Select Page

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang cara membuat kerajinan dari plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Sampah plastik merupakan jenis bahan yang paling sulit diuraikan oleh tanah, memerlukan waktu hingga ribuan tahun untuk benar-benar menghilangkan zat plastik di tanah. Oleh sebab itu, kita harus dapat memanfaatkan plastik bekas menjadi barang yang berguna.

Botol plastik bekas maupun kemasan apapun bisa kita daur ulang menjadi barang-barang yang bermanfaat. Dengan sedikit kreatifitas bekas sampah tersebut dapat kita sulap menjadi tas atau mainan yang bermanfaat bagi kita dan anak kita.

Berikut ini adalah cara memanfaatkan plastik menjadi barang-barang kerajinan bermanfaat yang tidak kalah menarik dari barang biasa.

Menciptakan Nilai Ekonomi Dengan Membuat Kerajinan Dari Plastik

Pengelolaan sampah dari dulu yang salah, membuat hasil akhir di tempat penampungan pun menjadi tidak terkelola dengan benar. Pemisahan antara sampah organik dan nonorganik yang seharusnya mudah dilakukan, pun menjadi rumit.

Tak dipungkiri, masalah itu adalah salah satu faktor kunci dalam melahirkan solusi pengelolaan sampah, seperti halnya plastik bekas produk kemasan, terletak pada sinergi semua stakeholder untuk ikut terlibat dalam membangun tata kelola persampahan yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Packaging and Recycling Alliance for Indonesia Sustainability Environment (PRAISE) menyatakan bahwa salah satu pendekatan yang wajib dikembangkan yaitu pengelolaan berkelanjutan lewat pendekatan Circular Economy.

Ekonomi melingkar ini intinya mengubah cara pandang terhadap plastik kemasan bekas pakai, tidak sebagai sampah, tapi sebagai sebuah komoditas yang berpotensi untuk dikembangkan.

Material kemasan bekas pakai, misalnya, plastik kemasan dapat terus dipertahankan nilainya serta dimaksimalkan penggunaannya melalui proses daur ulang (recycling), penggunaan kembali (reuse) ataupun produksi ulang (remanufacture), sehingga selain menciptakan, juga menciptakan rantai ekonomi baru, serta juga akan meminimalisir beban lingkungan ke alam seperti tempat pembuangan akhir atau bahkan lautan.

Jadi Musuh Bersama

Dalam konteks ini, keberadaan sampah plastik sudah seharusnya menjadi musuh bersama. Gerakan masif untuk menanggulangi serbuan sampah yang butuh waktu ratusan tahun agar bisa terurai, harus terus digeber.

Berdasarkan data di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sekitar 9,8 miliar lembar kantong plastik digunakan oleh masyarakat Indonesia setiap tahun. Dari jumlah itu, hampir 95% menjadi sampah. Padahal, sampah plastik ini tidak dapat diurai ke lingkungan secara mudah, prosesnya bahkan hingga ratusan tahun.

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati menyebutkan, jumlah timbunan sampah kantong plastik terus meningkat secara signifikan dalam 10 tahun terakhir.

Menurut catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia menempati urutan kedua penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia. Catatan yang diterima Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, volume sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton setiap tahun.

Dari jumlah tersebut, sekitar 3,2 juta ton bermuara ke laut. Sampah plastik yang menuju ke laut selanjutnya terpecah menjadi partikel-partikel kecil atau microplastics. “Microplastics ini sangat mudah dikonsumsi oleh hewan-hewan laut,” ungkap Susi, tahun lalu.

Adidas Hadirkan Sepatu Dengan Membuat Kerajinan Dari Plastik

cara membuat kerajinan dari plastik

adidas Tour360 XT adalah produk terbaru dirancang khusus bagi pemain golf. Menariknya adalah sepatu golf ini dibuat dengan benang yang dipintal dari sampah plastik. Adapun material tersebut didapatkan dari pantai dan masyarakat pesisir.

Tour360 XT dibuat atas kerjasama adidas dengan Parley yang merupakan organisasi pencinta lingkungan khususnya di kawasan pantai dan pesisir. Kolaborasi ini menjadi yang pertama di dunia olahraga.

