Select Page

Cara Mengurangi Sampah Plastik

CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK

Cara mengurangi sampah plastik hampir setiap hari kita pasti bersinggungan dengan sebuah Plastik. Mulai dari botol plastik bekas, kantong plastik, sedotan, makanan/minuman kemasan ataupun sebuah barang-barang yang ada disekitar kita yang berbahan dasar sebuah Plastik.

Plastik memang telah menjadi sebuah komponen yang penting dalam kehidupan modern manusia. Namun peningkatan dalam penggunaan plastik cukup sulit kita batasi. Diperlukan upaya untuk menghindari sebuah tumpukan sampah plastik bekas kemasan yang menggunung.

Berikut beberapa ini tips langkah mudah dalam mengurangi penggunaan Sampah Plastik yaitu:

Biasakan Membawa Suatu Tas Atau Kantong Belanja

CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK

Ketika kita berbelanja biasakan untuk selalu membawa tas belanja sendiri. Selain lebih kuat tas belanja bisa di modifikasi sebuah desainnya sesuai keinginan kita. Namun jika dalam keadaan mendesak kita tetap harus menggunakan sebuah Kantong Plastik.

Jangan terlalu buru-buru untuk membuat suatu Kantong Plastik tersebut. Coba lah dibersihkan dan disimpan untuk digunakan pada saat belanjaan selanjutnya ataupun digunakan untuk kebutuhan yang lainnya. Itulah cara mengurangi sampah plastik terhadap lingkungan.

Jangan Lupa Membawa Sebuah Botol Minuman

CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK

Saat jam makan siang di kantor ataupun saat jajan di kantin kampus. Biasanya botol air mineral ataupun minuman kemasan merupakan hal yang wajib kamu beli untuk melengkapi sebuah makan siang kita. Itulah suatu cara mengurangi sampah plastik.

Namun bayangkan jika setiap kita makan dan selalu membeli sebuah botol minuman sudah berapa banyak botol yang kita buang?. Nah mulai sekarang coba untuk kita membiasakan membawa botol minum sendiri. Itu lah langkah cara mengurangi sampah plastik.

Terlebih saat ini di setiap kantor maupun sebuah kampus-kampus biasanya sudah mulai menyediakan air galon gratis. Selain lebih hemat dalam membawa botol minum memudahkan dalam berbagai aktivitas jadi tidak perlu repot untuk membeli botol minuman terlebih dahulu.

Hindari Penggunaan Suatu Kantong Plastik Ataupun Wadah Plastik

Dengan selalu membawa sebuah Tas Belanja dan Botol minum sendiri. Kita dengan mudah akan terhindar dari penggunaan sebuah Plastik. Seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa untuk tidak menggunakan sesuatu yang berbahan dasar plastik jika tidak terdesak.

Hindari Dalam Penggunaan Sedotan

Biasanya saat kita memesan sebuah minuman baik di kantin, caffe ataupun restoran, sedotan tidak akan luput dari suatu minuman kita. Nah biasakan untuk tidak menggunakan suatu sedotan pada minuman kita. Itu cara mengurangi sampah plastik.

Jika minuman kita terlalu agak panas coba lah untuk mengaduk secara perlahan agar minuman kita cepat mendingin. Sedangkan jika minuman kita itu terlalu dingin. Diamkan lah beberapa saat minuman kita itu agar esnya cepat mencair.

Sampah Plastik

Sampah plastik Plastik adalah sebuah senyawa polimer alkena dengan bentuk molekul sangat besar. Istilah sebuah plastik, menurut pengertian suatu kimia, mencakup produk dari polimerisasi sintetik atau semi-sintetik.

Molekul plastik terbentuk dari sebuah kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan suatu performa atau nilai ekonominya. Plastik adalah sebuah senyawa polimer alkena dengan bentuk molekul sangat besar.

Istilah dalam plastik, menurut pengertian ahli kimia, mencakup dari produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Molekul plastik terbentuk dari suatu kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa.

Secara lebih alamiah, terdapat beberapa senyawa polimer (pengulangan tidak terhingga dari suatu monomer-monomer) yang digolongkan ke dalam kategori plastik. Secara lihat fisik, plastik bisa dibentuk atau dicetak menjadi sebuah lembar film atau serat sintetik.

