Select Page

Selamat Datang di situs ini !!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara memanfaatkan sampah plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat ide dan krearifitas. bagaimana sebuah cara yang tepat dan mudah untuk memanfaatkan sampah plastik yang ada di sekitar kita. artikel cara memanfaatkan sampah plastik ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu bagaimana cara memanfaatkan sampah jadi barang bernilai.

Istilah sampah sudah tidak asing di telinga kita, hal pertama yang terlintang yaitu tumpukan hasil sisa-sisa makanan atau limbah yang menimbulkan aroma bau tidak sedap dan tidak enak dipandang oleh mata serta tidak berguna lagi. Pada dasarnya sampah adalah sisa-sisa benda atau barang yang tidak dibutuhkan lagi setelah proses pemakaian. Sampah merupakan material yang memilki kandungan zat kimia berbahaya dan memiliki potensi untuk merusak segala hal yang ada di sekitarnya termasuk pada lapisan atmosfer bumi.

Di mana kaki melangkah, akan kita jumpai sampah bertaburan. Entah itu sampah organik, seperti dedaunan, sayuran, sampai sampah anorganik, seperti plastik, botol, dll.

Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif tersebut juga menyinggung sampah, khususnya anorganik yang banyak dijumpai di lingkungan sekitar ialah sampah plastik. Berdasarkan hasil penelitian dan penghitungan, pada 2008 limbah sampah plastik menyentuh angka 925 ribu ton.

Mengenal Sampah Plastik 

mengenal sampah

Pada dasarnya orang pasti tidak akan lupa dengan namanya sampah plastik dalam aktivitasnya sehari-hari. Ya, benar plastik telah menjadi suatu hal penting dalam kehidupan kita saat ini dan pengaruhnya telah menggantikan kayu dan logam karena kelebihan yang ada antara lain ringan dan kuat.

Sifat-sifat bahan plastik merupakan hal yang sulit dalam pembuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya untuk berbagai aplikasi khususnya dalam kehidupan sehari-hari seperti dari kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik sampai dengan komponen otomotif.

Peningkatan pemakai bahan plastik ini menyebabkan peningkatan produksi limbah plastik dari tahun ke tahun. Sebagai gambaran pengguna plastik di Indonesia sampai 10 kg perkapita pertahun, sehingga dapat diperkirakan sebesar itulah sampah plastik yang dihasilkan.

Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa plastik sangat sulit diurai dalam tanah, memerlukan waktu bertahun-tahun dan ini akan menyebabkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya. Pembuangan di Tempat Akhir (TPA) sampah tidaklah solusi yang bijak dalam daur ulang sampah plastik ini.

Fungsi para pemungut sampah dalam mengatasi limbahan sampah plastik harus memperoleh hadiah meskipun ini tidak bisa menghilangkan 100% sampah plastik yang ada.

Cara Memanfaatkan Sampah Plastik Sebagai Sumber Energi

Karena ada energi yang banyak dari bahan plastik, maka akan pemanfaatannya menjadi suatu sumber energi memiliki upaya yang sangat bagus di masa mendatang.

Dari sini dapat diperoleh dua keuntungan sekaligus yaitu mengurangi problem sampah dan juga menghasilkan energi yang bisa dipakai untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional. Beberapa teknologi dapat dipakai untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar diantaranya yaitu :

1. Konversi Kebahan Bakar Padat

melakukan dengan mencacah sampah plastik dan kemudian membriketnya untuk nantinya sampai bahan bakar briket. Bahan bakar ini kemudian bisa digunakan untuk pembakaran di tungku-tungku industri.

2. Mengolah Menjadi Bahan Bakar Cair

Karena memakai prinsip yang mana sampah plastik dipanggang pada suhu sekitar 500 derajat alhasil fasenya akan berubah wujud gas selanjutnya akan terjadi yang namanya perengkahan (cracking). kemudian didinginkan kembali dan dapat bahan bakar cair setara dengan bensin dan solar.

3. Mengubah Menjadi Bahan Bakar Gas

Ini dapat dibuat dengan teknologi gasifikasi yang mana sampah plastik dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi sampai 900oC dengan prinsip oksidasi parsial. Sehingga akan dihasilkan gas hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan industri.

Sudah sepantasnya sampah plastik tidak lagi jadi permasalahan yang rumit dan bahkan dapat mendatangkan manfaat dengan menghasilkan bahan bakar.

