Select Page

Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi inovasi tentang cara mengolah sampah menjadi rupiah ni.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Pada postingan kali ini saya akan mengulas kembali tentang cara mengolah sampah sebagai peluang usaha untuk bisa menjadi ripiah. Kami melihat bahwa usaha pengolahan sampah saat ini masih dipandang sebelah mata, namun hasil dari survey kami di lapangan usaha ini begitu menggiurkan. Pada postingan kami sebelumnya tentang Bisnis Limbah Plastik Sebagai Peluang Usaha Baru sudah terbukti bahwa dengan ketekunan dan kerja keras usaha pengolahan sampah dapat menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah. Oleh karenanya kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa pilihan usaha pengolahan sampah yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Keberadaan sampah memang sudah menjadi permasalahan klasik yang sampai sekarang belum menemukan solusi yang tepat. Di kota Jakarta saja setiap harinya menghasilkan sampah sekitar 6.500 ton, jumlah yang sangat besar tentunya. Dengan banyaknya sampah semakin hari semakin menumpuk, siapa yang mesti bertanggung jawab karena masalah ini, pemerintah pun mulai sekarang tidak mempunyai regulasi yang baik guna mengontrol pengolahan sampah. Padahal sebetulnya masalah sampah menjadi tanggung jawab bersama yang harus segera dituntaskan.

Berkaitan dengan ide bisnis, sampah sebenarnya bisa menjadi ladang bisnis bagi mereka yang mau memikirkan. Sampah dapat Anda temukan dengan mudah dimana-mana. Di setiap sudut kota Anda tentunya bisa melihat sampah, baik sampah yang sudah masuk ke dalam bak sampah ataupun sampah yang sudah tergeletak di tanah. tanpa ada yang peduli dengan kondisi itu. Padahal jika kita mengolah dengan tepat, sampah bisa menjadi pundi-pundi rupiah.

Tahu Cara Mengolah Sampah = Bisnis Menguntungkan

cara mengolah sampah

Di kota-kota besar maupun di pedesaan di seluruh Indonesia, sampah kerap menjadi masalah. Tingginya akumulasi sampah membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat, belum lagi bencana banjir dan efek rumah kaca sebagai polusi dari sampah tersebut. Dari sekarang, mulai muncul pemikiran seperti apa cara mengolah sampah hingga menghasilkan uang dan menjadi sesuatu yang berguna.

Peluang usaha menguntungkan dari sampah contohnya yaitu bisnis pengolahan sampah dari plastik, disebabkan meningkatnya jumlah sampah plastik. Sampah plastik tersebut contohnya adalah botol, gelas minuman atau botol oli dan sebagainya. salah-satunya dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi biji plastik dengan cara dicuci bersih, lalu digiling dan di ubah menjadi biji plastik.

Memang tidak ada yang dapat menyangka bahwa sampah dapat menjadi sebuah peluang bisnis menguntungkan. Namun bukan hanya menghasilkan uang, usaha pengolahan sampah juga memiliki manfaat untuk melestarikan lingkungan. Dibawa ini beberapa contoh pengolahan sampah yang sudah terbukti mempunyai penghasilan lumayan adalah seperti berikut ini.

Bisnis Sampah Menjadi Cara Mengolah Sampah

Eco-Business adalah salah satu contoh pengolahan sampah yang terfokus pada pelestarian lingkungan. Pembisnis ini bukan hanya melakukan bisnis, namun berbisnis sambil menjaga lingkungan dan memberdayakan masyarakat sekitar melalui bisnis tersebut. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan bioteknologi yang mengubah sampah menjadi pupuk, bioenzim, biopestisida dan lainnya.

Salah satu contoh pengembang bisnis bioteknologi adalah Iyan Awaludin Heriyanto yang juga berprofesi sebagai pelopor toko online Awal Permata. Ia menerangkan bahwa lewat usaha mengolah sampah tersebut, ia berhasil memperoleh omset sampai Rp1,2 miliar selama 2016.

7 Cara Mengolah Sampah dan Memulai Usaha Bagi Pemula

cara mengolah sampah

Sampah merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan hal ini sama dengan cara memulai bisnis ikan laut . Dengan bermodal yang bisa dibilang kecil, cukup dapat mendatangkan pundi pundi uang yang lumayan besar. Mengolah sampah plastik menjadi sebuah barang yang mempunyai nilai jual, bukan suatu hal yang mudah. Dibutuhkan modal  dan tentunya tangan tangan trampil untuk bisa memulai usaha ini.

