Tahukah kamu bahwa indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia? sering disebut sebagai negara kepulauan ternyata Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau sahabat, dan faktanya lagi hanya sekitar 7.000 pulau yang berpenghuni. pulau pulau tersebut antara lain Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Sumatra dan Papua yang merupakan pulau utama di Indonesia. Selain pulau utama Indonesia juga memiliki pulau-pulau kecil seperti Bali, Karimunjawa, Gili dan Lombok yang merupakan tujuan wisata lokal maupun internasional. Jadi kesimpulanya adalah besarnya indonesia mayoritas adalah air.

Secara sejarah,  Indonesia dan maritim selalu tidak dapat dipisahkan satu sama lain. sudah sejak lama negeri ini terkait dan menjalin hubungan akrab dengan laut. bagaimana tidak  Secara geografis Indonesia terletak diantara dua samudera yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, indonesia juga dihubungkan oelh dua yaitu benua Asia dan benua Australia. 2/3 dari wilayah negara ini adalah laut. Sebagai wilayah laut menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki potensi besar di bidang kelautan.

Indonesia sangat terkenal  dengan sumber daya alam yang melimpah. sumber daya alam yang ada di laut, maka Indonesia kaya akan hal itu, mulai dari ikan, cumi, rumput laut, dan berbagai jenis hasil laut lainnya.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati di laut. Indonesiapun memiliki beragam satwa laut,  dari ikan sampai terumbu karang. Namun dari banyaknya keindahan laut indonesia masih ada saja sampah yang dibuang ke laut , akibatnya merusak ekosistem laut