Select Page

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara membuat kerajinan dari plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Setelah dibeli, plastik pasti langsung kita buang ke tempat sampah tetangga hehe. Para pecinta lingkungan mencoba melihat ini sebagai permasalahan sekaligus peluang. Mereka berinisiatif untuk mendaurulang sampah kantong plastik itu jadi sesuatu yang berguna. Kamu sebagai anak-anak muda keren juga harus bisa, agar kamu tak menjadi salah satu penyumbang sampah yang sangat mengganggu lingkungan.

Permasalahan sampah plastik memang hingga sekarang tak pernah usai. Sampah plastik menjadi masalah serius, sebab sampah ini dipakai hanya jangka waktu yang sebentar. Namun sampah plastik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai oleh tanah, dengan jangka waktu mencapai hingga 450 tahun.

Dibeberapa wilayah sampah plastik bukan menjadi masalah lagi. Banyak orang-orang yang sudah memperhatikan keadaan lingkungannya dengan memanfaatkan sampah plastik. Sampah plastik dijadikan sebagai kerajinan tangan yang sangat unik.

Sampah plastik seperti bungkus kopi instant, detergen, dan botol plastik sebenarnya masih bisa digunakan untuk hal-hal lain. Dari sampah plastik, sampah tersebut masih dapat diolah menjadi barang-barang yang memiliki harga.

Kerajinan Cantik Dari Plastik Bekas

kerajinan dari plastik

Kebanyakan orang beranggapan bahwa kantong plastik itu sampah yang tak ada gunanya, namun di mata pengrajin kantong plastik itu dapat di jadikan Kerajinan Tangan yang bisa menjadi alternatif peluang usaha. Di era modern ini, plastik merupakan bahan yang paling diminati dan menjadi kebutuhan setiap orang.

Namun bekas dari sampah plastik menjadi ancaman yang besar bagi kehidupan. Maka dari itu dengan mengurangi penggunaan bahan yang berasal dari plastik atau mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat. Sampah plastik bisa diolah menjadi aneka Kerajinan dari sampah plastik yang memiliki potensi ekonomi yang cukup baik.

Untuk itu anda dapat mendaur ulang sampah plastik menjadi suatu kreasi kerajian tangan yang memiliki potensi yang amat sanagt luar biasa indahnya. Hal pertama untuk membuat kerajinan dari plastik adalah memilih sampah basah dan sampah kering lalu dipisahkan. Kemudian sampah kering seperti bungkus minuman kopi, mi instan dan susu dibersihkan.

Selanjutnya sampah plastik yang selesai dicuci dan dikeringkan lalu di cincang menyerupai bentuk kerajinan yang ingin dibuat. Pola dibuat sesuai dengan bentuk barang yang akan dibuat. Setelah dipotong sesuai dengan pola, langkah selanjutnya adalah menjahit sesuai dengan pola tersebut. Yang diperlukan adalah ketelatenan dari penjahit.

Sekarang ini Kreatifitas dari bekas plastik sudah menjadi barang fashion tersendiri yang di dapatkan dari sampah daur ulang atau kita sebut trashion. Trashion adalah fashion yang dibuat dengan sampah.Jika sudah menjadi trashion nanti, produk kerajinan dari daur ulang sampah kering sudah bisa kita nikmati bukan saja dari kalangan masyarakat bawa dan menenga tapi juga kalangan atas yang sering memperhatikan kualitas produk kerajinan dari plastik.

Berikut 5 Kerajinan Dari Plastik Yang Sebenarnya Bisa Dijadikan Kerajinan Tangan:

1. Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Botol bekas minuman, botol bekas pewangi pakaian, maupun botol bekas pembersih lantai dapat Anda manfaatkan menjadi kerajinan tangan yang unik. Asal ada kemauan untuk membuatnya menjadi lebih kreatif maka akan mendatangkan keuntungan yang besar juga.

Seperti botol bekas minuman ternyata bisa Anda jadikan kerajinan tangan berupa pot bunga. Dari pada di buang begitu saja, mending botol-botol plastik bekas Anda jadikan alat yang sederhana dan cukup mendapatkan rupiah.

Selain itu, botol bekas juga dapat menjadi kado untuk orang-orang yang Anda cintai. Tentunya sampah botol plastik bekas harus Anda hias dan Anda jadikan kerajinan yang menarik.

