Select Page

Assalamu’alaikum gaes.. Kembali lagi kita mengulas tentang kerajinan tangan, karena coba kita fikirkan apa yang bakalan terjadi jika teramat banyak benda-benda yang tak ternilai, menjadi sesuatu yang sangat berguna. Tidak usah terlalu jauh mencari contoh, mari kita berkreasi dengan cara membuat tas dari plastik.

Dari kemarin ngebahas tentang cara memanfaatkan plastik bekas. Sudah tau belum siapa penemu plastik? Sekedar nambah ilmu saja ya bagi yang belum tau. Plastik adalah temuan kreatif seorang ahli kimia bernama Leo Hendrik Baekeland di tahun 1910.

Temuan ini memang memberikan hal positif bagi masyarakat karena plastik dapat memberikan nilai praktis dalam penyajian sesuatu, terutama pabrik-pabrik makanan dan minuman kemasan.

Setelah makanan dan minuman bentuk kemasan dikonsumsi,  yang tersisa tinggal bungkus plastiknya dan dibuang begitu saja. Nah, ini beberapa dampak negatif karena plastik merupakan sampah anorganik yang perluh puluhan tahun untuk terurai.

Bagi sebagian besar masyarakat, sampah plastik ini akan menjadi barang yang tidak berguna yang hanya mengotori lingkungan.

Akan tetapi bagi mereka yang tahu dan peduli terhadap lingkungan, sampah ini akan menjadi sesuatu yang berguna dengan didaur ulang menjadi tas, dompet, gelang, pakaian dan lainnya. Sekalian mengurangi jumlah sampah juga menanamkan program Go Green dimulai dari sejak dini.

Dampak Sampah Plastik Terhadap Bumi Dan Kehidupan

PLASTIK adalah beberapa material yang terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Di mana pun kita berada kita pasti selalu menemukan atau menggunakan seuatu yang terbuat dari plastik.

Mulai dari alat rumah tangga, perlengkapan kegiatan yang menunjang aktifitas keseharian kita, hingga kendaraan yang setiap saat kita gunakan, sebagian bahan bakunya pasti ada yang terbuat dari plastik.

Plastik sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus tersedia setiap saat untuk menunjang berbagai kegiatan kita sehari-hari. Namun, plastik juga menjadi salah satu material benda yang sangat berpengaruh buruk bagi kelangsungan bumi yang kita pijak ini, karena berhaya bagi kesehatan kita.

Plastik mengakibatkan hal buruk untuk keberlangsungan  bumi  jika plastik yang kita pakai sudah menjadi sampah dan dibuang di sembarang tempat. Bekas plastik ini biasanya disebut dengan sebutan ‘sampah plastik.

Sampah plastik berdampak buruk bagi lingkungan karena sifat plastik yang memang susah diuraikan oleh tanah secara alamaiah, meskipun sudah tertimbun beratus tahun lamanya.

Dalam berbagai penelitian menyebutkan, plastik baru bisa diuraikan oleh tanah setidaknya setelah tertimbun selama 200 hingga 400 tahun. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa sampah plastik bisa terurai oleh tanah dalam waktu 1.000 tahun lamanya.

Proses lamanya terurai inilah yang kemudian mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan, seperti munculnya zat kimia yang dapat mencemari tanah sehingga berkurang tingkat manfaat dan kesuburannya.

Dengan proses yang susah diuraikan, sampah plastik juga dapat membunuh hewan pengurai tanah seperti cacing. Sehingga wajar saja apabila tingkat kesuburan tanah tanah bisa berkurang.

Alasan Dan Cara Membuat Tas Dari Plastik, Kenapa Plastik Berbahaya?

  • Sekitar 80% sampah di laut adalah sampah yang berasal dari daratan, yang mana hampir 90%-nya merupakan sampah plastik.
  • Sisa-sisa kantong plastik telah banyak ditemukan di dalam kerongkongan anak elang laut di pulau Midway, Lautan Pasifik
  • Pada bulan Juni 2006 silam, program lingkungan PBB menentukan bahwa dalam setiap mil persegi ada setidaknya 46.000 sampah plastik yang mengapung di lautan.
  • Plastik setidaknya telah membunuh hingga 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut, dan juga ikan-ikan yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya dalam setiap tahunnya.
  • Banyak hewan penyu di kepulauan Seribu yang mati hanya karena memakan plastik yang dikiranya sebuah ubur-ubur, salah satu makanan kesukaan penyu.
  • Hewan-hewan laut, contonya lumba-lumba, penyu, dan anjing laut merasa sampah atau kantong plastik sebagai makanannya oleh karena itu mereka akhirnya dapat mati hanya gara-gara mencernanya dan tak mampu memakannya.