Adidas Tour360 XT memiliki warna biru laut yang unik dan dipadukan dengan hijau aqua nan khas. Parley dan adidas memanfaatkan limbah sampah plastik yang telah didaur ulang kemudian menjadi bahan baku untuk bagian atas alas kaki ini.

Sepatu ini sendiri menggunakan outsole eight-spike dengan teknologi X-Traxion. Hal ini dikatakan bahwa para pemain golf akan merasakan keunggulan dan stabilitas unggul dari produk yang dipakainya, sambil mengetahui bahwa dengan menggunakan sepatu tersebut, mereka ikut melestarikan kebersihan lautan.

adidas Tour360 XT akan tersedia di Pebble Beach pada kejuaraan Golf AS Open 10 Juni 2019 di area merchandise. Sepatu ini juga akan tersedia pada laman resmi adidas di tanggal yang sama mulai jam 8 pagi waktu setempat. Produk ini ditawarkan dengan harga Rp 2.8 juta.

Kandungan plastik

Bahan plastik mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan dan juga kebersihan lingkungan. Kandungan yang ada di dalam plastik yaitu karsinogen yang mengandung racun yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti endokrin, tumor dan genital.

Ada beberapa cara yang bisa meminimalisir dari dampak negatif yang muncul dari penggunaan plastik yang berlebihan adalah dengan mendaur ulang. Sekarang telah banyak komunitas grup yang di dirikan yang bertujuan untuk melakukan daur ulang pada plastik untuk di buat nilai yang bisa di jual dari sampah plastik yang sebelumnya tidak bermanfaat di masyarakat.

Dibawah ini di jelaskan manfaat plastik bekas untuk kehidupan sehari – hari :

1. Membuat Pupuk Organik Dari Plastik

Manfaat pertama dari sampah plastik yaitu sebagai pupuk organik. Plastik yang tidak dimanfaatkan lagi bisa di kubur dan dicampur dengan tanah yang mengandung banyak unsur hara. Pupuk organik dapat di berikan untuk menyuburkan tanaman – tanaman agar dapat berkembang biak dengan subur.

2. Pakan Ternak Dari Plastik

Pakan ternak atau makanan untuk ternak juga separuhnya di dapat dari limbah plastik yang sebelumnya telah di daur ulang. Banyaknya kegunaan dari sampah plastik ini menyebabkan kita tidak ragu untuk mengolah bahan ini menjadi lebih berguna. Dan penyebaran dari pakan ternak ini memberikan keuntungan jika kita produksi lebih banyak maka dapat kita jual kepada orang yang membutuhkan pakan ternak.

3. Kerajinan Plastik Lucu

Pernah anda melihat kerajinan dengan membuat kerajinan dari plastik yang indah dan memukau banyak mata. Salah satu kerajinan yang indah itu juga mampu menarik perhatian sebagai produk yang di ekspor keluar untuk di jual dan laku besar besaran disana.

Jika itu terjadi bisa di bayangkan siapa yang akan memiliki banyak keuntungan yang di berikan. Tentu pencipta kerajinan yang indah ini yang beruntung.

4. Wadah Lain Membuat Kerajinan Dari Plastik

Adapun manfaat dari sampah plastik yang lain adalah sebagai wadah lain. Wadah lain disini berarti di manfaatkan sebagai tempat untuk melukis ataupun mengambar.

Jika selama ini banyak yang melukis diatas kertas dan kanvas maka melukis di atas plastik memberikan kesan yang bernilai dan unik sehingga menimbulkan keunikan yang menjadi salah satu daya tariknya sebagai wadah lain yang dimanfaatkan dalam menambah penghasilan.

Yang harus kita lakukan pertama sebelum membuat kerajinan dari plastik ini, tentunya dengan memisahkan antara sampah plastik ini dengan sampah jenis lain. Tujuannya adalah agar kita lebih mudah memanfaatkan sampah dan membuat kerajinan dari plastik untuk menjadi suatu yang bernilai atau barang bermanfaat lainnya.

Pastikan anda mempunyai tong sampah yang cukup untuk memisahkan kedua jenis sampah ini, supaya tidak menyebabkan bau menyengat pada sampah non plastik, maka anda wajib memiliki tong sampah yang tertutup.

