Select Page

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara daur ulang sampah plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Indonesia sudah lama geram dengan banyaknya sampah plastik akan tetapi dimana-mana masih sangat banyak sampah plastik dan plastik sangat sulit untuk terurai, banyak hal yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalah ini tapi belum ada cara daur ulang sampah yang benar dan berhasil dengan baik.

Selain mengganggu mata, sampah plastik juga sangat bahaya bagi lingkungan yang tercemar, sejak proses produksi sampai pembuangan plastik sudah mengandung emisi karbon yang tinggi sehingga bisa memicu perubahan iklim hal ini disebabkan sampah plastik sering sekali dibuang ke sungai dan dari pembakaran menghasilkan emisi karbon ke udara karena kandungan gas metana.

Apa Saja Bahaya Sampah Plastik?

Mencemari Lingkungan

Kantong plastik Bersipat barang yang hanya sekali pakai dengan membuang sampah setelah digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.Pembuangan Kantong plastik dengan sembarangan bisa menyebabkan:

  1. Tersumbatnya Selokan dan Badan Sungai
  2. Termakan Oleh Hewan Ternak
  3. Merusak Ekosistem Sungai Dan Laut.

Berbahaya Bagi Manusia

Plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan, sedangkan sampah yang di kubur tidak akan terurai dengan cepat. Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai wadah makanan berpotensi mengganggu kesehatan manusia karena racun pada sampah plastik bisa berpindah ke makanan.

Terurai Sangat Lama

Sampah plastik yang diklaim ramah lingkungan pun akan terurai lama dan tetap akan menjadi sampah,kecuali sampah di daur ulang dengan benar. Ini disebabkan karena sifatnya yang mudah diurai menjadi plastik mikro,hal ini akan lebih mudah terjadi pencemaran lingkungan.

Kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme.

Bagaimana Cara Daur Ulang Plastik Dengan Benar?

senyawa polimer Kantong Plastik tersusun atas organik dan bersifat sintetis dan ada juga yang bersifat alami. jenis plastik bermacam-macam, diantaranya adalah polyethylene, polyester, polivinil klorida dan masih banyak lagi.

Sudah Jelas Plastik termasuk dalam sampah anorganik dan tidak dapat terdegradasi dengan cara alami. Oleh karena itu, kini solusi yang tepat untuk mengatasi sampah ini adalah dengan memanfaatkannya untuk didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.

Adapun contoh Kreatifitas dengan memanfaatkan botol plastik sebagai pot atau menggunakan sampah yang berbahan plastik seperti botol untuk membuat kerajinan tas, pot, kipas dan lain – lain.

Cara Daur Ulang Plastik Yang Benar :

cara daur ulang sampah plastik

1. Pemisahan Limbah

Carah pertama dilakukan untuk daur ulang sampah adalah dengan pemisahan limbah dengan kotoran, zat kimia, limbah organik dan lain – lain. Plastik dipisahkan berdasarkan jenis plastik tersebut. Pemisahan ini dilakukan secara manual agar menekan biaya. Selain diatas, penggilingan dilakukan secara manual juga Efisien karena tidak perlu peralatan yang modern.

2. Pencucian Sampah Plastik

Carah kedua, sampah plastik yang sudah dipisahkan lalu dicuci dengan air sampai bersih agar bekas bahan kimia yang ada pada plastik hilang.

3. Pemotongan Plastik

Cara ketiga adalah dengan melakukan pemotongan plastik supaya lebih mudah dan cepat dalam melakukan pemotongan dengan tenaga mesin.

Kelebihan daur ulang plastik adalah membantu menghemat energi yang digunakan untuk memproduksi produk yang baru, meminimalisir penggunaan bahan baku segar, mencegah polusi air dan udara serta dapat meminimalisir sampah yang masuk ke tempat pembuangan.