Indah bukan jika Anda memberikan kerajinan dari plastik seperti gambar diatas. Meskipun terbuat dari barang bekas, tetapi estetika dari botol tersebut cukup indah.

Kerajinan Dari Botol Plastik Bekas Berbentuk Pot Bunga

kerajinan dari plastik

Bahan serta Perlengkapan yang Dibutuhkan

  • Botol plastik bekas
  • Pisau
  • Pupuk/tanah untuk menanam
  • Tanaman

Cara Membuat Botol Bekas Berbentuk Pot Bunga

  1. Sediakan bahan serta perlengkapan yang dibutuhkan
  2. Setelah semuanya sudah terkumpul, langkah berikutnya yaitu memotong botol plasting dengan pisau.
  3. Berikan sedikit hiasan sesuai sama apa yang diinginkan.
  4. Jangan lupa untuk melubangi sisi bawah botol supaya air tidak mengendap di dalam botol.
  5. Masukkan botol pupuk serta tanah ke dalam botol.
  6. Masukkan bibit tanaman yang ingin di tanam.

Membuat Kerajinan Baru dari Botol Plastik Berbentuk Sapu

sapu botol

Bahan serta Perlengkapan yang Dibutuhkan

  • Botol bekas
  • Gunting/pisau
  • Kawat/tali
  • Kayu

Cara Membuat Botol Plastik Berbentuk Sapu

  1. Kumpulkan terlebih dulu bahan serta perlengkapan yang diperlukan.
  2. Jika suda terkumpul, botol di potong jadi 2
  3. Jika ingin sapu kuat, siapkan dua botol bekas.
  4. Setelah dipotong jadi dua, potong lagi hingga menyerupai bentuk sapu.
  5. Gabungkan botol supaya lebih kuat.
  6. Berikan kayu untuk pegangannya.
  7. Ikat kayu serta botolnya memakai kawat atau tali. Sekedar saran gunakan kawat agar lebih awet dan kuat
  8. Siap digunakan.

Membuat Karya Seni Dengan Botol Bekas Berbentuk Lampu Hias

Bahan serta Perlengkapan yang Dibutuhkan

  • Botol bekas
  • Sendok plastik
  • Lampu lengkap
  • Pisau
  • Obeng
  • Lem
  • Cat

Cara Membuat Botol Berbentuk Lampu Hias

  1. Sediakan bahan serta perlengkapan yang diperlukan.
  2. Kemudian, potong botol menjadi 2 bagian.
  3. Potong-potong sendok plastik.
  4. Sambungkan botol menggunakan sendok agar lebih cantik menggunakan lem.
  5. Cat sendok yang sudah ditempelkan.
  6. Potong-potong botol membentuk seperti daun nanas, lantas dicat.
  7. Pasang lampunya dan tiang untuk berdiri.
  8. Dan, lampu hias dari botol bekas pun siap untuk dipakai.

2. Kerajinan Dengan Bungkus Plastik Berbentuk Tas

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menghasilkan dan membuang sampah. Sampah merupakan sisa dari makanan, kertas-kertas, plastik, botol-botol, atau peralatan rumah tangga dan kendaraan yang tak terpakai lagi. Semua itu sering kita jumpai di lingkungan kita. Sampah terbagi menjadi 2 (dua) macam yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik yaitu sampah yang dihasilkan oleh alam, contohnya daun, ranting pohon, kotoran hewan dan lain-lain, sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang dihasilkan oleh bahan-bahan kimia diantaranya adalah plastik.

Karya dari Sampah Plastik Kresek Membuat Bunga

Bahan serta Perlengkapan yang Dibutuhkan:

  • Plastik kresek (warna terserah, sesuai keinginan)
  • Gunting
  • Kawat
  • Daun palsu

Cara Membuat Kresek Berbentuk Tas:

  1. Guntinglah sedikit bagian atas dan bagian bawah plastik.
  2. Lipatlah menjadi 4 bagian lalu gunting garis lipatan.
  3. Gabunglah ke 4 potongan plastik menjadi 1.
  4. Lipatlah seperti sedang membuat kipas dari kertas.
  5. Ikatlah kipas plastik  tersebut menggunakan kawat.
  6. Bukalah tiap lapisan plastik agar terlihat seperti bunga yang mekar.
  7. Tambahkan daun di bagian batang bunga.