Sekarang tinggal cara mendorong pemerintah daerah agar mempraktekan teknologi yang ada dan tentunya didukung oleh seluruh masyarakat di dalam pemanfaatan sampah yang berbentuk komunitas.

Pengolahan Sampah Plastik

pengolah sampah

Semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat, maka akan semakin bertambah pula sampah plastik yang dihasilkan. Wajar jika kemudian menjadi permasalahan lingkungan yang serius.

Perlu diketahui bahwa sampah plastik sangat sulit untuk hancur. Dibutuhkan puluhan bahkan ratusan tahun agar terurai. Oleh karena itu, diperlukan solusi alternatif agar keberadaan sampah plastik dapat ditangani dengan baik. Alternatif penanganannya antara lain dengan 6 R, sebagai berikut:

1. Reuse (Memanfaatkan ulang)
Menggunakan kembali barang bekas tanpa pengolahan dahulu untuk tujuan yang sama atau berbeda dari tujuan bahan awal. Contohnya: memakai sampah plastik sebagai bahan baku kerajinan, ban bekas dikemas menjadi tempat duduk, dan sebagainya.

2. Recycle (Mengolah kembali)
Memanfaatkan barang bekas dengan mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut. Contoh: sampah organik diolah menjadi kompos.

3. Reduce (Mengurangi)
Merupakan semua bentuk kegiatan atau perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah. Contoh: pergi belanja membawa keranjang/tas belanja dari rumah.

4. Replace (Mengganti)
Menggantikan dengan bahan yang bias dipakai ulang sebagai upaya mengubah kebiasaan yang dapat mempercepat produksi sampah. Contoh: membungkus kue menggunakan daun pisang.

5. Refill (Mengisi kembali)
Mengisi kembali wadah-wadah produk kemasan yang habis dipakai. Contoh: memanfaatkan botol parfum untuk diisi kembali dengan parfum isi ulang.

6. Repair (Memperbaiki)
Memperbaiki barang-barang yang rusak agar bisa kita gunakan kembali seperti sepatu jebol yang kita perbaiki karena dengan begitu kita tidak perlu membeli sepatu baru dan membuang sepatu lama menjadi sampah.

Tapi juga tidak baik apabila plastik tersebut digunakan untuk membungkus sebuah makanan panas mengenal bahwa plastik mengandung unsur karbon dan hidrogen. Karna dalam pengolahan sampah plastik itu tidaklah mudah. Anda bisa menghancurkan sampah-sampah plastik yang menumpuk dengan mesin pengolah limbah plastik untuk limbah plastik, agar plastik menjadi ukuran kecil-kecil.

Potensi Sampah Plastik

Sampah plastik dapat dikreasikan menjadi karya kerajinan bernilai jual tinggi tanpa melakukan peleburan terlebih dahulu. Pengolahan plastik dengan cara menggabungkan lembaran-lembaran plastik menjadi bahan dasar, baik dengan menjahitnya atau menempelkannya pada material lain. Bungkus plastik beralumunium foil sebagai bahan baku produksi kerajinan memiliki beberapa kelebihan antara lain:

1. Kuat. Plastik kemasan didesain oleh produsen makanan/minuman instan sebagai pembungkus produk yang cukup kuat melindungi produk di dalamnya. Disamping itu, plastik baru dapat terurai sempurna dalam waktu 80 sampai 300 tahun.

2. Anti air. Plastik kemasan tentu dibentuk untuk melindungi produk di dalmnya dari air dan udara.

3. Desain yang bagus. Setiap produsen ketika mengirim produknya ke pasaran, tentu akan mengemasnya produk semenarik mungkin agar produknya digemari dan dibeli konsumen. Alasannya, karena pandangan pertama ketika berbelanja biasanya pembeli tertuju ke kemasan yang apik dan mencolok. Kemasan yang tertata apik dilihat dari paduan warna, huruf, dan gambar tentu dirancang sedemikian rupa oleh tenaga ahli khusus (Hermono, 2009).

4. Murah. Sampah plastik adalah barang buangan dari produk sekali pakai. Oleh karena itu seringkali dianggap tidak punya nilai lagi. Sampah plastik didapat secara gratis apabila kita pandai dalam menyusun strategi pengumpulannya.

5. Ringan.

6. Lentur, muda dibentuk dan dilipat. Dengan sifat plastik ini kita dapat membuat sampah plastik mirip dengan kain atau kertas (Marpaung, 2009).

