Select Page

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara pemanfaatan sampah plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Di mana kaki melangkah, akan kita jumpai sampah bertaburan. Entah itu sampah organik, seperti dedaunan, sayuran, sampai sampah anorganik, seperti plastik, botol, dll.

Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif tersebut juga menyinggung sampah, khususnya anorganik yang banyak dijumpai di lingkungan sekitar ialah sampah plastik. Berdasarkan hasil penelitian dan penghitungan, pada 2008 limbah sampah plastik menyentuh angka 925 ribu ton.

Tak sekadar jual-beli atau memperbaiki dan menyerap ilmu cara mereparasi barang, warga di sana juga kerap bertemu untuk berdiskusi menemukan inovasi baru dalam menjaga lingkungan lo.

Tidak dapat dimungkiri, sejak dulu sampah menjadi persoalan krusial yang sulit sekali dipecahkan. Meski sudah banyak penyuluhan dan sosialisasi tentang pemanfaatan sampah agar tidak mencemari lingkungan, tidak banyak masyarakat yang memedulikan.

Bahkan dengan santai, justru merekalah subjek perusak kerindangan, kenyamanan, kebersihan, dan ketenangan alam. Suatu hal yang mendasar, contoh saja seusai makan camilan di taman, banyak ditemui seseorang membuang bungkus camilan begitu saja.

Hal inilah salah satu sikap dan bentuk kurang sadarnya masyarakat kita terhadap lingkungan. Kebiasaan buruk masyarakat kita berlangsung sejak mereka dini. Hal itu disebabkan karena orangtua sebagai panutan terkadang sering kita jumpai membuang sampah sembarangan.

Wajar bila kebiasaan itu ditiru buah hatinya. Oleh karena itu, dibutuhkannya kesadaran akan pentingnya membuangan sampah pada tempatnya dan peduli terhadap alam.

Pengolahan Libah Plastik Ramah Lingkungan

Cara pemanfaatan sampah plastik masih menjadi perbincangan hangat dalam setiap pertemuan tentang lingkungan hidup. Dimana sampah plastik adalah sampah yang tidak dapat diurai oleh tanah. Sehingga akan selalu memiliki ancaman terhadap pencemaran lingkungan.

Banyak seminar-seminar yang membahasa tentang betapa seriusnya kekhawatiran tentang limbah plastik ini. Dan harapan kita, generasi yang saat ini dan yang akan datang bisa lebih mengerti tentang pemanfaatan sampah plastik ini.

Ada hal-hal ide untuk mengurangi sampah plastik, yaitu sebagai berikut:
  1. Melakukan pemanfaatan sampah plastik dengan cara memisahkan sisa-sisa plastik sampai terciptanya produk baru. Plastik daur ulang biasanya akan dirubah bentuk menjadi biji plastik, botol minuman, dan produk baru dengan bentuk baru yang lainnya.
  2. Dengan memakai mesin incinerators untuk mengolah limbah plastik. Sebagian negara memakai mesin ini untuk mendaur sampah plastik yang tidak teruarai. Semua limbah plastik dibakar menggunakan incinerators.
  3. Untuk menghentikan dampak dari sampah plastik, sebagian besar negara di dunia sudah melarang penggunaan produk plastik tertentu. Hal ini agar mengurangi rasa keinginan dengan produk palstik. Dan menggantikannya dengan produk yang lebih ramah lingkungan.
  4. Menggunakan tas dari bekas kertas atau dari bahan lainnya setiap berbelanja. Sehingga bisa mengurangi penggunaan plastik di dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Supaya menghilangkan dampak limbah plastik, dari pihak pemerintah dan diri pribadi perorangan harus saling menyadari. Pemerintah harus membuat tempat sampah di setiap sisi kota. Dan setiap individu juga harus mempunyai kesadaran tentang membuang sampah.
  6. Meningkatkan kegiatan seminar atau pertemuan yang membahas tentang daur ulang sampah plastik. Tentang metode cara pengolahan limbah plastik yang terbaru. Dan keinginan kita, pemerintah ikut terlibat dalam seminar daur ulang sampahplastik.