Kerajinan Cantik Dengan Plastik Sedotan

Plastik sedotan adalah sebagian jenis bahan yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Fungsi utamanya adalah untuk meminum air. Walaupun begitu sedotan dapat juga digunakan untuk membuat macam-macam jenis kerajinan yang unik dan menarik. Jadi, ini cukup bagus untuk Anda yang sekarang mempunyai banyak sedotan dirumah hehe. Juga Karena harga sedotan sangat murah membuat anda semakin hobi membuat kerajinan.  Biar tidak Penasaran langsung saja kita lihat berbagai kerajinan tangan dari plastik sedotan, langsung gass kuy kerajinan dari plastik sedotan.

Setiap kita membeli minuman botol atau bahkan minuman dalam kemasan pasti juga diberi sedotan agar mudah saat meminumnya. Maka tidak mengherankan, apabila banyak terdapat limbah sampah plastik sedotan disekitar kita, baik di tempat sampah maupun yang tercecer berserakan di berbagai sudut jalan.

Siapa sangka dari tangan seorang seniman, sebuah sedotan yang biasanya hanya dipakai untuk menyeruput minuman bisa menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi. Bekas sedotan plastik yang seing kita buang ini ternyata bisa menjadi karya seni yang dapat mempercantik rumah biar lebih berwarna.

Cara membuat Kerajinan Dari Plastik Sedotan Berbentuk Bunga

Perlengkapan yang Dibutuhkan:
  • Sisir Gerigi
  • Gunting
  • Jarum
  • Penggaris
  • Tang
Bahan Yang Dibutuhkan

Yang pasti kita butuhkan adalah sedotan ya. Biar Lebih cantik ambilah sedotan yang warna-wurni, ataupun motif yang berbeda beda. Ketik memilih milih harus dipertimbangkan benar bunga apa yang akan di pakai.

Misalnya membuat bunga matahari, maka digunakan sedotan warna kuning, membuat bunga mawar maka di gunakan sedotan warna merah tua ataupun merah muda, membuat bunga teratai maka digunakan sedotan warna ungu muda, atau putih jika membuat bunga melati, maka jangan gunakan warna ungu.

Bahan Pendukung

Untuk membuat sedotan menjadi kerajinan, kita butuh bahan-bahan pendukung lainnya. Bahan pendukungnya tersebut antaranya tangkai bunga siap pakai, kawat, sellang kecil untuk balutan kawat, sari, kelopak, daun , soon z vas bunga, senar dan pola dasar.

Bahan pendukung ini juga perlu di pilih. Misalnya membuat bunga, perlu di sesuaikan dengan jenis putiknya, dari nya, mahkota nya, dan daun nya. Karen jika tidak di pilih, misalnya menyambungkan antara bunga anggrek dengan bunga matahari maka  hasilnya menjadi aneh.

Agar bunga dari sedotan ini memiliki tampilan yang lebih baik dan cantik kita perlu bahan pendukung. Gunakanlah secarah bersama dengan bahan utama dan alat lainnya. Agar ketika proses pembuatan nya tidak menjadi kan ribet. Pisahkan masing-masing bahan dan lat pembuatnya agar muda di gunakan.

Cara Membuat Kerajinan dari Plastik Sedotan Berbentuk Bunga:
  1. Menyiapkan Pola

Berkreasi menggunakan sedotan, tetaplah memerlukan pola. Siap kan pola, bisa menggunakan bahan Manila, karton, atau sedotan. Berilah tanda atau nama pada setiap pola tersebut. Agar nanti ketika merangkainya tidak tertukar.

  1. Memotong sedotan

Untuk membuat kerajinan dari sedotan plastik ini, bahan yang di gunakan pun harus berbeda beda. Ada yang cukup 1 batang sedotan untuk membuatnya dan ada juga yang mengunakan banyak sedotan. Sedotan dapat di potong menjadi 2 – 10 bagian, tergantung pada besar kecilnya pola yang akan di buat. Usahakan semua potongan sedotan sama panjangnya. Biar bagus gunakan penggaris untuk mengukurnya.