Alasan Usaha Memanfaatkan Sampah Plastik Bernilai Tinggi

Sayangnya sekarang ini masih ada banyak orang yang tidak mau ribet dengan membawa tas apalagi jika hanya membeli beberapa kebutuhan di swalayan. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk pengolahan sampah plastik seperti dengan daur ulang menjadi biji plastik.

Atau masih bisa untuk dimanfaatkan sehingga bisa terbentuk sebuah kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomis. Untuk menyulap sebuah sampah plastik menjadi suatu kerajinan tangan yang unik diperlukan kreatifitas dan ketekunan yang tinggi.

Contoh sebuah botol plastik, kita dapat membentuk sebuah bunga dari sampah botol plastik tersebut. Tak hanya bunga saja kita juga bisa mengolah menjadi sebuah biji besi yang mempunyai harga jual sangat tinggi di Luar negeri.

Selain sampah botol plastik ada pula kantong plastik bekas yang dapat dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan. Seperti yang kita ketahui, tak hanya menggunakan sebuah kertas, sampul layang-layang banyak yang menggunakan plastik.Selain layang-layang masih banyak lagi kerajinan yang lain terbuat dari kantong plastik, seperti tatakan gelas, tas, bunga.

Seperti cara yang sedehana diatas tersebut, kita juga bisa memanfaatkan sebuah limbah sampah plastik sebagai bahan bakar minyak (BBM). Serta bisa mengurangi jumlah limbah sampah menumpuk juga bisa mengurangi pemakaian minyak bumi.

Beberapa orang sudah mulai banyak yang terjun mengkonversi sampah plastik menjadi sebuah BBM setara dengan solar dan premium.

Apalagi jika kita menggunakan sebuah mesin yang canggih seperti yang telah digunakan di Jepang. Tapi ada juga orang kreatif yang mampu menggunakan sebuah alat sederhana seperti kaleng bekas dan pipa untuk mengolah plastic menjadi BBM.

Cara Memanfaatan Sampah Plastik Dan Mengurangi Pencemarannya

Plastik merupakan salah satu limbah yang sulit untuk diurai. sampah sebaiknya diproses dengan cara memanfaatkan sampah plastik ini karena plastik memerlukan waktu hingga ratusan tahun agar bisa terurai.

terlebih, masyarakat Indonesia yang seringkali membakar limbah tersebut untuk mengurangi jumlah sampah mereka. Padahal, asap pembakaran sampah inilah yang dapat mencemari lingkungan dan berbahaya bagi tubuh.

Alasan-alasan inilah yang harus dicermati agar limbah plastik tidak lagi mencemari lingkungan. Anda harus bisa memanfaatkan limbah tersebut sebagai salah satu bahan baku untuk menghasilkan produk baru yang memiliki nilai. Selain dapat mengurangi pencemaran lingkungan, mendaur ulang sampah juga dapat memberikan pemasukan secara finansial.

Dengan sedikit kreativitas dan usaha, tentunya kita bisa memperpanjang umur dan juga manfaat dari sampah botol plastik ini agar tidak menumpuk di tempat sampah.

Nah salah satu solusi cerdas dalam menangani masalah ini adalah dengan melakukan daur ulang menjadi kerajinan botol plastik, yaitu memanfaatkan atau mengolah kembali sampah plastik menjadi suatu benda atau kerajinan yang berguna bagi kehidupan kita. Salah satu sampah plastik yang memiliki manfaat untuk didaur ulang dan dikreasikan adalah botol plastik

Dampak Plastik Terhadap Lingkungan

dampak sampah plastik

Dampak plastik bagi lingkungan adalah akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan limbah plastik. Ini ternyata sangat signifikan. Sebagaimana yang anda ketahui, plastik dimulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, sekarang telah menjadi barang yang sering digunakan dalam kehidupan manusia.

Diperkirakan ada 500 juta – 1 milyar sampah plastik dipakai penduduk dunia dalam satu tahun. Hal ini merupakan sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk mengolahnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta batang pohon ditebang.

Konsumsi berlebih dengan plastik, pun menyebabkan jumlah sampah plastik yang besar. Karena tidak berasal dari senyawa biologis, plastik mempunyai sifat sulit terdegradasi (non-biodegradable).

Diperkirakan diperluhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga bisa terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Limbah kantong plastik bisa mencemari tanah, air, laut, bahkan udara.

Kantong plastik dibuat dari penyulingan gas dan minyak yang kita sebut ethylene. Minyak, gas dan batu bara mentah merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Semakin banyak pengguna palstik maka akan semakin cepat menghabiskan sumber daya alam tersebut.