Kepedulian mendaur ulang plastik meningkatnya seiring dengan meningkatnya kecintaan masyarakatakan lingkungan. Sampah plastik sangat erat hubungannya dengan keseharian kita. Plastik dianggap sebagai wadah yang paling praktis dan mudah serta efisien. Namun, penggunaan wadah plastik yang berlebihan semakin menimbulkan polemik dan kerusakan terhadap lingkungan.

Plastik termasuk kedalam jenis sampah anorganik yakni sampah yang sangat sulit terurai. Suatu riset menerangkan bahwa dibutuhkan waktu ratusan tahun atau lebih agar bisa mendaur ulang limbah plastik. Artinya jika anda tidak tahu cara mengolah sampah plastik menjadi hal yang berguna maka hal ini akan bisa menjadi petaka. Kelangsungan hidup di alam dan keberlangsungan kehidupan anak cucu kita bisa menjadi terancam.

Para penikmat dan pecinta lingkungan menggupayakan dan mempromosikan cara mengolah sampah plastik. Dan ternyata hasilnya plastik bisa didaur ulang kedalah bentuk biji plastik yang memiliki nilai jual yang lumayan. Nah, tentunya anda tidak boleh melewatkan momentum ini. Dari sampah jadi berkah. Berikut saya uraikan  7 cara memulai usaha daur ulang plastik bagi pemula dengan omset yang menggiurkan:

1. Modal

Usaha ini termasuk kedalam jenis  usaha mikro kecil dan menengah . Sehingga modal yang diperlukan juga tidaklah besar. Modal adalah satu hal yang harus di persiapkan saat akan memulai usaha adalah tentunya ketersediaan modal. Untuk bisa membuka udaha pengolahan daur ulang plastik tentu modal yang di butuhkan tidak sedikit. Oleh karenanya anda perlu mempersiapkan modal baik brrupa modal materiil maupun non materiil. Jika anda terkendala dari segi modal, anda dapat mengajukan pinjaman ke pihak bank atau koperasi.

2. Lokasi Usaha

Dalam bisnis mengolah dan daur ulang sampah, lokasi yang dibutuhkan cukup luas. Karena dalam satu lokasi kita haru memiliki tempat untuk mentumpan bahan baku, peralatan serta biji plastik yang siap jual. Selain itu, pilih lokasi yang jauh dari daerah perumahan. Hal ini karna bahanbaku sampah plastik bisa mengganggu akibat bau tak sedap yang di timbulkannya. Anda juga harus mengurus izin usaha dan lingkungan dari dinas terkait setempat.

3. Bahan Utama

Bahan penting yang berupa sampa plastik dapat anda dapatkan di lokasi TPA. Tapi, agar lebih mempermudah kontinuitas bahan baku, anda dapat mengajak kerjasama para pengumpul sampah atau penjual bekas plastik. Salah satu ciri ciri usaha yang baik adalah mampu memberdayakan orang orang disekitar lingkungan anda. Dengan begitu anda akan selalu memperoleh bahan baku tanpa harus kesulitan mencarinya. Hal ini juga akan lebih menghemat cost produksi. Anda tinggal menunggu para pemasok yang mendatangi lokasi pabrik anda.

4. Karyawan

Sumber daya manusia tentu sangat diperlukan dalam menunjang usaha ini. Tentunya anda harus merekrut karyawan yang memiliki pengalaman atau paling tidak mengetahui seluk beluk cara mengolah sampah plastik. Anda tidak akan mungkin bisa melakukab usaha ini sendiri. Sehingga tentu anda harus segrra melakukan perekrutan karyawan agar usaha anda dapat lebih cepat berproduksi.

5. Timbangan dan Penggiling Plastik

Untuk mendapatkan hasil yang lebih produktif tentu saja anda harus menggunakan mesin dan alat alat yang akan membantu kinerja produksi pabrik anda. Sangat mustahil rasanya jika anda tidak memerlukan mesin dalam usaha pengolahan ini. Anda tentu memerlukan alat seperti mesin timbangan , mesin pencacah plastik , mesin pengering serta wadah dan berbagai peralatan lainnya.

