Select Page

Pemanfaatan Limbah Plastik

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Artikel pemanfaatan limbah plastik kali ini akan membahas tentang bagaimana sebuah cara yang tepat dan mudah untuk memanfaatkan  sampah plastik yang ada di sekitar kita. Artikel limbah plastik ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu bagaimana cara mengelola sampah .

Tetapi juga mengenal sebuah pengertian plastic lebih dalam sehingga tidak membuat Anda bingung. Pertama mari kita kenali lebih dekat lagi pengertian sampah plastik. Sampah plastik sendiri sudah menjadi suatu bahan yang tidak tergantikan di kehidupan masyarakat modern.

Modernitas dan plastic seperti satu kesatuan yang saling sangat  terkait.Di dalam kehidupan sehari-hari selalu memanfaatkan suatu plastic, entah untuk membungkus sebuah makanan, berbelanja, dan lainnya. Sebuah pemanfaatan limbah plastik.

Pemanfaatan limbah plastik Tetapi tanpa disadari, plastik merupakan jenis sampah yang paling sulit untuk diurai bakteri sekaligus yang paling banyak mencemari lingkungan. Untuk mengurai sampah plastik bekas botol air mineral, setidaknya dibutuhkan waktu sampai sekitar 500 tahun.

Tidak hanya di darat juga, pencemaran limbah plastic ini yang ada di laut juga bisa mengganggu keseimbangan sebuah ekosistem, yaitu membuat laut tercemar dan banyak hewan laut yang mati tertelan sampah plastic sehingga menyebabkan kematian.

Artikel limbah plastik kali ini tidak hanya akan memberikan contoh tas belanja plastic tetapi juga contoh lain yang bisa Anda buat sendiri. Misalnya sebuah tempat pensil, kotak tisu, gantungan baju, celengan, tirai, lukisan kolase plastik , dan lain lainnya.

Setiap suatu produk yang Anda hasilkan bisa Anda buat dengan nilai seni yang cukup tinggi. Menggunakan suatu perpaduan bahan daur ulang dengan aksesoris lain sebagai pendukung. Sehingga selain berdaya guna juga menghasilkan suatu keuntungan yang tidak sedikit.

Pengolahan Limbah Plastik Yang Ramah Lingkungan

Cara pengolahan suatu limbah plastik masih menjadi pembahasan hangat dalam setiap pertemuan tentang lingkungan hidup. Dimana limbah plastik ini merupakan sampah yang tidak bisa diurai oleh tanah. Sehingga akan selalu dapat pencemaran lingkungan.
Banyak sekali seminar-seminar yang membahasa tentang betapa seriusnya kekhawatiran tentang limbah plastik ini. Dan harapan kami, semoga generasi yang sekarang dan yang akan datang dapat lebih memahami tentang pengolahan limbah sampah plastik ini.
Ada beberapa ide untuk menangani suatu limbah plastik, yaitu diantaranya sebagai berikut :
  1. Melakukan sebuah daur ulang sampah plastik dengan cara memisahkan partikel-partikel plastik hingga terciptanya produk baru. Plastik daur ulang biasanya akan bisa dirubah bentuk menjadi biji plastik, botol minuman kembali.
  2. Dengan menggunakan mesin incinerators ini untuk mendaur ulang limbah plastik. Sebagian negara menggunakan suatu mesin ini untuk mengolah sampah plastik yang tidak teruarai. Semua limbah plastik dibakar menggunakan sebuah incinerators.
  3. Namun ada dampak yang buruk jika menggunakan metode ini. Yaitu, timbulnya suatu pencemaran atau polusi udara. Namun seiring berjalannya waktu ini, para sebuah developer telah bekerja keras untuk mengurangi dampak pulusi udara yang ditimbulkan.
  4. Untuk mengurangi sebuah dampak dari limbah plastik, sebagian besar negara yang di dunia telah melarang penggunaan produk plastik tertentu. Hal ini untuk mengurangi rasa dalam ketergantungan terhadap produk palstik. Pemanfaatan limbah plastik.
  5. Menggunakan suatu tas dari bahan kertas atau dari bahan lainnya untuk berbelanja. Sehingga dapat mengurangi suatu pemakaian plastik di dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Untuk mengurangi dampak dari limbah plastik, dari pihak pemerintah dan diri pribadi perorangan harus saling menyadari. Pemerintah harus membuat sebuah tempat sampah di setiap sisi kota.

