Select Page

Terima kasih telah berkunjung!!! artikel ini berisi tentang bisnis limbah plastik. Siapa tahu setelah membaca artikel ini anda bisa membuka bisnis sendiri dengan bahan plastik, ya sudah kita langsung bahas saja ya, berikut pembahasannya.

Pengolahan limbah plastik ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memelihara lingkungan, namun juga dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis dengan pendapatan yang menggiurkan, lho. Anda tertarik?

Kenapa bisnis pengolahan limbah plastik bisa menjanjikan?

Menurut studi dari McKinsey and Co. dan Ocean Convervancy, Indonesia tercatat sebagai negara penghasil sampah tertinggi kedua di dunia.

Itulah salah satu alasan utama bisnis ini sangat menjanjikan, karena Anda tidak akan kehabisan stok bahan baku utama bisnis ini.

Kenapa Limbah Plastik Harus Didaur Ulang?

bisnis limbah plastik

Memanfaatkan peluang bisnis yang ada tentu akan menjadi celah bisnis yang menguntungkan. Sepertihalnya memanfaatkan sampah yang ada di sekitar Anda. Sampah memang menjadi salah satu permasalahan kompleks yang kerap timbul di tengah masyarakat. Baunya yang tidak enak dan kerap di kerumuni hewan menjijikan membuat sampah banyak di jauhi.

Diantara kebanyakan sampah, sampah plastik merupakan sampah yang paling meresahkan. Pasalnya bahan ini kerap digunakan masyarakat namun sangat sulit membusuk. Sehingga cukup mencemari lingkungan sekitar terkadang bisa menyebabkan banjir. Pastinya peluang bisnis pengolahan limbah plastik bisa menjadi usaha yang sangat bagus.

Dapat membantu menjaga lingkungan menjadi tetap bersih juga dapat menambah kantong. Usaha sampah plastik dapat Anda jalankan dengan langkah yang mudah. Ketersediaan sampah plastik yang cukup limpah di lingkungan sekitar membuat sampah plastik ini kian bernilai.

Limbah plastik ini akan diolah menjadi biji-biji plastik terlebih dulu. Keuntungan yang dikemas dalam bisnis sampah plastik memang begitu menggiurkan. Mungkin Anda tertarik menengok mengenai bisnis sampah plastik.

Selain karena alasan bisnis, setidaknya ada tiga alasan penting kenapa sampah plastik harus didaur ulang.Alasan tersebut termasuk kepentingan untuk melindungi kesehatan dan lingkungan dari bahaya yang ditimbulkan sampah plastik.

Inilah alasan kenapa sampah plastik harus didaur ulang:

1. Meminimalisir Sistem Landfill dan Pembakaran

Plastik adalah jenis bahan yang sangat sulit terurai secara alami dengan tanah, oleh karena itu membutuhkan cara lain untuk memusnahkannya.

Cara yang paling sering digunakan untuk menghabisi limbah plastik yaitu dengan menggunakan sistem pembakaran dan landfill .

Pada metode landfill, sampah plastik ditimbun dengan tanah dan kemudian dibiarkan begitu saja.

Sedangkan dengan cara pembakaran akan menjadi pencemaran limbah plastik dari asap pembakaran yang dihasilkan.

Kedua cara ini kurang efektif karena menimbulkan bahaya sampah plastik  yang malah tambah parah.

2. Melindungi Kesehatan Manusia dan Lingkungan

Masih berhubungan dengan alasan pertama, pengendalian sampah plastik memiliki tujuan utama untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan.

Dengan pengolahan sampah plastik, potensi bahaya yang ditimbulkan bagi manusia dan lingkungan tentu akan jauh berkurang.

3. Menghemat Sumber Daya Alam

Alasan yang terakhir adalah untuk menghemat sumber daya alam.

Limbah dari plastik yang telah di daur ulang tidak membutuhkan pengolahan plastik baru karena cukup dengan mengolah sampah plastik lama menjadi material baru.

Peluang usaha pengolahan sampah plastik

bisnis limbah plastikPeluang bisnis dari plastik bekas bisa dibilang masih sangat prospektif karena besarnya respon masyarakat dan minimnya pelaku bisnis ini.Apalagi, jika melihat secara nasional masih terbatas sekali pihak yang tertarik dan menggeluti bisnis pengolahan sampah plastik ini.