Zat Kimia Beracun Yang Terdapat Pada Plastik

cara membuat tas dari plastik

Tanpa kita tahu, plastik mempunyai lebih dari 100 jenis bahan kimia yang sangat beracun. Zat-zat kimia berbahaya bagi kesehatan tersebut merupakan campuran yang dipakai oleh pabrik pembuat plastik untuk menghasilkan plastik.

Sebuah forum yang membahas tentang plastik telah menemukan fakta betapa bahayanya plastik yang banyak digunakan saat ini. Sangat berbahaya karena digunakan untuk membungkus makanan. Justru makanan dalam kemasan adalah benda yang paling riskan karena dikonsumsi oleh manusia.

Sifat karsinogen iyalah sifat yang sangat berbahaya yang ditemukan di kemasan plastik. Paparan zat bersifat karsinogen dalam tubuh akan sangat berpengaruh pada sistem endokrin terutama disebabkan oleh zat kimia ini sangat kuat dan dapat bertahan dalam tubuh manusia.

Dalam jangka panjang, zat tersebut diklaim dapat menimbulkan bahaya tumor yang menjadi kanker, hingga kerusakan pada sistem endokrin, lalu gangguan janin dan masalah kesehatan lain.

Sebuah zat yang dikenal bernama zat plasticizer merupakan katalisator dalam pembuatan plastik mengandung bahan yang sangat berbahaya bagi sistem endokrin, masalah pada sperma pria, masalah genital dan tumor/kanker.

Permasalahannya adalah zat berbahaya tersebut juga digunakan untuk produksi kemasan plastik yang digunakan sebagai pembungkus makanan.

Zat lain yang tidak kalah berbahaya adalah benzofenon. Zat ini adalah merupakan pewarnaan pada kemasan makanan dan penguat lapisan warna pada bungkusan makanan, juga sebagai pelapis tinta yang digunakan pada tulisan-tulisan sablon di bungkus plastik.

Bila kandungan zat kimia ini ikut terserap ke dalam tubuh, maka dipastikan akan merusak sistem pada tubuh manusia, menyebabkan sel kanker bertumbuh dengan baik, masalah ginjal dan hati, serta banyak penyakit menyeramkan lain yang tak terbayangkan.

Potensi Menggiurkan Dengan Membuat Tas Dari Plastik

Ada ragam manfaat dari limbah plastik yang kini sedang naik daun. Selain bisa menjadi bahan baku plastik lewat bijih plastik serta kantong plastik daur ulang, limbah ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pembuatan bahan bakar minyak.

Langkah ini coba dilakukan Dimas Bagus Wijanarko bersama komunitasnya yakni Gerakan Tarik Plastik atau Get Plastik. Di komunitas ini, ia menciptakan alat untuk mengolah limbah plastik menjadi bahan bakar minyak dengan nilai investasi sekitar Rp 20 juta.

Mesin tersebut punya kapasitas bisa mengolah lima kilogram limbah plastik. Dan ia klaim bisa menghasilkan sekitar 10 liter bahan bakar minyak jenis solar. “Mesin ini selain praktis, murah juga menghasilkan profit yang lumayan,” katanya kepada KONTAN.

Dari proses tersebut, ia hanya butuh biaya sekitar Rp 20.000 saja, yakni untuk membeli gas. Sedangkan hasil menjual 10 liter solar sebesar Rp 50.000.

Dalam pengolahan limbah plastik, ia memakai metode pirolisis, yakni sebuah teknik dekomposisi termokimia bahan organik tanpa menggunakan oksigen. Bahan baku yang digunakan adalah plastik jenis HDPE, LDPE, PP dan PS. Plastik jenis itu jarang didaur ulang, dan acapkali langsung dibakar begitu saja.

