Select Page

Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi karya inovasi dari kerajinan daur ulang barang bekas yang unik dan lucu pastinya mempunyai nilai jual ni.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Punya barang bekas yang menumpuk di rumah? Jangan langsung dibuang guys sebab kamu bisa menyulap barang tidak terpakai ini menjadi kerajinan daur ulang yang unik. Simak saja inspirasi kerajinan daur ulang dari barang bekas ini ya guys

Banyak Barang Bekas Di Rumah? Ubah Saja Jadi Kerajinan Daur Ulang Sederhana

kerajinan daur ulang

Hampir setiap rumah pasti memiliki barang bekas. Tidak jarang, barang bekas ini dibuang dan tidak pernah di daur ulang kembali. Padahal kalau dipikir-pikir, barang-barang tidak terpakai ini dapat dijadikan kerajinan unik yang memiliki nilai jual loh! Yah…hitung-hitung, apa yang kamu lakukan ini berperan untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang ada.

Oke, gimana sekarang kalau setiap melihat barang tidak terpakai di rumah, kamu simpan di tempat khusus dan akhirnya kamu sulap menjadi barang kerajinan daur ulang. Tanpa kamu sadari, barang-barang bekas yang di daur ulang ini bisa memiliki nilai ekonomis tinggi loh. Jadi jangan aneh, kalau inspirasi untuk mengelola barang tak terpakai menjadi trend dan memiliki nilai jual.

Manfaat Membuat Kerajinan Daur Ulang Dari Barang Bekas

Banyak sekali hal yang bisa kamu pelajari dari pengolahan kerajinan tangan ini, contohnya fungsi hias dan fungsi pakai. Fungsi pakai yaitu memanfaatkan kembali barang bekas menjadi kerajinan sehingga memiliki keindahan yang menarik, sedangkan fungsi hias lebih terarah seperti keunggulan pemakaiannya. Kerajinan daur ulang ini juga dapat dipelajari oleh setiap orang, contohnya kerajinan miniatur, patung, lukisan, dll. banyak sekali manfaat yang kamu dapat ambil ketika membuat karya kerajinan tangan, diantaranya adalah:

  • Mengisi waktu luang sehingga lebih produktif ketimbang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.
  • Melatih kecerdasan inovasi dan kreatifitas karena karya tidak langsung bisa dikerjakan, tapi perlu banyak latihan.
  • Memberi rasa kesabaran disebabkan dibutuhkan ketelitian agar menghasilkan karya yang menarik dilihat.
  • Menghemat pengeluaran dan tentunya akan memberikan kesan tersendiri karena pembuatannya murni dari kalian, tidak dibeli di toko manapun.
  • Membuat lapangan bisnis oleh hasil karya tangan ini sangat bisa mendapat nilai jual yang cukup besar.
  • Melatih anak-anak untuk mengikuti aturan sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
  • mengasah kemampuan otak motorik anak-anak karena perancangan dan karya yang dibuat memanfaatkan tangan dan mata.
  • membentuk rasa percaya diri untuk membuat sebuah kerajinan dengan tangan sendiri.

1. Membantu Menambah Penghasilan

kerajinan daur ulang

Beberapa manfaat diatas dapat kamu rasakan ketika membuat sebuah hasil kerajinan daur ulang, apalagi jika barang-barang kerajinan itu terbuat dari barang bekas. Kamu dapat membentuk kreatifitas kamu dan secara tidak langsung, hal ini sangat akan bisa membuat kamu memiliki penghasilan. Di jaman yang semakin canggih ini, memang dituntut agar setiap orang mampu berpikir kreatif sehingga tidak ketinggalan.

anda merupakan seorang pelajar contohnya, hal yang sangat mudah bisa kamu kerjakan, yah..dengan membuat karya dari barang-barang bekas menjadi sebuah karya yang lebih bermanfaat dan mempunyai nilai jual. Misalnya saja, botol bekas yang dapat diubah menjadi lampu hias. Atau membuat sofa dari bathtub yang sudah tidak terpakai. Tidak usah pusing, kamu cukup membelah bathtub tersebut menjadi dua bagian, lalu berikan dudukan sofa. Supaya tampil lebih menarik dilihat, warnai ulang bagian luar barang bekas sehingga terlihat lebih bernilai.

