Select Page

DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK SIMPEL DAN EFEKTIF

Plastik adalah salah satu jenis bahan kemasan yang sering digunakan masyarakat. Namun,sampah ini justru membahayakan sendiri bagi manusia. Karna jika dibuang , sampah tidak bisa diuraikan. Salah satunya dapat dilakukan dengan cara daur ulang sampah plastik.

Karna itu kita sebagai seorang yang menggunakan plastik harus mempunyai rasa perhatian pada kondisi ini. Salah satunya yaitu daur ulang sampah plastik menjadi barang yang bisa dijual. Serta bisa menjadikan penghasilan tambahan rumahan dan peluang usaha.

Tips Daur Ulang Sampah Plastik

Daur ulang sampah plastik atau limbah ini mengacu pada sebuah penyimpanan serta memprosesnya ulang sehingga dapat menjadi barang yang bisa digunakan kembali. Adapun tipsnya yaitu :

1.Kenali semua jenis sampah terlebih dahulu. Ini akan mempermudah kamu untuk mendaur nya kembali.

2. Jika sudah baru kalian bisa memulai menyortir sampah plastik yang kalian punya.Berdasarkan warna dan jenisya.

3. Setelah itu,mulailah untuk membersihkan sampah sampah tersebut dari kotoran kotoran yang didalamnya.

4. Jika di dalam sampah itu masih ada yang bisa kamu gunakan,gunakan saja seperti biasa dengan Teknik Reuse.

5. Tetapi jika kamu lebih tertarik untuk mengubah sampah-sampah tersebut menjadi sebuah bijih plastik, Kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan yang ada di bawah ini:

a. Pastikan plastik itu bersih dari berbagai kontaminer atau yang lainnya, entah itu seperti kertas, plastik tipe yang lainnya ataupun sisa isi yang masih berada di dalamnya.

b. Untuk plastik yang memiliki rongga, seperti botol perlu dipipihkan terlebih dahulu, bisa dengan cara menginjaknya atau jika Anda memiliki mesin anda bisa menggunakan mesin pres saja.

c. Jika sudah selesai, mulai masukkan plastik ke dalam sebuah mesin pencacah plastik supaya plastik-plastik tersebut berubah menjadi sebuah serpihan-serpihan yang lebih kecil.

d. Selanjutnya, lakukan pemisahan antara serpihan serpihan plastik yang ringan dengan serpihan plastik yang sangat berat. Dalam hal ini, Anda juga bisa menggunakan bantuan air ataupun mesin khusus.

e. Tujuan dari pemisahan ini adalah untuk memastikan agar sampah plastik jenis yang satu dengan jenis yang lainnya tidak tercampur, karena sampah plastik ini menghasilkan produk akhir yang tidak sama.

f. Setelah itu, cuci serpihan-serpihan plastik tersebut dengan sabun deterjen supaya tidak ada kontaminan yang tersisa. Lalu, gunakan mesin untuk membedakan jenis sampah plastik, lalu keringkan.

g. Setelah kering, lelehkan sampah plastik tersebut untuk mempermudah membentuknya kembali. Bisa dibentuk menjadi bentuk yang baru atau bisa dibentuk menjadi butiran-butiran plastik.

Contoh Daur Ulang Sampah Plastik Atau Limbah Plastik

Cara daur ulang sampah plastik diatas anda harus membeli mesin mesin yang diperlukan. jika dilihat caranya agak terlalu ribet dan menguras waktu cukup lama. Daur ulang sampah plastik juga perlu beberapa proses.

Nah kalau anda tidak mau melakukan hal yang diatas maka anda bisa merubah sampah sampah plastik tersebut menjadi benda benda lain yang sangat berguna dan bermanfaat ,contohnya:

  1. Tempat pensil dari botol bekas.
  2. Book organizer dari kemasan detergen bekas.
  3. Celengan dari botol botol bekas atau kaleng bekas.
  4. Vas Bunga dari botol minuman yang agak besar.
  5. Tempat Lilin dari botol.
  6. Wadah aksesoris dari botol bekas.
  7. Peredam suara.
  8. Lampion.
  9. Tas dari plastik kemasan.
  10. Tempat makan hewan ternak.
  11. Tirai dari botol bekas.
  12. Pot Bunga

Manfaat Daur Ulang Sampah Plastik

Begitu banyak sekali manfaat manfaat yang bisa kita peroleh dari daur ulang sampah yang belum banyak kita ketahui dan belum di pahami,contohnya seperti berikut:

1. Membuka lapangan kerja baru

Seiring dengan berkembangnya sebuah zaman, kini kemajuan teknologi sangat pesat sekali. Kini peluang untuk mendapatkan pekerjaan pun sangatlah tidak mudah atau sulit sekali.

Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan semakin banyaknya jumlah persaingan antar para pencari kerja. Jumlah pencari kerja lebih banyak dibandingkan jumlah lapangan pekerjaan yang sudah tersedia.

Kini anda harus lebih berani untuk menampilkan sebuah ketrampilan anda untuk menjadi seorang pengusaha. Anda pasti akan sangat bangga jika anda bisa menjadi bos. Sekarang anda bisa menjadi pengusaha yang sukses dan berkompeten.

Serta membantu mereka para pencari kerja sehingga kita dapat mengurangi jumlah pengangguran serta membantu mencegah adanya pencemaran lingkungan dengan melakukan daur ulang barang bekas.

2. Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Sekitar

Dengan dibukanya sebuah peluang usaha maka dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatannya. Hal ini dikarenakan daur ulang barang bekas tersebut dapat bernilai ekonomi dan dapat diperjualbelikan.

3. Mencegah Dan Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Daur ulang menjadi salah satu kegiatan alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan dapat menimbulkan berbagai penyakit dan pencemaran udara. Mengapa bisa begitu?

Dengan adanya daur ulang kita bisa memanfaatkan botol plastik bekas, bungkus plastik dari detergen untuk dibuat kerajinan yang bernilai ekonomis dan menambah penghasilan. Sekaligus dapat menjadi usaha rumahan.

4. Mencegah Timbulnya Berbagai Penyakit

Tumpukan sampah dapat menimbukan sumber penyakit. Oleh karena itu, anda harus pandai memilah sampah bekas. Alangkah baiknya jika dibuat tong atau dibakar. Atau saat hujan sampah bisa ditimbun didalam tanah.

Serta dapat memisahkan antara sampah agar dapat dilakukan daur ulang botol bekas, dan barang bekas lainnya. Untuk di daur menjadi kerajinan yang bermanfaat. Sehingga bisa mnghasilkan sebuah inovasi baru.

5. Meningkatkan Daya Kreativitas Dan Ketrampilan

Melakukan daur ulang barang – barang bekas dapat mengasah sebuah ketrampilan dan jiwa seni anda sehingga barang yang anda buat dapat menarik perhatian konsumen dan bisa menghasilkan rupiah.

Selain anda terampil dalam mendaur ulang limbah sampah, alangkah baiknya jika anda juga kreatif dalam memasarkan dan membangun sebuah relasi. Supaya pelanggan bisa tertarik pada produk kerajinan anda.

6. Membantu Menciptakan Suasana Yang Bersih Dan Sehat.

Lingkungan yang bersih dan sehat dapat membantu kita untuk tercegah terkena serangan berbagai jenis penyakit. Cara melakukannya yaitu dengan cara membuang sampah ditempatnya.

Serta dapat memisahkan antara sampah yang bersifat organik dan anorganik serta melakukan 3R, yaitu reduce, reuse dan recycle.

7. Membantu Dalam Menghemat Energi

Proses produksi dari daur ulang membutuhkan lebih sedikit energi daripada bahan yang mentah. Hal ini sangat berpengaruh pada pengusaha saat memproduksi bahan atau produk baru. Selain itu kamu juga dapat menghemat biaya produksi.

8. Pengelolaan Daur Ulang Tidak Memerlukan lahan Yang Besar 

Bahan bahan yang anda daur ulang bisa anda gunakan kembali untuk dipakai. Dalam daur ulang tidak memerlukan lahan yang cukup luas dan media yang sangat besar. Hal ini dapat menghemat biaya produksi anda saat selama mendaur ulang barang bekas.

9. Membantu Mengurangi Pencemaran Udara Atau Polusi

Pada umumnya sampah atau botol plastik pada dasarnya hanya dibakar agar lingkungan sekitar anda bersih. Namun tahukah anda bila pembakaran itu dapat menyebabkan sebuah polusi udara? Oleh karena itu, anda harus bijak dan teliti dalam memilih sampah tersebut.

Mengapa bisa begitu? Hal ini karena dengan memisahkan sampah organik dan anorganik anda dapat menggunakannya untuk dilakukan sebuah daur ulang barang bekas. Serta dimanfaatkan untuk kerajinan.

