Select Page

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang usaha daur ulang plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Usaha Daur Ulang Plastik – Pengembangan industri daur ulang plastik dinilai menjadi salah satu jalan untuk mendukung pasokan bahan baku industri sebagai substitusi produk impor yang selama ini menjadi beban pengusaha karena sensitif terhadap pelemahan nilai tukar rupiah.

Beberapa sektor industri, seperti tekstil, menuntut pemerintah untuk mengembangkan industri hulu di dalam negeri agar tidak terus bergantung pada bahan baku impor.

Sebagai contoh, daur ulang plastik berbasis polietilena dapat menghasilkan poliester yang merupakan bahan baku tekstil sekaligus menyelesaikan permasalahan lingkungan.

Mengacu pada data Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas), konsumsi plastik di Indonesia mencapai 5,6 juta ton. Dari keseluruhan jumlah tersebut, konsumsi plastik daur ulang mencapai 1 juta ton dan sisanya merupakan plastik dari bahan baku nafta. Sebanyak 190.000 ton plastik yang dikonsumsi tidak tertangani dan berakhir menjadi polusi.

Bagaimana Cara Daur Ulang Plastik Yang Harus Dikembangkan

Jumlah sampah yang besar ini dinilai menjadi potensi besar bagi pengembangan industri daur ulang. Di sisi lain, kondisi ini menjadi pengingat bagi pemerintah untuk mengembangkan sistem pengolahan sampah yang baik.

Ekonom Maybank Myrdal Gunarto menilai permintaan bahan baku industri cenderung stabil sehingga potensial bagi industri daur ulang untuk memasok bahan baku tersebut. Permintaan tersebut akan berubah jika muncul kebijakan baru terkait dengan penggunaan plastik, seperti cukai plastik.

Dia menjelaskan pengembangan industri berbasis substitusi impor memang harus dilakukan untuk mengurangi ketergantungan impor di tengah kondisi nilai tukar rupiah yang masih berpotensi melemah seiring dengan prospek kenaikan bunga the Fed.

Myrdal mengatakan, keterlibatan pemerintah untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan melalui penguatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus pada industri subtitusi impor

Bisnis Dengan Cara Daur Ulang Sampah Plastik, Usaha Masa Depan

usaha daur ulang plastik

Diketahui, daur ulang plastik memang sudah menjelma menjadi bagian peluang usaha yang menggiurkan dan dilirik oleh banyak orang akhir-akhir ini. Hal ini saya ketahui setelah “bertemu” dengan mbah Google dan mencari informasi tentang peluang usaha daur ulang plastik.

Meskipun berupa sampah dan berbentuk “barang kotor” namun, plastik dapat diolah dan biji plastiknya dapat dijual ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

Berdasar informasi dari majalah , didapat data bahwa bisnis daur ulang plastik ini dapat diekspor dan Indonesia masih kewalahan memenuhi kuota ekspor ke negara lain, terutama Hongkong dan Cina. Nah lho, kalau sebelumnya kita pernah ngintip peluang bisnis impor barang dari Cina, maka sekarang justru ada peluang bisnis ekspor dari jenis usaha daur ulang plastik ini.

Sebagai data penunjang dikatakan bahwa Hongkong dalam satu pekan memerlukan ekspor biji plastik sebanyak 12 Kontainer, sedangkan Indonesia hanya bisa menyediakan sebanyak 300 ton. Itu belum termasuk permintaan dari negara-negara lain. Data ini Menjelaskan bahwa peluang bisnis daur ulang plastik mempunyai potensi yang lumayan besar.

5 Jenis Cara Daur Ulang Plastik Yang Menjanjikan

Untuk Anda yang minat untuk memulai bisnis daur ulang ini maka Anda bisa mengecek beberapa macam usaha kerajinan dari bahan bekas yang sudah tidak terpakai. Berikut beberapa diantaranya:

1. Botol Minuman Bekas

Banyaknya produsen air minum kemasan sangat bisa dibuat ide dalam mengelola usaha daur ulang bermodalkan botol minuman bekas. Contohnya seperti botol plastik yang dapat anda carikan dengan gampang. Anda dapat membuat karya berbahan botol bekas tersebut menjadi suatu karya yang mempunyai nilai jual tinggi.