Mengenal Sampah Plastik Dan Pengolahannya

pemanfaatan sampah plastik

Pada dasarnya orang pasti tidak akan lupa dengan namanya sampah plastik dalam aktivitasnya sehari-hari. Ya, benar plastik telah menjadi suatu hal penting dalam kehidupan kita saat ini dan pengaruhnya telah menggantikan kayu dan logam karena kelebihan yang ada antara lain ringan dan kuat.

Sifat-sifat bahan plastik merupakan hal yang sulit dalam pembuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya untuk berbagai aplikasi khususnya dalam kehidupan sehari-hari seperti dari kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik sampai dengan komponen otomotif.

Peningkatan pemakai bahan plastik ini menyebabkan peningkatan produksi limbah plastik dari tahun ke tahun. Sebagai gambaran konsumsi plastik di Indonesia mencapai 10 kg perkapita pertahun, sehingga dapat diprediksikan sebesar itulah sampah plastik yang dihasilkan.

Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa plastik sangat sulit diurai dalam tanah, memerlukan waktu bertahun-tahun dan ini akan menyebabkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya. Pembuangan di Tempat  Akhir (TPA) sampah tidaklah solusi yang  bijak dalam daur ulang sampah plastik ini.

Fungsi para pemungut sampah dalam mengatasi limbahan sampah plastik harus memperoleh hadiah meskipun ini tidak bisa menghilangkan 100% sampah plastik yang ada.

Sampah Plastik Sebagai Sumber Energi

Karena ada energi yang banyak dari bahan plastik, maka akan pemanfaatannya menjadi suatu sumber energi memiliki upaya yang sangat bagus di masa mendatang.

Dari sini dapat diperoleh dua keuntungan sekaligus yaitu mengurangi problem sampah dan juga menghasilkan energi yang bisa dipakai untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional. Beberapa teknologi dapat dipakai untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar diantaranya yaitu :

1. Konversi Kebahan Bakar Padat

Dilakukan dengan mencacah sampah plastik dan kemudian membriketnya untuk nantinya menjadi bahan bakar briket. Bahan bakar ini kemudian bisa digunakan untuk pembakaran di tungku-tungku industri.

2. Mengolah Menjadi Bahan Bakar Cair

Karena memakai prinsip yang mana sampah plastik dipanggang pada suhu sekitar 500 derajat alhasil fasenya akan berubah wujud gas selanjutnya akan terjadi yang namanya perengkahan (cracking). kemudian didinginkan kembali dan dapat bahan bakar cair setara dengan bensin dan solar.

3. Mengubah Menjadi Bahan Bakar Gas

Ini dapat dibuat dengan teknologi gasifikasi yang mana sampah plastik dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi sampai 900oC dengan prinsip oksidasi parsial. Sehingga akan dihasilkan gas hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan industri.

Sudah sepatutnya sampah plastik tidak lagi menjadi permasalahan yang rumit dan bahkan bisa mendatangkan manfaat dengan menghasilkan bahan bakar.

Sekarang tinggal cara mendorong pemerintah daerah agar mempraktekan teknologi yang ada dan tentunya didukung oleh seluruh masyarakat di dalam pemanfaatan sampah yang berbentuk komunitas.

Ide mengolah sampah plastik ini sebenarnya dimulai dari temannya yang akhirnya menginspirasinya untuk meggeluti bidang yang sama. Jadi plastik-plastik yang dikumpulkan oleh pengepul dari para pemulung ini nanti akan dijemur dan digiling.

Hasilnya kelak dijual lagi ke pabrik khusus pengelola plastik dengan harga Rp. 5 sampai 10 ribu per kg supaya diolah menjadi biji plastik.

Pemanfaatan Limbah Plastik dan Mengurangi Pencemaran

pemanfaatan sampah plastik

Plastik merupakan salah satu limbah yang sulit untuk diurai. Hal ini karena plastik memerlukan waktu hingga ratusan tahun agar bisa terurai.

terlebih, masyarakat Indonesia yang seringkali membakar limbah tersebut untuk mengurangi jumlah sampah mereka. Padahal, asap pembakaran sampah inilah yang dapat mencemari lingkungan dan berbahaya bagi tubuh.