Selain itu, bisnis ini juga cocok dijadikan sebagai usaha dalam skala rumahan karena tidak membutuhkan modal terlalu besar.Usaha ini pun tak mengenal batasan waktu karena bisa dilakukan setiap saat tanpa ada hambatan.

Jumlah sampah plastik yang banyak dan melimpah dapat kalian olah menjadi barang berharga uang. mendapatkan limbah plastik memang sangat mudah, di rumah pun bisa di temui. Jika menjadi sebuah usah maka plastik yang dibutuhkan akan lebih besar.

Andapun bisa membelinya kepada pengepul sampah plastik atau dengan para pemulung sampah. limbah plastik dapat langsung di bersihkan dan digiling dengan mesin penggiling sampah. dari biji-biji sampah inilah yang bernilai dan bisa dijual.

Terakhir, kebutuhan plastik yang masih sangat tinggi di Indonesia bisa menjadi sebuah kesempatan besar yang dapat membuat bisnis ini terus bertahan.

Kenapa Harus Limbah Plastik?

1. Prospek Menjalankan Bisnis Sampah Plastik

Prospek dari bisnis sampah plastik dapat dikatakan cemerlang. Kian waktu bisnis sampah plastik makin besar peminatnya. Bisnis sampah plastik menjadi salah satu bisnis yang dapat dimulai dengan mudah. Memang masa berakhir bisnis sampah sepertinya tidak ada. Banyaknya jumlah sampah semakin membuat bisnis limbah plastik akan tinggi prospeknya.

2. Pelaku Bisnis Sampah Plastik

Bisnis limbah plastik ini sangat cocok dijalankan oleh setiap orang. Terutama bagai Anda yang memiliki minat dan juga kemauan keras untuk menjalankan usaha ini. Prosesnya yang mudah tanpa butuh keahlian dimana prosesnya membutuhkan mesin khusus.

3. Peralatan Bisnis Sampah Plastik

Dari usaha sampah plastik ini memerlukan bagian peralatan penting yaitu mesin giling plastik, mesin oven pengering, pisau crusher, selang dan juga pompa air.

4. Karyawan Bisnis Sampah Plastik

wiraswasta yang menjalankan usaha limbah plastik dapat mengerjakan dengan satu orang dulu untuk permulaan. Ini supaya tidak rugi dalam modal produksi yang telah dikeluarkan dalam bisnis pengolahan sampah.

5. Harga Jual Sampah Plastik

kisaran harga dari sampah plastik bisa anda bikin melalui hitungan per/kg biji plastik yang mana harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp 17. 000.

6. Keuntungan Dalam Menjalankan Bisnis Sampah Plastik

Keuntungan jika Anda masuk dalam bisnis pengolahan limbah plastik ini yaitu barang ini dapat diolah menjadi barang yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Biji plastik dapat dibuat menjadi benda-benda berguna dimana di daur ulang.

7. Kekurangan Bisnis Sampah Plastik

Biar sampah bisnis ini mempunyai kekurangan yaitu sampah plastik mempunyai tingkat persaingan pasar yang ketat dan tinggi. Yang mana sekarang bermunculan para pebisnis limbah plastik baru yang menjalankan usaha ini.

Tips Memulai Usaha Pengolahan Limbah Plastik

Sama seperti model bisnis lainnya, bisnis ini pun tentu tidak bisa dilakukan sembarangan.

Jika Anda berminat menjalankan bisnis ini, sebaiknya pahami dulu segalanya dengan baik agar terhindar dari kegagalan.

Sebagai tambahan, beberapa tips berikut ini juga bisa Anda simak sebelum memulai usaha pengolahan sampah plastik.

  • Sebelum memulai, siapkan sebuah lahan yang cukup luas untuk dijadikan gudang penyimpanan plastik bekas serta hasil biji plastiknya. Adanya lahan ini sangat penting terutama untuk proses penyortiran berbagai jenis plastik dan cara pengolahannya.
  • Siapkan modal awal yang cukup untuk membeli bahan baku plastik bekas dari pemulung.
  • Siapkan juga mesin penggiling plastik dan timbangan untuk memudahkan proses pengolahan.
  • Cermati dan pahami jenis pengolahan plastik dan cara pengelolaan modal suapaya uang kas tetap terkontrol.
  • Rekrut beberapa karyawan yang bertugas untuk membersihkan, menyortir, dan menggiling plastik bekas.
  • Cari koneksi pengepul sampah plastik sebanyak mungkin untuk diajak bekerja sama.