Biasanya botol plastik bekas diubah dahulu dengan cara digiling dengan mesin lalu dihancurkan menjadi serpihan-serpihan kecil sehingga akhirnya menghasilkan biji plastik. Adapun permintaan industri hingga industri lumayan besar terhadap barang bekas tersebut. Adapun, Anda dapat mengolahnya menjadi beragam hiasan lain seperti celengan, pot bunga, bunga plastik, dll. Dengan melihat caranya di Youtube.

2. Koran Dan Kertas Bekas

Zaman sekarang tentu banyak kertas yang tidak terpakai. Anda bisa mengecek rumah untuk mendapatkannya. Tentu saja bahan baku ini dapat dibuat sebagai salah satu usaha daur ulang yang lumayan menjanjikan bukan? Anda dapat menghancurkannya agar lalu dapat dibuat sebagai kertas yang baru dan dijual lagi ke bidang percetakan yang memerlukan.

3. Beberapa Kain Bekas

Tentu banyak sekali kain-kain bekas yang menumpuk di rumah Anda. Akan sangat dirugikan jika Anda tidak dapat  memanfaatkannya sebagai produk dengan nilai tukar tinggi bukan? Nah, dari itu mulai saat ini anda dapat memanfaatkan usaha daur ulang ini dengan membuatnya sebuah karya tangan. Misalnya saja seperti keset kain, bahan pembuat bantal, guling, lap dan masih banyak lagi. Jika membutuhkan lebih, Anda bisa menemukannya pada pengusaha konveksi kain misalnya penjahit dan lainnya.

4. Minuman Kaleng Bekas

Tidak seperti usaha daur ulang lainnya, kerajinan yang berbahan dasar kaleng minuman ini memang sedikit memerlukan kreativitas dan ketelitian. Untuk itu wajib untuk Anda menjadi pribadi yang kreatif dan telaten saat ingin membuat sebuah produk dengan nilai jual lebih yang berbahan utama kaleng bekas.

5. Ban Bekas

Seperti biasanya kaleng, ban bekas tentu menjadi usaha daur ulang yang hanya beberapa orang saja yang mampu melakukannya. Namun dengan berbekal keyakinan dan kreativitas pasti Anda bisa menciptakannya. Salah satu hasilnya yakni bisa dijadikan sebagai kursi. Bahkan jika Anda tidak ingin repot membuatnya maka langsung saja dijual. Umumnya dikarenakan banyak industri yang memerlukan ban bekas sebagai bahan baku karet untuk pembuatan produk mereka.

Plastik Jadi Rupiah Dengan Sentuhan Tangan-tangan Kreatif

usaha plastik

Sampah adalah konsekuensi dari adanya akvitas manusia yang sangat kompleks. Segala akvitas manusia pas akan menghasilkan sampah, sehingga volume atau jumlah sampah sebanding dengan ngkat konsumsi barang yang kita gunakan seap harinya. Oleh sebab itu pengelolaan sampah dak dapat terlepas dari pengelolaan gaya hidup masyarakat.

Saat mengolah sampah sering datang masalah-masalah yang tentunya bisa memperlambat proses pengelolaan sampah, yakni biaya operasional dan tambah sulitnya mencari tempat untuk pembuangan akhir sampah. Kondisi yang seper itu tentu saja dapat berdampak pada ngginya tumpukan sampah yang bisa mencemari dan merusak lingkungan hidup.

Tapi, tidak di sangka jika hanya dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, sampah bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dengan membuatnya menjadi suatu produk kerajinan tangan yang mempunyai harga jual. Selain itu rencana pengelolaan sampah juga dapat melestarikan lingkungan hidup dari plastik bekas.

Peluang usaha seperti itu pastinya tidak akan disiakan oleh banyak orang. Meskipun hanya dengan memanfaatkan limbah sampah yang dak bernilai, namun peluang bisnis dari limbah sampah ini menjanjikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnisnya. Bahkan dak sedikit dari pelaku bisnis ini mampu mengantongi keuntungan hingga 50% dari seluruh omset yang mereka dapatkan.