Dalam proses industri dan pabrikasi ini, plastik  juga dibuat dalam jenis yang sangat begitu banyak. Sifat-sifat bisa menerima suatu tekanan, panas, keras juga lentur, dan bisa digabung dengan partikel yang lain semisal karet, metal, dan keramik.

Sehingga wajar jika plastik ini bisa dipergunakan secara massa untuk banyak sekali keperluan. Serta plastik ini juga digunakan untuk kantong belanjaan serta membawa barang belanjaan. Sering kali plastik ini juga di gunakan untuk kemasan produk.

Asal Plastik

Sampah berasal dari sebuah beberapa tempat, yakni :
  1. Sampah dari pemukiman penduduk pada suatu pemukiman ini biasanya sampah dihasilkan oleh suatu keluarga yang tinggal disuatu bangunan . Jenis sampah yang dihasilkan biasanya cendrung sampah organik.
  2. Sampah dari tempat-tempat yang umum dan perdagangan tempat tempat umum adalah tempat yang dimungkinkan banyaknya jumlah orang berkumpul dan melakukan kegiatan. Tempat-tempat tersebut mempunyai yang berpotensi yang cukup besar.

Jenis-Jenis Sampah

Jenis-jenis sampah ini jenis sampah yang ada di sekitar kita cukup beraneka ragam, ada yang berupa sampah rumah tangga, sampah industri, sampah pasar, sampah rumah sakit, sampah pertanian, sampah perkebunan, sampah peternakan,dan yang lainnya.
Berdasarkan dari asalnya, sampah padat dapat digolongkan menjadi 2 (dua) yaitu sebagai berikut ini:
1. Sampah organic, adalah suatu sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan hayati yang dapat didegradasi oleh mikroba atau bersifat seperti biodegradable. Limbah ini dengan mudah dapat diuraikan melalui suatu proses alami.
Sisa rumah tangga sebagian besar merupakan suatu bahan yang organik. Termasuk juga sampah organik, misalnya sampah dari sebuah dapur, sisa-sisa makanan, pembungkus (selain kertas, karet dan juga plastik), tepung, sayuran basi, kulit buah, daun dan yang lain.
Selain itu juga, suatu pasar tradisional juga banyak menyumbangkan sampah organik seperti sampah sayuran, buah-buahan dan lainnya. Maka dari itu cara untuk mengurangi sampah plastik dengan tidak memakai plastik saat berbelanja.
2. Sampah Anorganik adalah suatu sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati, baik berupa produk sintetik maupun hasil dari proses teknologi pengolahan bahan tambang. Sampah anorganik dibedakan menjadi yaitu : suatu sampah logam dan produk olahanya.

Dampak Sampah Plastik

a. Dampak Terhadap Sebuah Kesehatan

Lokasi dan pengelolaan suatu sampah yang kurang memadai (pembuangan limbah sampah yang tidak terkontrol) merupakan sebuah tempat yang cocok bagi beberapa organisme dan menarik bagi berbagai jenis binatang seperti, lalat dan anjing yang menjangkit penyakit.
Potensi Dari bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut yaitu :
  • Penyakit suatu diare, kolera, tifus menyebar dengan sangat cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur dengan air minum. Sakit demam berdarah (haemorhagic fever) dapat juga meningkat dengan sangat cepat.
  • Penyebab dari jamur dapat juga menyebar luas (misalnya jamur kulit).
  • Penularan yang dapat menyebar dari melalui rantai makanan. Salah satu contohnya adalah suatu penyakit yang dapat dijangkitkan oleh cacing pita(taenia). Cacing ini sebelumnya masuk kedalam suatu pencernakan binatang ternak melalui makanannya.

b. Dampak Terhadap Lingkungan Sekitar

Cairan dari rembesan sampah ini yang masuk kedalam drainase atau sungai akan mencemari air. Berbagai jenis suatuorganisme termasuk ikan dapat mati sehingga beberapa spesien akan lenyap. Hal ini mengakibatkan berubahnya suatu ekosistem perairan biologis.
Penguraian suatu sampah yang di buang kedalam air akan menghasilkan suatu asam organik dan gas cair organik, seperti metana. Selain berbau yang kurang sedap, gas ini pada konsentrasi tinggi bisa dapat meledak.

c. Dampak Terhadap Keadaan Sosial Serta Ekonomi

Dampak-dampak tersebut terdapat dibawah ini adalah sebagai berikut :
  • Pengelolaan suatu sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. Hal yang penting disini adalah meningkatnya pembiayaan (untuk mengobati sebuah kerumah sakit).
  • Infrastruktur lain dapat juga dipengaruhi oleh pengelolaan suatu sampah yang tidak memadai, seperti tingginya suatu biaya yang diperlukan untuk pengolahan air. Jika sarana penampungan limbah sampah kurang atau tidak efisien.
  • Orang akan cenderung membuang sampahnya dijalan raya. Hal ini mengakibatkan jalan perlu lebih sering untuk dibersihkan dan diperbaiki.