Permasalahan Daur Ulang Plastik

beberapa kesulitan dalam proses daur ulang plastik antara lain :

  1. Perusahaan yang menggunakan kemasan plastik seharusnya dihukum dan bertanggung jawab terhadap sampah yang mereka hasilkan. Botol minuman plastik Coca Cola, semisalnya memiliki komitmen global mewujudkan food without waste pada tahun 2030.  “Sekarang ini, nilai daur ulang hanya 2%.” Target ini, katanya, akan menstimulasi permintaan atas bahan plastik daur ulang.
  2. Sekarang ini perusahaan untuk mendaur ulang sampah plastik mengalami kekurangan bahan baku disebabkan banyaknya produk tahan lama, sampah plastik tak dapat didaur ulang. Diperlukan juga perbaikan pengelolaan sampah agar memilah dan mengumpulkan sampah yang dapat di daur ulang. Data IPR, total konsumsi plastik mencapai 5.66 metrik ton, didaur ulang hanya 1.80 metrik ton.
  3. Mengutip data Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), peluang kerja informal sektor ini cukup besar. Contohnya saja di Australia,sebut saja perusahaan terkenal Coca Cola ingin menunjukkan kepedulian mereka terhadap sampah-sampah mereka. Dari tempat minuman, industri ini memberikan kesimpulan, bagi yang mengabil sampah dan di letakan ke tempat sampah akan mendapatkan imbalan $10 Cent, atau lebih.
  4. Di Indonesia, perusahaan ini belum menerapkan hal serupa. Plastic jenis Reborn, kata Triyono, yang sedang melihat cara pengelolaan sampah plastik kemasan botol plastik dari sudut pandang circular economy, yaitu integrasi elemen-elemen pengelolaan sampah kemasan plastik mulai dari collection-recyling-upcyling.

 

Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Daur ulang sampah plastik ini mengacu di penyimpanan dan proses daur ulang plastik tersebut agar menjadi produk lain yang bisa digunakan untuk kreatifitas. Berikut ini cara mendaur ulang sampah plastik dengan benar:

1. Kenali jenis plastiknya terlebih dahulu. Ini akan mempermudah Anda untuk melakukan penyortiran nantinya.

2. Selanjutnya, sortirlah sampah plastik yang Anda miliki, pisahkan berdasarkan warna atau kandungannya.

3. Setelah itu, mulailah membersihkan sampah-sampah plastik tersebut supaya Anda tidak lagi jijik untuk memegangnya dengan tangan secara langsung.

4. Jika diantara plastik-plastik tersebut masih ada yang bisa Anda gunakan, gunakan saja yang biasa disebut dengan teknik Reuse. Contonya bekas plastik botol sabun, Anda juga bisa menggunakannya untuk menyimpan cairan dari sabun atau cairan lainnya yang harusnya tidak peruntunkan untuk di konsumsi.

Contoh Cara Daur Ulang Sampah / Limbah Plastik

Cara daur ulang plastik di atas mengharuskan Anda untuk membeli mesin-mesin yang diperlukan, dan jika dilihat, caranya memang sedikit ribet ya. Nah, kalau Anda tidak ingin melakukan hal yang seperti itu dalam pendaur ulangan ini, Anda bisa merubah sampah plastik tersebut langsung menjadi benda-benda lain yang sangat berguna, contohnya:

1. Cara Daur Ulang Plastik dengan Membuat Tempat pensil dari botol plastik

Bahan dan alat membuat tempat pensil dari botol plastik:

  • 2 buah botol plastik yang sama persis
  • resleting bekas, ambil yang bergigi besar dan satu ukuran dengan diameter botolnya
  • Lem tembak
  • Gunting

Cara membuat tempat pensil dari botol plastik:

1. Mulailah dengan menggunting bagian botol plastik sesuai keinginan. Ukur seberapa tinggi guntingan yang kamu inginkan.

2. Ukur resleting sesuai bagian leher potongan botol. Jika terlalu panjang, potong resleting pada bagian yang menjuntai ya, bukan pada kuncian resletingnya.

3. Tempelkan resleting kebagian dalam leher botol dengan cara di lem tembak. pastikan kamu menempelkan bagian luarnya resleting ke bagian dalam leher botol.

4. Berikutnya, tempelkan bagian resleting yang satunya kebagian tutup botol.

5. Selesai.

 

2.Cara Daur Ulang plastik Sampah Dengan Membuat Celengan

Bahan dan alat membuat celengan dari botol plastik:

  • Botol bekas merek Coca cola, Sprite, Pepsi, dll;
  • Cat warna merah muda (pink) ;
  • Lem, solasi, atau lakban;
  • Mata boneka;
  • Pernak-pernik berbentuk telinga.