Potongan-potongan sedotan yang siap dibentuk tersebut dipisahkan dalam wadah agar tidak tercecer atau hilang. Karena, hasil dari potongan sedotan tersebut sudah di siapkan untuk membuat  kuntum bunga atau bentuk lainnya.

  1. Membentuk dan Mengerut

Untuk membentuk sedotan menjadi daun dan mahkota bunga, hal ini bisa di lakukan dengan mencontoh atau menjiplak dari pola dasar yang di siapkan sebelumnya. Selanjutnya rapikan menggunakan sisir bergerigi agar menjadi bentuk mahkota bunga. Bentuk lekukan dan goresan yang di hasilkan akan mempertegas bentuk model.

Tujuan lain dilakukan nya penyerutan adalah untuk menyamarkan bahan dasar plastik dan memberi kesan bentuk alami. Akan tetapi jangan semua pola di serut, ada pola yang cukup menggunakan ujung jari saja.

Bagaimana Merangkainya?

Jika sedotan sudah di serut dan di bentuk, alhasil potongan mahkota bunga di susun sampai membentuk sebuah bunga utuh. Ada 3 teknik dalam merangkai bunga, sebagai berikut :

  1. a) Merangkai Bunga Dengan Teknik Susun

Teknik ini dilakukan dengan cara menyusun potongan – potongan  mahkota bunga secara menyilang dengan jumlah tertentu tergantung pada jenis bunganya. Pada bagian dasar potongan- potongan mahkota dilubangi sebagai sumbu untuk memasukkan sari bunga. Bagian dasar bunga kemudian di padatkan. Jenis ini bisa di gunakan untuk membuat bunga mawar kuncup, anggrek ( anggrek bulan dan catleya), melati, teratai, lili, euphorbia Mili (Emili), Dan Bunga Nopember.

  1. b) Merangkai Bunga Dengan Teknik Ikat

Bagian bunga disusun atau di ronce dengan menggunakan kawat halus. Untuk mempermudah meronce, coba gunakan jarum khusus. Kreasi bunga yang biasanya dirangkai dengan teknik ikat ini di antaranya bunga mawar, Nusa indah, bungur, crissan Shamrock, dan hortensia.

  1. c) Merangkai Bunga Dengan Teknik Ikat Dan Susun

Cara ini harus dengan gabungan dari dua teknik sebelumnya, yaitu dengan menyusun dan memikat. Bunga Wijaya Kusuma adalah contoh jenis dari kreasi dengan cara kombinasi ini.

Dalam merangkai bunga jangan sampai arah dan bentuk pola sedotan terbalik. Ada beberapa cara perangkaian yang mengombinasikan bentuk pola sedotan dengan secara berselang seking dalam jumlah tertentu. Cara yang biasa digunakan adalah dengan memisahkan bentuk sedotan dari yang paling kecil, sedang, di susul dengan yang paling panjang .

Meroncenya dilakukan secara bergantian dengan jumlah hitungan tertentu. Usahakan pekerjaan perangkaian ini dalam suasana yang lebih tenang agar tidak banyak mengalami kesalahan.

Perangkaian dimulai dari bagian – bagian kecil sampai bagian terbesar. Misalnya, bunga dirangkai menjadi sekuntum, kemudian beberapa kuntum, setangkai, terus hingga menjadi beberapa taanggal dalam suatu pot atau vas bunga.

Pengemasan Dan Perawatan

Semua produk kerajinan tangan yang hendak di jual atau di bawa ke suatu tempat hendaknya di kemas dengan baik. Mengemasnya bisa menggunakan plastik pembungkus.

Setangkai bunga seringkali di bungkus pada bagian bunganya saja dengan plastik transparan. Untuk bunga dalam vas bagian dari rangkaian harus di tutup dengan plastik transparan.

Tidak perlu perawatan khusus untuk merawat kerajinan dari plastik sedotan. Cukup dengan membersihkan setiap hari dari debu dan kotoran. Caranya mudah, cukup direndam dalam larutan detergen kurang lebih sepuluh menit, kemudian bilas dengan air bersih, kemudian keringkan tapi jangan sampai terkena cahaya matahari langsung untuk menghindari warna sedotan yang hilang.

Itulah ulasan tentang 5 kerajinan tangan dari plastik bekas. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

× Whatsapp Kami!