Cara Pengolahan Limbah Plastik Yang Benar

plastik

Jika Anda telah siap menjalankan bisnis ini, baik dalam skala industri ataupun skala kecil rumahan, simaklah cara mengolah sampah plastik berikut ini.

Yang pertamakali anda lakukan yaitu cari tahu dimana anda mampu menerima materi baku limbah plastik yang dapat anda olah. Selanjutnya anda harus berguru bagaimana cara pengolahan limbah palstik menjadi biji plastik yang dapat di jual di pabrik – pabrik yang membutuhkan.

Proses penggilingan limbah plastik yaitu langkah penting dalam proses daur ulang sampah plastik. Karena proses inilah yang menentukan semoga sampah plastik mampu bermanfaat kembali. Dimulai dari pengumpulan limbah plasti menyerupai botol plastik dan sampah plastik lainnya yang kemudian di giling sampai menjadi cacahan plastik. potongan plastik ini lah yang nantinya di olah sedemikian rupa sampai menjadi butiran plastik di pabrik.

Permintaan dari bahan baku plastik yang tinggi , sehingga membuat indonesia seringkali kewalahan memenuhi permintaan tersebut. Sehingga dapat di pastikan kalau perjuangan ini mempunyai prospek yang menjanjikan.

Cara pengolahan sampah plastik ini berlaku secara umum dan tetap bisa Anda lakukan meskipun bisnis Anda berskala rumahan. Inilah 7 cara pengolahan sampah plastik yang benar:

  1. Langkah pertama, bersihkan plastik dari berbagai kotoran seperti kertas, label plastik, ataupun bagian lain yang masih melekat.
  2. Cara membersihkannya bisa dengan pisau cutter dan juga dicuci hingga bersih.
  3. Pastikan plastik menjadi pipih. Bila plastik berongga seperti botol, pipihkan dengan cara diinjak atau gunakan mesin press.
  4. Kemudian, pindahkan dan masukan plastik ke mesin penggiling plastik.
  5. pisahkan butiran plastik yang telah hancur berdasarkan jenisnya (ada yang tenggelam dan mengapung di air).
  6. Setelah dipilah, plastik kemudian dipisahkan sesuai jenisnya dan dimasukkan ke dalam mesin pelebur.
  7. Langka terakhir, plastik yang telah mesin pelebur hancurkan akan berbentuk serpihan. Kemudian serpihan plastik tersebut dicincang menggunakan mesin pellet maka akan menjadi bijih plastik.

Dari Sampah Hingga Pundi Rupiah

Untuk menghasilkan pipa, sampah yang digunakan oleh Boy adalah plastik jenis poly vinyl chloride (PVC) yang memiliki kriteria khusus untuk pipa saluran air. Kemudian, plastik yang memiliki bahan tersebut dihancurkan yang selanjutnya diolah hingga menjadi pipa. Ukuran pipa yang dihasilkan dari pabrik Boy memiliki variasi ukuran, mulai dari 5/8 Inci hingga 4 Inci. Dirinya juga memiliki hasil produksi yang cukup diperhitungkan, yaitu mencapai 2.000 batang pipa perhari.

Hingga saat ini, pipa buatan Boy telah dipasarkan distributor dari Tawangmangu dan Karanganyar Jawa Tengah. Bahkan omzet dari produksi pipa yang berasal dari sampah plastik itu mencapai angka Rp100 juta perbulan. Tidak hanya itu, Boy menjalankan bisnis daur ulang plastik tersebut secara mandiri. Sehingga, seluruh proses produksi pipa dari bahan baku menjadi bahan jadi dilakukannya sendiri.

Sampah Plastik dan Pemanfaatannya

Seorang mahasiswi Universitas Pelita Harapan (UPH) bernama Dewinta, telah berhasil dalam mengubah sampah plastik menjadi nilai guna. Kesadaran terhadap masa urai plastik sebagai limbah yang tidak singkat, membuat dirinya mendaur ulang plastik agar tidak mencemari lingkungan.

Dewinta mengatakan bahwa bisnis limbah plastik sangat mudah dibuat bahan bisa dicari dan didaur ulang oleh kelompoknya yang berasal dari pembungkus mie instan. Pemilihan jenis sampah plastik tersebut didasarkan oleh tingginya jumlah sampah yang dihasilkan oleh bungkusan makanan tersebut.