Mengenal Suatu Sampah Plastik Serta Pengolahannya

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Hampir setiap orang pasti tidak akan terlepas dari yang namanya sebuah bahan plastik dalam aktivitasnya sehari-hari. Ya benar, memang plastik telah menjadi komponen penting dalam kehidupan modern saat ini dan peranannya telah menggantikan suatu kayu dan logam .

Mengingat kelebihan yang dimilikinya antara lain seperti ringan dan kuat, tahan lama terhadap korosi, transparan dan mudah untuk diwarnai, serta sifat dari insulasinya yang cukup baik. Itulah pemanfaatan limbah plastik yang harus diterapkan.

Sifat-sifat dari bahan plastik inilah yang membuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya. Untuk berbagai jenis aplikasi khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari suatu kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik.

Peningkatan suatu penggunaan bahan plastik ini mengakibatkan peningkatan produksi sampah plastik dari tahun ke tahun. Sebagai suatu gambaran konsumsi plastik di Indonesia mencapai 10 kg perkapita pertahun, sehingga ini dapat diprediksikan sebesar itulah sampah plastik.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa sebuah plastik sangat sulit terurai dalam tanah. Membutuhkan waktu yang bertahun-tahun dan ini akan menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya.Itu harus dianjurkan pemanfaatan limbah plastik.

Pembuangan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) suatu sampah bukanlah solusi yang cukup bijak dalam pengelolaan sampah plastik ini. Peranan para pemulung ini dalam mengurangi timbunan sampah plastik patut mendapat  sebuah apresiasi dari kita.

Perlu adanya suatu manajemen sampah plastik mulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah tangga hingga skala besar. Meliputi sebuah kawasan kota yang dikelola oleh pemerintah kota atau daerah setempat. Maka inilah pemanfaatan limbah plastik.

Untuk memudahkan segala pengelolaan sampah plastik pada skala rumah tangga. Maka perlu adanya suatu pemahaman tentang jenis-jenis plastik, kandungan materialnya. Hingga dampaknya untuk terhadap lingkungan sehingga diharapkan terbentuk.

Limbah Plastik Sebagai Sumber Energi

Mengingat kandungan energi yang sangat tinggi dari bahan plastik, maka potensi pemanfaatannya yang sebagai salah satu sumber energi memiliki prospek yang cukup bagus di masa mendatang. Dari sini bisa didapatkan dua suatu keuntungan sekaligus.

Serta juga untuk menghasilkan energi yang bisa digunakan untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional. Beberapa suatu teknologi bisa digunakan untuk mengkonversi limbah sampah plastik menjadi bahan bakar diantaranya yaitu berikut :

a.Konversi Pada Bahan Bakar Padat

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Dilakukan dengan mencacah limbah sampah plastik dan kemudian membriketnya untuk nantinya menjadi sebuah bahan bakar briket. Bahan bakar ini kemudian bisa digunakan untuk pembakaran yang di tungku-tungku industri. Sebuah pemanfaatan limbah plastik.

b.Konversi Sebuah Bahan Bakar Cair

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Dengan menggunakan suatu prinsip pirolisis dimana sampah plastik dipanaskan pada suhu sekitar 500oC. Sehingga fasenya akan berubah menjadi suatu gas dan kemudian akan terjadi proses suatu perengkahan (cracking).

Setelah itu didinginkan kembali dan bisa mendapatkan suatu bahan bakar cair setara dengan bensin dan solar. Itulah salah satu pemanfaatan limbah plastik bagi kehidupan. Maka dari itu kita harus pandai dalam mengolah limbah plastik.

Bonsai Sebuah Plastik

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Bonsai adalah suatu pohon yang ditanam dalam sebuah pot untuk dikerdilkan sebagai tanaman hias. Teknik berkebun ini dengan mengerdilkan tanaman pertama kali dikembangkan di Jepang, tujuannya adalah untuk mensiasati terbatasnya suatu lahan bercocok tanam.

Pertumbuhan tanaman yang dibonsai ini sengaja dihambat dengan
berbagai cara antara lain dengan membatasi suatu nutrisi (pupuk) pada media tanam ini, pemotongan daun dan ranting secara berkala juga agar tidak lebat.

Arah suatu pertumbuhan dahan dan rantingnya pun dapat diarahkan dengan melilitkan kawat yang kemudian dibengkokkan sesuai selera si penanam. Pada umumnya pohon yang akan dapat dibonsai adalah tumbuhan yang berbiji belah (dikotil).

