Select Page

Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi karya inovasi dengan cara daur ulang sederhana barang bekas yang unik dan lucu pastinya dan juga mempunyai nilai jual ni.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Beberapa ide karya dari barang bekas yang gampang disekitar kita. Kerajinan tangan yaitu seni dalam merancang barang yang unik dan bagus dengan memakai barang tertentu, baik sampah atau tidak. Umumnya, banyak sekali barang di sekitar kita yang dibuah begitu saja, misalnya karus, botol, kain, dll.

Memakai barang tidak terpakai dan menjadikannya sebagai karya membutuhkan kreativitas yang baik. Dengan mengubah sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang menarik dan memiliki nilai, maka membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi.

Orang yang memiliki daya kreativitas tinggi, akan mengolah barang bekas tersebut menjadi barang yang berguna, dijadikan hiasan misalnya. Bagi Orang tua yang mempunyai anak kecil, lagi dalam masa pertumbuhan, ada baiknya jika mengajak terlibat membuat mainan dari sampah, sehingga bisa meningkatkan imajinasinya.

Karya tangan yang benar untuk diberikan kepadanya, adalah kerajinan tangan yang bisa mengasah keterampilan anak dan kepintaran otak anak. Sebaiknya kerajinan tangan yang dibuat juga dapat mengasah kreativitas anak.

Untuk kamu yang masih sekolah, mungkin artikel ini bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat dan menyelesaikan tugas prakarya di sekolah.

Kurangi Sampah Plastik Dengan Cara Daur Ulang Sederhana

Setelah sebelumnya para warganet dikejutkan dengan adanya ikan paus mati di perairan Thailand dengan kondisi mengenaskan karena di perutnya ditemukan sampah 80 tas plastik bulan Juni lalu.

Baru-baru ini, warganet khususnya di Indonesia dikejutkan lagi dengan berita ikan paus jenis sperm whale yang ditemukan mati di Pulau Kapota, Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Ada 5,9 kilogram sampah plastik yang didapatkan didalam perut ikan paus sepanjang 9,5 meter ini dan ternyata telah lama terdampar di akibatkan ditemukan dengan keadaan ikannya sudah membusuk. Karena berita ini, fakta polusi laut di Indonesia pun menjadi perhatian mata dunia.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menginformasikan bahwa Indonesia adalah negara penyumbang sampah plastik ke laut terbanyak kedua di dunia setelah China sejak tahun 2016. Bukan hanya itu.

Volume data sampah yang ada di negara Indonesia saat ini sudah mencapai 66,5 juta ton selama tahun 2019 ini, dan sebagian besar ada dari kategori limbah rumah tangga yang kebanyakan merupakan sampah plastik.

Sudah banyak himbauan dan aturan berdasarkan tentang pengurangan pemanfaatan plastik yang dilakukan pemerintah tapi hasilnya masih tidak terlihat sampai sekarang. Memprihatikan bukan?

Jadi, jika kamu ingin anak-cucu kamu dimasa depan bisa menikmati kehidupan dengan lingkungan yang lebih sehat dan bersih maka mulailah peduli terhadap lingkunganmu mulai sekarang dengan salah satunya mengurangi penggunaan plastik.

Ini dia beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mengurangi penggunaan plastik:

1. Membawa Tas Belanja Sendiri Kemana-mana

Salah satu tindakan sederhana yang bisa kamu lakukan adalah membawa 1 totebag atau ecobag yang bisa dibawa kemana-mana terutama ketika kamu berbelanja baik ke minimarket atau supermarket. Dengan membawa tas belanja sendiri kemana-mana, tidak ada lagi tumpukan tas plastik menumpuk dirumah dan yang dibuang begitu saja karena tidak dipakai.

2. Membawa Kotak Makan Sendiri

Biasanya ketika kamu akan membeli makanan baik di restauran cepat saji atau sekedar di tempat makan seperti warteg atau makanan pinggir jalan.

Ketika kamu memilih untuk dibungkus saja biasanya kamu akan diberikan banyak plastik untuk membungkus makanan kamu, apalagi jika kamu membeli makanan dengan jenis berbeda-beda dan berkuah. Akan semakin banyak plastik yang digunakan untuk membungkusnya.