Pengertian Daur Ulang

Pengertian daur ulang adalah salah satu cara untuk menggunakan sebuah barang bekas untuk dipakai kembali menjadi sebuah barang yang serba bermanfaat atau bisa juga diolah menjadi sebuah barang yang dapat diperjual belikan.

Hal ini juga bertujuan untuk bisa mengurangi dan mengatasi adanya sebuah pencemaran lingkungan akibat sampah plastik yang dibuang sembarangan. Sampah yang dibuang secara sembarangan dapat menjadikan lingkungan di sekitar kita kotor serta menyumbat saluran air.

Selain itu juga, penumpukan limbah sampah juga dapat menyebabkan timbulnya sebuah penyakit. Hal ini dikarenakan sampah anorganik tidak dapat diuraikan oleh bakteri, contohnya adalah plastik serta botol bekas.

Berbeda dengan sampah organik yang dapat diuraikan oleh bakteri sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk  yang sangat alami. Contohnya adalah sisa sayuran, lsisa nasi dan yang laiinya.

Oleh sebab itu, salah satu alternatif terbaik adalah dengan melakukan sebuah daur ulang barang  bekas yang termasuk kedalam kelompok barang anorganik sehingga dapat dikelola dengan baik. Serta dapat terawat dengan baik dan benar.

Salah satu caranya adalah dengan memisahkan tong sampah yang organik, anorganik, sisa makanan dan plastik.Dengan adanya daur ulang ini diharapkan dapat mengatasi sebuah pencemaran lingkungan.

Serta dapat membuka peluang baru bagi masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Selain mengatasi sebuah masalah di lingkungan anda juga turut memajukan bangsa secara ekonomi sehingga mengurangi jumlah pengangguran yang ada di negeri ini.

 

Cara Daur Ulang Kertas

DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK SIMPEL DAN EFEKTIF

Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan melakukan sebauh daur ulang kertas. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan polusi udara.Serta mencegah timbulnya sebuah penyakit.

Bahan – bahan yang dibutuhkan dalam melakukan sebuah daur ulang kertas adalah koran bekas, air, panci, blender, kasa, handuk bekas, sprei bekas serta spons kering. Berikut ini adalah beberapa cara dalam daur ulang kertas:

1. Mengumpulkan kertas lalu membuatnya menjadi bubur

daur ulang sampah plastik ulang

Kini kertas daur ulang banyak dipakai oleh sebagian orang. Bahkan begitu menarik dan mudah sekali bagi mereka untuk melakukan sebuah daur ulang kertas menjadi kertas baru yang bermanfaat.Contohnya adalah kertas koran.

Empat kertas koran dapat dipakai untuk menghasilkan sebuah kertas daur ulang sebanyak dua lembar kertas kecil.Setelah anda mengumpulkan kertas tersebut, kini saatnya kertas dirobek dengan ukuran lebih kecil lalu direndam dengan air panas. Haluskan dengan cara di blender.

2. Menyaring kertas

Bubur kertas yang telah anda buat disaring dengan kawat halus yang telah dianyam. Selanjutnya bubur kertas dimasukkan ke dalam sebuah panci sebanyak setengah dari volume panci. Lalu ditambahkan sebuah air hingga volume pada panci mencapai setinggi 7 – 10 cm.

Setelah itu kassa dimasukkan dalam sebuah wadah panci. Kasa lalu dikeringkan dengan cara meletakkan kasa pada sebuah handuk. Setelah itu jemur agar tidak berkarat. Setelah kering, simpan kasa itu.

3. Pengepresan Kertas

Langkah awal adalah dengan cara membuang kelebihan air lalu kasa diangkat dan posisinya dengan dibalik. Anda dianjurkan untuk tidak mengeringkan sebuah kertas di bawah panas matahari karena dapat menyebabkan kertas yang anda buat berkerut dan berubah.

Setelah itu, anda lepaskan kertas tersebut dari permukaan sprai.Kertas yang anda buat dilakukan dengan pengujian. Cara mengujinya adalah dengan menuliskan kata dengan menggunakan bolpoin pada sebuah kertas. Jika anda berhasil maka tulisan dapat terbaca.

Kelebihan dari sebuah daur ulang kertas adalah untuk meminimalisir penebangan pohon secara liar sebagai bahan baku pembuatan kertas sehingga tidak banyak pohon yang harus ditebang. Alhasil dapat memelihara keseimbangan dan ekosistem di dalam hutan.