Alasan-alasan inilah yang harus dicermati agar limbah plastik tidak lagi mencemari lingkungan. Anda harus bisa memanfaatkan limbah tersebut sebagai salah satu bahan baku untuk menghasilkan produk baru yang memiliki nilai. Selain dapat mengurangi pencemaran lingkungan, mendaur ulang sampah juga dapat memberikan pemasukan secara finansial.

Dari Sampah Hingga Pundi Rupiah

Untuk menghasilkan pipa, sampah yang digunakan oleh Boy adalah plastik jenis poly vinyl chloride (PVC) yang memiliki kriteria khusus untuk pipa saluran air. Kemudian, plastik yang memiliki bahan tersebut dihancurkan yang selanjutnya diolah hingga menjadi pipa.

Ukuran pipa yang dihasilkan dari pabrik Boy memiliki variasi ukuran, mulai dari 5/8 Inci hingga 4 Inci. Dirinya juga memiliki hasil produksi yang cukup diperhitungkan, yaitu mencapai 2.000 batang pipa perhari.

Hingga saat ini, pipa buatan Boy telah dipasarkan distributor dari Tawangmangu dan Karanganyar Jawa Tengah. Bahkan omzet dari produksi pipa yang berasal dari sampah plastik itu mencapai angka Rp100 juta perbulan.

Tidak hanya itu, Boy menjalankan bisnis daur ulang plastik tersebut secara mandiri. Sehingga, seluruh proses produksi pipa dari bahan baku menjadi bahan jadi dilakukannya sendiri.

Nah jika telah mengetahui jenis plasiknya, kemudian pisahkan plastik di atas dan bersihkan sampai bersih. Setelah itu jemur plastiknya sampai kering sebelum dimasukkan mesin penggiling.

Bila plastik sudah dihancurkan, selanjutnya adalah memasukkan hasil gilingan ke dalam karung kemudian dijual ke pabrik pengolahan plastik.

Solusi Sampah Plastik

Eropa memiliki sistem ekonomi ramah lingkungan bernama circular economy. Sistem ini merupakan solusi tepat yang dapat digunakan untuk memecahkan akar masalah pemanfaatan sampah plastik dari hulu ke hilir. ini berfokus pada penggunaan barang dengan maksimal dan mengubah barang yang telah dipakai menjadi barang lain.

Upaya itu ingin mempertahankan nilai produk agar dapat digunakan berulang-ulang tanpa menghasilkan sampah (zero waste). Caranya melalui daur ulang (recycling), penggunaan kembali (reuse), atau produksi ulang (remanufacture).

Cirkular economi bukan hanya mengenai nilai tambah bagi penyelamatan lingkungan, namub juga memiliki penciptaan nilai tambah sosial dan ekonomi baru, contohnya pemberdayaan masyarakat. pemanfaatan sampah plastik merupakan salah satu bentuk circular eco­nomy dari pemanfaatan plastik yang bertanggung jawab.

Usaha itu memiliki efek yang besar dalam menggerakkan perekonomian di masyarakat soalnya rantai produksi tersebut melibatkan banyak pihak, mulai pemulung, pelapak, hingga industri besar daur ulang sampah plastik.

Berdasarkan keterangan dalam siaran pers KLHK per Desember 2018, pertumbuhan bank sampah mengalami peningkatan dari 1.172 unit pada 2015 menjadi 7.408 unit pada 2018 serta tersebar di 294 kabupaten/kota di Indonesia. Nilai omzetnya pun terhitung besar. Contohnya, omzet bank sampah induk di Jakarta Barat mencapai Rp4,5 miliar per tahun.

Keberadaan bank sampah telah menjadi dampak positif, baik ke lingkungan, sosial, maupun ekonomi. Bentuknya berupa kontribusi terhadap pengurangan sampah nasional sekaligus peluang pekerjaan serta memberikan penghasilan tambahan.

Andil Perusahaan

Salah satu perusahaan petrokimia turut mendukung target pemerintah dalam mengurangi limbah plastik di laut sebesar 70% sampai 2025, yaitu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP). Didampingi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), CAP menerapkan aspal plastik di lingkungan pabrik mereka di Cilegon, Banten.