Kalau kamu memang tipe yang tidak sempat masak sendiri dan terbiasa membeli makanan dari luar. Cobalah untuk membawa kotak makan sendiri sebagai bentuk usaha kamu mengurangi plastik sampah. Selain itu membawa kotak atau rantang makan sendiri akan lebih praktis karena kamu tidak usah memindah-mindahkan makanan yang dibeli ke wadah baru. Dan tentunya menjadi lebih rapih dan praktis.

3. Tidak Lagi Menggunakan Sedotan Untuk Minuman

Memang benar, dari dulu banyak restauran terutama restoran cepat saji atau warung minuman yang melayani pembelian minuman yang dituang ke botol minum sendiri di akibatkan kebijakan dan peraturan industri. Pasti akan menjadi pertimbangan berat bagi kamu yang sedang dalam masa belajar mengurangi pemakaian plastik.

Tidak apa-apa, jika kamu sedang ngidam banget minum-minuman di tempat minuman tersebut apa boleh buat? se enggaknya  langkah kecil yang dapat kamu ambil  adalah menghindari pemakaian sedotannya dan menolak diberikan tas plastik tambahan saat kamu ingin membawa pulang minuman tersebut.

4. Belajar Cara Daur Ulang Sederhana Sampah Plastik

kalau tidak ingin banyak sampah plastik semakin bertambah di rumah atau disekitar lingkungan tempat kamu tinggal. Kenapa tidak sekalian saja dimanfaatkan untuk digunakan kembali dan dipahami cara daur ulang sederhana ini.

Tidak hanya bantu-bantu mengurangi volume sampah plastik anda juga bisa belajar cara daur ulang sederhana di lingkungan tempat tinggal. Kamu juga bisa jadikan sebagai lahan bisnis baru.

Sekarang banyak produk barang pakai seperti tas bahkan keranjang pakaian yang dibuat dengan cara daur ulang sederhana dari sampah plastik. Lumayan kan? Kamu jadi tidak hanya menjaga lingkungan tapi menjaga dompet bisa tetap penuh.

Kerusakan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama

Lingkungan yang kotor, banjir dan penyakit dimana-mana merupakan kesalahan satu individu maupun pemerintah. Tapi kita semua lah yang lalai dalam menjaganya. Kalau ingin lingkungan tempat tinggal sekitar jadi tidak kotor, mulailah menjadi pribadi yang tidak kotor terlebih dahulu.

Belajar cara daur ulang sederhana dan cintai lingkungan dan hindari aktivitas-aktivitas yang bisa merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan produk dengan bahan plastik

Bagaimana Cara Daur Ulang Sederhana Sampah Di Sekitar Kita

Semua orang setiap hari memproduksi sampah dengan berbagai jenis, dan dibuang begitu saja. Seperti berbagai jenis botol plastik, bekas kaca yang tajam, kaleng bekas makanan dan minuman, dan lain – lain.

Bagi yang ingin memanfaatkan barang yang sudah tidak dipakai tersebut akan dijadikan sebuah kerajinan tangan, dan akan lebih seru jika ada orang tua yang mendampingi pembuatannya. Berikut beberapa contoh karya tangan unik dari sampah yang bisa kamu buat:

Kerajinan Dari Barang Bekas Botol yang unik

Botol adalah tempat untuk air atau minyak. Jika air yang ada di dalamnya habis maka botol tersebut akan dibuang begitu saja. Kamu bisa membuat sedikit kreasi dengan botok – botol bekas tersebut menjadi barang yang bisa dimanfaatkan. beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bekas botol.

1. Pot Bunga Unik Dari Botol Bekas Minuman

cara daur ulang sederhana

Kamu bisa membuat pot bunga dari botol bekas dengan menyiapkan alat dan bahan yaitu botol bekas, gunting, lem, CD, kuas, dan cat warna. Cara membuatnya mulai dengan memotong botol minum bekas yang besar pada bagian tengahnya, kemudian ambil bagian bawah yang akan dijadikan sebagai pot bunganya. Hias menggunakan cat warna sesuai selera.