6. Pihak yang Membeli Biji Plastik

Hal yang terpenting dalam usaha ini adalah tentunya pihak ketiga yang akan membeli biji plastik hasil produksi pabrik anda. Keuntungan bisa anda peroleh jika biji plastik yang anda proleh dibeli oleh para pembisnis lain. bilah anda dapat mencari rekanan yang pasti membeli hasil biji plastik anda. Maka lebih bagus anda berhenti dengan niat untuk dapat memulai bisnis ini. Lebih baik anda memcari rekanan yang bisa membeli hasil daur ulang plastik anda terlebih dahulu.

7. Ora et Labora (Usaha Sambil Berdo’a)

Salah satu hal paling penting dalam sebuah usaha adalah tentu dengan niat. Dan yang paling utama adalah segala usaha harus di sertai dengan doa. Do’a akan membuat bisnis anda lebih cepat sukses dan meringankan segala jalan anda dalam memulai usaha kedepannya. Usaha ini juga termasuk usaha yang potensial untuk dijalankan sehingga anda tidak perlu khawatir. Lakukam usaha dan kerja keras serta jangan lupa sambil berdoa.

Usaha daur ulang plastik ini  merupakan usaha yang belum banyak dilakoni. Namun, tentu usaha ini memiliki prospek yang amat baik. Jika anda membeli bahan mentah seharga 7.000 rupian per kilo na kemufian setelah di daur ulang anda bisa menjualnya dengan harga 17.000 per kilo nya. Tentu anda dapat pikirkan berapa komisi dan omset yang bisa anda dapatkan kalau bisnis daur ulang anda mampu memproduksi 1-2 tin biji plastik. Tentunya bukan keuntungan yang kecil.

Ada Beberapa Tips Saat Akan Memulai Usaha Ini. Simak Dibawah Ini :
  • Carilah pihak ketiga yang bisa membeli hasil biji plastik yang anda kelolah.
  • Akan lebih baik jika anda bisa menjalin kerjasama dengan lebih dari satu pihak ketiga.
  • Belilah bahan baku sampah plastik dari para pemulung langsung, agar anda bisa memperoleh harga yang murah.
  • Pahami dengan baik cara dan metode mengolah sampah plastik menjadi biji plastik dengan baik.
  • Pilih bahan baku dan manusia atau tenaga kerja yang mempunyai pengalaman di bidang mengolah sampah atau setidaknya mengerti dengan teknologi daur ulang plastik.
  • Urus secepat mungkin perizinan bisnis dan izin lingkungan supaya bisnis anda legal di mata hukum.

7 langka memulai bisnis daur ulang sampah plastik bagi pemula. Tentu bisa menjadi panduan bagi anda untuk bisa menekuni bisnis ini. Medkipun belum banyak yang menekuni usaha ini. Namun, usaha ini layak untuk dilirik. Penghasilan yang dimiliki oleh usaha mengolah plastik tidak bisa diremehkan. Apalagi jika anda telan menjalin kerjasama dan menemukan rekanan yang bisa menerima hasil biji plastik yang anda produksi anda dalam jumlah besar.

Beberapa Contoh Peluang Usaha Dari Cara Mengolah Sampah

Pengolahan sampah yang mengutamakan prinsip-prinsip ekologi dan daya kreativitas yang baik tentunya bisa mengantarkan Anda menjadi jutawan baru. Berikut ini saya mengulas beberapa contoh ide bisnis yang bisa Anda jalankan berkaitan dengan usaha pengolahan sampah :

1. Usaha dan Cara Mengolah Sampah Korporat

Dengan adanya UU Nomor 18 Tahun 2008 yang memuat tentang sebuah kewajiban tiap-tiap komunitas untuk mengelola sampah secara lebih mandiri bisa memberikan pengaruh terhadap ide bisnis yang berkaitan dengan usaha pengelolaan sampah. Meskipun sudah bisa diprediksi, tak semua entitas penghasil sampah dapat melakukan proses pengelolaan sampah. Peluang bisnis ini sangat baik dan menarik untuk digerakan, apalagi sampah-sampah tersebut selalu diperoleh oleh banyak industri, baik yang kecil atau yang besar. Rasa empati dan suatu kewajiban dalam melakukan pengelolaan sampah dapat menjadi peluang bisnis bagi sekelompok pembisnis kecil yang sudah fokos di usaha ini.