Cara Mengolah Sampah Plastik dan Sampah Organik

cara membuat tas dari plastik

1. Kurangi Sampah Plastik Sekali Pakai Dengan Cara Membuat Tas Dari Plastik Yang Unik

Benda yang satu ini memang nggak bisa lepas dari kehidupan kita. Beli gorengan pakai bungkus plastik, beli air minum dengan kemasan plastik bahkan bungkus permen pun plastik.

Penggunaan plastik sekali pakai terus meningkat apalagi dengan alasan lebih praktis daripada membawa wadah ataupun tempat minum sendiri. Jadi kalau sudah nggak dipakai bisa langsung dibuang deh!

Meski praktis dan sangat nyaman, penggunaan plastik sekali pakai punya dampak buruk untuk kesehatan dan lingkungan lho! Banyak literatur menunjukan bahwa plastik bisa merusak kesehatan manusia apalagi jika digunakannya nggak sesuai standar dan dalam jangka waktu lama.

Begitu pula dengan sampah plastik, memerlukan durasi dekomposisi yang sangat panjang dan memberi dampak buruk terhadap lingkungan.

2. Mengolah Sampah Organik Menjadi Kompos

Cara mengolah sampah organik ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama, namun belum banyak orang yang mau melakukannya. Pengomposan adalah cara alami daur ulang nutrisi lewat proses pembusukan bahan organik oleh mikroorganisme dalam kondisi yang terkendali.

Selain membantu tanaman tumbuh, ternyata pengomposan bisa membantu mencegah polusi tanah, air, dan udara. Kompos mencegah polusi tanah dan air dengan berbagai cara. Penyebaran kompos di lahan pertanian meminimalkan kebutuhan pupuk kimia, yang berarti mengurangi masalah lingkungan yang disebabkan oleh pupuk ini.

Pupuk kimia memiliki tingkat konsentrasi nitrogen yang tinggi, selain itu pupuk kimia juga larut ke dalam air tanah dan mencemari sumur air minum. Kompos mendukung pengendalian polusi tanah dengan melumpuhkan logam berat di dalam tanah, dan mencegahnya mencapai sumber daya air dan akibatnya melindungi kualitas air tanah.

Kompos membantu menghindari polusi udara dengan menyerap bau, mengurangi timbunan sampah, dan emisi gas rumah kaca (GRK) terutama gas metana ke udara.

3. Memanfaatkan Sampah Menjadi Gas Yang Bermanfaat

Menurut Economist Intelligence Unit (2017), Indonesia telah berkontribusi sebagai penghasil limbah makanan terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi. Setiap orang bisa membuang hampir 300 kg makanan pertahunnya! Ironis banget, padahal 7,6% dari 260 juta orang di Indonesia masih kekurangan gizi.

Lebih dari setengah limbah dapur yang dihasilkan di Jakarta berakhir di TPA, selanjutnya sampah ini diurai oleh mikroorganisme anaerob yang menghasilkan sejumlah besar metana dan karbon dioksida.

Kedua gas ini dikenal sebagai gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. Namun, metana 30 kali lebih efektif dalam menjebak panas daripada karbon dioksida.

Jika dikontrol dengan baik, penguraian limbah makanan oleh mikroorganisme anaerob ini ternyata bisa menghasilkan biogas lho.

Biogas terdiri dari sekitar 60% metana dan 40% karbondioksida. Nah, daripada dilepaskan ke atmosfer dan menyebabkan pemanasan global, biogas bisa dikumpulkan dan digunakan untuk memanaskan, memasak, dan menghasilkan listrik.

Inspirasi Unik Dengan Cara Membuat Tas Dari Plastik

Bisa dikatakan seseorang yang menyukai bahkan bekerja dalam bidang bisnis mampu melihat peluang sekecil apa pun. Kerajinan dari plastik? Salah-satu orang dengan jiwa usaha berpikir bahwa botol-botol bekas dapat disulap menjadi sebuah seni dengan nilai jual tinggi.

Namun, perlu adanya sentuhan kreativitas agar mampu menarik perhatian orang lain untuk membelinya. Kamu juga bisa mulai berwirausaha sosial, dengan memberdayakan masyarakat suatu daerah dalam membantu projek bisnismu. Simak inspirasi kerajinan dari plastik berikut ini dan mulai bangun produkmu sendiri.