2. Ikut Menyelesaikan Masalah Dengan Kerajinan Daur Ulang Sampah

Selain dari pada menambah outpitmu, pengolahan barang tak terpakai ini menjadi hasil kerajinan tangan secara tidak langsung memberi upaya untuk ikut menyelesaikan masalah sampah selama ini. Seperti yang diketahui, sampah adalah salah satu masalah besar yang dialami oleh banyak negara, contohnya Indonesia yang meraih peringkat dua sebagai negara penyumbang sampah terbesar di seluruh dunia.

Nah, salah satu cara menanggulanginya adalah mengolah sampah-sampah tersebut menjadi suatu barang yang bernilai. Misalnya saja, sampah Anorganik berbahan dasar plastik yang dapat diolah menjadi tas plastik, bros, hiasan ruangan, dompet, dan masih banyak lagi. Agar lebih berkualitas, sebaiknya kamu terlebih dahulu memisahkan antara sampah organik dan anorganik.

3. Meningkatkan Kreativitas

Melakukan daur ulang barang bekas  juga dapat melatih daya inovasi dan kreatifitas kamu bahkan bisa menjadi ladang bisnis. Kamu dapat berpengaruh menyelesaikan masalah pemerintah mengatasi masalah sampah dan juga memperbaiki perekonomian negara lewat barang-barang hasil karya tangan kamu. Jika hal ini terus dilakukan dan ide-ide kreatif semakin bermunculan, maka masalah sampah dapat diatasi sesegera mungkin.

4. Membuat Barang Bekas Menjadi Kerajinan Daur Ulang Lebih Bermanfaat

Mungkin selama ini, kamu hanya bisa membuang sampah tanpa berani untuk mengolahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Nah, apakah kalian siap sekarang untuk mulai belajar mengolah barang-barang yang memiliki nilai jual dari sampah-sampah tersebut? mungkin dapat kalian mulai dari barang tak terpakai di rumah kalian. Kamu bisa membuatnya menjadi tempat aksesoris, pot bunga, keset, bros, dll. Kamu tidak perlu repot-repot lagi membeli barang-barang mahal untuk mempercantik rumah mu. Cukup manfaatkan barang-barang bekas tersebut.

5. Membuka Peluang Usaha Bersama

mengelola barang-barang bekas menjadi suatu barang siap pakai juga bisa mendapatkan peluang bisnis bersama-sama. Jangan takut akan bahan bakunya karena permintaan sampah yang kuat tidak akan menjadi penghalang buat kamu sehingga bisnis kerajinan daur ulang sampah ini menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan.

Sangat sayang apabila kamu melewatkan kesempatan ini begitu saja. Modal yang dibutuhkan pun tidak besar sehingga kamu bisa lebih banyak meraup untung. Saat barang-barang bekas tersebut disulap menjadi sebuah karya yang memiliki nilai dan fungsi, maka hal itu adalah peluang usaha alternatif yang sangat menguntungkan bagi anda.

Inspirasi Kerajinan Daur Ulang Sederhana Yang Bisa Kamu Coba

kerajinan

Ada banyak hasil kerajinan tangan yang bisa kamu ciptakan dari barang-barang bekas, seperti tempat cas HP dari botol plastik bekas karbol. Ada juga pot mini yang dibuat dengan kulit telur, pot tanaman yang terbuat dari ban bekas, atau tempat duduk yang terbuat dari ban bekas. Supaya terlihat lebih unik dan lucu, kamu dapat memberikan sedikit karya berupa warna pada bagian ban sehingga terlihat unik dan indah dipandang.

Selain itu, ada juga beberapa inspirasi kerajinan daur ulang sederhana yang bisa kamu coba di rumah, seperti lampu gantung dari kardus bekas, tempat tissue dari kaleng bekas, wadah peralatan dapur dari tempat pensil dari sedotan, kaleng bekas,  tempat lampu dari kardus bekas, tempat tissue dari koran bekas, mangkok dari koran bekas, dompet dari botol bekas, jam dinding dari koran bekas,bahkan gelas dari botol bekas.