Selain kertas biasa, anda juga dapat menggunakan koran bekas untuk membuat sebuah kerajinan produk. Berikut macam macam produk dari bahan kertas yang dapat bermanfaat seperti berikut ini:

1. Untuk membuat pot bunga dari botol bekas
2. Membuat mainan bola barang bekas
3. Tempat sampah barang bekas
4. Membuat sepasang sandal dari barang bekas
5. Tempat celengan dan lain – lain

Pengertian sebuah daur ulang, manfaat dari daur ulang, kerajinan dari daur ulang, serta daur ulang sampah, daur ulang dari bahan bekas, daur ulang dari plastik, daur ulang dari limbah, daur ulang dari kertas, dll.

Cara Daur Ulang Dari Sampah

daur ulang sampah plastik

dau ulang sampah saat berguna

Sampah merupakan salah satu hal yang harus perlu diperhatikan. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan jika tidak ditangani secara benar dan tepat dapat menimbulkan penyakit. Sampah sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Salah satu cara untuk daur ulang sampah yang baik adalah dengan memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Selain itu, anda juga bisa menyediakan sebuah tong yang berbeda agar anda lebih mudah dalam mengolahnya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sampah organik dapat diuraikan oleh bakteri yang menjadikan sampah organik dapat dijadikan sebagai sebuah pupuk. Sedangkan sampah anorganik tidak bisa diuraikan sehingga perlu adanya penanganan yang berbeda pula.

Macam macam sampah organik antara lain seperti dedaunan yang sudah kering, kulit buah, sisa makanan, buah busuk, ampas tahu, serbuk kayu dan lain – lain. Sedangkan macam macam sampah anorganik antara lain seperti botol plastik, plastik bungkus makanan seperti es krim, sterofoam dan lain – lain.

Cara Daur Ulang Plastik

daur ulang sampah plastik

daur ualang sampah plastik

Di dalam era modern ini sangat banyak sekali terjadi pencemaran lingkungan. Salah satunya adalah akibat dari limbah sampah plastik. Oleh karena itu, kita harus selalu dapat menerapkan sebuah prinsip reduce, reuse dan recycle.

Plastik tersusun atas beberapa senyawa polimer organik dan bersifat sangat sintetis dan ada juga yang bersifat alami. Plastik memiliki berbagai banyak jenis, diantaranya seperti polyester, polyethylene, polivinil klorida dan lain – lain.

Kantong plastik banyak sekali digunakan dalam hal jual beli barang dimana mana. Selain itu, plastik juga dapat digunakan sebagai bahan baku sebuah botol minuman, botol detergen, ember.Dengan demikian anda bisa digunakan untuk membuat kerajinan, souvenir, tas dan lainnya.

Plastik juga termasuk dalam sampah anorganik dan tidak dapat terdegradasi dengan cara yang alami. Oleh karena itu, kini solusi yang sangat tepat untuk mengatasi limbah sampah ini adalah dengan memanfaatkannya untuk didaur ulang menjadi barang yang begitu bermanfaat.

Salah satu contohnya adalah dengan membuat sebuah botol plastik sebagai kerajinan pot atau menggunakan barang yang berbahan plastik untuk membuat sebuah kerajinan tas, kipas dan lainnya.

Cara daur ulang limbah sampah plastik terdapat 3 langkah, yaitu sebagai berikut:

1. Pemisahan Dari Limbah

Langkah awal dilakukan pemisahan limbah dengan sebuah kotoran, zat kimia, limbah organik dan lain – lain. Plastik dipisahkan berdasarkan jenis dan bentuk plastik tersebut. Pemisahan ini dilakukan secara manual agar menekan biaya daur ulang.

Selain itu, pemisahan secara manual ini juga sangat praktis karena tidak membutuhkan peralatan yang canggih. Serta kita bisa membedakan sebuah limbah sampah sampah yang ada disekitar kita ini.

2. Pencucian sampah plastik

Langkah kedua, sampah plastik yang sudah dipisahkan tersebut dicuci dengan air hingga bersih agar sisa sisa bahan kimia yang menempel pada plastik tersebut hilang dan plastik steril. Setelah di cuci keringkan plastik tersebut.

3. Pemotongan Dari Plastik

Langkah ketiga adalah melakukan pemotongan dari sampah plastik dengan tujuan agar lebih mudah dalam melakukan pemotongan dengan menggunakan mesin. Pemotongan dilakukan dengan cara sempurna dan berhati hati supaya hasilnya bagus.

Sekalian ulasan daur ulang sampah plastik semoga bisa bermanfaat bagi anda semua