saja di tanah.

Dan saat akan di bakar pun plastik yang mengandung zat kimia ini akan melepaskan zatnya dan merusak lingkungan sekitar. Itu suatu jenis jenis plastik daur ulang yang sangat membahayakan bagi lingkungan.

Pengolahan Sebuah Plastik

1.  Teknik Pemilahan

jenis jenis plastik daur ulang

Kegiatan ini meliputi suatu pemilahan plastik berdasarkan jenis-jenis yang dapat didaur ulang seperti HDPE bening, HDPE warna, HDPE lembaran, HDPE padat atau sering kali disebut plastik sebuah mainan, PP bening, PP warna, dan lain-lain.

Hal ini dilakukan karena tidak semua jenis sebuah plastik telah dapat didaur ulang. Beberapa jenis plastik seperti sebuah plastik foil. beberapa plastik kresek masih belum dapat didaur ulang ataupun plastik tidak lagi dapat didaur ulang kembali.

Pemilahan ini biasanya dilakukan secara lebih manual oleh para pekerja yang biasanya juga berprofesi ganda sebagai seorang pemulung. Mereka telah terbiasa dan sangat mengenal semua jenis-jenis plastik. Itu sebuah jenis jenis plastik daur ulang.

2.  Proses Pencucian

jenis jenis plastik daur ulang

Kegiatan dalam pencucian plastik yang akan didaur ulang ini biasanya juga dibarengi dengan pencacahan plastik. Plastik yang sudah di pilah kemudian dimasukkan kedalam mesin pencacah plastik untuk di proses.

Dari mesin pencacah tersebut, plastik yang telah menjadi lembaran-lembaran kecil dengan ukuran sekitar ±1cm2 tersebut akan dicampur dengan air dan sabun pencuci yang kemudian akan ditampung dalam suatu bak untuk penampung tertentu.

Pencucian suatu plastik akan lebih mudah jika plastik dicacah terlebih dahulu karena luas permukaannya sangat kecil sehingga dengan perendaman sebentar pada air sabun plastik sudah bisa dikatakan bersih. Itu sebuah jenis jenis plastik daur ulang.

Pencucian semua jenis ini dilakukan untuk proses pengolahan  sebuah plastik dalam industri dengan skala kecil sampai menengah. Setelah beberapa saat direndam di dalam bak pencuci  ± 5-10 menit, plastik diangkat dengan saringan terus ditempatkan dalam suatu karung plastik.

Dalam waktu sekitar 4-7 hari plastik dari tiap-tiap karung tersebut sudah kering dan siap diolah. Dalam skala dalam industri besar pengering biasanya membutuhkan blower namun. Proses pencucian ini memiliki peranan penting dalam sebuah pengolahan plastik.

3.  Saat Penggilingan

jenis jenis plastik daur ulang

Penggilingan plastik dilakukan dengan mengunakan proses thermal dimana plastik dilebur dan dimurnikan menurut suatu titik lebur dari masing-masing jenis plastik Proses penggilingan ini tidak memakan waktu sangat yang lama.

Plastik yang dihasilkan dari proses peleburan ini adalah sebuah plastik-plastik yang telah mencair dan berhasil melewati suatu saringan yang pori-porinya sebesar kasa. Pada setiap proses peleburan akan dihasilkan suatu residu alias plastik yang tidak berhasil.

Akan tetapi residu ini dapat diproses ulang dengan cara melewati tahapan proses yang sama. Ketidak berhasilan proses ini biasanya disebabkan karena adanya kotoran seperti debu atau tanah yang tidak tercuci dengan begitu sempurna pada proses pencucian.

Oleh karena itu proses pencucian itu memiliki peranan yang penting dalam pengolahan plastik karena semakin bersih pencucian maka limbah plastik akan semakin mudah  dilebur. Karena pengulangan proses untuk mengolah kembali sebuah plastik.

4.  Cara Pencetakan

jenis jenis plastik daur ulang

Proses ini merupakan sebuah proses pencetakan plastik yang telah berhasil dilebur dengan sempurna. Plastik yang telah dilebur akan berwujud  menjadi cairan yang sangat kental, setelah cairan plastik yang  keluar dari  sebuah saringan.

Cairan plastik ini akan masuk ke sebuah plat yang bentuknya akan menyerupai saringan dengan diameter kira kira ± 1 cm. Plastik yang tercetak akan membentuk seperti sebuah tali plastik yang sangat begitu panjang.

Tali plastik yang masih lembek itu dimasukan kedalam suatu bak dengan ukuran 0,5m x 3 untuk didinginkan sambil ditarik oleh suatu alat penarik yang terdiri dari  sebuah jalur-jalur untuk menempatkan setiap tali pada plastiknya.

Tali limbah plastik yang sudah sangat mengeras dan mengecil tersebut kemudian dimasukan ke sebuah alat pemotong untuk dipotong menjadi pellet plastik dengan panjang ± 0,3-0,5 cm. Itu sebuah jenis jenis plastik daur ulang yang bisa berguna lagi.

Suatu produk kreativitas dari plastik yang harus ditingkatkan untuk mengurangi sebuah dampak pencemaran lingkungan. Serta berguna untuk sebuah wirausaha menciptakan barang barang kerjinan yang kreatif dan unik.

Plastik mempunyai banyak sekali manfaat, tetapi plastik juga memiliki sisi yang gelap. Mereka telah menjadi sebuah momok di lingkungan dengan kantong plastik dan botol memenuhi, mengotori jalan jalan dari plastik menyebabkan sebuah bencana pencemaran lingkungan.

Itulah sebuah ulasan mengenai jenis jenis plastik daur ulang. Semoga bisa menambah wawasan dan pengalaman buat anda semua. Serta bisa bermanfaat untuk pembelajaran agar bisa memanfaatkan  plastik disekitar rumah. Sekian dan Terima Kasih.