2. Usaha Pengangkutan Sampah

Pengambilan sampah menjadi salah satu ide usaha yang lumayan menarik untuk dimulaikan. Dalam lingkungan perkotaan yang padat penduduknya, jumlah sampah pastilah besar dan menunggu untuk segera dibersihkan. Masih Lambatnya proses pengangkutan sampah yang dikerjakan oleh dinas kebersihan kota, bisa menjadi salah satu keuntungan untuk Anda dalam memulai usaha pengangkutan sampah. Anda dapat mulai membuka bisnis pengambilan sampah dalam jumlah kecil sampai besar.

3. Usaha Barang Bekas Sebagai cara Mengolah Sampah di Indonesia

Jenis sampah yang dihasilkan dari masyarakat sangatlah bermacam-macam. Barang-barang yang dianggap tidak dibutuhkan padahal masih bisa dipakai, sangat mungkin untuk dibuang begitu saja oleh pemiliknya. Untuk beberapa orang, barang-barang tersebut bisa menjadi penting dan bermanfaat. Untuk memulai bisnis barang bekas menjadi suatu peluang usaha yang sama dengan hal tersebut adalah dengan menjual barang yang menurut beberapa orang tidak berguna untuk mereka yang memerlukan dengan nilai dan harga yang sangat murah.

4. Bisnis Jual Beli Sebagai Cara Mengolah Sampah

Masa depan tidak ada yang tahu. Sekarang ini mungkin telah ada beberapa usaha yang jenis usahanya membeli sampah-sampah lalu kemudian dimanfaatkan kembali. Salah satu contohnya saja adalah dengan cara mengolah sampah yang ada di kota untuk dijadikan bahan baku pembangkit listrik. Di tahun-tahun mendatang, bukan tidak mungkin akan ada sebuah usaha yang membeli tumpukan sampah dari dapur Anda ataupun limbah produksi yang sudah terbuang sia-sia. Anda bisa memulai mencari sebuah ide bisns untuk mengubah tumpukan sampah jadi sesuatu yang lebih bernilai dan bermanfaat.

5. Cara Mengolah Sampah Sebagai Pundi Rupiah

Jenis usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang sering kali kita jumpai berhubungan dengan bisnis pengolahan sampah. Bisa jadi tumpukan sampah-sampah plastik ataupun logam-logam yang hasil limbah menjadi sebuah hiasan rumah yang begitu cantik serta bisa dijadikan perabotan rumah tangga yang memiliki nilai jual yang tinggi. Berbagai jenis sampah baik itu organik maupun anorganik bisa Anda kreasikan menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

6. Cara Mengolah Sampah Menjadi Pupuk Kompos Organik

Tentunya selain sampah-sampah plastik juga ada sampah organik yang biasanya dihasilkan dari limbah rumah tangga atau sisa tanaman. Sampah organik ini dapat kita olah seperti pupuk kompos yang mempunyai nilai jual yang lumayan. Apalagi manfaat pupuk kompos juga bagus untuk menjaga kesehatan lingkungan disamping membantu pertumbuhan tanaman. Untuk cara mengolahan pupuk kompos, saya akan khusus mengulasnya untuk Anda di postingan kami yang lain.

7. Jangan Mudah Menyerah

Di setiap bisnis selain keuntungannya, pasti ada juga kerugiannya. Salah-satunya mungkin saja usaha mengolah sampah Anda mengganggu masyarakat karena bau limbah yang dihasilkan atau sebagainya. Hal-hal tersebut mungkin dapat mengganggu aktivitas bisnis Anda. Tetapi sebagai pelaku usaha yang baik, Anda harus terus mencari solusi atas masalah yang akan datang atau yang sedang terjadi agar prospek bisnis Anda dapat menjadi nyata.

Gimana, Guys? Seru kan mengolah barang-barang bekas menjadi hasil kerajinan tangan? Itulah beberapa cara mengolah sampah menjadi pundi rupiah yang bisa kamu coba buat di rumah. Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan barang-barang tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!

× Whatsapp Kami!