Cara Membuat Tas Dari Plastik Yang Unik Dari Plastik Kopi

Bahan Dasar Cara membuat Tas Dari Plastik Kopi:

Selain bungkus kopi yang menjadi bahan dasar, tentu kita perlu seperti bahan dan alat pendukung untuk membuat bungkus kopi menjadi tas plastik. Mari kita siapkan bahan & alatnya terlebih dahulu:

  • Bungkus Kopi saset sebanyak-banyaknya.
  • Gunting.
  • Jarum.
  • Benang jahit.
  • Furing (kain polos).
  • Penggaris.
  • Risleting/kancing baju.

Langkah-langkah Membuat Tas Dari Plastik:

1.(cara ini anda bisa berinisiatif dengan cara melakukan dari langkah kedua terlebih dahulu atau sesuai dengan kreatif anda mencuci bekas kopi ):)lalu Buang kedua bagian bawah & atasnya sehingga kedua sisi terbuka.

2. Setelah itu potong bungkus kopi yang telah terbelah, dan akhirnya menjadi dua bagian.

3. Mulailah melipat bungkus kopi yang sudah terpotong, satu demi satu dapat menggunakan apapun sampai terlihat bagian dalam bungkus kopi yang berwarna perak. Bisa juga dengan membiarkan sampul bungkus terlihat jelas.

4. Selanjutnya lipat bagian ujung sisi dengan diameter 1 cm ke dalam. Jadi bungkus kopi kapal apai yang tadinya 10 bungkus akan menjadi 20 bungkus.

5. Selanjutnya mulailah menganyam bungkus kopi satu demi satu hingga terlihat bentuk anyaman mirip ketupat seperti yang terlihat dibawah ini.

(Jika tidak juga mirip dengan ketupat cobalah ulangi tahap ini dengan betul-betul teliti sampai akhirnya mendapatkan bentuk anyaman seperti gambar dibawah ini)

6. Perlu diperhatikan untuk membentuk sudut vertikal kebagian atas supaya dapat dibuat menjadi anyaman mengarah keatas. Langka ini harus dilakukan karena jika tidak maka hanya berwujud tidak datar saja dan hasil tas juga tidak akan cantik.

7. Ketika anyaman sudah dikira cukup dengan panjang dan lebarnya ukuran tas anda, maka langkah selajutnya ialah untuk mencukupi membuat anyaman.

8. Lalu anda lapisi bagian dalamnya menggunakan kain furing yang sudah kita sediakan tadi, karena tas yang terbuat dari bungkus kopi itu tidak akan terlalu kuat untuk memuat atau mengangkat beban yang agak berat.

9. Kemudian buatlah tali atau bisa dengan menggunakan tali tas bekas yang sudah tak memiliki body. Dan menjahitnya dengan jarum dan benang jahit juga.

11. Nah! Jangan lupa untuk memberi tutup pada tas, sesuai selera sih, tapi mungkin kali ini kita akan menggunakan resleting saja.

Tips Dan Cara Membuat Tas Dari Plastik Bungkus Kopi Bekas

Ternyata tidak juga sulit kok membuat tas dari bungkus kopi bekas, hanya saja butuh dalam kesabaran dan ketelitian lebih untuk membuatnya. Adapun tips dan trik lain dalam pembuatan tas agar lebih cantik dan awet anda bisa simak ulasan berikut ini:

  • Anda dapat menambahkan pernak pernik contonya bros bunga atau rajutan pernik lainnya yang juga dari bekas potongan bungkus kopi.
  • Urutan dalam pembuatan tas dari Indobag mungkin agak membingungkan, jadi cobalah membuka nalar fikiran anda untuk membuat anyaman bungkus kopi yang baik seperti apa.
  • Jika sudah terbiasa dengan pembuatan tas maka next anda juga dapat menyatukan tas yang bolong atau membuat tas baru dari kulit dengan bentuk anyaman dari bungkus kopi.
  • Selain itu kita juga tidak perlu peduli dengan warna yang monoton. Misalnya: Tidak semua harus dengan bahan dari bungkus kopi luwak, karena dapat dengan cara mengubah warna dengan bungkus kopi ABC yang mempunyai warna berbeda, tinggal kita sesuaikan letak sisi warnanya.

Itulah ulasan tentang cara membuat tas dari plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

× Whatsapp Kami!