Jalan aspal plastik itu merupakan bagian dari program berkelanjutan perusahaan dan salah satu solusi untuk penanganan sampah plastik di Indonesia.

Aspal plastik yang digelar dalam area seluas 6.372 meter persegi terbuat dari bahan aspal biasa dengan campuran 5%-6%  atau setara dengan 2 juta lembar kantong plastik (HDPE/High Density Polyethilene) bekas sampah plastik atau seberat tiga ton.

Sesuai dengan nilai penelitian Kementerian PU-Pera, komposisi limbah plastik ini bisa menambah daya tahan deformasi aspal.

Dalam pengerjaan implementasi aspal plastik, Kementerian PU-Pera telah melakukan uji coba produk tersebut di beberapa kota, yakni Bekasi, Bali, Makassar, Solo, Surabaya, dan Tangerang. pemanfaatan sampah plastik yang digunakan dalam pencampuran aspal ini berjenis high density poly-ethylene (HDPE) dan berbentuk kantong plastik keresek.

Sampah plastik merupakan komponen tambahan bersifat komplementer dalam pencampuran aspal. Dengan komposisi yang ideal, pemanfaatan sampah plastik dapat meningkatkan nilai stabilitas campuran aspal plastik sebesar 40% sehingga tahan terhadap deformasi plastik dan tidak mudah retak.

Dampak Plastik Terhadap Lingkungan

Dampak plastik bagi lingkungan adalah akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan limbah plastik. Ini ternyata sangat signifikan. Sebagaimana yang diketahui, plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia.

Diperkirakan ada 500 juta – 1 milyar sampah plastik dipakai penduduk dunia dalam satu tahun. Hal ini merupakan  sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk mengolahnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta batang pohon ditebang.

Konsumsi berlebih dengan plastik, pun menyebabkan jumlah sampah plastik yang besar. Karena tidak berasal dari senyawa biologis, plastik mempunyai sifat sulit terdegradasi (non-biodegradable).

Diperkirakan diperluhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga bisa terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Limbah kantong plastik bisa mencemari tanah, air, laut, bahkan udara.

Kantong plastik dibuat dari penyulingan gas dan minyak yang kita sebut ethylene. Minyak, gas dan batu bara mentah merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Semakin banyak penggunaan palstik berarti semakin cepat menghabiskan sumber daya alam tersebut.

Kenapa Sampah Plastik Harus Didaur Ulang?

Usaha daur ulang limbah plastik bisa dikatakan gampang dan mudah dipraktekan. Bahkan kemungkinan besar life span-nya panjang dan minim resiko kecuali mesin-nya yang rusak. Asalkan pengolahannya rapi dan bersih, tentunya mitra pengelola sampah plastik mau membeli harga yang lebih bagus.

Kalau Anda tertarik memulai bisnis daur ulang sampah plastik, coba pakai tips berikut ini:

  1. Siapkan lahan yang besar sebagai tempat menyimpan sampah plastik bekas dan juga biji plastik. Tempat ini juga akan dijadikan sebagai tempat penyortiran jenis plastik dengan jenis pengolahan yang berbeda
  2. Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar untuk membeli plastik bekas yang bisa di daur ulang dari para pemulung
  3. Menyiapkan pekerja yang bertugas untuk menyortir dan mencuci limbah plastik bekas
  4. Persiapkan timbangan dan penggiling plastik yang nantinya diolah jadi biji platsik
  5. Mengajukan kerjasama dengan pihak pembeli biji plastik, misalnya perusahaan pembuat plastik

Nah, kalau Anda benar-benar ingin mencoba, persiapkan mental ini sebelum terjun, bisnis daur ulang sampah plastik harus berhubungan dengan kotoran. Siap-siap saja menemukan plastik yang kena kotoran manusia, dikencingi, bau keringat dan yang pasti suplier yang beragam.

Bisnis daur ulang sampah plastik telah menyentuh banyak kalangan, jadi kuat-kuat mental saja kalau bertemu pengepul yang karakternya atos. Selain itu, siapkan modal dan cari informasi berapa kira-kira pemulung dan pengepul menjual sampah plastik per kg-nya. Semoga sukses!

Itulah ulasan tentang pemanfaatan sampah plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

× Whatsapp Kami!