Dampak Positif dan Negatif dan Cara daur ulang Plastik

Positif++

  1. Meciptakan lingkungan bersih
  2. Mengurangi kuman yang ada di sampah
  3. Tidak harus dibakar, pendauran ulang lebih aman karena tidak berpengaruh menimbulkan polusi
  4. Menciptakan nilai pada suatu barang yang tidak bernilai sebelumnya
  5. Menciptakan inovasi yang lebih brilian, misalnya dengan menggabungkan barang satu dengan yang lain
  6. Dari pada ditimbun, pendauran ulang akan lebih menguntungkan tanah, misalnya pada kaleng-kaleng bekas yang bersifat logam, apabila ditimbun akan merusak unsur-unsur hara yang terkandung di dalam tanah yang baik bagi tumbuhan
  7. Modal yeng dikeluarkan sebagai alat pendaur relatif sedikit
  8. Caranya yang gampang sehingga dapat dilakukan sendiri
  9. Jumlah bahan2 yang tak dapat diuraikan yang beredar menjadi lebih sedikit
  10. Dapat menjadi cara alternatif dalam memenuhi kebutuhan ekonomi

Negatif–

  1. Adanya kontaminasi
  2. Menghasilkan Polusi udara
  3. Daur ulang kertas menghasilkan “Limbah”
  4. Tidak semua plastik dapat di daur ulang
  5. Metode yang di gunakan tidak efektif
  6. Mendaur ulang minyak yang menciptakan kimia beracun
  7. Hasil daur ulang masih jauh dari permintaan pasar
  8. Sebagian produk lebih baik agar tidak di daur ulang
  9. Daur ulang “All-In-One” Tidak efisien
  10. Daur ulang memberikan janji yang salah

Cara Daur Ulang Plastik Menjadi Tambang Emas

Boleh jadi kebanyakan dari kita sering menyaksikan sejumlah orang mengais botol bekas kemasan minuman. Bagi sebagian orang, sampah itu adalah limbah yang menjijikan. Kotor dan bau. Tapi sebaliknya, untuk sebagian lagi, sampah adalah sumber mata pencaharian.

Asal tahu saja ya, botol-botol bekas itu ternyata bernilai ekonomi yang cukup besar lho. Berdasarkan situs pengolahan barang bekas (rongsok) harga jual untuk botol plastik saat ini berkisar Rp 2.200 per kg. Sementara untuk plastik bening campur sekitar Rp 1.500 per kg. Plastik kemasan dihargai (Rp 100/kg), plastik kresek (Rp 500/kg), paralon (Rp 900/kg) dan yang termahal adalah putihan atau polietilena berdensitas tinggi (high density polyethylene atau HDPE) yang harganya mencapai Rp 4.100 per kg. Plastik ini terbuat dari minyak bumi.

Terbukti, di balik limbah plastik tersimpan nilai ekonomi yang tidak sedikit. Tentu saja prinsip 3R (reduce-reuse-recycle) dapat menjadikan plastik kemasan bekas pakai memiliki “hidup kedua” serta menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang.

Kenapa Indonesia Tergiur Impor Sampah Asing?

Indonesia mengembalikan 49 kontainer berisi limbah ilegal, juga dari AS dan Jerman. Meski banyak aturan, masih banyak pelaku bisnis yang tergiur bisnis gelap penyeludupan limbah dari negara kaya. Kenapa?

Sejatinya Indonesia termasuk negara penghasil polusi plastik di laut terbesar kedua di dunia setelah Cina. Namun fakta itu tidak menyurutkan sebagian pelaku usaha mengimpor sampah plastik dari negara kaya. Sekarang sebagian kecil dari limbah plastik yang tidak dapat didaur ulang itu dikembalikan paksa oleh pemerintah Indonesia.

“Semua kontainer sudah kami segel dan siap dikembalikan. Saat ini sedang menunggu jadwal kapal,” kata Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Deni Sujantoro, seperti dilansir AFP.

49 kontainer berisikan limbah plastik diberangkatkan dengan menggunakan kapal laut ke Amerika Serikat, Jerman, Prancis dan Hong Kong. Jika merujuk pada data Kementerian Perdagangan, penggerebekan dan pemulangan paksa sampah asing kali ini tidak akan menjadi yang terakhir.