Cara membuat celengan dari botol plastik:

Pertama, potong botol bekas menjdi dua bagian. Kemudian sambung kembali dan rekatkan menggunan lem. Ini tujuannya agar botol lebih pendek. Bila botol yang tersedia sudah berbentuk pas, maka langsung saja lanjut ke tahap berikutnya.

Bikinlah dua lubang pada tutup botol. Fungsinya agar seperti hidung babi yang khas. Selanjutnya, buatlah lubang sebagai tempat Menyimpan uang. Selanjutnya cat seluruh badan botol bekas dengan warna merah muda. Terakhir, Buatlah mata boneka dan telinga dan pasang ke celengan babi untuk mempercantik.

 

3.Daur Ulang Botol plastik Dengan Membuat Pot bunga

Bahan dan alat membuat pot bunga dari botol plastik:

  • Botol plastik bekas
  • Pisau pemotong/cutter
  • Cat akrilik
  • Pensil gambar

Cara membuat pot bunga dari botol plastik:

  1. Siapakan 1 botol plastik bekas, setelah itu potong tengah yang bagian samping menggunakan gunting / cutter
  2. Kemudian buatlah lubang dengan cara dipaku disekitar potongan botol plastik
  3. Kemudian buat gantungan diatas potongan botol itu
  4. Terakhir tinggal di isi dengan tanah dan tanaman, Maka pot bunga dari plastik bekas siap digunakan

4. Cara Membuat Tas dari Sampah plastik kemasan

Bahan dan alat membuat tas dari botol plastik:

  • Gelas plastik bekas
  • Gunting/cutter
  • Tali kur
  • Kain
  • Hiasan

Cara membuat tas dari botol plastik:

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
  • Ambil gelas plastik bekas, potonglah dengan rapi bibir gelas plastik menggunakan gunting/cutter
  • Setelah di gunting dan dirapihkan sehingga menjadi suatu bulatan yang sempurna, ikatkan bulatan tersebut ke bulatan lainnya menggunakan tali
  • Di ikatkan dengan tali kur menggunakan berbagai macam simpul yang sudah kamu kuasai
  • Buat menjadi tiga bagian, setiap 1 bagian berisi 43 bulatan atau bisa di sesuaikan dengan kemauan sendiri
  • Kreasikan pola tas yang akan di buat, mau berbentuk tas jinjing atau berbentuk ransel
  • Setelah pola tas terbentuk, masukkan kain ke dalam tas tersebut
  • Jahitlah secara rapi, agar kain dengan pola menempel dengan kuat
  • Apabila belum mahir dalam menjahit, bisa diserahkan ke tukang jahit, hihihi
  • Kepanglah tali kur untuk membentuk tali tas
  • Langkah terakhir, beri hiasan agar tas yang telah dibuat terlihat menarik dan cantik

Daur Ulang Sampah Plastik Agar Bermanfaat

Sampah didefinisikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan, yang dihasilkan dari suatu proses. Walaupun dari material sisa, tidak berarti semua sampah harus langsung dibuang. Membuang sampah tanpa pengelolaan yang baik justru akan merusak lingkungan. Untuk mengurangi beban lingkungan, sampah bisa diolah menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan dari sampah plastik yang di daur ulang.

Manfaat dari Sampah Plastik dalam Kehidupan Sehari-Hari:

1. Pakan Ternak Dari Daur Ulang Plastik Sampah

Sampah dedaunan dan bekas makanan merupakan sampah organik yang bisa di daur ulang dengan alami. Namun, tidak ada salahnya memanfaatkan material sampah yang masih cukup bagus untuk digunakan sebagai pakan ternak, seperti dedaunan yang masih hijau serta sisa sayuran dan buah. Jangan lupa, pilih sampah sesuai dengan ternak yang dipelihara.

2. Sampah Plastik Dari Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Pupuk Organik

Cara membuat sampah menjadi pupuk organik sudah sangat dikenal, seperti kompos. Sampah organik, terutama sampah dapur dan sampah kebun dikumpulkan untuk diolah menjadi pupuk, baik dengan cara konvensional maupun dengan menggunakan alat seperti composter.

Selain itu sampah dapur bisa juga dibuat menjadi pupuk organik cair dan juga bisa diolah menjadi kompos, . walaupun hasilnya sedikit, sampah dapur ini dapat dihasilkan tanpa batas atau terus menerus selama masih ada dapur, Caranya pun terbilang mudah untuk membuat sampah organik ini.