Kenapa Sampah Plastik Harus Didaur Ulang?

Usaha daur ulang limbah plastik bisa dikatakan gampang dan mudah dipraktekan. seperti kemungkinan besar life span-nya panjang dan minim resiko kecuali seperti mesin-nya yang rusak. Asalkan pengolahannya rapi dan bersih, tentunya mitra pengelola sampah plastik mau membeli harga yang lebih bagus.

Kalau Anda tertarik memulai bisnis daur ulang sampah plastik, coba pakai tips berikut ini:

  1. Siapkan lahan yang besar sebagai tempat menyimpan sampah plastik bekas dan juga biji plastik. Tempat ini juga akan dijadikan sebagai tempat penyortiran jenis plastik dengan jenis pengolahan yang berbeda
  2. Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar untuk membeli plastik bekas yang bisa di daur ulang dari para pemulung
  3. Menyiapkan pekerja yang bertugas untuk menyortir dan mencuci limbah plastik bekas
  4. Persiapkan timbangan dan penggiling plastik yang nantinya diolah jadi biji platsik
  5. Melakukan kerjasama denga seorang pembeli biji plastik, misalnya perusahaan pembuat plastik
    Nah, kalau Anda benar-benar ingin mencoba, persiapkan mental ini sebelum terjun, bisnis daur ulang sampah plastik harus berhubungan dengan kotoran. Siap-siap saja anda terkena plastik yang kena kotoran manusia, dikencingi, bau keringat dan yang pasti suplier yang beragam.

Selain itu, sediakan modal dan cari sumber informasi, berita berapa kira-kira pemulung dan pengepul menjual sampah plastik per kg-nya. Semoga sukses!

Daur Ulang Plastik di Industri

Umumnya setiap hari kita menggunakan sebuah plastik untuk kebutuhan membawa barang-barang agar tidak repot. Akan tetapi penggunaan suatu plastik yang terlalu sering juga tidak baik. Selain dapat menimbulkan pencemaran lingkungan akibat sebuah sampah plastik.

Untuk itu cara memanfaatkan sampah plastik perlu dilakukan dengan cara daur ulang sampah plastik, adapun proses daur ulang limbah sampah plastik di industri adalah sebagai berikut :

  • Sortir – Tahap pertama dalam sebuah pengolahan sampah plastik adalah dengan memilih sampah plastik terlebih dahulu, yaitu dengan memisahkannya berdasarkan jenis ketebalan, bentuk dan ukurannya.
  • Pemotongan – Tahap kedua adalah suatu pemotongan. Limbah pengolahan sampah plastik yang telah dipilih akan dipotong menjadi bagian yang lebih kecil untuk mempermudah dalam suatu pengolahannya nanti dan juga agar prosesnya tidak lama.
  • Pencucian – Tahap ketiga adalah proses pencucian. Sampah plastik yang tadi dipotong menjadi beberapa bagian yang lebih kecil kemudian akan dicuci sampai bersih untuk diolah menjadi produk.
  • Pengeringan – Tahap keempat adalah tahap pengeringan. Setelah melewati beberapa proses pencucian, maka limbah sampah plastik akan dikeringkan terlebih dahulu pada standar suhu tertentu yang telah ditetapkan guna tetap mempertahankan kualitas produk.
  • Pemanasan – Tahap selanjutnya adalah pemanasan. Sampah plastik yang sudah begitu kering akan dipanaskan pada suhu 200 derajat Celcius hingga meleleh.
  • Penyaringan – Setelah limbah dipanaskan dan sudah meleleh, maka lelehan plastik tadi akan membentuk bentuk silinder panjang yang kemudian dipotong dengan sebuah mesin.
  • Pendinginan – Tahap selanjutnya adalah sebuah pendinginan. Setelah melalui proses penyaringan dan pemotongan maka limbah plastik tersebut akan dialirkan melalui pipa pendingin untuk dibekukan agar memudahkan dalam proses selanjutnya.
  • Pencetakan – Setelah dibiar dinginkan, maka selanjutnya limbah plastik tersebut dicetak menjadi bentuk seperti mie dengan diameter 4 mm untuk dibuat kerajinan.

Itulah ulasan tentang cara memanfaatkan sampah plastik. semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dilingkungan sekitar maupun alam dan jadilah anda sebagai pelopor untuk menyelamat bumi.

 

× Whatsapp Kami!