1. Lampu Gantung Dari Kardus Bekas

Pasti ada dari kalian bertanya-tanya, bagaimana sih mengolah lampu gantung dari bekas kardus? Nah, tidak perlu khawatir karena membuat lampu gantung ini tidak terlalu rumit seperti yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk membuatnya. Selanjutnya, siapkan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan, seperti kardus bekas, lem tembak, lampu, tempat lampu, kabel, penggaris, pensil, dan cat semprot. Berikut cara membuatnya :

  1. Kardus di potong dengan diameter 60 cm dan lebar 21 cm.
  2. Cat permukaan kardus dengan warna putih pada satu sisi dan permukaan ini dijadikan warna dalam agar cahaya lampu dapat terang.
  3. Lipat kardus menjadi segilima dan jangan lupa bahwa permukaan yang dicat putih tadi adalah bagian dalam, sedangkan sisi luar masih warna kardus asli.
  4. Kemudian, bekas kardus dipotong-potong menjadi kecil-kecil dengan cara kardus dibentangkan.
  5. lipatlah kardus  membentuk segilima menggunakan lem supaya lipatan tidak rusak lagi.
  6. Potongan kardus lalu disusun kembali dengan posisi berlawanan dari satu kardus ke kardus lainnya menggunakan lem agar merekat.
  7. Buat kembali lembaran kardus menjadi bentuk segilima sebagai tempat meletakkan lampu.
  8. Di bagian tengah kardus yang berbentuk segilima tersebut, buatlah lubang kemudian pasang tempat untuk lampu dan kabelnya.
  9. Gabungkan kembali lembaran kardus yang berbentuk segilima dengan potongan kardus yang telah dipotong sebelumnya.
  10. Lampu hias sudah selesai. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu atau teras rumah.

2. Wadah Peralatan Dapur Dari Kaleng Bekas

Kamu juga bisa membuat wadah peralatan dapur, seperti tempat sendok dari kaleng bekas. Bahan dan alat yang perlu kamu siapkan adalah kaleng susu bekas, cat warna, kayu,kuas, palu, dan paku. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan kaleng susu dan jemur hingga kering. Jika kaleng susu yang kamu gunakan penyok pada suatu sisi, ratakan sisi tersebut ke bentuk semula.
  2. Warnai kaleng dengan cat semprot universal atau cat besi, kemudian jemur hingga kering.
  3. Hiasi bekas kaleng tersebut menjadi sesuai dengan yang ingin anda buat.
  4. warnailah papan kayu yang selanjutnya kamu gunakan dan jemurlah.
  5. Lubangi kaleng bekas menggunakan paku pada bagian atas dan atur posisinya dengan posisi berdiri menempel pada papan kayu yang telah dicat dan beri tanda pada lubang paku menggunakan pensil.
  6. Buatlah lubang pada tanda-tanda tersebut menggunakan paku, tapi jangan melubangi terlalu dalam.
  7. Lekatkan kaleng bekas ke papan dengan posisi lubang kaleng melekat di lubang papan kayu.
  8. Papan kayu dan kaleng bekas kemudian disatukan dengan sekrup ukuran sedang. Jika kamu ingin, sekrupnya dapat dicat juga supaya semakin cantik.
  9. Berikan pegangan atau gantungan papan untuk membuat penampilan tempat sendok kamu semakin cantik.
  10. Wadah sendok dari kaleng bekas siap digunakan.

3. Tempat Tissue Dari Kaleng Bekas

Barang kerajinan selanjutnya yang bisa kamu buat yaitu tempat tisu dari bekas kaleng. Kamu bisa menggunakan kaleng bekas susu atau kaleng bekas lainnya. Siapkan bahan serta alat yang digunakan, seperti kaleng bekas susu ukuran 400 atau 900 ml lengkap dengan tutupnya sebanyak 1 buah, cat pilox (terserah warna apa saja, sebaiknya warna terang), spidol warna hitam cat air, Bekas koran, dan cutter. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1.  Pertama bersihkan bekas kaleng dan biarkan sampai benar-benar kering.
  2. Warnai kaleng menggunakan cat pilox dan semprotkan ke semua bagian kaleng. Kamu bisa menggunakan koran bekas sebagai pengalasnya. jangan lupa juga untuk mengocok kaleng cat pilox dahulu supaya cairan cat dalam kaleng merata.
  3. Jemur kaleng yang telah di cat hingga benar-benar kering dan beralaskan koran.
  4. Buatlah lukisan pada sisi kaleng yang sudah kering dengan spidol snowman paint seperti dengan warna yang kamu inginkan. Pastikan kamu mengocok spidol sebelum dipakai.
  5. Bentuklah lubang di tutup kaleng menggunakan ukuran berkisar 4 cm dengan cutter.
  6. gabungkanlah kembali tutup yang sudah dilubangi untuk penutup kaleng.
  7. Tempat tissue dari kaleng bekas siap digunakan.