3. Bahan Pembuatan Batako Dari Daur Ulang Plastik

Ketika Belanja jajanan di pinggir jalan, kita pasti pernah menemui para pedagang yang memakai wadah dari bahan styrofoam. Meskipun bahan ini disinyalir berbahaya bagi kesehatan, bahkan beberapa negara sudah melarang penggunaannya, kenyataannya Styrofoam masih banyak digunakan. Akibatnya, limbah styrofoam pun meningkat.

Yang mengkhawatirkam, styrofoam merupakan jenis sampah anorganik tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme pengurai di dalam tanah, sehingga keberadaannya membahayakan lingkungan. Untuk mengurangi keberadaannya di alam, kini styrofoam banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat batako.

Karena tergolong dalam jenis plastik, styrofoam memiliki sifat ringan dan tidak menyerap air. Dengan begitu, batako yang dihasilkan pun memiliki keunggulan, yaitu lebih ringan dan tahan air. Walapun begitu, Ketahanan dari batako styrofoam ini masih perlu di perbaiki lagi.

4. Mendaur Ulang Sampah Plastik Sebagai Bahan Kerajinan Kreatif

Cara mendaur ulang sampah atau barang-barang bekas lainnya termasuk yang sering dilakukan untuk memanfaatkan sampah anorganik. Dengan demikian, beban lingkungan dapat dikurangi. Ataupun, Kreatifitas dari sampah juga bisa mempunyai harga ekonomis dengan membuatnya menjadi komonitas yang diperjual belikan.

Berikut jenis plastik yang bisa Didaur Ulang:

cara daur ulang sampah plastik

Ternyata ada beberapa saja plastik yang bisa didaur ulang oleh manusia. Berikut ini macam-macam jenis sampah plastik yang dapat didaur ulang dan disulap menjadi suatu kreatifitas yang unik,baru dan bermanfaat.

1. Polietilena Tereftalat (Plastik PET)

Sebagian besar botol plastik terbuat dari jenis plastik PET. Plastik ini terbuat dari minyak mentah dan umumnya berwarna jernih atau tembus pandang. Produk yang sering digunakan merupakan plastik PET air minum kemasan, air mineral, jus buah dll.

Botol ini hanya sekali pakai saja. Mengenali jenis plastik PET sangat mudah, bisa langsung di lihat kode 1 di bagian bawah botol. Jadi jangan heran kalau banyak sekali pemulung dan tukang rombeng yang suka membeli atau mencari jenis botol plastik tersebut, karena memang laku dan bernilai uang.

2. Polyvinyl Chloride (Plastik PVC)

bagian plastik ini cukup tahan cuaca, stabil dan bahan elektrik dan kimia. Ini yang paling susah didaur ulang. Biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan dan pipa air.

3. High Density Polyethylene (Plastik HDPE)

Bagian plastik High Density Polyethylene (HDPE) sering dipakai di botol deterjen dan oli. Adapaun, produk makanan yang dikemas sering menggunakan jenis plastik ini disebabkan bahannya lebih keras dan kuat .

Tas kresek, Galon dan dot susu juga sering memakai plastik ini disebabkan yang teksturnya dapat bertahan di suhu tinggi. Cirinya gampang dikenali. Biasanya tidak berbintik, tidak bau dan tidak jebol.

4. Polypropylene (Plastik PP)

Jenis PP sangat kuat dan tahan terhadap kimia dan titik lelehnya tinggi. Biasanya jenis ini dipakai untuk botol bayi, makanan, botol minum dan lainnya. Jenis plastik ini jika kita daur ulang bisa dibuat sikat, casing baterai,sapu dll.

5. Low Density Polyethylene (Plastik LDPE)

Karena teksturnya yang lembut plstik ini banyak digunakan untuk tempat makanan. Kode ini masih bisa didaur ulang akan tetapi tidak bisa dihancurkan.

6. Polystyrene (Plastik PS)

Umumnya digunakan sebagai bahan utama styrofoam, tempat minum sekali pakai, karton tempat telor, tempat CD dsb.

Other

Jenis ini tidak masuk dari enam golongan di atas, dan terbuat dari lebih dari satu jenis resin.

Itulah ulasan tentang cara daur ulang plastik sampah. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

× Whatsapp Kami!