Adapun hasil olahan daur ulang yang diproduksi oleh mahasiwa UPH antara lain tote bag yang dijual dengan harga Rp59.900 dan card holder seharga Rp19.900.

Sementara itu, dalam memecahkan masalah bisnis limbah plastik yang semakin tak terbendung, seorang kreatif, Deasy Esterina, berhasil menciptakan produk fesyen yang berkualitas tinggi.

Di tangan Deasy, sampah plastik bukan hanya didaur ulang (recycle) tapi memiliki nilai tambah dan kegunaan (upcycle). Hal inilah yang melahirkan sebuah merek dagang bernama Kreskros, yang merupakan akronim dari kresek dan crochet (merajut).

Deasy memulai usaha ini saat memamerkan tas hasil daur ulang dari plastiknya di Surabaya pada tahun 2014. Hasilnya, beragam tas yang pamerakan tersebut laku terjual. Berdasarkan pengalaman tersebut, dirinya mulai serius menggarap bisnis fesyen dengan bahan limbah plastik. Deasy memulainya dengan modal awal Rp10 juta yang dialokasikan untuk menyiapkan peralatan mesin jahit dan bahan baku.

Sumber bahan baku limbah plastik yang digunakan berasal dari pengepul yang menjual beragam plastik. Dalam tiga bulan Deasy berhasil mendaur ulang sebanyak 150 kilogram sampah plastik menjadi produk tas unggulannya. Dari produksinya tersebut, setiap bulan Kreskros berhasil menjual sekitar 50 unit produk, antara lain tote bag, ransel, tas genggam, kantong alat tulis, buku organizer, dan tas toiletries.

Tempat Produk Plastik Terpercaya

Setelah anda membeli materi baku sampah plastik tersebut , maka selanjutnya anda siapkan daerah untuk perjuangan anda tersebut. Jika anda memiliki lahan yang luas , anda dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk menjalankan perjuangan pengolahan limbah plastik.

Lahan yang luas dalam perjuangan pengolahan limbah plastik sangan di perlukan alasannya untuk menempatkan sampah plastik yang akan di olah tersebut. Anda juga membutuhkan bangunan atau gudang untuk daerah penyimpanan hasil biji plastik.

Bisnis limbah plastik pada dasarnya adalah upaya menanggulangi masalah limbah terhadap lingkungan. Menjadikan sampah plastik memiliki manfaat dan nilai jual tinggi tentunya harus diimbangi dengan olah kreasi yang unggul dari tiap individu, terlebih lagi pelaku usaha.

Produk plastik saat ini juga tidak kalah saing dalam kualitas dengan produk berbahan lain. Hal inilah yang harus diperhatikan secara jeli agar plastik bekas dapat terus diolah dan dijadikan sebagai penghasil pundi rupiah. Bukan tidak mungkin, menjadikan sampah plastik sebagai penghasilan menguntungkan dapat Anda jalankan.

Mengetahui Jenis Limbah Plastik yang Paling Laku

Ada beberapa jenis plastik yang populer di masyarakat tetapi ada tiga jenis plastik yang paling sering digunakan menyerupai plastik PE atau polietilena yaitu merupakan jenis plastik yang tahan terhadap segala jenis cairan.

Kemudian plastik NDPE atau high density polyesthylena yang tahan terhadap segala jenis zat cair serta plastik jenis polipropilenia yang terbuat dari produk fiber glass. Sehingga anda harus menerima jenis plastik tersebut alasannya jenis itulah yang paling di minati di masyarakat.

Mesin Limbah Plastik

Bisnis limbah plastik ini tidak dapat berjalan maksimal jika tidak menggunakan mesin penghancur plastik dalam pengolahannya. penggunaan dari mesin penggiling plastik diperlukan supaya proses produksi menjadi lancar dan efektif. kerja mesin penggiling plastik yaitu menggiling plastik dan bahan lain menjadi potongan yang kecil-kecil.

sampah yang bisa digunakan yaitu jenis botol plastik mineral,karet, kulit, botol oli, dll. Mesin yang digunakan adalah penggiling sampah plastik yang menghasilkan potongan yang memuaskan sehingga bisa langsung masuk pabrik.

Mesin penghancur plastik dari maksindo tersedia dengan kapasitas kecil hingga besar berkualitas dan mutu terbaik. Menggait dengan beberapa kelebihannya menjadikan mesin penghancur plastik menjadi pilihan tepat.

Itulah ulasan tentang berbisnis dari sampah plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

× Whatsapp Kami!