Bonsai saat ini tak hanya sekadar sebagai suatu sarana penyalur hobi berkebun tetapi telah menjadi komoditas yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Para seorang penggemar dan kolektor bonsai tak segan untuk membelanjakan uangnya mendapatkan tanaman kerdil ini.

Bagi yang punya berkantong tipis tapi ingin menikmati keindahan dan keunikan bonsai apa yang mesti harus dilakukan?Kantong plastik ini atau yang lebih dikenal dengan istilah suatu tas kresek adalah benda sederhana yang sangat dekat di dalam kehidupan sehari-hari kita.

Benda tersebut juga digunakan setiap saat untuk berbagai keperluan, fungsi utamanya adalah sebagai alat untuk membawa/menenteng sesuatu barang konsumsi. Selain berfungsi suatu sebagai alat untuk membawa/memuat sebuah barang.

Tas plastic ini juga difungsikan sebagai media promosi dengan cara mencantumkan logo perusahaan. Oleh karena itu juga kantong plastic dibuat dalam berbagai ukuran dengan bentuk, warna dan desain yang sangat beragam disesuaikan kebutuhan.

Pada umumnya kantong plastic ini digunakan untuk sekali pakai kemudian dibuang sebagai sampah .Sehingga berpotensi akan mencemari lingkungan karena terbuat dari bahan polyolefin atau polivinil klorida yang sangat sulit diurai secara alami oleh mikroorganisme.

Memanfaatkan dari kembali kantong plastic bekas dalam bentuk dan fungsi yang berbeda. Misalnya untuk membuat suatu bonsai imitasi, adalah salah satu tindakan yang sangat bijaksana guna mengurangi pencemaran lingkungan.

Plastik Serta Kegunaannya

Istilah sebuah plastik tentunya sudah tak asing bagi kita, masing-masing dari orang pasti tentunya menggunakan suatu plastik, terkadang sebagai tempat untuk makanan dan minuman, tempat benda-benda tertentu dan sebagainya. Pemanfaatan Limbah Plastik.

Plastik adalah suatu sebuah material yang tersusun atas berbagai macam organik sintetik atau semi sintetik yang mudah dibentuk. Limbah ini mengandung suatu polimer organik dengan massa molekul yang tinggi, tetapi mereka sering mengandung suatu zat-zat lain.

Plastik biasanya bersifat lebih sintetis, paling sering kali berasal dari petrokimia, namun ada juga sebagian pula yang bersifat alami. Karena biaya yang relatif cukup rendah, kemudahan dari manufaktur, fleksibilitas dan kedap air, plastik digunakan di dalam berbagai hal.

Di negara maju ini, sekitar sepertiga dari suatu plastik digunakan dalam kemasan dan yang lainnya digunakan sebagai bahan bangunan seperti pipa serta komponen-komponen suatu mobil. Di negara yang berkembang, sekitar 42 persen di India menggunakan plastik ini.

Plastik juga memiliki suatu kegunaan di bidang medis seperti memasukkan polimer implan.Plastik sintetis ini pertama di dunia adalah bakelite diciptakan di New York pada tahun 1907 oleh seorang Leo Baekeland. Sebuah pemanfaatan limbah plastik

Banyak para ahli kimia yang memberikan kontribusi terhadap ilmu material dari plastik. Seperti halnya pemenang sebuah nobel Hermann Staudinger yang telah disebut sebagai bapak kimia polimer dan Herman Mark yang dikenal sebagai seorang bapak polimer fisika.

Keberhasilan dan dominasi dalam plastik ini dimulai pada awal abad ke-20 namun malah menyebabkan masalah lingkungan dengan mengenai tingkat dekomposisi yang lambat sehingga telah disepakati bahwa daur ulang digunakan sebagai suatu solusinya.