Manfaat Apa Saja Dari Cara Daur Ulang Plastik Untuk Kehidupan?

Sampah dalam hal ini adalah masalah lingkungan yang tidak pernah selesai, semakin canggi kehidupan manusia, maka kualitas sampah yang dihasilkan pun akan semakin banyak. Hal itu nampak dari kecenderungan meningkatnya produksi limbah di daerah kota seiring dengan menambahnya jumlah penduduk. Yang dihitung, hampir setiap orang per hari dapat membuang 1-2 kg sampah.

Dari hal ini secara umum sampah diketahui menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah jenis sampah yang bisa di daur oleh mikroorganisme pengurai. Contohnya sisa-sisa sayur, buah, dedaunan dan sejenisnya. Sampah organik dikenal juga dengan istilah sampah basah.

Kalau jenis yang kedua adalah sampah anorganik, sampah anorganik adalah bagian sampah yang sulit atau tidak bisa diuraikan oleh mikrooraganisme pengurai, yang jika berpotensi mengganggu lingkungan. Contohnya sampah plastik, seng, kaleng dan sejenisnya. Sampah anorganik ini sering disebut dengan istilah sampah tidak basah.

Untuk hal demikian ini agar sampat tersebut tidak merusaka lingkungan ada baiknya kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa fungsi sampah dalam kehidupan sehari-hari, yang berikut ini:

1. Bahan Dasar Pembuat Pupuk Organik

Limbah organik adalah bahan utama dalam membuat pupuk organik, kalau sampah organik yang didapat oleh rumah tangga seperti sampah dapur tidak ada salahnya di daur di sebuah tempat, lalu diolah menjadi pupuk organik.

Sampah dapur bisa diolah menjadi pupuk organik di “misalnya kompos” atau pun seperti pupuk organik cair. tapi, bagi sampah rumah tangga lebih dianjurkan untuk diolah menjadi jenis pupuk organik cair. mengapa hal ini, disebabkan limbah rumah tangga kualitasnya sedikit, tapi selalu lanjut atau terus dihasilkan.

2. Untuk Pakan Ternak

Selain sampah organik seperti daun-daun yang masih hijau, bekas sayur dan buah bisa dibuat sebagai makanan ternak. Namun demikian pasti kan terlebih dahulu apakah dedaunan atau sisa sayur dan buah tersebut aman dan disukai oleh ternak anda. Karena tidak mungkin kan memberi sisa dedaunan pada ayam, tentunya harus sesuai juga dengan kebutuhan dan keinginan ternak.

3. Untuk Bahan Dasar Kerajinan Kreatif

Sampah dan barang-barang bekas juga masih dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai kerajinan tangan kreatif. Misalanya kertas plastik pembungkus sampo, deterjen, pewangi pakaian bisa dibuat menjadi tas atau dompet cantik. Plastik bekas pembungkus permen dapat disulap menjadi dompet unik dan lain-lain.

Alasan Pentingnya Usaha Daur Ulang Plastik

Sampah adalah suatu masalah sosial yang masih terjadi dalam setiap bentuk kehidupan. Bukan berarti tidak dicari solusinya, kini telah banyak upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan akut yang kian hari kian meresahkan ini. Hingga, banyak bentuk  kehidupan sudah bekerja sama hingga berlomba-lomba dalam mengatasinya. Beberapa bidang yang sedang melihat upaya mengatasi masalah penanggulangan sampah ini yakni sektor usaha.

Didapat dari pengelihatan bisnis, penyelesaian sampah adalah suatu peluang yang menjanjikan. Selain memperbesar pasar bagi perdagangan, usaha yang dimulai sebagai cara penanggulangan sampah pun menjadi hal yang menghasilkan. Bukan cuman menghasilkan dalam bentuk ekonomi, 5 alasan ini juga bentuk alasan pentingnya usaha penanggulangan sampah.

  • Ramah lingkungan
  • Meningkatkan nilai guna
  • Meningkatkan taraf hidup
  • Memunculkan ide kreatif
  • Mengurangi permasalahan sosial

Itulah ulasan tentang bisnis usaha daur ulang plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

× Whatsapp Kami!