Pengelolaan Sampah Dengan Suatu Konsep 3R

Menurut Departemen Pekerjaan Umum Kota Kabupaten Semarang (2008), pengertian pengelolaan sampah 3R secara umum adalah upaya untuk pengurangan sampah, melalui program menggunakan lagi (Reuse), mengurangi (Reduce), dan daur ulang (Recycle).
  1. Reuse (menggunakan suatu kembali) yaitu penggunaan kembali limbah sampah secara langsung,baik untuk sesuai fungsi yang sama maupun fungsi lain.
  2. Reduce (mengurangi sampah) yaitu mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya suatu sampah.
  3. Recycle (mendaur ulang kembali) yaitu memanfaatkan kembali suatu sampah setelah mengalami suatu proses pengolahan.
Mengurangi suatu sampah dari sumber timbulan, di perlukan upaya untukmengurangi sampah mulai dari hulu sampai hilir. Upaya-upaya ini yang dapat dilakukan dalam mengurangi sampah dari sumber sampah (darihulu) adalah menerapkan sebuah prinsip 3R.

Teknik Dalam Pengolahan Sampah

Sampah adalah suatu sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang. Yang umumnya berasal dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia (termasuk kegiatan industri).
Tetapi bukan suatu biologis (karena human waste tidak dapat termasuk didalamnya) dan umumnya bersifat sangat padat. Maka itu sebuah tips atau cara mengurangi sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar.
Sumber dari sampah bisa bermacam-macam, diantaranya adalah seperti : dari sisa rumah tangga, pasar, warung, kantor, bangunan umum, industri, dan jalan raya. Berdasarkan komposisi kimia itu, maka sampah dibagi menjadi sampah organik serta sampah anorganik.
Penelitian mengenai sebuah sampah padat di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 80% merupakan suatu sampah organik, dan diperkirakan sekitar 78% dari sampah tersebut dapat digunakan kembali atau dapat didaur kembali.
Pengelolaan sampah adalah semua kegiatan yang dilakukan dalam menangani suatu sampah sejak ditimbulkan sampai dengan pada pembuangan akhir. Secara garis yang besar, kegiatan di dalam pengelolaan suatu sampah meliputi pengendalian timbulan sampah.

Tips Mengurangi Sampah Plastik

Plastik ini masih menjadi permasalahan sampah yang dapat mencermarkan lingkungan. Sifatnya tidak mudah terurai, membuat suatu sampah plastik selalu meningkat, bahkan bukan hanya di darat, sampah plastik ini pun sangat mengganggu suatu biota laut.

Laporan dari UN Environment terbaru berjudul “ Single-use Plastic, A Roadmap for Sustainability” pun menyebutkan bahwa suatu kantong plastik dan styrofoam adalah produk plastik yang paling bermasalah di dalam pencemaran lingkungan sekitar.

Hal tersebut juga dibuktikan dengan sebuah temuan-temuan di lapangan ketika dilakukan “ clean up” di berbagai lokasi. Suatu Ocean Conservancy menyebutkan 10 produk plastik yang ditemukan di berbagai pantai, termasuk di antaranya suatu kantong plastik.

Fakta tersebut pun juga senada dengan kegiatan “ waste audit ” yang dilakukan oleh suatu Greenpeace Indonesia dalam dua tahun terakhir di  Kepulauan Seribu, Jakarta, menyebut sampah plastik sebagai salah satu produk yang banyak ditemukan terdampar di pantai.

Cara Dalam Mengurangi Plastik

1. Gunakan Suatu Alat Makan Sendiri

Alat makan seperti suatu sendok, piring atau sedotan yang disediakan pada tempat makan biasanya terbuat dari plastik. Walau terlihat lebih ringkas, namun sampahnya juga sangat sulit untuk diurai.