Jenis Suatu Plastik Serta Kegunaannya

  1. Polyester (PES) digunakan pada suatu serat dan tekstil
  2. Polyethylene terephtalate (PET) digunakan untuk pada botol minuman berkarbonasi, botol selai kacang, plastik film, dan kemasan suatu microwave
  3. Polyethylene (PE) digunakan dalam sebagai tas supermarket dan botol plastik
  4. High Density Polyethylene (HDPE) digunakan pada suatu botol deterjen, botol susu
  5. Polivinil Klorida (PVC) digunakan untuk sebuah pipa ledeng, talang air, tirai kamar mandi, bingkai jendela, dan lantai
  6. Polyvinylidene Klorida (PVDC) digunakan pada suatu makanan kemasan
  7. Low Density Polyethylene (LDPE) digunakan untuk pada outdoor furnitur, dinding, ubin lantai, tirai kamar mandi, kemasan
  8. Polypropylene (PP) digunakan untuk pada tutup botol, sedotan, tempat yoghurt, bumper mobil.
  9. Polystyrene (PS) digunakan untuk kemasan suatu busa, tempat sebuah makanan, peralatan makan plastik, gelas sekali pakai, piring, sendok, garpu, CD, kotak kaset.

Tujuan Suatu Khusus Plastik

  1. Maleimide/bismaleimide digunakan dalam suatu material komposit suhu tinggi
  2. Melamin formaldehida (MF) sebagai salah satu untuk aminoplast dan digunakan sebagai alternatif untuk fenolat misalnya dalam cetakan suatu cangkir keramik, piring, dan mangkuk untuk bagi anak-anak.
  3. Plastarch bersifat biodegradable dan tahan terhadap panas, terdiri dari pati jagung yang sudah dimodifikasi
  4. Fenolat (FF) atau fenol formaldehydes relatif tahan pada panas dan tahan pada api biasanya digunakan untuk didalam isolasi bagian dalam perlengkapan listrik, produk kertas laminasi, busa isolasi termal.
  5. Poliepoksida (epoxy) digunakan untuk pada perekat.
  6. Polyetheretherketone (PEEK) bersifat sangat kuat, tahan pada panas secara termoplastik, biokompabilitas yang memungkinkan untuk digunakan dalam suatu aplikasi implan medis dan termasuk salah satu polimer komersial yang paling mahal
  7. Polyetherimide (PEI) adalah polimer kimia yang sangat stabil dan tidak mengkristal
  8. Polimida-A merupakan plastik suhu yang tinggi yang digunakan dalam ini bahan seperti Kapton tape
  9. Poliasamlaktat (PLA) adalah sebuah plastik biodegradable, termoplastik yang sudah diubah menjadi berbagai poliester alifatik berasal dari sebuah asam laktat yang selanjutnya dibuat melalui fermentasi berbagai jenis produk pertanian seperti tepung jagung.
  10. Polimetil metakrilat (PMMA) digunakan sebagai suatu lensa kontak, kaca, lampu neon,lampu belakang di kendaraan.
  11. Politetrafluoroetilena (PFTE) bersifat tahan pada panas, pelapis pada panci atau penggorengan. Biasanya orang menamakan suatu plastik ini sebagai teflon.
  12. Urea formaldehyda (UF) adalah salah satu jenis aminoplastik yang digunakan sebagai perekat pada kayu lapis, chipboard, hardboard dan saklar listrik suatu perumahan.
  13. Furan resin digunakan dalam sebuah pengecoran pasir.

Plastik Kemasan

PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK

Setelah sebuah suatu produk makanan jadi dan selesai dibuat, maka selanjutnya akan masuk ke dalam tahap yaitu packaging atau memasukkan produk tersebut ke dalam sebuah kemasan. Berbagai suatu kemasan sudah dibuat oleh setiap perusahaan.

Diantaranya merupakan suatu plastik kemasan yang terbuat dari plastik yang akan melindungi produk ketika di pasarkan dan diedarkan ke berbagai tempat. Selain itu menjadi tempat atau wadah ternyata kemasan pun memiliki suatu fungsi lain yang lebih dalam dan banyak sekali.

Berbagai Suatu Fungsi Plastik Kemasan

Makanan dan minuman yang menjadi suatu produk sebuah perusahaan atau produk rumahan akan lebih baik jika dimasukkan ke dalam plastik kemasanHal tersebut juga membuat daya tahannya semakin panjang sehingga tanggal kadaluarsanya menjadi lebih lama.

Kemasan pada umumnya juga didesain dengan menggunakan ciri khas tertentu dan memberikan informasi mengenai produk yang dijualnya. Dengan suatu pengemasan yang baik maka konsumen akan jauh lebih percaya dan memilih produk tersebut.

Itulah ulasan mengenai pemanfaatan limbah plastik bagi kehidupan kita sehari hari. Serta kita dapat memanfaatkan untuk dijadikan bahan kerajinan tangan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua. Sekian dan Terima Kasih.