1. Membuat Kerajinan Dari Plastik Menjadi Tas Lucu

cara membuat kerajinan dari plastik

Sebagaimana yang sudah nampak di gambar, kita dapat memanfaatkan kemasan plastik bekas untuk membuat tas. Tentu saja, tidak semua bisa membuat kerajinan dari plastik dapat digunakan. Pilihlah plastik yang agak tebal, biasanya ia digunakan untuk membungkus cairan yang mengandung zat kimia, seperti cairan pencuci piring, sabun untuk mencuci baju dan sebagainya.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan Membuat Tas Plastik :
  • 4 plastik kemasan 450 ml dengan corak dan warna yang senada (2 buah lagi untuk sisi kiri dan kanan, 2 buah untuk sisi depan dan belakang).
  •  50 cm bisban dengan menggunkan ukuran lebar 3 cm untuk bagian tali tas.
  • 1 meter bisban dengan ukuran lebar 2 cm.
  • Empat cm perekat.
  • 30 cm renda katun sebagai pemanis.
  • Jarum (ukuran 16) dan benang jahit berwarna senada.
Langkah Cara Membuat Tas Dari Plastik Bekas :
  1. Bersihkan kemasan plastik menggunakan kertas tisu basah, kalau tidak ampuh, rendam mengunakan air hangat kurang lebih 30 menit.
  2. Guntinglah 2 buah kemasan dengan ukuran sesuai yang diinginkan. Tapi, usahakan potongan kedua kemasan plastik memiliki ukuran yang sama.
  3. potong 2 kemasan lain (untuk sisi kiri dan kanan) menjadi dua bagian lebarnya (7cm). Jahitlah bisban di bagian kemasan yang sudah dipisahkan.
  4. Pasanglah dan jahit perekat dengan memakai mesin jahit pada bagian plastik yang akan digunakan sebagai penutup tas.
  5. gabungkan dan jahit bisban dengan lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi kanan dan kiri), untuk digunakan sebagai tali tas.
  6. Selanjutnya pasang dan jahit renda katun sekaligus bisban di sisi atas lembar plastik kemasan. terus dengan langkah ini di kemasan plastik untuk sisi belakang dan depan.
  7. Hubungkan kedua kemasan plastik yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang.
  8. Sambungkan dan satukan dengan jahitan mesin, bagian tadi (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.
  9. Lalu pasang bisban pada seluruh tepinya. Tas pun sudah siap untuk digunakan.

Cara yang sama juga dapat anda lakukan untuk tas yang berukuran lebih besar, lho. Tinggal ganti ukurannya saja.

2. Mainan Helikopter dari Botol Plastik Bekas

cara membuat kerajinan dari plastik

Bahan yang Diperlukan Membuat Botol Helikopter:
  • Bola pingpong.
  • 1 Botol plastik bekas susu instan.
  • 3 Buah sedotan dengan warna yang sama.
  • Satu Jarum pentul yang sudah dipendekkan.
  • Tambahan: staples, gunting atau pisau.
Langkah Pembuatannya Botol Helikopter:
  1. Lubangi tutup botol tepat di bagian tengahnya.
  2. Potong 3 sedotan tadi memiliki dua bagian untuk setiap sedotannya.
  3. Pisahkan botol susu instan menjadi 2 sisi, bagian kepala dan badan. Untuk bagian badan, pisahkan lagi botolnya setengah lingkaran menggunkan lebar sekitar 1-2 cm untuk kaki helikopter.
  4. Mulai rangkai bahan-bahan yang sudah dipotong tadi. Pakailah jarum pentul dan sedotan untuk membuat baling-baling heli. Rekatkan kepala sedotan dan potongan setengah lingkaran botol dengan memakai staples dan masukkan kepala sedotan yang tersisa untuk buntut belakang helikopter.
  5. Mulai rangkai setiap bahan tadi menjadi sebuah helikopter.
  6. Pasang bola pingpong di bagian muka heli untuk menyempurnakannya.
  7. Jika ingin lebih cantik, kamu dapat menambahkan cat air untuk membuat heli lebih menarik dimainkan.