Setelah itu lepaskan tutup botol dan letakkan CD pada bawahnya dan tempel menggunakan lem Ini hanya untuk menyeimbangkan saja bisa digunakan bisa juga tidak. Hias botol pot tersebut sesuai selera dan kemudian isi botol dengan tanah dan bunga atau tanaman.

2. Mobil-Mobilan Sederhana Dari Botol Bekas

cara daur ulang sederhana

Untuk kamu yang suka membeli mobil-mobilan yang uangnya terbilang mahal, tidak ada salahnya agar mencoba membuat sendiri dari botol bekas, seperti terlihat pada gambar di atas bahwa sangat gampangnya membuat mainnan di atas. Bahan yang diperlukan adalah Botol (bisa bekas minya atau minuman), pisau cutter, tusuk sate, sandal bekas, tali, kuas, dan cat.

Cara bikinyanya hanya dengan memakai imajinasi kalian mau buat seperti apa, namun yang jelas iyalah lubang untuk membuat roda ban harus persis antara kanan dan kiri, jika tidak sama bisa-bisa tidak bisa berjalan karena akan macet. Gunakan tusuk sate sebagai as yang mengubungkan roda kanan dan kiri.

Sebernarnya untuk ban kalian dapat memakai tutup botolnya, jika tidak ada bisa menggunakan sandal bekas yang dipotong bulat dan sama besar. Selanjutnya tinggal dihias. Gunakan tali rapia untuk menarik mainannya.

3. Tempat Pensil Lucu Dari Botol Bekas

Anak sekolah yang kreatif pasti memiliki tempat pensil hasil karyanya sendiri, ada yang menggunakan gelas kemudian di hias, ada juga yang menggunakan botol bekas.

Bahan-bahannya adalah:

  • Gunting
  • cutter
  • botol bekas shampo atau lotion/hand body.

Alat-alat untuk mengiasnya:

  • pita
  • mainan mata
  • kuas
  • cat

Daur Ulang Dari Barang Bekas Koran

Untuk kamu yang suka membaca koran dan berlangganan koran, tentunya memiliki banyak sekali koran – koran bekas, mengingat setiap harinya pasti mempunyai koran baru dan dengan berita yang baru juga. Maka koran – koran lama akan semakin banyak dan dibiarkan begitu saja menganggur.

Namun bagi kamu yang memiliki tingkat kreatif tinggi bisa mengubah koran yang tidak bermanfaat tersebut menjadi sebuah barang yang bermanfaat dan indah tentunya. Berikut beberapa contoh dari penggunaan bekas koran bekas sebagai kerajinan tangan adalah tempat sampah, tempat tisu, jam dinding, dan frame untuk foto.

Caranya kamu hanya perlu menggulung – gulung koran bekas dengan ukuran yang beragam dan kemudian merangkainya menjadi benda yang kalian inginkan. Yang paling dasar dalam membuat yaitu lem yang kalian gunakan, karena semakin cepat kering semakin mudah untuk menyusun gulungan koran tersebut. Jangan menggunakan lem kertas, karena itu lama sekali keringnya.

1. Cara Daur Ulang Sederhana Koran Bekas Menjadi Frame Foto

Bagi kalian yang ingin membuat bingkai foto, di sini kami akan berbagi setiap langkah dan cara membuat bingkai foto dari kardus dengan jelas dan mudah di pahami.

Dengan bahan kardus yang murah dan mudah diperoleh, kamu sudah bisa mengkreasikan sebuah bingkai foto dengan semua idemu. Selain itu, ada juga beberapa contoh karya dengan bingkai foto dari kardus yang bisa kamu buat inspirasi.

Selain itu bingkai foto ini sendiri, cukup awet dan tahan lama jika kamu menyimpannya dengan benar. Langsung saja, simak langkah-langkah dan cara membuat bingkai foto dari kardus dengan mudah berikut ini

Langkah pertama yang kalian kerjakan adalah menyiapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan untuk membuat bingkai foto. Alat dan bahannya antara lain :

  • Kardus
  • Pensil dan Spidol Warna
  • Gunting atau Pisau Cutter
  • Lem
  • Penggaris
  • Kertas Kado / Kertas Warna
  • Tali / Benang

Siapkan kardus yang menjadi bahan dasar bingkai, bisa juga menggunakan kardus bekas maupun kardus baru. Semakin tebal kardus, maka bingkai foto juga semakin kokoh. Untuk membuat bingkai foto yang besar, maka kalian perlu menggunakan kardus bekas mie instan atau peralatan elektronik.