4. Tempat Tissue Dari Koran Bekas

Selain menyulap koran bekas,  mangkok kertas, juga dapat kamu sulap menjadi tempat tisu. Alat-alat dan bahan yang diperlukan, seperti koran bekas, gunting, lakban hitam, dan lem kertas. Untuk membuatnya, berikut beberapa langkah yang dapat kamu ikuti:

  1. Koran bekas digulung-gulung dan dibuat menjadi dua ukuran. Ukuran yang pertama lebih panjang (sebagai bagian bawah) dan ukuran kedua lebih pendek (sebagai bagian samping).
  2. Gulungan pertama dibuat menyerupai persegi panjang dan pakailah lem sebagai perekatnya.
  3. Buatlah dua susunan untuk bagian bawah dan atas kotak.
  4. Di bagian atas, bentuklah lubang untuk tempat mengambil tisu dan jangan lupa dilakban di sisi samping.
  5. Untuk gulungan kedua, bentuklah persegi panjang dan persegi. Pakailah lem sebagai perekatnya.
  6. di bawah dan samping kemudian disatukan dengan lakban, begitupun bagian atas satukan dengan memakai lakban dan jangan lupa merekat dengan kuat.
  7. Tempat tissue dari koran bekas pun siap dipakai.

5. Dompet Dari Botol Bekas

Berbicara mengenai botol bekas seakan tidak ada habisnya. Yup… bekas botol ini dapat kamu ubah menjadi barang-barang hasil kerajinan daur ulang, seperti dompet. Bahan dan alat yang perlu kamu sediakan, diantaranya adalah botol plastik ukuran apa saja. Dapat yang berdiameter 1.5 liter, 1 liter, atau 600 ml, pilih yang terbaik buat kamu.

Botol yang dipakai sebaiknya memiliki ukuran yang sama. Siapkan pula gunting, cutter, resleting warna ukuran 30 cm-40 cm, spidol besarm lem UHT atau lem tembak, cat, dan beberapa hiasan (sesuaikan dengan selera kamu). Nah, untuk membuatnya, berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Buatlah pola atau tanda dengan menggunakan spidol hitam pada badan botol.
  2. Botol bekas dipotong sesuai bentuk yang sudah dibuat dengan cutter dan rapikan kembali menggunakan gunting.
  3. Warnai botol yang telah dipotong dengan cat yang kamu suka.
  4. Lekatkan resleting pada bagian luar botol, pertama dari arah pangkal resleting. Kamu bisa mencoba untuk lem bagian bawah terlebih dahulu hingga seperempat area. Setelah itu, lanjutkan lem pada bagian atas hingga menutupi seluruh tepi botol. Perhatikan, jangan sampai resleting ikut ter-lem.
  5. Jika semua tepi telah tertutup resleting, sisa ujung resleting dapat dipotong atau dibentuk-bentuk menjadi hiasan.
  6. Terakhir, kamu dapat menghiasi dompet yang sudah jadi sesuai kehendak kamu dengan tema yang di inginkan.
  7. Dompet dari botol bekas pun sudah jadi.

6. Gelas Dari Botol Bekas

Hasil kerajinan daur ulang lainnya yang dapat kamu buat dari botol bekas adalah gelas. Untuk membuatnya, pastikan bahan dan alat ini tersedia, meliputi botol plastik, cutter, gunting, isolasi bermotif (sesuaikan dengan selera kamu), dan lem tembak. Untuk membuatnya, tidak terlalu sulit kok. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

  1. Gelas plastik bagian bawah dipotong-potong (sebagai kaki gelas).
  2. Bagian atas botol dipotong lagi kira-kira 1/3 nya.
  3. Beri hiasan pada gelas dan kaki nya menggunakan isolasi bermotif. Kamu dapat mengisolasi di bagian tutup dan leher botol juga supaya benar-benar terlihat seperti gelas.
  4. Lekatkan tutup botol di kaki gelas dengan lem tembak. Kaki gelas bisa diletakkan dengan posisi terbuka ke atas atau dibalik (sesuaikan dengan yang kamu inginkan).
  5. Gelas dari botol bekas sudah jadi.

Gimana, Guys? Seru kan mengolah barang-barang bekas menjadi hasil kerajinan tangan? Itulah beberapa inspirasi kerajinan daur ulang sederhana dari barang bekas yang bisa kamu coba buat di rumah. Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan barang-barang tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!

 

× Whatsapp Kami!