3. Hiasan Penguin dari Botol Plastik

cara

Alat dan Bahan Yang Diperlukan Membuat Penguin:
  • 2 bagian bawah botol plastik bekas minuman bersoda.
  • Kuas berbagai ukuran.
  • Cat warna sesuai selera.
  • Lem perekat.
  • Sedikit ketrampilan melukis.
  • Kain-kain tambahan sesuai selera.
Tahap Membuat Kerajinan Dari Plastik Menyerupai Penguin:
  1. paskan kedua bagian bawah botol agar benar-benar pas apabila dilekatkan.
  2. Jika sudah cocok, maka tempelkan keduanya dengan menggunakan lem.
  3. Mulai pemberian cat warna dasar putih hingga merata ke seluruh bagian botol.
  4. Berikan sketsa wajah penguin untuk disisakan warna putihnya.
  5. Langsung berikan warna hitam ke seluruh tubuh penguin kecuali wajah dan kepala.
  6. Tambahkan warna merah (atau sesuai keinginan) ke kepala penguin untuk membuat kesan penguin sedang mengenakan topi.
  7. Berikan motif-motif dan hiasan sesuai selera pada bagian topi. Bisa menggunakan kain renda, pernak pernik dan sebagainya.
  8. Berilah aksesoris lainnya seperti ‘syal’ dan sebagainya.
  9. Penguin buatan sendiri pun sudah siap untuk dipakai sebagai hiasan.

4. Pot Tanaman Dengan Membuat Kerajinan dari Plastik

Bahan Yang Diperlukan Untuk Hiasan Pot:
  • Bagian bawah botol plastik bekas.
  • Tutup botol.
  • Lem perekat.
Langkah Pembuatan Hiasan Pot:
  1. Cucilah botol jangan sampai ada debu ataupun basah terkena air agar lem melekat dengan baik.
  2. Pasang tutup botol untuk hidung sekaligus tempelkan juga mata mainannya.
  3. Isi botol dengan tanaman, pupuk dan bibit tanaman.
  4. Biarkan sampai ia mulai tumbuh menjadi rambut, ia pun siap untuk dipakai sebagai hiasan.

5. Membuat Kerajinan Dari Plastik Menyerupai Vas Bunga

Alat Yang Diperlukan:
  • Botol tidak terpakai.
  • Gunting.
  • Bunga beserta tangkainya.
Langkah Pembuatannya:
  1. Potong botol menjadi 2 bagian, buang bagian kepalanya karena ia tidak terpakai lagi.
  2. Gunting lurus ke bawah botol hingga sekitar 4-5 cm.
  3. buatlah ini ke seluruh sisi botol dengan jarak sekitar setengah cm.
  4. Lipat ‘daun’ plastik serupa dengan di gambar, yaitu dengan menyelipkan satu ‘daun’ di antara daun di kanannya dan setelahnya.
  5. Terus Lakukan hal ini ke seluruh badan plastik botol.
  6. Isi botol menggunakan air segar, dan letakan tangkai bunga di dalamnya.
  7. Vas bunga pun siap ditaruh di ruang tamu.

6. Membuat Tempat Handphone

Bahan dan Alat Yang Dibutuhkan Membuat Kerajinan Dari Plastik:
  • Botol sabun atau shampo tidak terpakai.
  • Gunting.
Cara Membuat Kerajinan Dari Plastik:
  1. Buang bagian kepala botol.
  2. Setengah botol dipotong hingga tersisa setengah lingkaran seperti di gambar.
  3. Lubangi yang sudah tersisa setengah itu kira-kira seukuran colokan charger.
  4. Botol bekas tak berguna itu pun sekarang sudah bisa dimanfaatkan lagi sebagai tempat hp-mu ketika sedang mengisi baterai.

Memang banyak sekali cara membuat kerajinan dari plastik yang bisa kita buat menggunakan bahan bahan bekas, seperti dari plastik.

Dengan kita selalu membuat hal-hal unik seperti ini jadi kita akan dapat semakin melatih inovasi kita. Tetapi jangan lupa jika kita menggunakan bahan-bahan bekas seperti botol plastik yang berbahan Polythylene terephthalate bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan sangat berbahaya jika dihirup.

Di tangan orang-orang kreatif barang barang sampah bisa disulap menjadi kerajinan tangan bahkan bisa sampai memiliki nilai jual yang tinggi. Jika kita dapat terus mengasah skill kita menggunakan kerajinan tangan tersebut terlebih lagi jika kreatifitas kita semakin berkembang, maka tidak menutup kemungkinan bahwa barang yang kita buat nantinya mempunyai nilai jual yang tinggi.

Itulah ulasan tentang cara membuat kerajinan dari plastik. selama mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

× Whatsapp Kami!