Namun jika ingin membuat dengan ukuran kecil, maka pilihkan kardus bekas susu, sereal, kue, atau kardus berukuran kecil lainnya.

Pastikan gunting atau pisau cutter yang cukup tajam untuk menggunting, agar kardus dapat terpotong dengan baik. Untuk menjadikan bingkai foto berwarna dan unik, jangan lupa sediakan lem, kertas warna dan benang.

2. Jam Dinding Dari Koran Bekas

Harus membeli mesin jam dinding, atau menggunakan jam yang sudah tidak digunakan dan ambil mesinnya. Bagian tengah dari kerajinan jam dinding di atas jangan terlalu tebah, agar jam bisa bekerja dan berputar dengan baik (tidak nyangkut dan menempel pada gulungan koran).

Alat dan Bahan Yang Diperlukan:
  1. Koran bekas
  2. Lem
  3. Tali
  4. Mesin jam
Cara Membuat:

1.Siapkanlah koran bekas serta bahan dan alat yang dibutuhkan
2.Kemudian buatlah stik-stik koran mengunakan cara digulung dari sudut kemudian di lem
3.Selanjutnya gulunglah stik-stik koran yangsudah dilumuri oleh lem disalah satu sisinya menjadi bentuk lingkaran,ikatlah lingkaran tersebut hingga lem nya kering
4.Setelah selesai mebuat lingkaran yang tadi buatlah lingkaran lingkaran yang lebih kecil dari lingkaran yang tadi sudah dibuat dengan vara yang sama
5.Setelah semuanya kering dan sudah jadi sambungkanlah semua lingkaran menggunakan tali
6.Setelah dipastikan ikatan nya kuat pasanglah mesin jam pada bagian lingkaran yang paling tengah
7.Terakhir gabungkan angka yang dibuat dari koran disetiap lingkaran yang kecil supaya jam bisa dipakai

Membuat Kerajinan Dengan Cara Daur Ulang Sederhana Kardus

Kardus merupakan sebuah pembungkus dari berbagai jenis kebutuhan supaya tidak terjadi kerusakan pada saat mengirim barang. namun jika isi dari kardus dikeluarkan akan membuat kardus dibuang, dibiarkan begitu saja, atau tidak dibuat apa-apa.

Kamu yang memiliki tingkat karya tinggi pasti akan menjadikan kardus tersebut menjadi suatu barang yang berguna. Berikut beberapa contoh karya dari kardus bekas supaya menjadi barang yang bermanfaat.

Belajar Cara Daur Ulang Sederhana (Kain Perca)

Karya tangan dari kain perca sekarang ini sangat banyak kita temui, hal ini disebabkan kerajinan ini sangat menarik minat banyak orang, bahkan dapat dijual lewat online. Kain perca tentunya berbeda dengan kain flanel, sebab kain flanel ini merupakan kain baru dan kain perca adalah kain sisa potongan yang sudah tidak digunakan, biasanya sih untuk topo.

Kamu bisa mencari banyak kain perca dari tukang jahit dimanapun. Dan kebanyakan dari penjahit membuang kain perca tersebut, kamu bisa membuat kain perca menjadi kerajinan tangan yang bagus.

Itulah beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu buat sendiri atau dibantu orang tua di rumah. Dan tentunya tidak membutuhkan biaya besar untuk mengubah barang yang tidak terpakai menjadi barang yang memiliki nilai guna tinggi.

Gimana, Guys? Seru kan mengolah barang-barang bekas menjadi hasil kerajinan tangan? Itulah beberapa inspirasi cara daur ulang sederhana dari barang bekas yang bisa kamu coba buat di rumah. Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan barang-barang tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!

× Whatsapp Kami!