Membawa suatu alat makan sederhana dari rumah bisa dilakukan. Jika terpaksa dalam melakukannya, jangan gunakan lebih dari tiga kali alat makan. Kalau jika memungkinkan, bawa pulang alat makan plastik ini yang diberi untuk digunakan kembali.

2. Kemasan Sebuah Plastik

Belilah Suatu barang yang dikemas dalam sebuah karton bukan plastik. Sampah kertas lebih mudah diurai dibandingkan dengan botol. Itu sebuah cara mengurangi sampah plastik dilingkungan kita supaya bersih.

3. Botol Minuman Pribadi

CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK

Di Negara Eropa atau Amerika banyak keran air bersih siap untuk minum yang bisa digunakan untuk minum. Selalu sediakan sebuah tempat minum kosong untuk diisi air bersih. Trik ini sekaligus menghemat sebuah pengeluaran.

4. Korek Api Yang Isi Ulang

CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK
Korek api kayu dianggap suatu kuno dan sangat merepotkan. Meski sangat praktis, namun korek plastik juga bakal menjadi suatu sampah yang sulit terurai. Menggunakan korek isi ulang bisa menjadi sebuah solusinya.

5. Santap Dengan Perlahan

Santap suatu minuman atau makanan dengan perlahan agar bisa dihabiskan ditempat. Jika terpaksa membawa pulang suatu makanan yang berjenis kering, minta pelayan membungkusnya dengan suatu kertas.

6. Perlengkapan Alat Mandi

CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK
Hotel biasanya menyediakan suatu peralatan mandi dalam kemasan plastik di setiap kamarnya. Jika masih memiliki ruang sisa di dalam koper, sebaiknya bawa peralatan mandi dari rumah untuk mengurangi suatu penggunaan yang dikemas dalam plastik dari hotel.

7. Tempat Yang Ramah Lingkungan

Pilih jasa dalam suatu wisata yang memiliki konsep yang ramah lingkungan. Beberapa  sebuah jaringan hotel ini, seperti Anantara serta Marriott, sudah mulai melakukan suatu pengurangan sebuah sampah plastik dengan tak menggunakan suatu alat makan dan kemasan plastik.

Manfaat Sampah Plastik

Di mana kaki kita dipijakkan, akan kita temui suatu sampah bertaburan. Entah itu sampah organik, seperti suatu dedaunan, sayuran, hingga sampah anorganik, seperti plastik, botol, dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang ditulis dalam Hijrah Purnama dan Yebi Yuriandala dalam Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan menyebutkan bahwa komposisi sampah yang berasal dari permukiman terdiri dari 75% sampah suatu organik dan 25% sampah anorganik.

Jurnal yang berjudul Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif tersebut juga menyinggung sampah, khususnya adalah anorganik yang banyak dijumpai di lingkungan sekitar ialah suatu sampah plastik.

Berdasarkan hasil dari observasi dan penghitungan, pada 2008 kemasan sampah plastik mencapai sekitar 925 ribu ton. Itu merupakan suatu dampak cara mengurangi sampah plastik di lingkungan sekitar kita.

Tidak dapat dimungkiri lagi, sejak dulu suatu sampah menjadi persoalan krusial yang sulit sekali dipecahkan. Meski sudah banyak penyuluhan dan sosialisasi tentang pemanfaatan suatu sampah agar tidak mencemari lingkungan, tidak banyak masyarakat yang peduli itu.

Bahkan dengan begitu santai, justru merekalah yang subjek perusak kerindangan, kenyamanan, kebersihan, dan ketenangan alam. Suatu hal yang sangat mendasar, contoh saja seusai habis makan camilan di taman, banyak ditemui seseorang membuang bungkus camilan seenaknya.

Hal inilah salah satu sikap dan suatu bentuk kurang sadarnya masyarakat kita terhadap lingkungan. Kebiasaan yang buruk masyarakat kita berlangsung sejak mereka dini. Hal itu disebabkan karena suatu orangtua sebagai panutan terkadang sering kita jumpai.

Itulah suatu ulasan mengenai cara mengurangi sampah plastik di lingkungan kita. Supaya lingkungan kita bersih dan nyaman saat di tempat tinggali. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua. Sekian Dan Terima Kasih.